Bagaimana caranya saya menemukan passion saya?

Passion adalah sesuatu yang kita tidak pernah bosan untuk melakukannya.
Passion adalah dimana kita akan mengorbankan segala hal untuk mencapai itu.
Passion adalah dimana kita tidak memikirkan untung dan rugi.
Passion adalah ketika kita melakukan hal itu begitu saja dan lupa dengan hal yang lain.

Sumber gambar : pinnacleperformancechampions.org

Menemukan sesuatu yang menjadi passion itu memang gampang-gampang susah. Passion tidak sama dengan hobi, karena perasaan itu jauh lebih kuat. Ibaratnya, passion adalah sesuatu yang tak hanya mengisi waktu, namun juga jadi penentu tujuan hidup dan kebahagiaanmu.

Warren Berger merumuskan tujuh pertanyaan penggugah pikiran yang akan membantumu menemukan passion anda.

1. Jika harus bertanya pada diri sendiri, apa yang melengkapi hidupmu selama ini?

Passion bisa berupa hal yang sangat menarik hatimu, sesuatu yang sangat kamu inginkan. Passion bukan hal yang diinginkan orang lain terhadap anda. Passion adalah sesuatu yang benar-benar bisa mengobarkan semangat dalam jiwamu, yang membuat hidupmu terasa utuh.

Ketika kamu melakukannya, kamu merasa bisa mencurahkan segalanya tanpa ragu demi satu hal ini. Mengerjakan hal sesuai Passion membuatmu merasa hidup.

2. Hal apa yang kamu yakini dengan bulat, walau ditentang oleh hampir setiap orang?

Lewat pertanyaan ini, kamu akan mencoba menggali apa yang unik dari dirimu. Kebanyakan orang — terutama orang tua — cenderung punya nilai yang linear tentang makna sebuah pekerjaan dan kesuksesan. Memang sih maksudnya baik, biar kita hidup nyaman.

3. Selama ini, kemampuan apa yang paling menonjol dari dirimu?

Pertanyaan ini akan menunjukkan kepribadian serta bakat yang sudah anda miliki sejak awal. Setiap orang pasti punya kelebihan dan bakat. Memahami kemampuanmu yang paling dominan, bisa membantumu menemukan hal yang sebenarnya menjadi Passion anda.

Terus menggali rasa ingin tahu tentang kemamapuan terkuat yang kamu miliki bisa membantumu menemukan Passion yang selama ini kamu cari.

4. Apa hal yang kamu sukai sewaktu kecil dulu?

Terkadang kamu bisa menemukan apa yang kamu cari ketika kamu mencoba melihat kembali ke belakang. Saat kamu kecil, coba ingat-ingat hal apa yang suka kamu lakukan. Memainkan imajinasi adalah hal hebat yang dilakukan dilakukan seorang anak, dan kita harus belajar dari mereka.

Kita yang sekarang dibentuk oleh banyak hal, termasuk orang tua dan lingkungan. Membongkar kembali masa kecil kita berarti melihat diri kita sebelum didikte oleh orang lain. Mungkin kamu akan menemukan sesuatu yang patut untuk dikejar di sana, sesuatu yang beresonansi dengan diri kita di masa sekarang.

5. Kegiatan apa yang paling membuatmu penasaran untuk mencobanya?

Salah satu cara terbaik untuk menemukan tujuan hidup dan renjana adalah dengan mencoba-coba. Banyak orang yang menganggap hal ini kurang intuitif dan buang-buang waktu. Well, tapi kamu juga bukan cenayang kan yang bisa tahu sesuatu hanya lewat imajinasi?

Menemukan Passion bukan hanya soal berpikir dan menggali diri. Melainkan juga soal bertindak dan mengenali banyak hal yang ada di luar diri kita. Bagaimana kamu tahu kalau kamu bakal menyukai sesuatu tanpa mencobanya sendiri? Jadi, kalau ada sesuatu yang ingin kamu coba lakukan, lakukanlah sekarang. Siapa tahu kamu berjodoh dan justru menemukan bahwa itulah renjanamu.

6. Pencapaian apa yang ingin kamu ceritakan pada orang-orang, 20-30 tahun dari sekarang?

Pencapaian apa yang kira-kira ingin kamu ceritakan dengan bangga pada 20-30 tahun mendatang? Cerita tentang kamu menua di jalan karena pekerjaan sebagai karyawan mengharuskanmu pergi pagi-pulang malam setiap hari? Atau justru kamu akan merasa bangga saat bercerita soal bagaimana kamu mewujudkkan impianmu sebagai penulis?

Pencapaian yang diperoleh lewat Passion akan menggugah siapapun yang menyimaknya, sesederhana apapun pencapaianmu. Bukan materi yang penting, karena materi hanyalah hasil. Yang terpenting adalah proses menuju hasil tersebut.

7. Seandainya tak ada orang yang bisa melihatmu, mendengarmu, atau memengaruhimu; kamu akan menjadi orang yang seperti apa?

Pertanyaan yang sangat sederhana sekaligus yang terbaik. Pertanyaan ini akan membantu kamu untuk merumuskan tujuan hidup dan renjana dalam satu kalimat sederhana. Jawaban dari pertanyaan ini bisa menjabarkan siapa dan apakah kamu, serta, lebih dalam lagi, tujuan yang sebenarnya ingin kamu capai.

Jangan remehkan satu kalimat ini, karena mereka punya kekuatan yang besar untuk mengubah hidupmu. Kalau tujuan hidup di dalam kalimat yang kamu tulis itu belum juga tercapai, mungkin kamu juga bisa bertanya:

“Dari mana saya akan memulai untuk mengejar tujuan hidup saya?”

Sumber

Lakukan banyak hal

Seseorang biasanya memiliki ketertarikan terhadap banyak hal. Penting bagi kamu untuk membuat daftar hal-hal yang membuat kamu tertarik. Setelah itu, lakukanlah. Semakin kamu melakukan banyak hal, maka akan semakin mudah untuk menyeleksi suatu hal yang paling kamu cintai.

Kemudian, pilih dua hal dari daftar tersebut supaya kamu bisa lebih fokus. Jika ternyata kamu sadar bahwa kurang cocok, maka segera coret dari daftar. Tapi, jika kamu merasa menyukainya secara konsisten dan terus ingin melakukan hal itu, bisa jadi itu adalah passion-mu.

Yakin pada pilihan sendiri

Hanya karena kamu lulus dari suatu jurusan dan bekerja di bidang serupa belum tentu kamu nyaman dengan pekerjaan tersebut. Oleh karena itu, lakukan hal yang kamu cintai. Jangan hanya karena alasan-alasan tertentu, kamu jadi melakukan hal yang tidak sesuai dengan minat. Ikutilah hatimu, sehingga kamu bisa memiliki pekerjaan sesuai dengan passion.

Fokus pada diri sendiri

Tidak usah membandingkan orang lain dengan dirimu sendiri. Setiap orang memiliki keunikan tersendiri dan keahliannya masing-masing. Jadi, tetaplah fokus untuk menjalani sesuatu yang kamu senangi. Jangan terpengaruh hanya karena melihat temanmu memiliki jenjang karier yang baik.

Jangan takut

Ketakutan bisa membuatmu gagal dalam mencapai apa yang kamu inginkan. Kamu harus berani dalam mengambil langkah. Tak usah ragu dalam mengambil suatu kesempatan yang datang. Jangan takut berbeda, jadilah diri sendiri. Sebab, untuk bisa menemukan passion yang pas, kamu harus berusaha dan ada langkah besar.

Diam

Di tengah kebingungan dalam menentukan passion, mungkin kamu akan merasakan pustus asa jika tak lekas menemukannya. Cobalah tenangkan pikiran, dengan berdiam diri dahulu. Diam bukan berarti tidak berusaha, karena dalam proses ini kamu bisa introspeksi diri untuk menyadari apa yang kamu sukai.

Lupakan uang

Selama kamu masih bekerja hanya untuk uang, maka kamu tidak akan bisa menemukan passion yang tepat. Kamu akan disibukkan dengan berganti-ganti posisi atau pekerjaan jika tidak bekerja sesuai passion dan hanya mengejar materi semata.

Ketahui orang yang tidak sependapat

Terdapat beberapa orang yang mungkin tidak satu visi dengan pandangan yang kamu miliki. Meskipun demikian, bukan berarti kamu harus memaksa untuk mengerti apa yang kamu inginkan. Oleh karena itu, habiskan waktu dengan orang-orang yang bisa mendorong dan menyemangatimu ketika kamu sibuk dalam mencari passion.

Sumber

Passion dapat dikatakan sebagai jejak dari tujuan hidup. Sering pula orang mengatakannya sebagai panggilan hati, karena memang saat menjalani passionnya, seseorang akan lebih hidup dan memiliki performa yang sangat baik.

Passion bukanlah angan-angan, keinginan, impian, atau ambisi, namun passion bermula dari kesadaran, bukan pemikiran.

Untuk mengetahui passion anda, cara termudah adalah dengan menanyakan ke diri anda sendiri. Berikut beberapa pertanyaan yang dapat membantu anda menemukan passion anda.

Hal Apa yang Membuat Anda Merasa Bersinar Ketika Melakukannya?

Tanyakan kepada diri Anda sendiri, bukan hanya apa yang dapat menggerakkan Anda, namun juga yang membuat Anda merasa bersinar saat berhasil melakukannya.

Suatu ketika Jacqueline Novogratz, pendiri The Acumen Fund yang bergerak di bidang sosial, pernah menjelaskan tentang passion menurut para warga kurang mampu di Bombay, India.

Seorang yang diwawancarainya mengatakan bahwa tidak ada hal yang indah di lingkungan sekitar tempat ia hidup. Perempuan tersebut terus bekerja keras sebagai tukang kebun. Namun, ketika musim semi datang, barulah hasil kerja kerasnya menumbuhkan bunga-bunga di taman, dan ia merasa dirinya cantik.

Novogratz kemudian menambahkan, penting sekali untuk berpikir saat-saat Anda merasa paling hidup, baik ketika menyelesaikan masalah, mendirikan sesuatu, atau berhubungan dengan orang lain.

Adakah Sesuatu yang Anda Sangat Percayai Namun Belum Banyak Orang Lain yang Setuju?

Pertanyaan ini diajukan oleh salah satu pendiri PayPal, Peter Thiel, yang kemudian banyak membantu orang menemukan 2 hal di dalam dirinya: apa yang Anda pedulikan dan apakah hal tersebut layak diperjuangkan karena keunikannya.

Thiel mengatakan bahwa pertanyaan ini cukup menantang karena bisa jadi cukup sulit bagi seseorang untuk menemukan ide atau keyakinan yang belum banyak dibagikan oleh orang lain. Originalitas ide memang menjadi sesuatu yang mahal saat ini.

Saat Anda berhasil menjawab pertanyaan ini, berarti Anda sudah menemukan passion di dalam diri Anda yang membuat Anda unik dan berbeda dari orang lain.

Apa ‘Kekuatan Super’ Anda?

Kombinasi dari karakter kuat Anda dan bakat yang Anda miliki bisa menjadi kunci untuk mengetahui passion yang Anda miliki.

Dalam film web berjudul ‘The Science of Character’ yang disutradarai oleh Tiffany Shlain, disebutkan bahwa jika Anda dapat menemukan kekuatan super karakter Anda dan terus berusaha membangunnya, maka hidup akan semakin bahagia dan sukses.

Setidaknya ada 34 bakat ‘kekuatan super’ masing-masing orang, seperti misalnya kemampuan analitis, kemampuan beradaptasi, komunikasi, fokus, disiplin, dan lain sebagainya yang dapat Anda temui melalui The Clifton Strengths Finder.

Tentunya setelah lebih mengenal diri Anda sendiri, secara sadar Anda akan lebih mudah mengetahui passion yang Anda miliki.

Apa Hobi Anda di Usia 10 Tahun?

Terkadang melihat kembali masa lalu akan menunjukkan siapa diri Anda sebenarnya sebelum Anda terpengaruh oleh orang lain yang terus menyarankan apa yang harus Anda pelajari dan Anda lakukan.

Anak 10 tahun sedang bermain

Jadi, tanyakan kembali dan ingat-ingat aktivitas apa yang paling Anda gemari ketika berusia 10 tahun. Seorang psikoterapi bernama Eric Maisel menyebutkan bahwa hal-hal yang disukai seseorang semasa kecilnya cenderung masih disukainya walaupun ia telah beranjak dewasa.

Cobalah untuk membuat data aktivitas menyenangkan sewaktu kecil, dan lihat realitanya pada saat ini. Anda mungkin pernah menyukai sesuatu yang sekarang sudah tidak ada lagi, atau sesuatu yang sama sekali tidak berhubungan dengan hidup Anda saat ini, namun Anda selalu bisa menemukan versi yang baru dari aktivitas tersebut.

Apa yang Ingin Anda Coba Saat Ini?

Salah satu cara terbaik untuk menemukan tujuan hidup dan passion adalah melalui serangkaian percobaan berdasarkan intuisi. Anda memerlukan curahan waktu, rencana, dan percobaan untuk menemukan jalan hidup paling ideal sebelum akhirnya dapat beraksi.

Passion bisa ditemukan lebih cepat dengan terus mempelajari buku-buku self-help, mencari nasihat dari berbagai ahli, hingga akhirnya Anda tercerahkan sendiri akan passion yang Anda miliki dan sangat percaya diri melangkah ke arah tersebut.

Sangat mungkin Anda terlebih dahulu harus menjalani serangkaian trial and errors, namun paling tidak dalam prosesnya And akan belajar praktik secara langsung dan mencicip realitas.

Apa yang Ingin Anda Capai 20-30 Tahun dari Sekarang?

Berbicara tentang passion, tentunya harus ada hasil yang Anda capai 20-30 tahun ke depan dengan jalan hidup yang Anda pilih. Maka tanyakan pada diri Anda hal apa saja yang ingin Anda capai saat sudah mapan nanti.

Dalam sebuah wawancara, CEO LinkedIn, Jeff Weiner, menjelaskan bahwa ia seringkali bertanya pada calon karyawan yang terlihat memiliki prospek baik dengan pertanyaan di atas. Namun, sangat sedikit yang sudah memiliki jawaban untuk hal tersebut.

Oleh karena itulah, ini merupakan kesempatan baik bagi Anda untuk menjawabnya terlebih dahulu. Hal-hal apa saja yang ingin Anda masukkan ke daftar mimpi dan pencapaian Anda ke depan?

Bukan hanya setahun ke depan seperti layaknya resolusi, namun lebih jauh Anda dituntut untuk menggali lebih dalam bagaimana hidup Anda dapat menjadi berarti. Ibaratnya, berpikir mulai dari jauh di depan, kemudian mundur dan menyadari apa passion Anda sesungguhnya.

Apa Satu Kalimat yang Menggambarkan Diri Anda?

Satu kalimat ini haruslah menjadi sebuah semboyan yang selalu berhasil menggambarkan diri Anda seutuhnya, siapa Anda dan apa yang sudah Anda kerjakan, dan diatas segalanya, apa yang ingin Anda raih.

Seorang anggota kongres, Clare Booth Luce, pernah mengekspresikan perhatiannya terhadap presiden John F. Kennedy pada masa pemerintahannya, bahwa sang presiden mungkin saja dalam bahaya karena ulahnya.

Luce mengatakan kepada presiden bahwa orang yang hebat adalah “a man with a sentence”, yang artinya seorang pemimpin hebat dengan visi yang kuat dan jelas dapat dirangkum pribadinya dalam satu kalima sederhana, seperti misalnya Abraham Lincoln: menjaga persatuan dan membebaskan para budak.

Kalimat tersebutlah kemudian yang akan dikatakan orang untuk mengenang Abraham Lincoln. Kalimatnya bisa jadi berbeda-beda, seperti misalnya: “dialah yang menemukan teknologi yang memudahkan semua orang”, atau “ia membesarkan keempat anaknya menjadi anak-anak yang sukses, bahagia,dan sehat”.

Apapun itu, setiap hal yang dilakukan dengan passion pasti akan semakin menunjukkan citra diri seseorang. Jadi pastikan Anda tahu ingin dikenal sebagai apa dan siapa.

Sumber

Cara termudah menemukan passion anda adalah dengan mencoba melakukan banyak hal. Semakin banyak melakukan, semakin besar peluang yang adan dapatkan dalam menemukan passion anda.

Hal itu tidak terlepas dari pengaruh intuisi yang ada didalam diri anda. Intuisi adalah istilah untuk kemampuan memahami sesuatu tanpa melalui penalaran rasional dan intelektualitas. Sepertinya pemahaman itu tiba-tiba saja datangnya dari dunia lain dan di luar kesadaran.

Intuisi dapat diartikan getaran hati (jiwa) akan sesuatu hal (Causalitas) yang dihadapi atau yang akan terjadi.

Intuisi bukanlah perasaan. Intuisi haruslah dilatih kepekaannya secara terus menerus.

Setelah anda melakukan banyak hal, cobalah amati dan rasakan, bagaimana perilaku, pikiran, perasaan anda ketika melakukan hal tersebut. Lihaltlah indikator-indikatornya.

  1. Apakah Anda melakukannya dengan perasaan senang ?
  2. Apakah anda melakukannya bukan hanya demi uang ?
  3. Apakah Kebahagiaan dan energi positif anda menular ke orang lain ?
  4. Apakah Anda berjuang demi kualitas tinggi ?
  5. Apakah Anda akan melakukannya secara cuma-cuma ?

Apabila dari pertanyaan-pertanyaan diatas, anda menjawab YA, maka kegiatan yang anda lakukan adalah passion anda !!!

Menurut Richard st. John, passion adalah hal utama yang harus dimiliki seseorang untuk meraih kesuksesan. Sebab dengan adanya passion, pekerjaan yang kita lakukan akan terasa lebih mudah karena dikerjakan dengan sepenuh hati. Passion dapat membuat seseorang merasa lebih puas dan tenang karena dapat menjalani hidup sesuai keinginannya. Meskipun passion penting, tetapi tidak semua orang mengetahui apa passion mereka sesungguhnya. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menemukan passion, seperti dengan memahami diri sendiri sebagai berikut :
  1. Pikirkan Hal Yang Memotivasi Keputusan Anda
    Kebanyakan orang terlalu terpengaruh dengan keadaan sosialnya dalam mengambil suatu keputusan karena ingin diterima dan dianggap baik oleh orang lain. Meskipun bukan suatu hal yang buruk untuk mempertimbangkan faktor tersebut, namun hal itu dapat menyebabkan Anda melewatkan tujuan. Selain itu, Anda juga akan merasa tidak bahagia dan tidak puas dengan pilihan Anda karena bukan berasal dari pilihan sendiri, melainkan dari rasa bersalah dan ketakutan. Hal yang harus dilakukan adalah pikirkan tentang apa yang ingin Anda lakukan, bukan apa yang menurut Anda “harus” Anda lakukan karena orang lain memberi tahu Anda untuk melakukannya.

  2. Mengetahui Value Anda
    Value yang dimaksud adalah keyakinan inti dalam hidup yang dapat mencerminkan kepribadian Anda. Penelitian menunjukkan bahwa ketika Anda tidak hidup sesuai dengan nilai-nilai Anda, maka Anda bisa merasa tidak bahagia dan tidak termotivasi. Anda mungkin juga lebih sering menunda-nunda pekerjaan karena merasa hal tersebut tidak bermakna.

  3. Melakukan Refleksi Diri
    Luangkan waktu untuk diri sendiri dan tanyakan pada diri sendiri mengenai hal apa saja yang terasa “tepat” bagi Anda dan hal apa saja yang tidak terasa tepat bagi Anda. Pikirkan saat-saat Anda merasa paling bahagia. Apa yang Anda lakukan saat itu? Bersama siapa saja? Dan menurut Anda mengapa peristiwa tersebut berkontribusi pada perasaan bahagia Anda?
    Pikirkan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut lalu cari benang merah atas jawaban Anda. Misalnya, ketika Anda merasa bangga pada diri sendiri karena Anda telah mencapai sesuatu sendiri. Hal Ini dapat menunjukkan nilai-nilai yang mungkin seperti kemandirian ataupun ambisi. Contoh lainnya, Anda mungkin merasa puas ketika Anda bisa mengekspresikan diri melalui karya seni. Ini menunjukkan kemungkinan nilai seperti kreativitas, eksplorasi, dan visi.
    Perlu diingat bahwa nilai-nilai Anda adalah milik Anda. Jangan menilai mereka dengan standar orang lain. Beberapa orang menghargai Spontanitas atau Daya Saing, namun beberapa orang lainnya mungkin menghargai Struktur atau Kerja Sama Tim. Tidak ada yang “lebih baik” dari yang lain, jadi hargailah value Anda.

  4. Terus Mencari (Explore)
    Mencoba berbagai hal baru membantu kita dalam menemukan passion kita sesungguhnya. Hal pertama yang dapat dilakukan adalah dengan membuat daftar mengenai hal-hal yang Anda sukai. Hal tersebut didapatkan dengan menjawab tiga buah pertanyaan sederhana, yakni :

    • Apakah Anda tidak merasa bosan saat melakukan hal tersebut terus menerus?
    • Apakah Anda dapat melakukannya secara cuma-cuma dan tidak hanya demi uang?
    • Apakah Anda ingin memberikan yang terbaik?

    Selanjutnya, Anda dapat memulai dengan mencoba sesuatu secara mandiri ataupun bergabung dengan suatu komunitas. Apabila Anda merasa tidak cocok dan tidak nyaman dengan kegiatan atau komunitas tertentu, maka Anda dapat mencari kegiatan lainnya.
    Lalu ketika Anda menemukan hal yang disukai dan cocok, maka lakukan meskipun mendapat tentangan. Karena mungkin terdapat beberapa orang yang memiliki sudut pandang yang tidak sama dengan Anda, namun bukan berarti Anda harus memaksa untuk mengerti apa yang mereka inginkan. Cukup yakin dan fokus pada diri sendiri dalam menjalani sesuatu yang kita senangi. Jangan ragu dalam mengambil kesempatan yang ada, jangan merasa berbeda dan jadilah diri sendiri


Referensi

https://www.wikihow.com/Find-Your-Passion#Examining-Where-You-Are