Bagaimana Caranya untuk Mempelajari Sesuatu dengan Cepat?

Kadangkala kita susah sekali mempelajari sesuatu dengan cepat. Adakah tip trik untuk dapat mempelajari sesuatu dengan cepat? Terimakasih

5 Likes

Beberapa orang pasti ingin menjadi pintar dengan waktu yang cepat. Namun manusia diciptakan dengan kemampuan otak yang berbeda-beda. Tidak semua orang dapat mempelajari sesuatu dengan waktu yang singkat, begitu pula sebaliknya, ada orang-orang tertentu yang dapat mempelajari sesuatu dengan waktu yang sangat singkat.

Beberapa cara yang dapat dilakukan, antara lain :

  • Tidur dengan cukup setiap hari.

  • Minum air 2 hingga 3 liter setiap hari. Hal ini dapat membantu metabolisme dan mengurangi racun di tubuh anda. Oleh karenanya, dampak yang dapat anda rasakan adalah, anda terlihat fresh, segar di setiap waktu.

  • Belajarlah setiap saat walau sebentar. Jangan terlalu memaksakan diri anda untuk belajar secara terus menerus. Belajar dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja. Cobalah untuk mencari waktu luang yang paling santai untuk belajar.

  • Bagi ilmu pengetahuan anda kepada orang disekitar anda. Teman anda mungkin adalah sasaran yang paling tepat.

  • Cobalah untuk meminta saran atas pemahaman anda terhadap materi yang anda pelajari.

  • Jangan hanya terpaku dengan satu sumber. Carilah sumber-sumber lain yang dapat membantu proses belajar anda.

  • Jadilah seseorang yang opportunist. Cobalah untuk membantu teman anda ketika ia sedang mengalami kesulitan seperti, menyelesaikan projek atau permasalahan lainnya. Setiap kesempatan adalah momen berharga untuk dipelajari.

  • Bergabunglah dengan sebuah komunitas. Dalam sebuah komunitas, anda dapat membagikan pengetahuan anda kepada orang lain dan anda akan mendapatkan timbal balik / saran-saran atas apa yang telah anda bagi. Jangan pernah takut untuk bertanya.

  • Jadilah seseorang yang selalu penasaran akan sesuatu.

3 Likes

Menurut saya hal yang paling berpengaruh adalah passion kita dalam mempelajari “sesuatu” tersebut…
Semakin kita memiliki passion yang besar, semakin besar pula rasa keingin tahuan serta keinginan untuk mempelajari “sesuatu” tersebut. Otomatis tanpa kita sadari daya tangkap otak kita dalam mempelajari “sesuatu” yang sesuai dengan passion kita tersebut akan bekerja 2x lebih maksimal bila dibandingkan dengan mempelajari “sesuatu” yang bukan passion kita. Maka kita akan lebih cepat mengerti bila sesuatu yang ingin kita pelajari tersebut merupakan passion kita

1 Like

Perlu diketahui bahwa cepat atau lambat seseorang memahami sesuatu tergantung dengan tingkat kecerdasan dan metode yang digunakan. Berikut adalah beberapa cara yang mungkin membantu untuk memahami suatu materi dengan cepat

1. Mengulang Kembali Materi yang Didapat
Cara yang pertama ini terlihat sederhana dan mungkin sudah banyak orang yang tahu bahwa salah satu memahami sebuah pelajaran adalah dengan mengulang kembali materi yang di dapat.

Ini dimaksudkan agar memori yang baru saja disimpan tidak segera tertutup dengan memori lain dan selanjutnya lupa dengan materi yang sudah di dapat.

2. Mencari Tempat Tenang Untuk Belajar
Ini adalah salah satu cara yang dapat kita lakukan untuk paham akan materi yang sedang kita pelajari. Meskipun ini salah satu cara belajar, tidak semua orang cocok dengan cara ini.

Tidak perlu melakukan semua cara yang ada. Karena 1 cara belajar yang dilakukan sungguh-sungguh akan lebih efektif dari pada 100 cara yang dikerjakan dengan sepele.

3. Membuat Catatan Penting di Setiap Bagian Buku
Membuat catatan penting berbeda dengan membuat ringkasan. Jika membuat ringkasan adalah menulis kembali kata/istilah penting ke dalam buku khusus. Sedangkan tips selanjutnya ini adalah menuliskan langsung di buku catatan/materi yang sedang dipelajari.

Adapun materi yang ditulis bukan kata/istilah yang sama di materi, melainkan semacam kalimat tambahan yang dikarang kalian sendiri. Kalimat/catatan penting ini bertujuan untuk menjelaskan hal yang membingungkan dalam sebuah materi.

4. Sarapan Pagi
Orang-orang sering mengabaikan akan pentingnya sarapan bagi daya pikir
otak. Karena sebagian orang akan malas untuk sarapan jika sudah menjadi kebiasaan.

Sarapan memang tidak langsung membuat kamu paham terhadap materi, namun sarapan berpengaruh terhadap daya pikir otak yang akan membuat otak berifikir lebih optimal.

Ini jelas akan membantu kamu menjadi lebih mudah dalam memperlajari materi. Intinya tidak memberikan efek langsung, namun sangat berpengaruh secara tidak langsung.

Untuk kalian yang tidak pernah sarapan, cobalah untuk memulai sarapan, meskipun hanya sesekali. Mungkin saat pertama mencoba akan terasa aneh, namun setelah terbiasa, kamu akan dapat merasa lebih baik dan dapat merasakan badan lebih segar.

5. Belajar Kelompok
Cara yang satu ini hanya mau dilakukan oleh sebagian orang, karena sebagian yang lain memilih untuk bermain dari pada meluangkan waktu sebentar untuk belajar kelompok.

Padahal jika kita tahu, manfaat belajar kelompok sangatlah besar yaitu untuk mengingat kembali materi yang sudah di dapat agar tidak lupa, dan dengan belajar kelompok, kita dapat bertukar pikiran serta membahas persoalan yang selanjutnya dapat dipecahkan secara bersama-sama.

Dan biasanya ketika kita sedang belajar kelompok, semangat untuk belajar itu menjadi lebih tinggi. Ini sangat membantu kamu agar tetap enjoy dalam belajar.

Untuk melakukan belajar kelompok tidak perlu setiap hari, bisa-bisa bukanya enjoy malah jadi bosan ketemu teman-teman yang sama dan itu-itu aja setiap hari.

6. Beristirahatlah
Belajar bukanlah kegiatan yang dapat kalian lakukan secara terus menerus. Otak yang kita punyai juga memiliki keterbatasan untuk bekerja, istirahatlah jika sudah merasa lelah.

Adapun belajar yang cukup ideal bisa dilakukan antara 1-2 jam. Jika lebih dari itu maka istirahat sejenak atau tidur. Ini akan membantu otak untuk merecovery daya pikirnya. Bahkan belajar yang terlalu lama dapat menyebabkan kita menjadi pusing bahkan stress.

3 Likes

Beberapa tips dan trik yang didapat dari beberbagai sumber, dikumpulkan secara infografis oleh visualistan.com

Sumber : visualistan.com

1 Like

Jika belajar dikarenakan oleh takutnya nilai turun dan dimarahi orang tua, terkadang belajar bisa menjadi pedang bermata dua, disisi lain nilai menjadi lebih tinggi akan tetapi kesehatan siswa bisa menjadi terbengkalai.
Rahasia dari menjadi pintar bukanlah seberapa lama kita belajar, tapi seberapa efektifkah kita belajar.

Berikut adalah tips belajar efektif untuk para pelajar agar belajar menjadi lebih santai dan ilmu yang diserap juga banyak bertambah.

  1. Mulailah bermeditasi pagi. Luangkan waktu 10 menit untuk menghirup udara pagi yang masih segar agar sel otak kita pulih. Tertawa selama 5 menit juga menjadi metode yang baik karena dengan tertawa, kita akan membangkitkan ide ide kreatif dalam otak kita.

  2. Mengubah posisi saat belajar. Jika kamu sedang belajar Matematika, belajar di meja belajar akan sangat baik. Tapi jika kamu sedang belajar hal-hal yang perlu diingat seperti sejarah dan bahasa, ambil bukumu dan belajarlah sambil berjalan-jalan di lingkungan sekitar disore hari, metode ini sangat efektif.

  3. Sebelum belajar, pastikan kepalamu tidak penuh. Taruh dulu hal-hal yang kamu pikirkan dalam sebuah catatan atau lupakan sama sekali. Luangkan waktu 5 menit untuk mencacat hal-hal yang perlu kamu lakukan nanti agar tidak mengganggu konsentrasimu.

  4. Beristirahat setiap 25 menit. Istirahat selama 5 menit untuk mendengarkan musik favoritmu, atau keluar dari kamar untuk sekedar mondar mandir, bahkan mungkin mencoba latihan nafas dalam dalam. Setiap istirahat akan membuat rileks otakmu.

  5. Saat kamu merasa mengerti bagian yang kamu pelajari, berdirilah dan bayangkan dirimu adalah guru yang sedang menerangkan bagian tersebut di depan kelas. Tulis hal-hal yang penting dan diskusikan bagian yang kamu pelajari dengan kelas khayalanmu, akan lebih baik lagi jika kamu memiliki grup diskusi nyata bersama teman temanmu.
    Mendengarkan musik bergantung pada kapasitasmu dalam belajar. Jika pelajaran yang kamu pelajari terasa berat, mendengarkan musik akan membantu.

  6. Yang paling penting: jagalah kesehatan. Makanlah makanan yang sehat dan tidur cukup. Belajarlah dengan pikiran positif, dengan gagasan: belajar sesuatu yang baru tentang diri kita sendiri, dunia kita dan alam semesta serta isinya.
    Good Luck :wink:

Sumber: Saintia

1 Like

Menurut saya jika ingin mempelajari sesuatu dengan cepat diperlukan niat dan kesungguhan dari dalam diri sendiri bahwasanya anda ingin bisa, serta adanya kemauan dan tekad yang besar, jika memiliki bakat tetapi tidak memaksimalkan kemampuan itu alias malas-malasan maka sama saja tidak ada hasilnya. berikut beberapa cara untuk melatih otak anda agar dapat mempelajari sesuatu lebih cepat dari artikel yang telah saya baca :
- Olah ingatan Anda.
Mengingat-ingat peristiwa atau hal-hal yang telah terjadi dan kemudian mendiskusikannya dengan orang lain sebenarnya dapat menjaga kebugaran, serta meningkatkan fungsi otak Anda.
- Lakukan sesuatu yang berbeda berulang kali.
Dengan benar-benar melakukan sesuatu yang baru lagi dan lagi, Saraf otak Anda akan memiliki jalur baru yang akan membantu Anda melakukan hal baru yang lebih baik dan lebih cepat.
- Pelajari sesuatu yang baru.
Ini mungkin terdengar jelas, tetapi semakin Anda menggunakan otak Anda, maka otak Anda akan semakin bekerja lebih baik untuk Anda. Misalnya, belajar bahasa baru mengekspos otak Anda untuk cara berpikir yang berbeda, cara yang berbeda untuk mengekspresikan diri.
- Ikuti program pelatihan otak.
Dunia internet dapat membantu Anda meningkatkan fungsi otak Anda saat sedang bermalas-malasan dan duduk di sofa Anda. Sebuah program klinis terbukti seperti BrainHQ dapat membantu Anda meningkatkan memori Anda, atau berpikir lebih cepat, dengan hanya mengikuti latihan otak mereka.
- Olahraga
Olahraga tidak hanya menyehatkan tubuh Anda, juga meningkatkan kebugaran otak Anda. Bahkan sebentar berolahraga selama 20 menit dapat meningkatkan fungsi pengolahan informasi dan ingatan pada otak Anda.
- Luangkan waktu bersama orang yang Anda cintai.
Jika Anda ingin meningkatkan kemampuan kognitif Anda secara maksimal, maka Anda harus memiliki hubungan yang bermakna dalam hidup Anda. Berbicara dengan orang lain dan terlibat dengan orang yang Anda cintai membantu Anda berpikir lebih jernih, dan juga dapat meningkatkan suasana hati Anda menjadi lebih baik.
- Atur pola makan, dan jangan lupa masukkan cokelat hitam dalam menu itu!
Makanan seperti ikan, buah-buahan, dan sayuran membantu otak Anda dapat bekerja secara maksimal. Namun, Anda mungkin tidak tahu bahwa cokelat hitam memberikan otak Anda tambahan gizi yang baik juga untuk otak Anda.
Ketika Anda makan cokelat, otak Anda menghasilkan dopamin. Dan dopamin membantu Anda belajar lebih cepat dan ingat lebih baik. Belum lagi, cokelat mengandung flavonol, antioksidan, yang juga meningkatkan fungsi otak Anda. Jadi lain kali jika Anda memiliki sesuatu pekerjaan yang sulit untuk dilakukan atau dikerjakan, pastikan Anda ambil dua cokelat hitam lalu makan cokelat itu! hehe :slight_smile:

Semoga membantu menambah info serta wawasan :slight_smile:

Sumber : https://goo.gl/SGvlgg

2 Likes