© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Bagaimana ciri-ciri ikan yang mengandung formalin ?

ikan yang mengandung formalin

Formalin adalah salah satu merek dagang yang berisi cairan kimia formaldehida. Cairan ini sebenarnya digunakan sebagai desinfektan karena terbukti mampu membunuh kuman dan bakteri yang mempercepat proses pembusukan bahan. Aslinya formalin banyak dipakai untuk industri tekstil dan kayu sebagai pengawet.

Bagaimana ciri-ciri ikan yang mengandung formalin ?

Berikut ini ciri-ciri yang harus diperhatikan:

Berbau Khas Bahan Kimia

Beruntung kita karena formalin pada dasarnya mempunyai aroma yang sangat menyengat. Kalau ditambahkan dalam pengolahan ikan asin mungkin bau tersebut akan menghilang setelah penjemuran. Tetapi pada ikan segar, bau khas formalin ini masih cukup kuat. Ikan segar yang bagus mempunyai aroma amis. Berbeda dengan ikan segar berformalin, di mana aromanya tercampur antara amis dan bau obat-obatan.

Ikan Terlihat Mulus Sekali

Proses pengangkutan seharusnya membuat ikan mengalami goresan di beberapa bagian tubuhnya. Apabila Anda melihat seluruh permukaan ikan tersebut tampak mulus sekali, Anda patut curiga. Sebab bahan pengawet formalin sangat ampuh dalam membuat benda yang diawetkannya tidak mengalami kerusakan. Cobalah amati bagian sirip-sirip ikan.

Ikan Tidak Cepat Busuk

Ikan merupakan bahan pangan yang mudah sekali membusuk karena kandungan air di dalamnya sangat tinggi. Kadar air inilah yang menjadi pemicu utama kerusakan mutu ikan.

Tekstur Daging Lebih Kaku

Penambahan formalin pada ikan segar akan mengakibatkan tekstur dagingnya menjadi lebih kaku. Anda bisa mencoba menyentuh tubuh ikan tersebut dan menekan-nekannya.

Ikan Dijauhi Lalat dan Kucing

Harus kita akui bahwa manusia tidak mempunyai indera penciuman sekuat binatang. Anda bisa menggunakan parameter lalat dan kucing untuk menilai apakah ikan segar yang dijual mengandung formalin atau tidak.

Sumber: