Bagaimana ciri lukisan Wakidi?

Wakidi adalah salah seorang seniman Indonesia yang telah menghasilkan banyak karya. Sejak kecil Wakidi senang melukis dan semakin berkembang bakatnya itu ketika tahun 1903 Wakidi bersekolah di Kweekschool (sering disebut Sekolah Raja - sekolah guru) Bukit Tinggi. Di sekolah ini Wakidi mulai serius belajar melukis dengan bimbingan guru, terutama ia melukis tema-tema pemandangan alam, seperti: ngarai, sawah, gunung, dan sungai. Wakidi lulus tahun 1908 dan mulai mengajar di sana.

Menurut pendapat Anda, bagaimanakah sebenarnya ciri dari lukisan Wakidi? Serta bagaimana bahasa visual yang dipakainya untuk mengutarakan gagasan-gagasannya ?

Ciri lukisan Wakidi

  • Seperti yang diketahui, umumnya objek lukisan Wakidi adalah “lanskap alam” atau pemandangan alam, dan itu terbatas pada lanskap alam pegunungan, deretan bukit barisan dan kawasan sekitar kota Bukittinggi, dimana beliau bermukim. Terakhir beliau bermukim dan membuat rumah di Padang. Memang ada beberapa lukisan sewaktu beliau berada di Palembang, yang menggambarkan pemandangan pinggir sungai.
  • Dalam menggambarkan lanskap alam umumnya Wakidi mengambil sepertiga dari tinggi kanvas sebagai garis horison, beberapa lukisan mengambil garis tengah tetapi itu jarang dilakukan.
  • Ciri lukisan Wakidi yang lain adalah imaji retakan, pecahan, bongkah dan lapisan berkontur.
  • Pemakaian warna oleh Wakidi itu khas, karena Wakidi mempunyai teori sendiri tentang warna. Dia membagi warna itu berdasarkan sebutan " warna cahaya: dan warna “bayangan” dan “warna kontur”.
  • Anatomi manusia dan lipatan kain
  • Melukis dengan cat buatannya sendiri