Bagaimana Caranya untuk Tidak Mudah Menyerah?

tidak menyerah

Menurut esensinya menjadi tangguh adalah mampu beradaptasi dan bangkit kembali ketika kita berada di titik terbawah hidup kita.

Tantangan terbesar dalam menjadi tangguh yaitu terkadang ada saat dimana kita merasa bahwa kita sudah lelah dengan semua masalah dikarenakan apa yang kita harapkan tidak sesuai dengan ekspektasi dan ada orang lain yang dengan mudahnya mendapatkan apa yang kita inginkan dengan usaha yang kurang dari kita.

Setelah mengetahui arti dari tangguh mari kita sekarang beralih membahas tentang beberapa tipe dari tangguh. Sebenarnya tipe dari berperilaku tangguh atau pantang menyerah itu ada 3 yaitu :

  • Pertama tipe perilaku tangguh yang tertanam dalam diri kita saat masih kecil (anak – anak) yang merupakan sifat alamiah yang kita bawa dikarenakan kita belum mengenal artinya sebuah kegagalan.

  • Kedua yaitu tipe perilaku tangguh akibat dari adaptasi. Maksud dari kalimat tersebut yaitu apabila kita ada masalah pasti kita akan mencari cara untuk mengatasinya agar tidak stress. Hal ini merupakan suatu hal alamiah yang dilakukan setiap individu untuk menjaga keseimbangan psikis.

  • Ketiga atau yang terakhir yaitu tipe perilaku tangguh yang didapatkan dari pelajaran hidup. Dalam hal ini kita sudah banyak mempunyai pengalam dalam menghadapi suatu masalah sehingga membuat kita tahu hal terbaik apa yang harus kita lakukan jika masalah serupa mucul kembali.

Untuk selanjutnya yaitu apa saja ciri – ciri orang yang tangguh dalam hidup. Disini saya akan memberikan beberapa contoh cirikhas yang hanya dimiliki orang tangguh. Saya akan memberikan empat cirikhas yang dimiliki orang tangguh, yaitu:

  • Pertama adalah selalu optimis. Dalam menghadapi masalah orang tangguh akan berpikir masalah tersebut sebagai suatu tantangan yang akan mengembangkan potensi diri sehingga mereka lebih bersemangat dan selalu mencoba untuk memberikan yang terbaik.

  • Kedua yaitu memiliki pedoman hidup. Pedoman hidup disini seperti suatu aturan yang dipegang teguh dalam menghadapi suatu masalah apapun agar tidak berperilaku menyimpang ketika menghadapi masalah yang diluar kemampuannya.

  • Ketiga yaitu mempunyai suatu keyakinan. Orang yang tangguh pasti memiliki keyakinan bahwa dia bisa dalam suatu hal yang mengakibatkan dia menjadi seorang yang optimis.

  • Keempat yaitu berani melawan rasa takut. Dalam suatu masalah terkadang kita dihadapkan pada suatu keputusan yang memiliki dampak yang besar. Apabila seseorang selalu berada di zona nyamannya sudah pasti orang tersebut memilih keputusan yang itu – itu saja. Disini dalam konteks melawan rasa takut yaitu kita mencoba untuk keluar dari zona nyaman kita dan mencoba mengambil keputusan yang nantinya akan menjadi suatu titik mulai hidup kita dengan menganggap keputusan tersebut sebagai suatu tantangan yang harus ditaklukan.

Setelah itu kita akan membahas pentingnya perilaku tangguh dalam hidup setiap individu. Dengan menerapkan perilaku tangguh dalam menghadapi masalah kita akan lebih mengembangkan mekanisme perlindungan diri kita terhadap suatu hasil yang jauh dari harapan kita, menjadi lebih tenang dalam menghadapi masalah, dan juga membantu kita dalam mencegah penyakit psikis yang diakibatkan oleh stress dan lain sebagainya.

Beberapa manfaat dari perilaku ulet yaitu; pertama meningkatkan pembelajaran kita dan nilai akademik., kedua menurunkan persentase kematian akibat bunuh diri yang dikarenakan stress dan lebih menyehatkan pikiran seseorang, ketiga dan yang terakhir lebih membuat hidup seseorang damai.

Sebenarnya faktor utama apa yang menyebabkan orang mudah menyerah?

Menurut saya setiap orang pasti sudah mengetahui apa itu arti dari tangguh dan ulet tanpa harus saya jelaskan seperti materi di atas. Namun dalam praktiknya banyak orang yang hanya tahu tapi tidak mau untuk mencoba atau mencoba tetapi berhenti ditengah jalan dikarenakan tidak sanggup lagi.

Sebanarnya terdapat dua faktor yang yang menyebabkan orang mudah menyerah, yaitu:

  • Penguasaan diri. Maksud dari penguasaan diri tersebut yaitu bahwa kita mengenal diri kita dengan baik dan memiliki kuasa sepenuhnya terhadap diri kita. Penguasaan diri memiliki arti yang berbeda dengan optimimengapa berbeda ? karena ketika kita menguasai diri kita dengan baik kita akan kuat dan tabah jika mendapatkan hasil yang tidak sesuai dengan harapan, jika di optimis kita bekerja dengan sungguh sungguh untuk mencapai target kita tanpa memikirkan kegagalan pekerjaanya yang mengakibatkan kita kurang bersiap dalam menghadapi skenario terburuk dari keputusan kita.

  • Dukungan dari orang di sekitar kita. Sebenarnya banyak orang yang menyerah karena faktor kurangnya dukungan dari orang sekitar semisal keluarga atau sahabat. Salah satu contoh yang sering terjadi yaitu orang tua yang tidak mendukung pilihan program studi sang anak dikarenakan merasa tidak ada perkembangan berarti pada sang anak padahal sang anak amat mencintai program studi tersebut dan masih berusaha untuk memperjuangkannya.

Dalam kasus ini anak biasanya hanya akan menerima dengan lapang dada pilihan orang tua karena merasa tidak berkembang dan tidak mendapat dukungan. Hal ini mencerminkan bahwa orang di sekitar kita juga merupakan faktor yang penting dalam ketangguhan kita menghadapi suatu masalah yang berat.

Untuk menjaga diri kita dari tindakan mudah menyerah terdapat beberapa cara untuk meningkatkan ketangguhan kita, yaitu:

  • Belajar dari pengalaman. Jangan pernah malu untuk gagal karena gagal merupakan sebuah kesuksesan yang tertunda.

  • Take action. Maksud dari kalimat ini yaitu berpikir dari masalah yang ada dan mencoba untuk segera menyelesaikannya.

  • Selalu terhubung dengan orang terdekat. Hal ini karena disaat kita gagal kita akan butuh support terbesar dari mereka. Dan untuk yang terakhir yaitu rileks atau jangan mudah stress dengan masalah yang kita hadapi.

Untuk terakhir kalinya yaitu saya ingin membahas tentang salah satu tokoh sukses yang tangguh dalam menghadapi masalahnya, yaitu Travis kalanick(1). Tentu kita pasti mengenal tokoh pendiri UBER tersebut. Pria kelahiran 9 Agustus 1976 ini pada awalnya merintis perusahaan awalnya yang bernama SCOUR pada 1998 yang merupakn aplikasi berbagi berkas sejawat bersama teman-teman.

SCOUR dinyatakan bangkrut padan tahun 2000 karena tuduhan hak cipta. Setalah itu pada tahun berikutnya kalanick bersama teknisi scout terdahulu mendirikan perusahaan baru bernama Red Swoosh yang bergerak dalam bidang yang sama dengan pendahulunya.namun perusahaaan ini hanya bertahan selama 6 tahun dan kemudian diakuisisi oleh Akamai Technologies pada tahun 2007.

Setelah itu pada tahun 2009 Kalanick beserta Garret Camp mendirikan UBER yang merupakan salah satu perusahaan startup yang sukses. Dari kisah kalanick dapat kita simpulkan bahwa apabila kita gagal,jangan pernah menyerah dan selalu mencoba lagi dan lagi.

Referensi :

  1. https://id.wikipedia.org/wiki/Travis_Kalanick
  2. https://www.psychologytoday.com/blog/good-thinking/201503/why-some-people-are-more-resilient-others
  3. https://staroversky.com/blog/what-is-resilience-10-critical-characteristics-of-resilience
  4. http://www.counselling-directory.org.uk/counsellor-articles/the-importance-of-building-resilience
  5. http://www.webmd.com/mental-health/features/overcome-obstacles-resilience
1 Like

Membangun Moral Pantang Menyerah


  1. Jika Anda mempunyai kecendrungan mudah menyerah, maka langkah pertama yang paling penting adalah dengan cara mengakui kelemahannya itu. Dengan cara menyadarinya , Anda akan lebih mampu untuk memperbaikinya.

  2. Memotivasikan diri Anda untuk selalu mengembangkan sikap pantang menyerah. Sikap ini perlu untuk meraih keberhasilan dalam hidup. Seperti para artis, atlit, karyawan yang dapat menajakan karir dengan prestasi yang diperolehnya, mereka pada umumnya memperjuangkan apa yang telah ingin diraihnya dengan cara kerja kerasnya yang optimal. Sebaliknya, orang-orang yang mudah frustasi, mudah putus asa dan menyerah adalah orang-orang yang gagal.

  3. Berpikirlah bahwa Anda bisa dan akan berhasil meraih apa yg Anda inginkan. Keyakinan ini akan membuat Anda lebih efektif. Karena keyakinan yang positif akan mempengaruhi mental dan fisik secara signifikan untuk mendapatkan apa yang diinginkan.

  4. Fokuslah pada tujuan , bukan pada hambatan. Bila anda memandang pada tujuan , maka hambatan tidak akan memberikan rasa menakutkan.

  5. Hadapilah semua rintangan dengan penuh rasa keberanian. Anggaplah rintangan sebagai “Sparring Pathner” yang akan membuat Anda semakin kuat, bukan sebagai raksasa yang menelan Anda. Semakin banyak tantangan, semakin berani menghadapinya, maka semakin terbentuk karakter yg kuat.

  6. Jangan terlalu cepat mengambil kesimpulan bahwa Anda tidak akan berhasil bila pada usaha Anda mengalami kegagalan. Belajarlah dari kegagalan itu agar didapat gambaran yang lebih baik lagi.

  7. Teruslah berusaha, terkamlah segala kesempatan yg ada, karena kesempatan itu tak datang untuk kedua kalinya, tidak ada pendobrak kegagalan yg sekuat nilai “kegigihan”. Ingatlah filsofi air yang bisa melubangi batu dengan tetesan yang terus terus-menerus.

  8. Imbangi kegigihan Anda dengan cara pemikiran yang kreatif. Bila perjalanan Anda terhalang oleh batu cadas , Anda tidak perlu membenturkan kepala Anda untuk membuktikan bahwa Anda pantang Menyerah. Berhentilah sejenak dan pikirkanlah bagaiman cara mengatasinya. carilah jalur alternatif.

  9. Jangan terpengaruh oleh kegagalan orang lain, tapi biarlah keberhasilan orang lain memotivasi kita. Belajarlah dari kegagalan dan kesalahan orang lain tanpa hrus mengalaminya sendiri. Dengan cara itru Anda menghemat banyak sekali waktu dan energi Anda yg sangat berharga.