Bagaimana ciri fisik Musang Pandan?

image

Musang Pandan merupakan salah satu jenis musang yang paling terkenal ketimbang saudara-saudaranya sesama musang. Dinamakan musang Pandan karena hewan ini mengeluarkan aroma tubuh yang mirip dengan harum daun pandan. Namun kadang kala bau tersebut justru akan terasa begitu menyengat sehingga memuakkan.

Kebanyakan Musang Pandan dewasa memiliki ukuran tubuh yang dapat mencapai panjang hingga hampir 1 meter jika sudah diukur lengkap beserta ekornya yang cukup panjang. Dengan ukurannya yang terbilang besar, musang pandan ini biasanya memiliki berat sekitar 2 kg sampai 5 kg.
Sama sepertu halnya mamalia kebanyakan, Musang Pandan juga memiliki tubuh yang diselimuti oleh rambut. Rambut-rambut yang menyelimuti tubuhnya tersebut biasanya berwarna cokelat kehitaman atau abu-abu kehitaman. Terdapat pula motif pada tubuhnya yang membentuk garis-garis atau bintik-bintik. Selain itu, terdapat corak berwarna putih juga pada bagian wajahnya.
Namun dengan seiring berjalannya waktu, pandangan masyarakat mengenai musang pandan ini mulai berubah. Mungkin karena terlihat menggemaskan, kini musang pandan mulai dilirik sebagai salah satu hewan yang cocok untuk dipelihara.