Bagaimana ciri-ciri lovebird yang siap lomba?

Dari tahun ke tahun, lovebird banyak diminati oleh masyarakat. Tak jarang, burung tersebut diikutsertakan dalam suatu lomba. Lovebird yang menjadi peserta haruslah lovebird yang memiliki kualitas bagus. Bagaimana ciri-ciri lovebird yang siap lomba?

Dalam memilih lovebird untuk diikutkan lomba memang tidak disarankan untuk asal pilih. Karena apabila lovebird belum siap, maka burung tersebut bisa mengalami stres. Terdapat beberapa faktor yang menjadi pertimbangan. Berikut merupakan faktor atau ciri-ciri lovebird yang siap lomba.

  • Umur
    Idealnya, lovebird yang diikutkan lomba sudah berumur 6 bulan ke atas. Karena di umur tersebut, lovebird dianggap sudah stabil secara fisik dan mental.

  • Kondisi kesehatan
    Lovebird harus dalam keadaan fit dan sehat, sehingga dapat menampilkan yang terbaik ketika lomba. Disarankan untuk tidak memaksa lovebird untuk dilombakan apabila burung tersebut sedang molting atau mabung.

  • Kondisi birahi
    Kondisi birahi lovebird harus stabil. Apabila lovebird sedang over birahi maka dapat mengurangi penilaian juri terhadap lovebird tersebut.

  • Rajin bunyi
    Lovebird yang siap lomba dapat diamati dari kualitas ngekeknya.

  • Lovebird latah
    Latah disini maksudnya adalah mudah terpancing oleh lingkungan sekitarnya. Misalnya, menyahut atau membalas kekekan ketika mendengar lovebird lain ngekek.

Apabila lovebird telah memenuhi faktor di atas, maka lovebird dapat dinyatakan telah siap lomba.