Bagaimana ciri khas tari modern ?

tari_modern

(rara) #1

Tari Modern

Tari Modern adalah ekspresi jiwa manusia yang bentuknya cenderung abstrak. Terkadang menggunakan musik, baik musik langsung maupun rekaman dan kadang tidak menggunakan musik. (Bagong Kussudiharja)

Ciri Khas yang dimiliki Tari Modern adalah sebagai berikut :

  • Ciri khas gerak tari Modern
    Ragam gerak tari yang didukung oleh para pekerja atau buruh biasanya berirama cepat, dinamis, dan romantis karena dilakukan di tempat terbuka.

  • Ciri khas iringan, tata rias, dan tata busana tari Modern
    Bentuk musik pengiring tari mancanegara, biasanya berupa alat-alat tradisional khas negara tempat tarian itu lahir atau pun alat musik modern untuk jenis-jenis tarian yang lebih baru. Tata rias dan busananya pun disesuaikan dengan ciri khas negaranya masing-masing.

Bagaimana ciri khas tari modern secara lebih rinci ?


(Rheva Maharani) #3

Tari modern adalah tari yang dalam bentuk watak, jiwa maupun iramanya sama sekali bebas dari ikatan-ikatan, norma-norma dan hukum-hukum tari yang telah ada (Kussdiarja, 2000). Tari modern muncul merupakan salah satu bentuk kreativitas dari seorang pencipta tari yang di sebut dengan koreografer.

Ciri-ciri tari modern adalah sebagai berikut:

  • Pola-pola gerak yang lebih bebas tapi masih memperhatikan keindahan.

  • Gerak yang digunakan masih memberi penekanan pada gerak yang tumbuh dari gerak tradisional.

  • Masih tetap berada dalam kerangka tradisi dari suatu suku bangsa.

Contoh tari modern adalah Tari Merak dari Jawa Barat.

Tari Merak

Tari modern adalah bentuk tarian yang berkembang pada awal abad ke-20. Tarian ini merupakan salah satu genre tari yang paling sulit untuk didefinisikan dengan teknik dan tidak selalu menuntut keterampilan fisik seseorang dalam menari, karena tarian modern tidak memberikan batasan-batasan dalam menari.

Gerakan pada modern dance tidak selalu cepat atau lambat sesuai dengan musik atau iramanya. Jadi, tari modern merupakan seni tari yang bebas berekspresi.