Bagaimana cerita film Inception?


Inception merupakan film yang dirilis pada tahun 2010. film ini akan membawa kita merasakan paradok waktu.

Melihat nama Christopher Nolan di kursi sutradara tentu tidak perlu diragukan lagi kualitas film ini. Inception juga menempatkan Leonardo DiCaprio dan Joseph Gordon-Levitt sebagai pemeran utama. Plot utama dari film ini adalah penggunaan teknologi eksperimental militer untuk spionase. Berupa penanaman ide pada alam bawah sadar seseorang yang dilakukan di dunia mimpi.

Dom Cobb (DiCaprio) bersama Arthur (Levitt) melakukan spionase ini untuk Saito, seorang pebisnis dari Jepang. Saito ingin Cobb dan Arthur mendapatkan informasi penting sekaligus menanamkan ide pada alam bawah sadar Maurice Fischer, saingan berat Saito di dunia bisnis.

Cobb dan Arthur tidak menjalankan misi ini berdua saja, tapi mengajak serta beberapa teman yang ahli di bidangnya dan dianggap bisa membantu. Sayangnya satu per satu rekan harus tewas dalam misi. Mereka menjalankan misi dalam keadaan tidur, lalu mengolah informasi yang didapat saat terbangun.

Menuju setengah durasi film, penonton akan semakin dibuat bingung dengan setting waktu jika tidak jeli. Mana yang dunia nyata dan mana dunia mimpi. Hingga pada akhirnya, Cobb sendiri juga bingung pada pilihannya. Ia lebih memilih tinggal di alam bawah sadar atau kembali saja ke dunia nyata. Karena di alam bawah sadar, Cobb tidak perlu kehilangan istri dan anak lelakinya.