Bagaimana caranya seorang pemimpin dapat mengambil keputusan yang baik ?

kepemimpinan

(Agnes Pratiwi Puspanagari) #1

Dalam dunia kepemimpinan, sudah tidak asing lagi dengan yang namanya “Make good decisions” atau membuat keputusan yang baik. “Make good decisions” adalah salah satu dari sekian banyak poin yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin. Dalam kehidupan sosial, pasti ada masalah yang relatif pelik dan sulit untuk diselesaikan. Disinilah dituntut kearifan seorang pemimpin dalam mengambil keputusan agar masalah dapat terselesaikan dengan baik.

Apa yang dimaksud dengan pengambilan keputusan ?

Pengambilan keputusan dapat dianggap sebagai suatu hasil atau keluaran dari proses mental atau kognitif yang membawa pada pemilihan suatu jalur tindakan di antara beberapa alternatif yang tersedia.

Setiap proses pengambilan keputusan selalu menghasilkan satu pilihan final.

Keluarannya bisa berupa suatu tindakan (aksi) atau suatu opini terhadap pilihan.

Lalu seperti apakah keputusan yang baik itu ?

Keputusan yang baik itu adalah suatu pendapat atau tindakan untuk menyelesaikan masalah dengan teknik tertentu, dimana cara tersebut bisa diterima oleh semua pihak.

Jadi dalam membuat keputusan, seorang pemimpin tidak hanya melihat dari sudut pandang pribadi. Melainkan harus memperhatikan beberapa pandangan orang lain agar keputusan yang diambil dapat diterima oleh semua pihak yang bersangkutan. Bagimana cara melakukan pengambilan keputusan yang baik ?

Ada berbagai macam cara untuk mengambil keputusan yang bijak dan tepat. Namun, disini saya merangkum dalam 4 poin. Yaitu :

  1. Menguasai persoalan
    Dalam memutuskan suatu hal, pemimpin perlu menguasai persoalan terlebih dahulu. Pemimpin harus mengetahui apa yang akan dihadapi. Setelah itu, lmelakukan penyelidikan terhadap persoalan tersebut. Setelah itu, mempertimbangkan nilai plus dan minus dari setiap pilihan.

  2. Meminta pendapat
    Jika keputusan yang akan diambil melibatkan orang banyak, maka harus meminta pendapat dari pihak yang bersangkutan. Agar di kemudian hari, keputusan yang diambil tidak menimbulkan suatu permasalahan atau konflik. Singkatnya, agar keputusan tersebut bisa diterima oleh semua pihak.

  3. Membuat keputusan dan lakukan dengan sepenuh hati
    Setelah menguasai persoalan dan meminta pendapat orang lain, maka selanjutnya adalah membuat keputusan. Setelah membuat keputusan, maka pemimpin harus melakukan keputusan itu dengan sepenuh hati dan tidak ada keraguan.

  4. Evaluasi keputusan
    Ini adalah langkah yang penting. Pemimpin harus melakukan evaluasi secara berkala, untuk mengetahui apakah keputusan yang telah diambil memiliki hasil seperti yang diharapkan.

Bagaimana menurut anda ?