Bagaimana ciri-ciri ikan neon tetra yang telah matang seksual ?

Neon tetra (Paracheirodon innesi) merupakan ikan hias air tawar populer yang sangat disukai hobiis akuarium. Ikan ini memiliki perpaduan warna biru dan merah yang indah dan bersinar apabila terkena cahaya sehingga nampak apik dipelihara dalam akuarium.

Bagaimana ciri-ciri ikan neon tetra yang telah matang seksual ?

Ciri-ciri neon tetra matang seksual

Apabila diberi makan dengan benar (bisa diberi makan pellet apung atau cacing atau jenis makanan ikan lain) neon tetra akan matang seksual setelah 3 bulan dan berukuran sekitar 2,5 cm. Ketika masih remaja, ikan jantan dan betina memiliki bentuk tubuh dan warna yang serupa sehingga sulit dibedakan. Namun apabila telah memasuki masa matang seksual, ikan jantan akan nampak lebih ramping dibandingkan ikan betina. Si neon tetra betina akan nampak gemuk karena menghasilkan banyak telur dalam perutnya.

Tapi banyak orang tertipu mengira neon tetranya telah matang seksual karena pengaruh pemberian makan yang terlalu banyak. Neon tetra merupakan ikan omnivora, mereka akan memakan segala dan sangat mudah diberi makan. Apabila jumlah pakan yang diberikan terlalu banyak, mereka akan makan terus hingga perutnya membuncit. Orang akan mengira perut buncit ini berisi telur, padahal sebenarnya berisi makanan.

sumber :