Bagaimana ciri-ciri dan cara mengatasi ikan yang terkena penyakit bercak merah?

Ikan yang hidup di air tawar juga kerap terkena penyakit. Red spot disease adalah salah satu penyakit yang menyerng nila, lele, gurami, mas, dan patin. Bagaimana ciri-ciri dan cara mengatasi red spot disease?

Penyakit bercak merah ini merupakan salah satu penyakit pada nila yang termasuk penanganan prioritas KKP tahun ini. Bakteri Aeromonas dan Pseudomonas penyebab penyakit ini menyerang organ dalam maupun luar. Sisik ikan terkelupas dan terlihat luka-luka merah karena berdarah. Ciri-ciri lain adalah perut ikan membusung dan sering muncul ke permukaan kolam. Jika dibelah, dapat dilihat adanya pendarahan di organ hati, ginjal, dan limpa.

Cara mengatasi ikan yang terkena penyakit bercak merah ini antara lain;

  • Merendam ikan dengan kalium permanganat 10-20 mg/liter selama 30-60 menit. Larutan malachite greenoxalate juga dapat digunakan, dosisnya 0,5 mg/L selama 1 jam.
  • Mengobati dengan menyuntik tetramysin 0,05 ml per 100 gram bobot ikan atau kanamysin 20-40 mg/kg bobot ikan.
  • Mencampurkan obat pada pada pakan, baik secara kimiawi maupun alami. Secara kimiawi, pakan dicampur dengan oxytetracylin sebanyak 50 mg/kg pakan (diberikan selama 7-10 hari). Secara alami, tepung daun meniran dan bawang putih juga dapat ditambahkan pada pakan.

Ref: http://efishery.com/efishery-university/siar/mengatasi-penyakit-ikan-dan-udang/