Bagaimana ciri-ciri kaki burung Kenari terkena penyakit bubul dan apa penyebabnya?

image

Penyakit Bubul adalah penyakit yang biasa menyerang berbagai jenis burung, bahkan ayam. Penyakit ini diakibatkan oleh bakteri Staphylo Coccus yang biasanya menyerang permukaan kulit, biasanya pada kulit telapak kaki. Biasanya penyakit bubul sering menyerang pada burung kenari, namun bisa juga burung lainnya, seperti lovebird, kacer, murai batu, cucak ijo, cendet dan jenis burung lainnya.

Bagaimana ciri-ciri kaki burung Kenari terkena penyakit bubul dan apa penyebabnya?

Ciri – ciri penyakit bubul

Untuk ciri – ciri kaki burung terkena penyakit bubul adalah :

  • Terdapat caplak atau kutil dengan tekstur keras
  • Burung terlihat mulai merasakan tidak nyaman
  • Kuku burung memanjang
  • Kaki terlihat membengkak
  • Sisik di kaki melebar dari ukuran aslinya

Setelah mengetahui ciri atau tanda dari penyakit bubul seperti di atas, segaralah untuk mengambil tindakan pertolongan. Karena, apabila serangan penyakit bubul ini terus saja dibiarkan, lama-kelamaan infeksi penyakit tersebut juga akan melebar ke seluruh bagian di sekelilingnya dan membesar. Kurangnya kebersihan sangkar burung dan tempat bertengger, bisa menjadi salah satu faktor utama timbulnya penyakit yang dikhawatirkan banyak pencinta burung ini.

Penyebab Bubul pada kaki burung Kenari

Jamur senang beranak-pinak di tempat yang jarang dibersihkan dan jauh dari sinar matahari pagi. Jadi, wajib bagi Pencinta Burung untuk memperhatikan kebersihan kandang dan harus mencucinya palingtidak seminggu sekali menggunakan air bersih dan sabun anti bakterial. Dan jangan lupa untuk menjemurnya di bawah sinar matahari langsung sampai benar-benar kering, paling tidak akan memakan waktu setengah jam. Dan disarankan untuk secara rutin melakukannya.

Penyebab lainnya yang menyebabkan burung ocehan terkena penyakit jamur ialah di mana tempat burung tersebut diletakkan. Ruangan yang lembap, gelap dan pengap sangat mendukung jamur untuk mudah tumbuh dan berkembang-biak. Artinya, Anda harus memberikan sirkulasi udara dan pengaturan cahaya yang masuk secara cukup untuk menghindarkan kandang dari terjangkit jamur. Karena selain jamur, bakteri juga tidak bisa berkembang biak dan akan mati apabila terkena sinar matahari yang berasal dari lampu atau sinar matahari itu sendiri.