© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Bagaimana caranya untuk mengembangkan kejujuran dalam pribadi kita?

Di era serba modern seperti sekarang ini persaingan untuk mendapatkan pekerjaan atau bahkan menciptakan suatu lapangan pekerjaan makin memiliki banyak tuntutan yang harus dipenuhi, salah satu halnya adalah mengenai soft skill. Banyak sekali tuntuan soft skill yang dibutuhkan oleh sebuah perusahaan atau instansi baik di masa sekarang maupun masa yang akan datang terhadap para pegawainya .

Salah satu diantara soft skill tersebut tentang Attitude Toward Honesty. Dan pada hal ini, kejujuran dalam beretika akan dititikbertkan dalam pengaplikasiannya dalam dunia kerja.

Attitude toward honesty dapat diartikan sebagai sebuah sikap yang mengedepankan kejujuran sebagai landasannya. Ini berarti kejujuran merupakan nilai mutlak ( prioritas utama ) dalam menjalankan sebuah pekerjaan.

Kejujuran sendiri harus dimiliki oleh semua kalangan yang melakukan sebuah pekerjaan , karena kejujuran tidak hanya mutlak dibutuhkan para karyawan kepada atasan , melainkan para atasan atau boss juga sangat mutlak melakukan kejujuran.

  • Jujur bagi seorang atasan yaitu memberikan hak-hak karyawan tanpa menutup-nutupinya ataupun melakukan tindak kecurangan demi kepentingan perusahaan.
  • Jujur bagi seorang karyawan yaitu bersikap apa adanya kepada atasan tentang segala hal yang terjadi , baik itu hal positif atau bahkan hal negatif sekalipun.

Sehingga dengan terjalinnya sikap jujur antar kedua pihak , maka perusahaan tersebut dapat berjalan terus dan dapat menciptakan jalinan hubungan yang harmonis antara atasan dan bawahan

Pada dasaranya ada banyak cara yang perlu dipersiapkan dan dilakukan untuk mencapai kejujuran dalam beretika, seperti:

1. Hal paling sederhana dan paling mendasar adalah dari diri kita sendiri.
Kenapa harus dimulai dari diri sendiri ? karena apabila kita sudah jujur terhadap diri sendiri , maka akan berdampak juga kepada orang dan lingkungan di sekitar.

2. Mengantisipasi perilaku yang akan membuat kita merasa bersalah.
Misalnya saja Anda melakukkan sebuah kebohongan terhadap atasan , maka Anda akan menutupi sebuah kebenaran yang tidak menyenangkan dengan suatu kebohongan. Maka dari itu kita harus berhenti untuk melakukan sebuah kebohongan karena ujung-ujungnya suatu kebohogan akan ditutup lagi dengan kebohongan yang lain , seperti sebuah pepatah yang mengatakan “Gali lubang tutup lubang”.

3. Berhenti membandingkan diri Anda dengan orang lain ,
Karena apabila hal ini terus terjadi Anda hanya akan membuat kebohongan-kebohongan baru untuk memperlihatkan diri anda sebagai seseorang yang baik meski pada realitanya hal ini bertolak belakang.

Kejujuran merupakan salah satu hal terpenting yang harus dijunjung tinggi dalam sebuah perusahaan , hal ini karena dengan memiliki sikap jujur dalam bekerja akan membawa kita ke arah yang lebih baik dan memudahkan pekerjaan kita.

Dalam bekerja , kejujuran meliputi banyak hal. Salah satunya adalah loyalitas dalam melakukan pekerjaan harus diikuti dengan kejujuran. Jika Anda bekerja sangat loyal pada perusahaan, itu berarti Anda tidak akan pernah untuk berbuat tidak jujur. Jujur yang dimaksud disini adalah, jika diserahi tugas untuk melaksanakannya, maka Anda harus melaksanakan tugas tersebut sesuai perintah dengan tidak melakukan tindakan lain yang bisa merugikan perusahaan.

Dan hal terpenting dari bersikap jujur bagi sebuah perusahaan adalah terciptanya image yang baik di mata masyarakat maupun customer.

Dapat kita ambil contoh seperti ini , misalkan Anda bekerja dengan melakukan berbagai bisnis yang mana membutuhkan transaksi dengan banyak partner bisnis, maka kejujuran sangat diperlukan dalam hal ini. Jika Anda menjual suatu produk kepada customer , maka Anda harus jujur dan terbuka mengenai produk tersebut.

Jika produk yang dijual memang bagus, maka akan semakin banyak pelanggan yang datang untuk membeli barang tersebut. Namun jika Anda tidak jujur dengan barang yang dijual, seperti barang yang sebenarnya tidak berkualitas baik namun Anda katakan sangat baik, tentu saja pelanggan akan merasa kecewa, dan pada akhirnya mereka akan beralih kepada supplier lain yang memberikan info apa adanya.

Jika kejadian ini berlangsung terus-menerus, maka Anda akan mengalami masalah pada kelangsungan bisnis , jika terus dibiarkan akan berakhir pada gulung tikar. Selain itu, jika Anda tidak jujur dalam melakukan bisnis, yang mana Anda melakukan berbagai macam tipuan supaya bisnis tersebut bisa tetap berjalan, maka hukum pidana bisa menjerat kasus penipuan ini.

Untuk itu berlaku jujur dalam bisnis sangatlah penting. Image dari buah kejujuran adalah Anda akan dipandang sebagai seseorang yang bisa diandalkan dan akan mendapatkan kepercayaan penuh dari siapa saja yang mengenal Anda. Bahkan partner bisnis yang belum pernah melakukan kerja sama dengan Anda tidak akan khawatir untuk memulai bisnis yang baru dengan Anda karena kredibilitas diri yang dapat dipertanggungjawabkan.

Berbicara mengenai masalah kejujuran , tentunya tidak luput kaitannya dengan tokoh yang sangat menjunjung tinggi dan mencerminkan nilai kejujuran dalam melakukan tugasnya. Salah satu tokoh dunia yang sangat kuat dalam menerapkan prinsip kejujuran dalam dirinya adalah pejuang politik anti-apartheid, Nelson Mandela.

Nelson Rolihlahla Mandela adalah seorang revolusioner anti-apartheid dan politisi Afrika Selatan yang menjabat sebagai Presiden Afrika Selatan sejak 1994 sampai 1999. Ia lahir pada 18 Juli 1918 dan sempat mendekam di penjara selama 27 tahun lantaran upayanya memperjuangkan ras kulit hitam. Kejujuran yang patut ditiru dari seorag Nelson Mandela adalah dia sama sekali tidak pernah melakukan KKN sampai akhir hidupnya.

Jadi , dari sekian banyak soft skill yang dibutuhkan di masa sekarang ataupun masa yang akan datang kejujuran dalam beretika merupakan salah satu soft skill yang sangat penting. Karena dengan berprilaku jujur dalam berkerja akan menghasilkan hal-hal yang positif dan berguna baik bagi diri sendiri maupun lingkungan sekitar. Maka dari itu pentingnya kejujuran dalam bekerja wajib kita terapkan sejak usia dini agar senantiasa bersikap jujur mennjadi sebuah budaya dan kebiasaan.

Referensi :

  1. http://dbagus.com/pentingnya-kejujuran-dalam-bekerja
  2. http://id.wikihow.com/Menjadi-Jujur
  3. http://www.athba.net/2013/09/10-politisi-dunia-paling-jujur.html
  4. http://www.rmol.co/read/2013/12/07/135759/Nelson-Mandela-Negarawan-Jujur-Tanpa-Cela-
4 Likes

Attitude Toward Honesty merupakan salah satu softskill yang diperlukan saat ini. Menurut Tamar Frankel , ia tidak bisa membuktikan bahwa terdapat perubahan pada sejumlah kejahatan sekarang dibandingkan sebelumnya. Diantara perubahan tersebut adalah sikap yang tidak mengedepankan kejujuran dan merusak/melanggar kepercayaan.Hal ini merupakan tren baru dan sangat berbahaya yang menjadikan budaya ketidakjujuran dan perubahan budaya ini jauh lebih serius dibandingkan dengan meningkatnya jumlah dari kasus ketidakjujuran.

Tamar Frankel mendefinisikan budaya sebagai kebiasaan sosial.
Jika perilaku / sikap tidak jujur menjadi kebiasaan. Hal ini disebabkan karena perilaku tersebut dilakukan terus menerus hingga menjadi kebiasaan. Kebiasaan dapat menjadi sesuatu yang buruk dengan perubahan lingkungan. Karena untuk merubah suatu budaya atau kebiasaan membutuhkan waktu dan usaha. Hal ini yang membuat budaya dari ketidakjujuran dan penyalahgunaan kepercayaan menjadi sangat berbahaya. Jika ketidakjujuran dapat dimaklumi karena ‘setiap orang melakukannya’, penerimaan tersebut mungkin menjadi budaya dan akan sulit di hilangkan.

Trust and alternative verification
Kepercayaan dapat didefinisikan dengan beberapa cara. Tamar Frankel mendefinisikan nya sebagai ‘reasonable belief that trusted persons: (1) mengatakan kebenaran dan (2) menepati janji.’ Sebuah alternatif untuk kepercayaan adalah verifikasi. Jika seseorang tidak menunjukkan kepercayaan, maka ia akan mencari orang lain untuk memverifikasi pernyataan, dan menuntut jaminan untuk kembali pada janji yang lain. Verifikasi dan jaminan dapat menjadi hal yang mahal.

Morality as a barrier to abuse of trust
Bahaya dari ketidakjujuran adalah perilaku ini menjadi bagian dari budaya yang medunia. Penyalahgunaan kepercayaan, dan juga kecurigaan, dapat merusak interaksi komersial dan finansial, dan dapat merubah cara hidup secara drastis. Kepercayaan dapat didukung dengan berbagai mekanisme. Tamar Frankel fokus pada 3 mekanisme : morality, law, and the market

1. Morality
Moralitas merupakan kesengajaan. Orang yang bermoral akan melakukan hal yang kebaikan walaupun tidak ada polisi disekitarnya. Moral dapar diajarkan. Biasanya, diajarkan pada usia dini, dirumah dan disekolah. Beberapa ilmu mengatakan bahwa moralitas merupakan bagian dari ‘genetic make-up’ kita, bersamaan dengan pergerakan untuk bertahan hidup. Terdapat kecenderungan fisiologis, seperti rasa malu, empati, dan perasaan bersalah yang menyebabkan seseorang menghindari menyakiti orang lain.

2. The Law supports trust
Pada beberapa tahun lalu, terdapat aksi yang dilakukan untuk memberikan reaksi pada kejahatan besar di Perusahaan besar. Ketika penekanan rekasi pada kejahatan mereda, pimpinan bisnis, pengacara, dan akademisi menkritisi tindakan/aksi tersebut mengeluarkan biaya yang tidak berguna pada bisnis. Namun 30 tahun terkahir moralitas dan Hukum disusul oleh regulasi pasar.

3. The Market
Tren 30 tahun terakhir telah memperkuat pasar, dan karena itu, diperlukan orang terpercaya untuk melindungi diri dalam melawan orang yang menyalahgunakan kepercayaan. Tren telah mengurangi tekanan pada orang yang terpecaya untuk regulasi diri atau untuk mematuhi hukum yang membatasi dan mencegah penyalahgunaan kepercayaan.

Biarkan orang yang menyalahgunakan kepercayaan dijauhi. Jangan biarkan mereka menjadi pemimpin. Ikuti mereka yang tidak takut untuk berkata :’ I try my best to be honest. I want to live in a society of honest person. I will not take the advantage of others even when I can, and even when it is perhaps permissible under the law, and even if I give more than I can take’.

Berdasarkan pernyataan yang disampaikan Tamar Frankel dapat disimpulkan cara untuk mengembangkan kejujuran dalam pribadi kita adalah dengan

  1. menjadikan sikap ‘mengedepankan kejujuran’ sebagai budaya atau kebiasaan. Tanamkan dalam diri bahwa kejujuran itu penting.
  2. Hindari perilaku ketidakjujuran, karena jika perilaku tersebut sudah menjadi kebiasaan/budaya maka akan sulit menghilangkan perilaku tersebut dari diri kita.
  3. Jangan pernah menyalahgunakan kepercayaan yang diberikan orang lain dengan berbohong.

Referensi :
http://www.tamarfrankel.com/support-files/financeandcommongood.pdf

4 Likes

Attitude Toward Honesty

Dalam Sebuah Situs yang menerangkan mengenai kejujuran dalam bisnis adalah salah satu sumber dalam kesuksesan beberapa orang beranggapan kejujuran merupakan salah satu etika yang sangat penting. yang membuat orang sulit menerapkannya ialah tidak ada definisi yang pasti dari kejujuran itu sendiri, dikarenakan definisi dari kejujuran itu berbeda-beda untuk tiap orang.

Contohnya adalah seorang CustomerService yang menerima telpon dari pelanggan untuk melakukanpengaduan walaupun tidak ada yang salah mengenai proses yang penanganan pelanggan. Ketika Sales tersebut akan menghubungi pelanggan dia akan berkata “kenapa anda tidak menghubungi kembali?” meskipun jawaban sejujurnya ialah karena sang pelanggan tersebut selalu melakukan pengaduan bahkan ketika tidak ada kesalahan dalam proses penanganan pelanggan , Sang Sales sedikit berbohong untuk dapat membuat atasannya bahagia.

Sikap Jujur adalah sebuah gambaaran umum mengenai pandangan individuyang ditinjau dari struktur urutan sosial. sebagai tambahan, seseorang akan menghargai dirinya ketika dia menerima akibat dari sikap yang dia pilih ketika membohongi orang lain.

Seseorang yang memiliki harga diri yang tinggi akan memiliki keteguhan hati untuk melakukan kebohongan, meskipun orang lain akan melihat hal tersebut sebagai salah satu sifat mempertahankan diri, seseorang yang jujur takkan melakukan kebohongan meskipun dihadapkan pada situasi yang sulit.

Ciri-ciri seseorang yang jujur :

  1. Akan mengembalikan uang yang ditemukan dijalan atau di pusat perbelanjaan.
  2. Menjaga ke profesionalismenya bahkan ketika orang lain menghina mereka.
  3. Menjaga informasi yang rahasia tetap rahasia.
  4. Datang tepat waktu ketika akan diadakan rapat dan fokus pada rapat tersebut.
1 Like

Kejujuran

Menurut situs ini, kejujuran merupakan suatu hal yang penting dalam kehidupan sosial. Lalu kenapa kita berbohong ?

Kebanyakan dari kita berbohong untuk keluar dari situasi yang kurang nyaman bagi diri kita, untuk menghemat waktu karena dapat menghindari penjelasan-penjelasan yang kemungkinan akan ditanyakan serta untuk menghindari argumen persuasif dari orang lain.

Kenapa suatu kejujuran itu sangat penting ? :

  1. Kejujuran merupakan fondasi dari hubungan kita dengan orang lain. Dengan kejujuran tentunya orang akan percaya dengan kita sehingga tentunya ini akan memudahkan kita suatu saat nanti
  2. Kejujuran membuat kita lebih terbuka dan bebas dikarenakan kita tidak perlu lagi sembunyi dibalik segala kebohongan yang kita lakukan.
  3. Kita akan dihargai orang lain karena kejujuran merupakan suatu hal yang sangat dicari dan salah satu sikap terhormat

Lalu bagaimana caranya untuk menanamkan dan mengembangkan kejujuran dengan diri sendiri ?

  1. Jujur dengan diri sendiri.
    tentunya hal ini sangat penting dikarenakan jujur itu dimuali dari diri sendiri dikarenakan kita harus menerima siapa diri kita sesungguhnya

  2. Perhatikan perasaanmu
    ketika berbohong tentunya perasaan kita menjadi tidak enak. disinilah kita harus memperhatikan perasaan dikarenakan kita harus nyaman dengan kejujuran

  3. Iya berarti iya dan Tidak berarti tidak.
    maksudnya disini adalah ketika kita ingin berkata Iya maka katakanlah iya, begitu juga apabila ketika kita ingin mengatakan tidak maka katakanlah tidak, jangan sebaliknya.

  4. menerima kenyataan
    kebohongan seringkali dimulai karena kita tidak percaya dengan kenyataan. memang sering kali kebohongan lebih manis dibanding kejujuran dan tentunya ini lah yang menjadi kesulitan untuk jujur. dan untuk bersikap jujur kita harus menerima segala kenyataan

  5. jujurlah dengan orang lain
    tidak perlu berbohong dengan orang lain apalagi soal perasaan. jika kita merasakan sesuatu katakanlah dengan jujur meskipun itu tidak mengenakan. kebohongan hanya akan menimbulkan kebohongan lainnya yang tentunya akan membuat diri kita menjadi tidak nyaman

  6. Bertanggung jawablah atas perkataan dan perbuatan.
    perbuatan mencerminkan perkataan yang terucap. maka dengan perkataan yang jujur maka perbuatan pun akan demikian


Referensi : Why honesty is your best policy and 6 ways to improve.

1 Like

Cara yang sulit untuk menjadi lebih jujur..


Sebuah artikel dalam situs returnofkings.com mengatakan bahwa banyak buku dan dan artikel yang mengajarkan bagaimana untuk menjadi tidak jujur, namun sedikit yang membahas tentang cara untuk menjadi seorang yang jujur. Namun, ada beberapa hal yang perlu anda coba untuk dapat meningkatkan kejujuran dalam diri anda :

1. Membangun nilai-nilai dalam diri Anda secara konkrit.
Memprioritaskan dan mengavaluasi nilai-nilai dalam diri Anda sesering mungkin akan membuat Anda dapat membangun batas-batas pribadi yang kuat, sehingga orang lain atau anda sendiri melanggarnya. Nilai-nilai ini memberikan rasa harga diri dan prestasi terhadap diri anda pada akhirnya.

2. Hidup lebih sadar dan bertanggung jawab.
Kita cenderung untuk menjadi kurang dan kurang jujur seperti kita menjadi lelah, terganggu atau dibanjiri dengan informasi. Ketika kita belajar kesadaran dalam kehidupan, kita cenderung akan kurang terpengaruh oleh liku-liku kehidupan. Untuk itu anda perlu memikirkan keselarasan di dalam dan luar diri anda dan merenungkannya.

3. Membangun perasaan akan tujuan dalam banyak hal yang mungkin anda lakukan.
Sebuah perasaan akan tujuan akan memberikan pemikiran yang ‘counter-belancing’ dalam hal mengapa anda harus bertindak jujur. Integritas pribadi anda terikat pada berapa banyak anda memiliki perasaan akan tujuan anda. Sebaliknya, anda akan menyadari betapa banyak anda melakukan hal merugikan untuk tujuan tersebut ketika anda tidak bertindak jujur.

4. Secara positif memperkuat integritas pribadi anda dengan memvalidasi kejujuran diri yang anda lakukan.
Lakukan hal ini tanpa memperhatikan hasil atau pengakuan anda berasal darinya. Secara negatif memisahkan diri dari setiap tindakan tindak jujur dengan bersumpah untuk lebih baik lain kali. Cukup berjanji untuk harus melakukan yang lebih baik pada situasi yang akan muncul kembali.

5. Terima nasihat dari orang lain.
Anda menerima nasihat sehingga Anda dapat tergugah bagaimana anda mengkomunikasikan niat anda kepada orang lain. Sebagaian besar dari kita gagal menyampaikan apa yang kita inginkan karena kita terlalu banyak tergantung dengan kata-kata dan tidak tahu bagaimana bersikap kepada orang lain.

Nasihat merupakan kesempatan untuk dapat meningkatkan nilai diri, bukan hanya sebagai refleksi diri anda. Terima nasihat dari orang yang anda percaya, karena niat mereka adalah untuk membuat anda lebih jujur.

6. Mencari dan menghargai setiap “saat kebenaran” yang kita temui dalam kehidupan.
Kita semua harus memberikan saksi di depan orang lain dalam beberapa kesempatan. Kita semua memiliki penolakan dan rasa sakit dalam beberapa kesempatan dalam hidup kita. Namun, saat ini hal tersebut tidak boleh hanya dihindari, melainkan mulai untuk mencari. Pada saat-saat seperti ini, kita hanya bisa mengalami kebenaran. Dan kita akan belajar paling banyak tentang diri kita sampai ke intinya.

Sumber : http://www.returnofkings.com/60101/how-to-be-more-honest-in-6-hard-steps

1 Like

Kejujuran adalah proses mengenali, menerima, dan mengekspresikan sesuatu dan semua ini dilakukan mulai dari diri sendiri. Memiliki sifat jujur merupakan hal yang paling utama dalam diri seseorang. Dan menjadi orang yang jujur merupakan hal yang sulit apabila sifat ini tidak dibentuk sejak dini. Namun, kejujuran seseorang bisa saja goyah ketika mereka sedang terdesak.

Kejujuran merupakan bagian dari sebuah kesuksesan, karena dengan jujur orang lain dapat mempercayai Anda. Kejujuran bisa menunjukkan Anda dapat menghormati orang lain dan tentunya Anda akan dihormati juga oleh orang lain. Jika Anda tidak jujur, seberapa baik Anda melakukan suatu hal, orang lain tidak akan percaya apa yang Anda lakukan.

Dengan menjadi orang yang jujur, diri Anda tidak akan pernah merasakan tekanan. Tekanan yang dimaksud adalah terdapat sesuatu yang mengganjal apabila Anda tidak melakukan atau mengatakan yang seharusnya Anda lakukan atau katakan. Kejujuran bukanlah sifat yang harus Anda musuhi, tetapi sebaliknya kejujuran merupakan sifat yang harus Anda temani karena kejujuran merupakan alat untuk membebaskan diri Anda.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengembangkan kejujuran pada diri Anda, yaitu:

  1. Jadilah diri Anda sendiri. Beberapa orang berbohong untuk menyesuaikan diri mereka terhadap lingkungannya. Namun, melakukan kebohongan merupakan seperti ini akan membuat diri Anda merasa lelah suatu saat. Kenalilah diri Anda terlebih dahulu dan diri Anda akan tahu lingkungan apa yang cocok terhadap Anda.

  2. Jangan melatih diri Anda untuk selalu mendapatkan apa yang Anda inginkan. Lakukan selalu yang terbaik dalam melakukan pekerjaan yang Anda ambil. Biarkan orang melihat bahwa Anda dapat diandalkan untuk melakukan sesuatu dalam mencapai tujuan Anda.

  3. Tanggung jawab atas semua yang Anda telah lakukan. Jika Anda membuat sebuah kesalahan, segeralah bertanggung jawab atas tindakan Anda dan jangan sampai orang lain yang harus membenahi kesalahan Anda. Dan jika seseorang melihat bahwa Anda bertanggung jawab atas tindakan Anda sendiri, mereka akan merasa bahwa Anda adalah orang yang dapat dipercaya.

  4. Berhenti membandingkan diri Anda dengan orang lain. Jangan sekali-kali beranggapan bahwa orang lain tampak lebih besar Anda. Lupakan apa yang Anda pikirkan tentang orang lain dan berbicaralah dari hati Anda untuk mengungkapkan yang sebenarnya tanpa sedikitpun kekhawatiran yang dapat membuat Anda terlihat buruk. Orang lain akan menghormati kejujuran, bahkan disaat kejujuran terasa tidak nyaman.

Jangan pernah takut untuk jujur terhadap orang lain. Karakter Anda akan dikenang setelah Anda pergi.


Referensi:
Honesty Is Still The Best Policy
6 Ways To Be More Honest In Your Everyday Life
How to Be Honest

Dalam perkembangan dunia teknologi yang begitu pesaat saat ini kejujuran dalam setiap individu harus tetap ditanamkan karena sifat tersebut merupakan salah satu unsur kekuatan spiritual, akhlak mulia, serta kepribadian. kejujuran mencerminkan bagaimana individu tersebut bersikap kepada masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

Melalui kejujuran kita dapat mempelajari, memahami, dan mengerti bagaimana kita seharusnya bersikap, bertindak, bertanggung jawab serta berfikir. Bila kejujuran sudah hilang, maka kekacauan dan ketidakharmonisan akan menguasai situasi. Yang ada hanya rekayasa dan manipulasi, penyerobotan
hak, penindasan, dan sebagainya (Albert Hendra Wijaya, 2008). kejujuran membawa kebahagian bagi individu itu sendiri. lalu bagaimana agar kita menjadi kepribadian yang jujur agar membawa rasa kebahagiaan?

  1. jujur terhadap diri sendiri
    jujur di mulai dari diri sendiri berawal dari hal yang kecil yang adal dalam diri kita sendiri maka kejujuran tersebut akan mempengaruhi tujuan kita di masa depan

  2. luruskan niat untuk kejujuran
    luruskan niat kejujuran dalam berkehendak, bersikap, berucap, berperilaku serta berfikir.

  3. jadikan kejujuran sebagai budaya dalam diri sendiri
    jujur dalam hal kecil sekalipun akan berdampak untuk kehidupan mendatang maka mulai kejujuran dari hal kecil.

Referensi :http://www.kangmasroer.com/2016/10/kejujuran-sebagai-cermin-kepribadian.html


Kebohongan merupakan suatu perbuatan berupa ucapan maupun perbuatan yang menunjukkan perbedaan antara apa yang ditampakkan dengan realitas yang sebenarnya. Kebohongan merupakan suatu perbuatan yang tercela dan merupakan suatu perbuatan yang dilarang oleh semua agama.

Namun di era modern seperti sekarang ini, kebohongan nampaknya sangat mudah untuk kita jumpai, misalnya dari orang-orang yang ada disekitar kita atau bahkan mungkin kebohongan itu berasal dari diri kita sendiri. Kalau kita perhatikan sebenarnya banyak sekali dampak negatif dari tindakan kebohongan tersebut, mulai dari hilangnya kepercayaan orang lain, memudarkan integritas hingga dapat dikenai sanksi.

Berbeda dengan sikap kejujuran, kejujuran merupakan sikap mulia yang di contohkan oleh nabi Muhammad SAW, manusia yang paling baik ahlaknya di alam semesta ini, yang menuntut manusia untuk senantiasa menjunjung tinggi kebenaran baik dalam perbuatan maupun perkataannya. Dengan sikap kejujuran ini, akan membuat orang yang ada di lingkungan kita menjadi lebih nyaman dengan kita. Anehnya di zaman sekarang sangat jarang orang yang memiliki sikap kejujuran seperti itu,

Oleh karena itu, perlu kiranya untuk kita berusaha menghilangkan sikap kebohongan dalam diri serta berusaha untuk meningkatkan sikap kejujuran yang nantinya dapat mendatangkan kebaikan kepada pribadi kita maupun kepada orang lain di lingkungan sekitar kita.

Berikut merupakan beberapa tips sederhana yang dapat membantu dalam melatih, mengembangkan serta meningkatkan kejujuran di dalam diri kita.

1. Belajar untuk jujur terhadap diri sendiri
Kita tidak akan dapat bersikap jujur kepada orang lain sebelum kita dapat jujur terhadap diri sendiri, bilamana kita senantiasa membuat pembenaran dari kebohongan yang senantiasa kita lakukan, maka saat ini adalah waktu yang tepat bagi kita untuk dapat menerima segala kesalahan tersebut dan berusaha untuk melakukan pembenahan diri. Maka ketika kita telah menyadari akan hal ini, tentu kita akan merasa tidak perlu melakukan sebuah kebohongan.

2. Merubah mindset
Terkadang kita melakukan kebohongan dikarenakan kita memiliki anggapan bahwa apa yang kita dustakan tersebut merupakan hal yang kecil dan sepele. Perbuatan merehkan terhadap perkara yang kecil tersebut tidaklah baik, sebab jika dibiarkan, maka lama-kelamaan hal itu akan menjadi sebuah kebiasan yang akan mandarah daging di dalam diri. Jadi, untuk melatih menjadi pribadi yang jujur maka hilangkan anggapan untuk meremehkan hal kecil tersebut.

3. Menjadi diri sendiri
Salah satu alasan utama mengapa orang susah untuk berbuat jujur adalah karena mereka terus mencoba untuk menjadi orang lain. Dia selalu ingin membuat dirinya terkesan dimata orang lain sehingga dia senantiasa menutupi sikap, perilaku dan gaya hidup yang sebenarnya. Orang yag benar-benar peduli dengan kita, maka dia akan memberikan perhatian kepada kita tanpa kita harus menjadi orang lain. Bila kita ingin membangun hubungan dengan dengan seseorang, maka dia harus tahu dengan siapa sebenarnya dia berinteraksi. Kita semua memiliki ciri-ciri kepribadian yang tidak sempurna, karena hal itu merupakan sifat manusia dan dunia mungkin akan menjadi membosankan bilamana kita semua sama. Di harapkan dari hal sederhana ini, nantinya dapat melatih kita untuk dapat melakukan kejujuran dalam kasus kehidupan yang lain.

4. Mempertingkan untuk melakukan terapi
Jika kita masih mengalami masalah dengan berbohong atau sifat tidak jujur dengan diri sendiri maupun kepada orang lain, maka kita perlu untuk mempertimbangkan pergi ke terapi untuk membahas masalah ini lebih lanjut. Kita tidak perlu malu untuk berbicara dengan seorang profesional tentang masalah atau ketidakamanan kita, karena mereka sebenarnya sudah biasa untuk membantu menyelesaikan berbagai permasalahan yang ada pada diri seseorang. Jika kita benar ingin pergi ke terapis namun masih terbayang-bayang perasaan takut maka yakinlah bahwa peluang kita untuk dapat menemukan solusi terkait masalah kejujuran dari dalam diri kita akan menjadi semakin besar. Kita bisa memilih terapis di sekitar kita sesuai dengan kondisi kita masing-masing

Jadi sebenarnya tidak ada alasan bagi kita untuk berbohong, baik terkait perkara besar atau kecil dan kita hendaknya berusaha keras untuk menjadi pribadi yang lebih jujur. Ketika seseorang berusaha menjadi orang lain,maka sebenarnya kita tidak jujur tentang sesuatu, mereka akan merasa sulit untuk mempercayai kita lagi karena mereka akan meragukan semua yang kita sampaikan.

Ingat bahwa cara kita berperilaku mendefinisikan karakter kita dan apakah kita benar-benar ingin reputasi kita sebagai seseorang tidak lagi dapat diandalkan? Maka marilah kita ubah kebiasaan kita hari ini untuk menjadi pribadi yang lebih terbuka dengan orang-orang di sekitar kita.

Menjadi jujur berarti kita telah memilih unutk tidak mencuri, berbohong, menipu ataupun tidak melakukan sesuatu yang akan merugikan orang lain. Ketika kita menjadi seorang yang jujur maka secara tidak sengaja akan membangun karakter dan kepribadian yang baik. Selain itu kita juga pasti akan mendapatkan ketenangan hati dan pikira ketika telah menumbuhkan sikap jujur dalam diri.

Bersikap jujur juga berarti melakukan segala sesuatu dengan benar setiap saat. Tidak peduli apapun akibat yang akan diterima. Apabila kita yakin bahwa segala sesuatu yang kita kerjakan itu ada yang mengawasi, maka sikap jujur itu akan mudah untuk dijalani dala kehidupan.

Dikutip dari sebuah blog readersdiggest.ca ada beberapa tips untuk menciptakan kejujuran di dalam diri, diantaranya :

1. Think About Values, Not Rule
Untuk menjadi orang yang lebih jujur, yang harus di pertimbangkan adalah lakukan sesuatu yang akan kamu lakukan, bukan untuk berceramah pada diri sendiri tentang apa yang tidak boleh dilakukan dikarenakan terikat pada suatu aturan. Selalu lakukan hal hal yang benar meskipun ketika orang lain tidak melihat perbuatan yang kamu lakukan

2. Own Up
Kejujuran bukan berarti untuk tidak berbohong saja, akan tetapi juga merangkup kepada jujur terhadap semua tindakan yang anda lakukan. Berlaku untuk setiap hal yang kita lakukan dalam kegiatan sehari hari. Own Up juga di sebut dengan pengakuan sepenuh nya terhadap diri sendiri

3. Think Of The Children
Pada survey terbaru mengatakan bahwa siswa SMA paling banyak melakukan kebohongan, termasuk juga kebohongan kepada orang tua nya. Dan pada saat yang sama mereka malah puas dengan apa yang mereka dapatkan dari kebohongan. Dikondisi inilah peran orang dewasa sangat diperlukan untuk membimbing dan mengajarkan kejujuran kepada mereka sejak dini. Tujuannya adalah agar kejujuran sudah tertanam di pribadi seseorang semenjak mereka kecil

4. Accept and Vow to Change
Ketika kamu sudah berbuat sutau kesalahan di masa lalu, kebenaran itu harus kamu terima dan bersedia untuk berubah dari kesalahan yang di lakukan dimasa lalu. Ketika berada pada posisi dan keadaan yang sama kamu harus berjanji pada dirimu sendiri untuk tidak akan mengulangi kesalahan itu lagi.

references : https://www.lds.org/youth/for-the-strength-of-youth/honesty-and-integrity?lang=eng

Pentingnya Kejujuran di Tempat Kerja!

Menurut Klemchuk (perusahaan dibidang hukum dan teknologi yang berkantor di Dallas, Texas) pada tulisan di website miliknya, saat ini teori mengenai kejujuran di tempat kerja dianggap lebih mudah dibandingkan dengan praktik secara langsung. Karyawan atau pegawai kadang-kadang menghindari menyuarakan pendapat, kekecewaan, rasa frustasi, ataupun ide-ide umum untuk memodifikasi atau mengubah prosedur operasional perusahaan. Sebaliknya, opini dan ide-ide dapat maju melalui lingkungan kantor dalam serangkaian percakapan dengan sesama karyawan, baik dalam bentuk gosip ataupun pemikiran internal tiap karyawan. Ketika hal ini terjadi, masalah tidak memiliki jalan keluar yang layak untuk diperbaiki atau diselesaikan. Jika perusahaan benar-benar ingin berkembang dan tumbuh, maka mereka harus terbuka untuk mendengar kebenaran dari karyawan, bahkan jika itu adalah sebuah kejujuran.

Menciptakan suasana kejujuran juga mendorong lingkungan untuk meningkatkan rasa tanggungjawab terhadap diri sendiri. Dalam sebuah artikel oleh Jayme Check di Bussiness Week, ia mengatakan bahwa komentar yang jujur merupakan hal yang sangat menyegarkan dan memang diperlukan. Pada artikel tersebut, Check berfokus pada pemeriksaan yang sangat teliti terhadap seorang CEO baru yang menyuarakan kekurangan kinerja perusahaan dan komitmen untuk mengubah apa yang tidak bekerja dengan baik. Merupakan hal yang mengejutkan saat mendengar beberapa kenyataan jujur tentang kesalahan perusahaan mereka, tetapi hal tersebut dapat memberdayakan karyawan untuk meningkatkan kualitas diri dan memperbaiki masalah. Lebih transparan lingkungan kerja, maka lebih bahagia pula karyawannya. Ketika karyawan bahagia, semakin produktiflah mereka. Pada akhirnya, kejujuran membangun kepercayaab di perusahaan dan kepercayaan pada kepemimpinan. Menyuarakan kebenaran memungkinkan kita semua untuk mengidentifikasi masalah dan bekerja sebagai tim untuk mendapatkankan hal yang lebih baik dari sebelumnya.

Berikut beberapa tips untuk menciptakan lingkungan yang jujur di tempat kerja Anda.

  • Leave the judgment at the door. Hal ini penting untuk saling memberikan kebebasan untuk jujur, bahkan jika kita tidak setuju dengan penilaian mereka. Membuat karyawan merasa bahwa pendapat mereka dihakimi tidak akan membantu perkembangan lingkungan dimana mereka merasa terbuka untuk mengekspresikan ide maupun minat.

  • Clear the pipes. Di kantor Klemchuk sendiri pada akhir rapat, mereka menyimpulkan bagian yang jelas dengan “clear the pipes section”. Hal ini memberikan kesempatan untuk menyuarakan pendapat, rasa frustasi, atau hanya mendengarkan keluhan dari anggota tim yang lain. Hal tersebut dapat menguatkan tim karena mereka tau mereka dapat mengekspresikan diri mereka kepada rekan-rekannya.

  • Implementation is key. Merupakan hal yang penting jika Anda tidak memberikan karyawan sebuah tempat atau forum untuk mengeluarkan pendapat mereka, tapi Anda sebenarnya melakukan sesuatu mengenai pendapat mereka tersebut. Jika karyawan melihat bahwa pendapat dan pemikiran mereka adalah hal yang harus didiskusikan dan pemimpin serta staf mengambil langkah mereka untuk meningkatkan atau mengimplementasikan ide karyawan tersebut, maka mereka akan merasa diberdayakan.

  • Hold employees responsible. Jika karyawan ingin untuk menyuarakan sebuah pendapat, entah itu baik atau buruk, mereka perlu untuk mendukung pendapat mereka dengan fakta dan substansi. Mengeluh hanya untuk mengeluh tidak akan mendapatkan perhatian dari siapapun dan dimanapun. Karyawan harus bersiap untuk menawarkan solusi terhadap masalah yang mereka lihat. Jika mereka tidak dapat membantu menemukan solusi, maka mereka tidak bisa mengekspresikan apa yang ingin mereka rubah.

  • Communicate the positive and the negative. Pada akhirnya, akan selalu ada hal-hal yang perlu ditingkatkan. Tapi, ada begitu banyak hal yang telah diselesaikan dengan baik, dan hal-hal tersebut harus selalu didengarkan dari sisi karyawan maupun petinggi perusahaan. Entah itu melalui email, laporan berkala, atau rapat rutin. Setiap orang harus menyuarakan pemikirannya entah tentang sesuatu yang dapat dilakukan maupun tidak. Merupakan hal yang penting untuk fokus pada hal positif maupun negatif. Komunikasi adalah hal yang sangat penting untuk membantu perkembangan lingkungan yang menjunjung tinggi kejujuran.

Kesimpulan dari tulisan diatas adalah bahwa jika kita ingin memiliki lingkungan kerja yang menjunjung tinggi nilai kejujuran, maka kita sendiri harus menyatakan mendapat yang jujur dengan segala fakta yang ada tanpa mengesampingkan hal yang baik maupun buruk dalam usaha membantu perkembangan lingkungan kerja.

Mengapa mempunyai sifat kejujuran dalam diri sangatlah berharga?
Karena dalam sifat manusia kejujuran adalah suatu sifat karakter yang susah untuk di tanamkan, apabila tidak di dasari dengan karakter bawaan dan lingkungan dimana dia di besarkan, namun bukan berarti kejujuran tidak bisa di kembangkan atau di pelajari.

Kejujuran adalah salah satu kebajikan, menjalani kehidupan dengan kejujuran sering membutuhkan usaha. kejujuran tidak hanya di tunjukkan oleh kata-kata saja melainkan dengan tindakan kita. dalam artian kita tidak harus tidak berbohong kepada orang lain namun kita juga harus jujur dalam tindakan kita dengan melakukan apa yang kita katakan dengan apa yang kita lakukan sejalan. Keinginan untuk menyenangkan hati orang lain sering kali kita di tuntut untuk tidak berbicara apa adanya

Untuk menanamkan nilai kejujuran di butuhkan adanya suasana dan rasa aman dalam keluarga atau lingkungan, mengapa begitu? karena mereka akan merasa tidak ada tekanan dan akan berkata apa yang sesungguhnya terjadi, apa yang dialami dan dirasakannnya. Keberanian seseorang untuk mengatakan apa yang benar seharusnya diberi penghargaan sehingga ia akan termotivasi untuk bersikap jujur. Di samping itu, seseorang perlu di beri contoh yang nyata soal kejujuran, Keteladanan dan contoh sikap jujur merupakan sarana efektif untuk menanamkan nilai kejujuran.
Menanamkan sikap jujur pada seseorang bukanlah hal yang mudah. ini merupakan sebuah proses panjang yang dimulai dari ruang lingkup kecil yang bernama : Keluarga . Pemahaman agama yang baik serta contoh yang diberikan orangtua adalah hal yang paling penting dalam pembentukan karakter seseorang

faktor seseorang berbohong :
1.Takut terlihat buruk
2.Takut gagal
3.Takut akan penolakan
4.Takut kehilangan

sumber
https://www.entrepreneur.com/article/282957`

http://www.beliefnet.com/wellness/personal-growth/developing-the-habit-of-honesty.aspx`

Kejujuran adalah kunci utama untuk mendapatkan kepercayaan dari orang lain . tidak hanya orang baik saja yang menyukai kejujuran , orang-orang jahat pun menyukai orang-orang jujur dan membenci orang tidak jujur dan tidak bisa dipercaya

Seorang pembohong belum tentu divenci oleh orang lain di sekitarnya tergantung bagaimana cara orang tersebut menutupi kebohongannya untuk disampaikan kepada orang lain . Namun seorang pembohong yang sifatnya telah diketahui orang lain pasti akan sulit untuk mendapatkan kepercayaan dari orang-orang yang telah mengenal sifat buruknya . oleh karena itu berhentilah menjadi seorang pembohong dan mulai belajar menjadi orang yang jujur agar dicintai dan dipercaya orang lain
Tips mendapatkan sifat jujur pada diri kita

Berpikir sebelum berbicara

Jangan berbicara lagi tanpa terkontrol sehingga berbagai hal/ucapan buruk tidak keluar tanpa kita sadari . berbicaralah perlahan-lahan dan jangan terburu-buru agar kita bsia membedakan kata-kata yang baik dan benar . Baik berbicara dalam situasi serius ataupun bercanda , kata-kata yang keluar harus tetap baik. Kejujuran harus ditegakkan secara tegas dalam berbagai situasi dan kondisi dalam kehidupan sosial.

Berhenti Berbohong

Jika telah terbisa dengan melakukan kebohongan , maka kita harus menghentikan kebiasaan tersebut dari diri kita . jika suatu saat tidak sengaja melakukan kebohongan , maka segera ralat ucapan maupun tindakan tersebut .

Merenungkan dampak dari berbohong

Lakukan intrispeksi diri untuk merenungi kembali kebohongan apa saja yan telah kita lakukan dan apa saja dampak buruknya bagi diri kita dan orang lain . setiap kebohongan akan melahirkan kebohongan lain , karena untuk menutupi sebuah kebohongan diperlukan satu kebohongan lain untuk menutupinya .

Bagaimana Menjadi Jujur?

Menurut situs web wikiHow yang berjudul “How to Be Honest”, tak ada satu pun yang suka kebohongan. Namun sayangnya, bohong terhadap diri dan orang lain terkadang lebih mudah daripada harus jujur. Belajar jujur dan menghilangkan kebohongan dapat membantu untuk membersihkan hati nurani kita. Pergeseran perspektif diri yang sedikit dan berorientasi diri pada kejujuran membantu kita dalam menghilangkan kebohongan. Dan berikut ada beberapa cara dalam mengembangkan kejujuran pada diri kita:

1. Mencari tahu mengapa kita berbohong dan kepada siapa kita berbohong.

Kita semua pernah bohong pada satu waktu untuk alasan tertentu. Namun, datang dengan rencana sistematis untuk lebih jujur akan terasa sulit kecuali jika kita mencoba menentukan alasan untuk diri sendiri.

2. Mengantisipasi setiap perilaku yang akan membuat kita merasa bersalah.

Untuk memutus rantai kebohongan, perlu belajar dalam mengantisipasi hal-hal yang membuat kita merasa malu nantinya. Ketika kita berbaring, kita menutupi beberapa kebenaran yang biasa disebut kebohongan. Kita bisa merasa nyaman dengan kebenaran, atau meninggalkan perilaku yang membuat kita merasa malu.

3. Berhenti membandingkan diri kita dengan orang lain.

Terkadang kita berbohong untuk membuat diri kita tampak lebih besar dan lebih baik daripada kita sebenarnya. Sebab, kita terus bersaing dan membandingkan diri dengan orang lain. Setiap kekurangan dapat mudah diatasi dengan kebohongan cepat dan kreatif. Jika kita berhenti merasa kompetitif dengan orang lain dan memberikan diri kita nilai yang pantas, kita tidak akan perlu berbohong untuk menonjolkan diri, sebab kita sudah siap!

4. Terima konsekuensi dan putuskan untuk menghadapi kebohongan.

Terkadang menerima hal buruk di depan akan jauh lebih baik daripada terus menyembunyikan sesuatu hal yang tak benar. Itu menjadi konsekuensi yang harus dihadapi dari setiap individu jika mendapati hal yang membuat kita ragu untuk mengutarakan. Jujur terkadang berat, namun hanya itu yang membuat ke depan lebih baik.

5. Melakukan hal-hal yang membuat diri kita bangga.

Kita tak perlu bohong bila kita yakin dengan diri sendiri. Kelilingi diri kita dengan rasa percaya diri, dan pemahaman orang-orang agar menghargai kita. Lakukan hal-hal yang membuat diri kita bangga akan diri sendiri.

6. Menghindari situasi dimana kita harus berbohong untuk orang lain.

Berhati-hatilah ketika seseorang memberitahu sesuatu yang akan berakibat buruk terhadap diri kita misalnya, kejahatan, kebohongan, atau bahkan tindakan yang dapat merugikan orang lain. Mendengar hal tersebut akan menempatkan kita di posisi yang sulit, terutama bila kebenaran tersebut akhirnya muncul dan mengungkapkan kepada semua bahwa terlibat di dalamnya.

7. Dapat membedakan antara kebutuhan orang mencari informasi dengan apa yang ingin kita katakan.

Terkadang sulit membedakan antara orang yang sebatas mencari tahu dengan orang yang ingin menjebak kita. Di sini lah butuh peran selektif dalam mencermati kasus yang ada. Berbicara asal tanpa kebenaran akan berakibat fatal pada diri kita.

8. Bersikap bijaksana.

Bijak merupakan salah satu benteng diri yang bisa kita andalkan dalam menetralkan diri. Dengan sikap ini, kita akan mudah dalam mengendalikan diri dan perkataan. Kunci jujur adalah kita bisa bijaksana dalam melihat suatu kondisi, membedakan mana yang benar dan mana yang salah.

Salah satu kunci utama kesuksesan disebuah organisasi atau perusahaan adalah dengan cara membangun kepercayaan dan kejujuran atas sesama pegawai. Oleh karena itu, perlu sekali membuat fokus utama yaitu membentuk kepercayaan dan kejujuran baik antar pegawai ataupun ke pelanggan sekalipun.Karena penelitian telah menunjukkan bahwa ada korelasi langsung yang positif antara kepuasan karyawan dan kepuasan pelanggan. Artinya, ketika karyawan Anda puas dengan apa yang mereka lakukan, mereka mengarahkan perasaan positif kepada pelanggan. Menurut Roger Hall, Berikut cara-cara membangun kepercayaan ataupun loyalitas didalam perusahaan :

1) Atur waktu “berbincang 2 arah” dengan karyawan anda
Seiring perkembanganya teknologi, seorang atasan biasanya lebih menugaskan staff-staff nya atau memberikan job-desc lewat email ataupun skype. Tetapi, hal yang perlu diperhatikan adalah komunikasi “Real time” terhadap staff-staff tersebut. Karena berdasarkan penelitian, apabila bisa melakukan perbincangan 2 arah yang baik maka akan bisa terlihat lebih jelas kontribusi atau kemampuan staff-staff tersebut. Selain itu, dengan adanya komunikasi real time bisa membangun suasana lingkungan yang lebih nyaman.

2) Berkomunikasi yang tepat
Merujuk ke opsi pertama, cara berkomunikasi yang baik dapat memberikan lingkungan yang lebih nyaman. Terlihat dari cara pandang orang serta perpspektif masing-masing otomatis akan memberikan pandangan yang berbeda serta perlakuan yang berbeda untuk membuat orang tersebut nyaman dan terbuka terhadap kita.

3) Berikan evaluasi ataupun pujian
Ketika sedang membangun kepercayaan dan loyalitas, perusahaan juga biasanya lebih melakukan pendekatan yang lebih personal. Salah satunya adalah memberikan evaluasi dan pujian atas kinerja nya selama ini. Agar terlihat bahwa mereka telah dihargai atas kinerja nya dan bisa memberikan evaluasi yang baik agar mereka dapat memperbaiki kinerja dimasa yang akan datang. Pengakuan dan pujian adalah cara terbaik untuk membantu orang menyadari betapa pentingnya mereka bagi organisasi

4) Berlaku jujur
Berlaku jujur disini dimaksudkan adalah bersikap terbuka terhadap pegawai - pegawai yang lainnya juga. Karena dengan bisa bersifat terbuka akan menimbulkan sikap kepercayaan terhadap tim yang dibawa.

5) Menerima masukan
Terkadang, masukan-masukan dari bawahan disebuah organisasi sering diabaikan oleh atasan-atasannya. Padahal isi masukannya bisa bermanfaat untuk kedepannya. Mereka berbicara tentang ide-ide besar bagi perusahaan. ide yang membuat karyawan merasa baik dan menyukai mereka. Tapi kemudian ide-ide itu tidak pernah dilakukan. Karena itu, perlu sekali seorang atasan juga harus menerima masukan dari bawahannya.

Referensi : http://reliableplant.com/Read/10517/trust-loyalty-workplace

Ketika saya kecil dikala bulan Ramadhan tiba, menahan godaan untuk makan & minum merupakan hal yang terberat yang harus dilalui ketimbang memikirkan hukuman tidak bermain PlayStation selama sebulan. Karena tidak tahan seringkali saya diam-diam membeli minum/makanan sepulang sekolah namun menjawab masih puasa ketika ditanya oleh orang tua. Sikap tersebut sering terulang hingga masa akil baligh tiba dan saya sudah mulai berpikir logis atas kesalahan yang sudah pernah dibuat.

“Gue ga jujur sama diri sendiri gimana mau jujur ke orang lain ?” pertanyaan itu yang sering saya pikirkan ketika cobaan untuk berbohong seperti dikala kecil datang kembali.

Sebuah pepatah Yahudi berkata “Kebohongan yang tidak penuh tetap saja sebuah kebohongan”. Pepatah tersebut ada benarnya di kehidupan nyata karena kejujuran merupakan salah satu tolak ukur yang dapat diperhatikan ketika kita mengakui keadaan yang ada. Mungkin penjelasan yang sederhana seperti ini :

“Ketika Sisi sang mahasiswi ingin pergi mentraktir teman-temannya ke sebuah Cafe, Sisi mendapat 2 pilihan kafe yaitu kafe yang tidak terlalu enak tempatnya namun memiliki makanan yang rasanya dapat membuat lidah ini bergoyang serta tidak membuat kantong kering dalam satu malam, kafe lainnya memiliki tempat yang sangat photoable dengan nuansa classy namun memiliki makanan yang tidak enak dengan harga yang mahal.

Karena Sisi saat itu berulang tahun dan tidak ingin terlihat memalukan didepan teman-temannya maka ia memilih kafe yang mahal walaupun ia tahu ia bakal menghabiskan setengah dari simpanannya selama sebulan ini. Hasilnya, pada akhir bulan Sisi pun berteman dengan mi instan di tiap akhir pekan”.

Bila contoh diatas menampilkan salah satu realitas dari kehidupan mahasiswa kampus. Lain halnya dengan kehidupan di dunia bisnis terutama di bagian sales marketing dimana kebohongan harus dapat dilakukan agar produk yang ditawarkan dapat dipercaya oleh konsumen dan dibeli walaupun pada akhirnya tidak mendapatkan self respect.

Pilihan untuk jujur dalam bidang ini terkadang berakhir dengan dilema karena tekanan mengejar target dan banyang-bayang pemecatan menjadi ketakutan utama bagi setiap karyawan yang bekerja di bidang sales marketing. Pada akhirnya mereka terpaksa untuk melakukan kebohongan itu.

Terkadang, keputusan untuk berbohong ataupun jujur merupakan pilihan yang dilematis karena rasa ketakutan yang menghantui disetiap pilihan yang ada. Namun, pilihan tersebut haruslah diambil tak kala kita bersikap antar manusia walaupun ada baiknya bersikap jujur meski terasa pahit. Hanya saja jujur lebih baik ketimbang bohong untuk menutupi hal-hal yang ada. Karena kebohongan yang diperbuat itu bisa jadi bumerang dikemudian hari yang dapat menutupi sikap baik yang ada dalam diri manusia.

Artikel ini merupakan pemikiran penulis yang mengambil referensi disini

1 Like