Bagaimana contoh dari paragraf kausalitas?

Dalam menulis sebuah paragraf, penulis dapat menggunakan berbagai teknik. Salah satunya adalah penulis dapat menggunakan teknik paragraf kausalitas. Namun, bagaimana contoh dari paragraf kausalitas?

Paragraf kausalitas adalah jenis paragraf induktif yang isinya memuat unsur sebab dan akibat terhadap suatu hal yang terjadi. Paragraf kausalitas terdiri dari beberapa kalimat penjelas yang berada di awal paragraf dan kalimat utama yang berada di akhir paragraf. Kalimat yang menyatakan pernyataan sebab dituliskan dalam paragraf yang terdapat kalimat penjelas, sedangkan kalimat yang menyatakan pernyataan akibat, dituliskan pada kalimat utama. Kalimat utama memuat gagasan pokok paragraf atau ide pokok pada paragraf.

Contoh 1 :

Mencairnya es di kutub utara dan selatan, kenaikan permukaan laut, dan kenaikan suhu secara global adalah beberapa akibat atau dampak yang ditimbulkan oleh pemanasan global. Adapun pemanasan global sendiri disebabkan oleh gas rumah kaca yang terbentuk dari komponen-komponen gas berbahaya seperti CO2, N2O, dan CH4.

Penjelasan: paragraf sebab akibat di atas menggunakan pola akibat-sebab. Adapun akibat pada paragraf di atas terletak di kalimat pertama paragraf tersebut, sedangkan kalimat-kalimat lainnya adalah sebab paragraf tersebut.

Sumber