Bagaimana ciri khas Chasis MA Tamiya? Yuk Intip!

Chasis MA Tamiya

Chasis MA tamiya merupakan chassis yang didesain dari penggabungan 2 buah chasis tipe AR dan tipe MS. Chassis MA (Midship Aero) memiliki desain motor (mesin) ditengah seperti pada chassis MS. Chassis MA tamiya termasuk dalam keluarga PRO chassis seperti halnya chassis MS.

Chasis MA TamiyaChassis MA di desain berdasarkan chassis MS dan AR

Chassis MA adalah gabungan desain chassis MS dan AR seperti terlihat pada gambar diatas. Gabungan desain tersebut terlihat dari penggunaan mesin ditengah menggunakan motor double shaft seperti halnya pada chassis MS. Kemudian desain yang diambil dari chassis AR adalah model bemper depan, belakan dan sayap samping. Selain itu Chassis MA juga menggunakan stabilizer di bemper belakang seperti pada chassis AR.

Chassis MA Tamiya

Chassis MA tamiya didesain  untuk memberikan tingkat aerodinamis yang tinggi sebagaimana chassis AR dan memiliki kinerja yang bagus dilintasan. Chassis Ma ini memiliki ratio gir transmisi 3,5 : 1 dan menggunakan mesin double shaft seperti chassis MS. Chassis MA didesain dengan model 1 blok frame (tidak terpisah) sehingg amemberii kemudaha dapam perwatan dan pemakian bagi pemain pemula maupun pemaian yang sudah berpengalaman.

Chasis MA Tamiya Chasis MA Tamiya bawah

Chasis MA tamiya tampak atas dan bawah

Spesifikasi Chassis MA Tamiya

Ukuran Chassis MA Tamiya

Chassis MA didesain dengan ukuran yang lebih lebar dan lebih panjand dari chassis MS. Lebar chassis MA lebih lebar 5 mm dari chassis MS dan memiliki panjang total 4 mm lebih panjang dari chassis MS. Ukuran lebar chassis MA adalah 97 mm dan memiliki panjang chassis 156 mm.

Ukuran Chasis MA TamiyaTujuan ukuran chasis MA tamiya

Seperti terlihat pada gambar diatas, ukuran chassis MA tamiya didesain lebih lebar dan lebih panjang dengan chassis MS adalah untuk meningkatkan stabilitas laju mobil mini4WD di lintasan. Sehingga dengan ukuran yang lebih lebar dan lebih panjang maka mobil mini4WD dengan chassis MA ini menjadi lebih stabil dan lebih baik saat melaju di lintasan lurus maupun tikungan.

Sayap Chassis MA Tamiya

Chassis MA tamiya didesain memiliki sayap di sisi kanan dan kiri frame chassis. Fungsi sayap pada chassis MA ini sebagai dudukan untuk pemberat seperti terlihat pada gambar berikut.

Sayap Pada Chasis MA TamiyaSayap pada chasis MA tamiya

Pada gambar diatas terlihat saya digunakan untuk meletakan pemberat (side mass damper) dengan tambahan FRP untuk mengatur posisi pemberat tersebut. Terdapat 4 titik lubang baut pada sayap chassis MA sehingga kita dapat lebih fleksibel dalam memasang pemberat disisi samping chassis MA ini.

Skid Bar Chassis MA Tamiya

Chassis MA dilengkapi dengan skid bar pada bemper bagian belakang. Posisi skid bar pada chassis MA sama dengan chassis AR. Fungsi skid bar ini adalah sebagai rem saat mobil mini4WD melintasi track model slope atau tanjakan. Sehingga dengan pemasangan skidbar yang telah diberikan pada setiap paket penjualan chassis MA ini maka laju mobil dengan chassis MA lebih stabil saat melewati tanjakan.

Skid Bar Chassis MA TamiyaSkid bar pada chassis MA

Seperti terlihat pada gambar diatas, fungsi skid bar pada chassis MA ini untuk memberikan efek pengereman pada saat melewati slope atu jumping. Walaupun gesekan yang ditimbulkan oleh skid bar kecil, dengan pemasangan skid bar ini telah memberikan efek pengereman saat melintasi slope dan jump.

Desaian Aerodinamis Pada Bagian Bawah Chassis MA

Chassis MA didesain dengan tingkat aero dinamis yang tinggi seperti chassis AR. Pada bagian bawah chassis MA didesain dengan tingkat aero dinamis yang baik dan memiliki lubang untuk memberikan sirkulasi udara pada mesin sehingga mesin lebih dingin.

Desaian Aerodinamis Pada Bagian Bawah Chassis MADesaian aerodinamis pada sisi bawah chassis MA

Desain aero dinamis terlihat pada gambar diatas dimana chassis MA didesain memiliki 2 aliran udara kanan dan kiri pada bagian bawah chassis MA yang dilengkapi dengan lubang sirkulasi udara untuk mesin yang berfungsi sebagai pendingin mesin saat melaju di lintasan.

Girbox Chassis MA

Girbox chassis MA didesain sedemikian rupa sehingga kuat dan mudah untuk dibuka atau dipasang kembali. Kemudahan membuka dan memasang girbox pada chassis MA ini sangat membantu pada saat maitenance diwaktu perlombaan. Untuk membuka girbox dapat dilakukan dengan menekan pengunci pada bagian depan girbox kemudian mendorong kedepat kemudian mengankat girbox tersebut. Untuk lebih jalas dapat dilihat gambar berikut.

Girbox chassis MACara membuka girbox chassis MA

Dengan model atau esian girbox seperti terlihat pada gambar diatas makakita dapat menghemat waktu pada saat penggantian gir atau mesin.

Penguat Terminal Batere

Pada chassis MA dilengkapi dengan penguat terminal batere. Fungsi bagian ini adalah untuk memberikan penopang untuk terminal batere pada saat mobil mini4WD melewati tanjakan atau mengalami benturan.

Dengan diberikan penahan untuk terminal pada setiap sisi yan gberhubungan dengan batere maka terminal pada chassis MA akan lebih kuat dan dapat memberikan sambungan yang sempurna untuk melewatkan arus listrik batere ke mesin.

Penguat Terminal Batere Chassis MADesain penguat batere pada chassis MA tamiya

Bagian ini yang kaatanya atau mitosnya sering membuat arus listrik dari batrai ke dinamo jadi berkurang dan membuat laju tamiya menurun dan biasanya di modifikasi dari tembaga baru yang lebih bagus penghantarnya :smiley:Just Info Guys