Bagaimana caranya meraih cita-cita ditengah kondisi ketidakpastian?

Cita-cita ditengah ketidakpastian

Disuasana yang penuh ketidakpastian ini, apa sih yang perlu dipersiapkan untuk meraih apa yang kita inginkan atau yang kita cita-citakan ?

Ketidakpastian itu banyak, misalnya ketidakpastian dalam pekerjaan, percintaan, cita-cita dan sebagainya. Untuk mengatasi ketidakpastian tersebut, lakukan dua hal ini,

  1. Sebaiknya kita tentukan satu pilihan, tidak boleh ragu. Ketidakpastian itu adalah rasa insecure diri kita sendiri karena mungkin kita tidak percaya diri.

    Sebagai contoh, ketika saya sekolah kedokteran, maka saya berusaha untuk mengejar keinginan saya untuk menjadi dokter. Saya tidak bercita-cita ingin menjadi presiden misalnya.

  2. Lakukan secara bertahap. Setelah saya menjadi dokter yang baik, lalu pingin jadi dokter spesialis ya. Jadi intinya lakukan setahap demi setahap.

Memang sesuatu itu tidak pasti, umur tidak pasti, pasangan kita juga tidak pasti, kalau sudah yakin dengan pilihan ya sudah. Kalau nanti di kemudian hari ada sesuatu yang tidak sesuai, ya itu bukanlah salah kita, sehingga kita tidak menyesal atas pilihan kita.

Selalin itu, ketika menentukan pilihan itu harus pikir panjang dulu dan jangan sampai kamu menyalahkan orang lain dalam pilihanmu. Ketika kamu memilih sesuatu,kamu harus yakin itu adalah pilihan kamu sendiri, sehingga kita tidak mencari “kambing hitam” atas sesuatu yang terjadi pada diri kita. Kesalahan yang terjadi pada diri kita adalah akibat dari kesalahan kita sendiri. Kita akan merasa ikhlas kalau kita menyadari bahwa diri kita yang salah, bukan salah orang lain.

So, setiap diri kita merasa ragu, karena ketidkpastian itu adalah pasti, maka kita harus memantapkan dan meyakinkan diri kita terlebih dahulu.