Bagaimana Caranya Menumbuhkan Jiwa Sosial dalam Diri?

Tips tentang cara untuk menjadi jiwa sosial yang lebih :

1.Bersyukurlah untuk apa yang Anda miliki

Sebelum Anda dapat belajar bagaimana menjadi lebih sosial, Anda harus merasa nyaman dengan siapa Anda dan bersyukur atas apa yang Anda miliki. Pikirkan tentang segala sesuatu yang baik dalam hidup Anda, bisa jadi keluarga, teman, tetangga, rumah Anda, hewan peliharaan, pendidikan, uang, foto, dan sebagainya. Kita sendiri mudah diabaikan, tetapi bersyukur atas apa yang Anda miliki dapat membantu Anda membangun kepercayaan diri dan membuat Anda lebih bersedia untuk menempatkan diri di luar sana dan berbicara dengan orang lain.

2. Jadilah positif dan optimis

Orang-orang tertarik pada orang yang positif dan optimis. Hal ini merupakan tindakan dari titik sebelumnya. Sambil belajar bagaimana menjadi lebih sosial, cobalah berusaha sadar untuk menjadi lebih positif dan hal-hal yang terjadi pada Anda. Hal ini bukan hanya sementara dalam situasi sosial, tetapi setiap saat yang ada di sekitar Anda. Hal-hal buruk yang jarang terjadi pertama kali muncul, cobalah untuk tersenyum lebih dan ingat untuk bersyukur.

3. Tertawa (pada waktu yang tepat)

Mereka mengatakan tertawa adalah obat terbaik. Tidak tahu seberapa baik itu bekerja untuk penyakit fisik seperti flu tapi itu pasti membuat Anda merasa lebih baik dan membantu Anda untuk menjadi lebih positif dan optimis juga. Tertawa ketika seseorang menceritakan sebuah cerita lucu membantu membuat Anda tetap aktif dalam percakapan tanpa harus mengatakan apa-apa, jadi itu adalah cara yang bagus untuk memulai menjadi lebih sosial. Hanya pastikan untuk tertawa pada saat yang tepat!

4. Gunakan bahasa tubuh untuk tetap terlibat dengan orang lain

Sederhana seperti duduk di kursi ketika Anda berbicara dengan seseorang, atau membuat kontak mata yang baik benar-benar dapat membantu Anda terlibat dengan orang lain. Duduk kembali atau menghindari kontak mata dapat menyebabkan Anda menjadi menjauhkan dari percakapan. Ingat, komunikasi tidak hanya apa yang Anda katakan, melainkan bagaimana Anda mengatakannya. Bahasa tubuh memberitahu orang lain yang Anda tertarik dan mendorong mereka untuk terus berbicara dengan Anda.

5. Jadilah orang yang berguna untuk orang lain


Kapan terakhir kali Anda secara aktif pergi keluar dari cara Anda untuk membantu seseorang. Beramal bagi seseorang membantu Anda merasa berbicara lebih nyaman untuk mereka di masa depan. Hal-hal seperti membuat kopi untuk seseorang di kantor atau pergi berbelanja untuk tetangga tua Anda. Klise lama “actions speak louder than words” memang benar ketika membangun hubungan dengan orang lain.

6. Latihan

Untuk benar-benar terlibat dengan orang lain dan memegang percakapan dengan orang-orang, Anda perlu pikiran yang aktif. Salah satu cara terbaik untuk menjaga diri waspada dan masalah adalah melalui olahraga teratur. Pasti Anda sudah menyadari pentingnya latihan untuk kesehatan fisik Anda, tetapi sama pentingnya untuk kesehatan mental Anda dan membantu menjaga Anda gembir dan waspada. Gym adalah tempat yang bagus untuk bertemu orang lain, dan Anda sudah memiliki sesuatu yang sama sebagai starter percakapan besar.

7. Ajukan pertanyaan

Improvisasi digunakan dalam drama dan akting juga, di mana pelaku membuat adegan dari ketiadaan dengan bereaksi satu sama lain dan pergi . Salah satu trik yang mereka gunakan adalah untuk menanggapi apa yang orang lain hanya mengatakan dengan mengajukan pertanyaan lain. Sesuatu seperti “Itu benar, dan apakah Anda tahu bahwa …?”, Atau “Saya tidak yakin, tapi saya membaca sebuah artikel di …”, atau hanya “Ya, dan …”. Ini adalah cara yang bagus untuk menjaga percakapan mengalir tanpa henti.Terserah Anda untuk menawarkan arah baru untuk percakapan, dan mengatakan “Ya, dan …” adalah cara yang bagus untuk melakukan hal ini. Kelebihannya adalah itu diingat.

Sumber : http://www.howtobemoresocial.net/

3 Likes

##Memiliki Kehidupan Sosial yang Lebih Baik


Ada beberapa cara yang baik untuk menumbuhkan jiwa sosial di dalam diri salah satunya adalah memiliki kehidupan sosial yang lebih baik. Dengan memiliki kehidupan sosial yang lebih baik, maka dengan sendirinya jiwa sosial akan tumbuh di dalam diri Anda. Namun bagaimana cara agar seseorang dapat memiliki kehidupan sosial yang lebih baik? Berikut rangkumannya berdasarkan wikiHow:

METHOD 1: MAKING MORE FRIENDS TO SOCIALIZE WITH

  1. Gunakan Sosial Media untuk Berhubungan dengan Teman dan dengan Temannya Teman
    Jika Anda orang yang sibuk atau hanya seseorang yang memiliki kesulitan membuat koneksi awal dengan orang secara tatap muka, media sosial dapat menjadi tempat yang bagus untuk mempertahankan dan mengembangkan hubungan yang dapat menyebabkan kehidupan sosial yang lebih kaya di dunia nyata.Coba memulai percakapan online dengan pertanyaan tentang profil orang tersebut atau salah satu dari foto-foto mereka. Hindari mengomentari penampilan. Orang jauh lebih terlibat ketika Anda mencoba untuk terhubung ke mereka berdasarkan minat mereka.

  2. Memulai Percakapan dengan Orang-orang
    Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan kehidupan sosial Anda adalah dengan menciptakan hubungan baru dengan orang-orang yang melibatkan mereka, yang melibatkan berbagi ide dan cerita, dan lain hal.

  3. Mendengarkan Orang yang Berbicara Kepada Anda
    Kemampuan Anda untuk menjadi pendengar yang baik akan sangat meningkatkan kehidupan sosial Anda. Ketika Anda berbicara dengan orang-orang dan memperhatikan apa yang mereka katakan, tunjukkan bahwa Anda sedang mendengarkan dengan menganggukkan kepala atau menunjukkan reaksi di wajah Anda seperti tersenyum atau merasa prihatin. Ini akan membantu pembicara merasa nyaman dengan Anda, yang akan membuat mereka ingin memberitahu Anda lebih banyak hal dan yang hanya akan menarik Anda lebih dekat bersama-sama.

  4. Melatih Kemampuan Sosial Anda Setiap Hari Agar Mereka Lebih Nyaman
    Tetapkan tujuan kecil untuk diri sendiri sepanjang hari. Mungkin Anda mencoba untuk memulai percakapan dengan rekan kerja, atau hanya melakuka percakapan dengan barista di kedai kopi. Semakin Anda nyaman, akan semakin mudah Anda bersosialisasi.

  5. Jangan Berkecil Hati Bila Kemampuan Anda Tidak Meningkat
    Meningkatkan kehidupan sosial tidak akan terjadi semalam. Jadi, bersabarlah dan jangan berkecil hati.

METHOD 2: GETTING MORE INVITES FROM PEOPLE YOU LIKE

  1. Biarkan Orang Tahu Bahwa Anda Selalu Ada

  2. Menanyakan Orang Lain Apa yang Mereka Lakukan Setelah Bekerja atau Pada SaatAkhir Pekan

  3. Jangan Mengundang Diri Sendiri
    Tidak semua orang akan meminta Anda untuk bergabung dengan mereka, baik karena mereka tidak mengangkat telepon atau karena alasan mereka sendiri. Hal terburuk yang dapat Anda lakukan adalah jangan terlalu memaksa untuk diikutsertakan. Sabar.

  4. Keluar Dari Zona Nyaman
    Bersedia untuk melakukan beberapa hal yang membuat Anda sedikit tidak nyaman, mengetahui bahwa pada akhirnya mereka akan membantu Anda tumbuh. Ini bisa menjadi sesuatu yang sederhana seperti memulai percakapan di pesta kantor atau selama jam makan siang Anda di sekolah.

METHOD 3: TRYING NEW THINGS TO MEET NEW PEOPLE

  1. Mengikuti Kursus untuk Bertemu Orang yang Sepemikiran
    Mengikuti sesuatu yang membuat Anda tertarik untuk belajar lebih banyak. Hal ini dapat menjadi cara yang bagus untuk bertemu orang baru yang memiliki minat yang sama.

  2. Bergabung dengan Ollahraga Intramural
    Contoh olahraga intramural adalah softball, basket ataupun sepak bola

  3. Mengahadiri Bagian dari Pertemuan dengan Orang Baru
    Jika teman atau anggota keluarga Anda memiliki pesta ulang tahun atau perayaan lainnya pastikan Anda menghadirinya. Jangan hanya berdiri di sudut. Bergerak dan berbaur dengan banyak orang yang berbeda. Minta tuan rumah untuk memperkenalkan Anda kepada beberapa orang baru, dan banyak lagi caranya.

  4. Periksa Metro Koran Lokal Anda dibagian Acara Sosial di Daerah Anda
    Carilah peristiwa di lingkungan Anda seperti konser, pembacaan sastra, atau acara khusus di bar dan restoran. Peristiwa ini sering memiliki suasana pesta dan jarang membutuhkan undangan untuk hadir. Datanglah ke tempat tersebut dan temukan orang-orang baru .

  5. Cari Hal-Hal yang Menarik Bagi Anda


Referensi: http://www.wikihow.com/Have-a-Better-Social-Life

1 Like

Dalam kehidupan sehari – hari kita tidak hanya hidup sendiri tanpa orang lain seringkali kita bertemu dengan banyak orang, berinteraksi dengan mereka melalui social media atau bertatap muka secara langsung. Membuat hubungan yang baik tidak semudah membalikan telapak tangan, banyak hal tidak tertulis dalam berinteraksi dengan orang lain. Salah satunya adalah memiliki rasa empati, memiliki rasa empati penting untuk menjadikan manusia lebih dekat dengan orang lain, menjadikan manusia lebih peduli dengan orang lain disekitarnya hingga tak ada lagi kesenjangan yang terjadi antara satu orang dengan orang yang lain.

Adanya empati membuat orang lain ikut merasakan apa yang dirasakan orang lain, baik itu suka, duka, sedih maupun susah. Jika semua orang memiliki empati yang tinggi terhadap orang lain maka tidak akan ada lagi yang tindakan yang merugikan orang lain contohnya kriminalitas dan lain – lain . Selain itu berbagai manfaatpun bisa anda dapatkan dengan rasa empati yang tinggi.

Menambah wawasan mengenai bagaimana caranya menumbuhkan empati dalam pribadi masing masing orang bisa kita dapat dengan membaca buku dan artikel. Dalam artikel ini akan membahas sedikit tentang bagaimana menumbuhkan rasa empati, berikut cara menumbuhkan empati ke orang lain:

  • Yang pertama adalah mengesampingkan sudut pandang anda terhadap seseorang, jika berbicara tentang sudut pandang mungkin akan berbeda antara anda dan orang lain lihat agar tidak terlihat egois, jadi berusahalah mencari sudut pandang yang sama dengan yang orang lain lihat saat berinteraksi. Jika orang lain melihat sesuatu yang salah menurutnya, mungkin hal itu adalah sebuah reaksi terhadap situasi dengan pengetahuan yang orang lain miliki.

  • Yang kedua adalah mencari kebenaran sudut pandang orang lain, hampir mirip dengan penjesalan diatass tetapi disini anda bisa saja setuju ataupun tidak dengan sudut pandang mereka, karena anda juga mempunyai pengetahuan pribadi tentang sebuah hal. Jadi jangan menjadi pribadi yang berusaha untuk membenarkan sudut pandang anda, tetapi mencoba untuk menghormati sudut pandang orang lain yang mempunyai pendapat untuk menahan pendapat mereka.

  • Yang ketiga adalah perbaiki sikap diri sendiri, untuk menumbuhkan rasa empati jangan membenarkan diri anda sendiri, jangan ingin menang sendiri sehingga terlihat menyebalkan. Coba untuk membuka pikiran dan sikap anda untuk membantu anda merasakan apa yang dirasakan orang lain. Mencoba dengarkan menggunakan telinga, mata, naluri, dan hati anda unutk mengasah empati anda. Jika ragu dengan sudut pandang orang lain, mintalah mereka untuk menjelaskan juga posisi mereka saat bercerita. Hal yang paling sederhana tetapi efektif untuk mengembangkan rasa empati anda.

  • Yang keempat, cobalah untuk sering berinteraksi dengan skill diatas dengan orang lain, hal itu akan menjadikan anda terlihat lebih peduli dan mudah didekati atau kelihatan ramah. Karena orang lain akan merasa bahwa anda enak untuk diajak mengobrol atau bertukar pikiran. Itu akan menjadi kelebihan anda karena anda akan melihat dunia dari berbagai sudut pandang dan kelebihan itu dapat digunakan dalam berbagai situasi dan kondisi.

Intinya jika anda ingin mengembangkan rasa empati kepada orang lain cobalah untuk berinteraksi sebanyak mungkin dengan orang lain, cobalah untuk lebih memperhatikan suatu kejadiaan, dengarkan dan catat kata apa sebenarnya orang lain bilang, coba untuk merespon kata kunci dari apa yang orang lain bilang jangan keluar dari topik yang dibicarakan, cobalah menjadi fleksibel ketika orang lain berbicara tentang hal sensitive, anda bisa untuk mengubah hal itu menjadi sebuah empati, dan perlihatkan anda tertarik dan paham maksud dari orang lain bicarakan.

Artikel ini ditulis dengan sumber: MindTools | Home

1 Like

Bagaimana Cara Menumbuhkan Jiwa Sosial?

10 Ways To Help Others That Will Lead You To Success

Dalam kehidupan bersosialisasi, kita sebagai manusia diwajibkan untuk saling membantu satu sama lain. Karena faktanya, manusia adalah makhluk social yang membutuhkan orang lain. Namun terkadang, sulit untuk membangun hubungan social dalam lingkungan baru. Menurut April Masini, ketakukan dalam mengalami penolakan menjadikan seseorang berhenti untuk mengembangkan diri dalam kehidupan sosialnya. Padahal seharusnya, hubungan social yang baik dapat mengantarkan anda kedalam kesuksesan, apalagi jika didasari dengan keinginan untuk membantu orang lain.

Berikut adalah 10 cara yang bisa membantu anda menolong orang lain dan menumbuhkan jiwa social anda:

  1. Berbagi pengetahuan
    Setiap hari, ketika anda berkomunikasi dengan orang lain adalah kesempatan anda untuk berbagi ilmu dan pengetahuan tentang hal yang anda kuasai.

  2. Cari tau apa yang berharga bagi mereka
    Anda harus mengetahui hal apa yang berharga bagi mereka. Dengan begitu, usaha anda untuk membantu mereka tidak akan sia-sia. Carilah kesempatan-kesempatan, sehingga anda bisa membantu mereka bahkan ketika mereka tidak meminta.

  3. Berbagi kesempatan
    Pikirkan kesempatan-kesempatan yang anda ketahui dan jika hal tersebut bisa membantu orang lain, tawarkanlah kepada mereka.

  4. Buat mereka memperhatikan kesempatan
    Sangat penting untuk mengetahui kesempatan apa yang ada di depan mata. Ketika anda melihat kesempatan, pikirkan siapa yang kira-kira bisa mendapatkan kesempatan tersebut sesuai dengan kemampuannya.

  5. Berikan transparansi timbal balik
    Kejelasan respon akan sangat berpengaruh. Beritahukan mereka jika mereka bekerja dengan baik atau bahkan sebaliknya, namun dengan Bahasa yang ringan dan tidak mengintimidasi.

  6. Carilah hal yang sama-sama disukai
    Manusia cenderung menjadi lebih akrab ketika melakukan sesuatu yang mereka sukai bersama-sama.

  7. Korbankan waktu anda
    Ketika anda mengorbankan waktu anda untuk menolong sesama, mereka akan selalu mengingatnya. Semua orang mengetahui bahwa waktu sangat berharga. Hal itu bukan merupakan sesuatu yang besar namun sangat berdampak.

  8. Akuilah mereka
    Berikanlah pujian-pujian yang baik untuk orang lain. Karena dengan begitu, mereka akan lebih merasa dihargai.

  9. Berikan hadiah
    Seperti yang dikatakan sebelumnya, orang-orang cenderung mengingat orang lain yang menolongnya. Maka, berikan sedikit usaha untuk mengetahui hal apa yang sedang dibutuhkan atau diinginkan. Sekali-kali berikanlah mereka hadiah yang sesuai.

  10. Mintalah bantuan jika anda membutuhkannya
    Ingatlah bahwa anda juga merupakan manusia social yang butuh untuk dibantu. Jadi, jangan malu untuk meminta bantuan kepada orang lain.

Menolong sesama memang bukan hal yang mudah, namun jika anda melakukannya jiwa social anda akan terbentuk dan anda akan lebih dekat dengan orang-orang disekitar anda.

1 Like

Manusia adalah mahluk sosial yang berarti mausia membutuhkan bantuan manusia lain untuk bertahan hidup. Dalam menjalani kehidupan kita sebagai manusia dituntut untuk enghadapi berbagai macam sifat atau keadaan.Dengan adanya perbedaan kita harus dapat menyesuaikan diri dengan cepat.Lingkungan juga dapat mempengaruhi tingkah laku manusia baik secara langsung maupun tidak langsung. Misalkan di indonesia terdapat sosial budaya seperti gotong royong,saling menghormati antar sesama,dan masyarakat indonesia khuhusnya masyarakat yang berada di desa masih menganut adat istiadat daerahnya masing-masing.

Stephen Jay Could, On Intelligence, Monash University: 1994, menjelaskan bahwa kecerdasan sosial merupakan suatu kemampuan untuk memahami dan mengelola hubungan manusia Kecerdasan ini adalah kecerdasan yang mengangkat fungsi jiwa sebagai perangkat internal diri yang memiliki kemampuan dan kepekaan dalam melihat makna yang ada di balik kenyataan apa adanya

Pengembangan kecerdasan sosial mengandalkan sifat pada pribadi masing-masing personal , minimal mencakup hal dibawah ini :

1.) Membaca mitos dan diversi sosial yang terdapat pada masyarakat
2.) Memahami pentingnya pembinaan diri seumur hidup
3.) Mengenal aksi sosial, tuntutan situasi sosial, dan merancang reformasi sosial
4.) Mengembangkan belas kasih dan memerhatikan sesama

Upaya-upaya Meningkatkan Kecerdasan Sosial

  1. Tubuh dapat berbicara lebih banyak dari kata-kata.
  2. Tubuh dirancang untuk berkomunikasi dengan orang lain.
  3. 55% masalah Sosial yang akan disampaikan dalam aktivitas tercermin pada sikap fisik.
  4. Tanpa kata-kata tubuh dapat mengkomunikasikan apakah seseorang sedang sedih, senang, marah, kecewa, bahagia, malu, takut, khawatir, gugup, antusias, percaya diri, dan lain-lain.
  5. Sering menjadi pendengar yang aktif
1 Like

Jiwa sosial merupakan kunci utama dalam sebuah lingkungan karena jiwa sosial akan sering dipakai dalam kehidupan sehari-hari. Dengan memiliki jiwa sosial Anda juga dapat mencari kebahagiaan yang diinginkan. Dan disaat Anda telah memahami dasar dari jiwa sosial, Anda dapat mengembangkannya untuk mengendalikan kehidupan sosial Anda. Sebagian orang mungkin belum sadar pentingnya memiliki jiwa sosial. Terdapat beberapa contoh dalam menumbuhkan jiwa sosial Anda, antara lain:

1. Listen
Anda harus mulai terbiasa dengan mendengar. Keterampilan inilah yang masih sedikit dimiliki oleh manusia. Dengan mendengarkan Anda dilatih untuk menghargai seseorang sehingga Anda juga akan dihargai. Dan juga dengan mendengarkan orang lain akan lebih terbuka dalam sebuah percakapan.

2. Treat others as you would like them to treat you.
Keterampilan ini merupakan salah satu yang keterampilan penting dalam sebuah hubungan dan percakapan. Jadi, perlakukanlah hubungan dan percakapan Anda dengan baik dan orang tersebut akan merperlakukan Anda dengan baik juga.

3. Keep a positive attitude
Anda mungkin tidak dapat melakukan ini setiap waktu, tetapi cobalah menjaga sikap positif Anda saat berada diluar dari lingkungan hidup Anda. Sikap Anda akan menentukan siapa Anda sebenarnya terhadap orang yang kurang dekat atau bahkan baru berkenalan dengan Anda.

4. Communicate with more than your words
Kata-kata yang Anda ucapkan mungkin hanya sebagian kecil dari sebuah komunikasi. Tetapi, untuk menjadi komunikator yang baik Anda harus menguasai lebih dari kata-kata yang Anda ucapkan yaitu dengan menyocokkan nada suara dan bahasa tubuh Anda.

“I believe you learn social skills by mixing with people.” - Joe Morgan


How to Improve Your Social Skills: 8 Tips from the Last 2500 Years

1 Like

Pentinganya Jiwa Sosial dan Cara Pengembangannya

“The people with whom you work reflect your own attitude. If you are suspicious, unfriendly and condescending, you will find these unlovely traits echoed all about you. But if you are on your best behaviour, you will bring out the best in the persons with whom you are going to spend most of your working hours.” Beatrice Vincent

Pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial, yang tidak mampu berdiri sendiri dan secara pasti saling bergantung kepada orang lain. Jiwa sosial pada dasanya tumbuh secara alamiah, dimana pada setiap manusia pasti membentuk sebuah ikatan secara bersama yang bisa saja tumuh oleh berbagai macam faktor yang muaranya adalah kemanusiaan. Faktor-faktor tersebutlah yang membuat jiwa sosial tersebut bisa tumbuh atau bahkan tidak terwujud. Sehingga sangat lah penting bagi setiap diri kita untuk memahami factor-faktor tersebut untuk meningkatkan jiwa sosial kita kepada sesama.

Jiwa sosial yang tumbuh pada dasarnya akan menimbulkan sikap satu rasa satu jiwa sepenanggungan. Rasa tersebutlah yang akan memicu terjadinya gerakan-gerakan sosial positif ketika terjadi sebuah masalah pada diri orang lain. Ketika gerakan tersebut telah dilakukan maka sebuah masalah tersebut bisa di atasi secara bersama. Selain itu, tingginya jiwa sosial memudahkan kita untuk menjalin relasi pertemanan khusunya yang kita gunakan untuk kesuksesan karir kita kedepan. Memang tidak lah mudah menumbuhkan jiwa sosial, maka dari itu terdapat beberapa langkah untuk memingkatkan jiwa sosial yaitu :

1. Persiapkan
Persiapan sangatlah penting dalam meningkatkan skill sosial kita. Kita harus paham tentang siapa yang akan berbicara dengan kita, apa agenda pertemuan tersebut, atau bahkan bagaimana suasananya nanti. Dengan persiapan yang baik dalam sebuah acara, kita mampu mengatur mentalitas kita untuk berhadapan dengan lawan bicara kita nantinya.

2. Senyumlah dan buat eye contact
Senyum dan kontak mata sangat lah pentinga pada sebuah komunikasi yang dilakukan. Hal ini dapat mengurangi rasa akward ketika mungkin kita pertama kali bertemu dengan orang tersebut. Perlakukan ini juga yang akan mencarikan suasana.

3. Dengarkan dan tunjukan ketertarikan
Ketika kita sedang berkomunikas dengan lawan bicara kita, maka sebaiknya tunjukan sikap yang baik untuk mendengarkan dan tunjukan ketertarikan kita terhadap apa yang lawan bicara katakan. Biasanya dengan sikap yang kita tunjukan dengan baik, maka lawan bicara kita dengan mudah akan bercerita banyak hal tentangnya kepada kita.

4. Belajarlah untuk membaca bahasa tubuh
Dengan menggunakan bahasa tubuh yang baik maka lawan bicara kita akan mengerti seperti apa tanggapan kita terhadap apa yang mereka katakan kepada kita. Sebaliknya, kita harus mengerti bahasa tubuh mereka seperti, tingkat kenyamanan mereka ketika berbicara dengan kita.

5. Jadilah diri sendiri
Mungkin sangatlah susah berada pada situasi yang aneh untuk pertama kalinya atau mungkin merasa sangat tidak nyaman pada awal sebuah acara. Maka dari itu, dari pada kita harus banyak berpikir harus seperti apa maka alangkah lebih baiknya untuk bersikap menjadi diri sendiri.

1 Like

Empati, ‘Core’ dari Jiwa Sosialmu


Setujukah kalian jika saya menyebutkan bahwa untuk menumbuhkan jiwa sosial maka hal penting yang pertama harus dilakukan adalah menumbuhkan empati terlebih dahulu?

Keadaan mental yang membuat seseorang merasa atau mengidentifikasi dirinya dalam keadaan perasaan atau pikiran yang sama dengan orang atau kelompok lain. - KBBI

Di jaman majunya teknologi, apakah kalian merasa manusia semakin banyak yang cuek? Kita tidak berbicara tentang sampah sisa makanan yang tidak dibuang di tempatnya atau bahkan semakin banyaknya pepohonan yang ditebang untuk dijadikan lahan kosong membangun gedung, ataupun aksi penggalangan dana untuk membantu anak-anak kecil tetap dapat bersekolah. Kita lebih berbicara tentang hubungan manusia dengan manusia lain. Konon ‘katanya’ teknologi dapat membuat yang jauh menjadi dekat dengan platform canggih penghubung antar manusia secara virtual. Namun entah mengapa yang saya rasakan manusia dengan teknologi di genggaman tanggannya menjadi lebih cuek.

Budaya orang Indonesia adalah berbasa-basi. Dengan teknologi, fenomena yang terjadi adalah benar manusia masih menjalin komunikasi rutin, namun ketika bertemu di dunia nyata manusia seperti tidak pernah berkomunikasi sebelumnya. Masing-masing orang fokus bermain gadget. Cuek dengan lingkungannya. Dampaknya manusia menjadi lebih egois, tidak ingin mendengarkan orang lain akan tetapi ingin didengarkan. Nilai penghargaan terhadap orang lain menjadi rendah. Rasa percaya yang terjalin juga menjadi berkurang karena berkurangnya interaksi di kehidupan nyata, sehingga menimbulkan prasangka yang tidak baik terhadap orang lain. Pola kehidupan seperti ini yang seharusnya coba untuk dihindari.

Dengan empati, manusia tidak hanya dituntut untuk memahami perasaan orang lain tetapi mengandaikan diri ini jika berada di posisi yang sama apa yang seharusnya kita lakukan untuk berubah. Empati tidak hanya memahami perasaan orang lain yang sedang bersedih, namun memahami emosi orang lain. Contohnya, ketika teman kita wisuda kelulusan, apa yang seharusnya kita lakukan, bukan hanya mengirimkan pesan selamat melalui gadget, namun alangkah bijaknya jika kita datang ke acara kelulusannya dan memberikan selamat secara langsung. Berlatih menjadi manusia yang empati terhadap orang lain akan membuat kita menjadi manusia yang berjiwa sosial tinggi. Karena tidak mungkin kita bisa menumbuhkan kepedulian kita terhadap lingkungan alam dan sekitar lainnya jika dengan orang terdekat saja kita cuek.

Menurut Roman Krznaric, seorang pemikir filsafat dan lingkungan sosial, memiliki tiga ‘Platinum Rules’ untuk menumbuhkan rasa empati di dalam diri manusia:
1. Mendengarkan
Jadilah pendengar yang baik. Pahami kondisi seseorang dengan mendengarkan penjelasannya tanpa mencela.

2. Istirahat Sejenak
Istirahatlah sejenak bersama keluarga dari pekerjaan. Gunakan hari libur untuk bersantai bersama keluarga.

3. Explore the different ways of living
Carilah teman baru dan bergaulah dengan mereka. Dengarkan pemikiran orang-orang tersebut. Berteman dengan orang-orang baru akan membantu kita memperluas cara pandang kita terhadap suatu hal. Bukan orang yang mudah berteman dengan orang-orang baru? Perbanyaklah membaca buku karena buku


Referensi : http://theweek.com/articles/643114/3-ways-empathy-improve-life

2 Likes
  1. Starting saying YES
    Pikirkan tentang saat - saat indah dalam hidup anda seperti ketika waktu masih anak - anak kemudian ketika berlibur bersama teman - teman dan juga keluarga. Atau mungkin melakukan sesuatu yang membuat anda takutkan. Sebenernya semua kejadian yang pernah dialami memiliki kesamaan , semua hal itu merupakan hasil dari sebuah kepastian yang dibuat oleh diri anda sendiri dengan berkata 'IYA"

  2. Get back in touch with your old friends
    Mulai memikirkan untuk menemui teman baru , akan tetapi jangan lupa pikirkan teman - teman lama anda. Jika kalian berfikit apa mereka akan bisa menerima anda kembali ? Jika mereka teman sejati maka masih banyak kesamaan antara kalian yang dulu pernah dilakukan .

  3. Join a club/team/class or group
    Bergabung dengan sebuah komunitas atau kelompok baru merupakan salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan kehidupan sosial anda. karena anda mulai bergaul dengan orang - orang lain. Menggali apa yang anda sukai, sebagai contoh apabila anda memiliki sisi altruistik maka bergabung dengan organisasi amal .

  4. Become a connector
    Menjadi seorang yang dapat mengikat semua orang secara bersamaan menjadi hal yang dapat menciptakan kehidupan sosial yang menarik. Atapun bisa dengan cara - cara lain yang intinya dapat memberikan layanan kepadanya orang banyak .

  5. Embrace the dating scene
    Berada dalam keadaan berhubungan dengan seseorang merupakan hal baik . Ketika sudah ada sebuah chemistry maka dengan sendirinya mereka akan berbagi tentang kehidupan kepada anda.

  6. Get out of the house
    Hal yang paling penting sebenarnya untuk menumbuhkan jiwa sosial kita yaiut dengan mulai keluar dari rumah dan melihat keadaan disekitar kita.

SUMBER :

1 Like

CARA UNTUK MEMPERLUAS LINGKARAN SOSIAL

1. Terhubung dengan konektor

Sebuah cara yang bagus untuk memperluas lingkaran sosial anda adalah melalui media sosial yang merupakan penghubung antar individu maupun kelompok. Contoh penghubung tersebut seperti facebook. Facebook dapat menghubungkan anda kepada dunia sosial baik itu individu maupun kelompok.

Sering kali, dalam facebook banyak orang yang tidak kenal tetapi mereka dapat berbagi moment dan foto di facebook. Meskipun mereka tidak ada waktu untuk menjadikan pertemanan menjadi persahabatan, tapi mereka senang untuk mengenal orang untuk menambahkan ke dalam lingkaran sosial.

2. Selalu bertemu dengan orang yang baru

Sebuah aktivitas yang bagus adalah selalu bertemu dengan orang yang baru dapat menambahkan lingkaran sosial anda. Pada kenyataannya tidak semua orang yang anda temui menjadi teman anda dan tidak semua teman yang anda miliki saat ini menjadi teman selamanya. Alasan ini yang membuat saya sarankan anda untuk selalu kenal dengan orang yang baru.

Saya sarankan anda untuk pergi ke tempat yang baru dan ramai untuk membuka peluang anda bertemu banyak orang yang baru. Contoh seperti pergi ke seminar, pameran, penggalangan amal, dan lain sebagainya.

3. Membangun diri sebagai pemberi nilai kepada orang lain

Ketika anda bertemu dengan banyak orang, anda harus peduli dan ramah kepada orang-orang tersebut. Anda harus memberi kesan yang baik untuk orang lain. Pertama, dengarkan benar-benar apa yang mereka katakan dan bayangkan jika mereka adalah anda. Kedua, bersedia untuk berbagi cerita, kontak atau saran tentang yang mereka bicarakan.

Ketika anda bertemu dengan orang-orang baru, ada beberapa prinsip yang menentukan mereka masih akan bertemu dengan anda lagi atau tidak. Salah satu prinsip yang paling penting adalah sikap pemberi. Jika meraka merasakan bahwa anda hanya peduli pada diri sendiri, koneksi anda gagal.

4. Berkomitmen untuk masyarakat lokal

Salah satu cara tercepat untuk meningkatkan kehidupan sosial anda adalah terlibat dalam sebuah komunitas yang memiliki tipe orang yang anda inginkan sebagai teman. Komunitas ini biasanya di daerah anda masing-masing dan harus terus berkumpul sebulan sekali atau lebih.

Sumber : http://www.lifehack.org/articles/communication/6-tips-for-expanding-your-social-circles.html

1 Like

Menurut Steffano Gandini banyak cara untuk menumbuhkan jiwa sosila beriku 3 cara diantaranya :

1. Percaya diri lah !

Menjadi orang yang punya jiwa sosial yang tinggi dan menjadi percaya diri berjalan beriringan. Jika anda belum bisa percaya diri , berpura-puralah percaya diri. Anda pernah mendengar pepatah, berpura-pura sampai Anda berhasil. Bukan berarti Anda harus berpura-pura terhadap diri Anda, sebaliknya Anda harus bersyukur dengan segala berkah yang telah Tuhan berikan kepada Anda dan sedikir menunjukkanya Tidak ada yang sempurna. Jadilah percaya diri, tapi jangan sombong.

2. Berfikiranlah lebih terbuka !

Jika Anda ingin menjadi lebih terbuka secara sosial, Anda harus berpikiran terbuka. Alih-alih menilai orang berdasarkan keyakinan Anda, Anda bisa saja mendengarkan apa yang orang lain katakan. Anda tidak harus setuju dengan segala sesuatu seseorang mengatakan, tetapi cobalah untuk memahami pandangan mereka dan mengapa mereka percaya apa yang mereka percaya. Mengajukan pertanyaan adalah cara yang bagus untuk menunjukkan bahwa Anda peduli tentang apa yang mereka katakan dan akan memungkinkan Anda untuk memahami di mana mereka berasal.

3. Ramah lah !

Selalu menyapa orang yang Anda kenal, menawarkan untuk membantu dalam situasi apapun yang Anda bisa, dan senyum. Tersenyum adalah hal termudah yang dapat Anda lakukan dan akan membuat Anda jauh lebih didekati.

Berikut adalah cara-cara agar bisa menumbuhkan jiwa sosialis dalam diri kita.Selamat mencoba !

Treat every person that you meet as a future friend, and then make the effort to get to know them

1 Like

Untuk menumbuhkan jiwa sosial didalam diri kita, ada 2 cara untuk membangun lingkaran sosial yaitu:

jelajahi hal-hal baru, khususnya bertemu dengan kawan baru
jika anda tidak membuat teman baru, maka anda benar-benar membuatnya berkurang. Hal tersebut terjadi karena semua orang berubah. Ketika teman anda sudah pindah ke lain kota, maka teman anda akan membuat ketertarikan yang lain atau membuat hubungan baru dengan orang-orang terbaru disekitarnya dan hasilnya akan merubah hubungan persahabatan anda.
Akan tetapi bukan berarti mereka akan berhenti menyukai anda atau mengabaikan anda, namun mereka hanya melakukan suatu hal yang lain, ditempat yang lain, dan bersama dengan orang lain.

Banyak cara mudah untuk membuat hubungan baru tentang sesuatu seperti hobby, ketertarikan, atau aktivitas.
untuk membuatnya sangat-sangat mudah, bergabunglah dengan tim organisasi. Ketika anda memberikan waktu anda untuk membantu tim organisasi anda, maka semua orang akan sangat senang dengan keberadaan anda. Bertemu dengan orang-orang diposisi tersebut merupakan cara termudah untuk membangun jiwa sosial dalam diri anda.
Untuk memotivasi diri anda agar melakukan hal tersebut, pikirkan seseorang yang anda kenal yang terlibat dalam tim dan memegang acara yang tetap. mengingat kembali berapa banyak orang yang mengetahui proses secara menyeluruh, berapa banyak kebahagiaan yang mereka dapat. Dan sekarang bayangkan jika anda berada dalam posisi tersebut. apakah anda senang jika berada disana?

Dan cara lain yaitu memelihara yang sudah ada seperti bertemu dengan teman lama dan memperkenalkan mereka teman baru anda. Hal tersebut sangatlah kritis. Hal tersebut terdiri dari pertemuan biasa dengan teman yang ingin anda jaga dan memperkenalkan mereka dengan teman yang baru saja anda temui.
Dengan mengenalkan orang satu sama lain, maka anda akan membuat mereka menjadi dekat. Hal tersebut memudahkan mereka untuk tetap berhubungan dengan anda karena dengan demikian mereka juga akan tetap berhubungan dengan sejumlah orang. Itu seringkali digunakan sebagai cara terbaik untuk menggunakan waktu sosial mereka.

referensi : How to Build a Social Circle: A Two Step Formula - Lifehack

1 Like

4 cara meningkatkan keterampilan sosial

Manusia adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lain. Namun tidak sedikit dari kita yang kurang terampil dalam bersosialisasi. Ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan dalam berinteraksi dengan orang lain. Maka dari itu 4 cara yang dapat kita lakukan untuk meningkatakan keterampilan sosial yaitu :

1. Menambah Pengetahuan
Di era modern ini sangat mudah untuk mencari informasi yang kita butuhkan. Untuk mencari informasi tersebut kita dapat menggunakan search engine. Manfaatkanlah teknologi tersebut dan cari berbagai referansi terkait dengan keterampilan sosial. Dengan begitu pikiran kita akan terbuka dan tau apa yang harus kita lakukan ketika berinteraksi dengan orang lain.

2. Mengambil kelas
Ambilah atau ikuti kelas seperti kelas memasak, kelas pidato dan lain-lain. Hal itu membuka kesempatan bagi kita untuk belajar berinteraksi dengan orang-orang dilingkungan tertentu, dan juga kita mendapatkan ilmu yang lain.

3. Pengalaman Baru
Kita perlu pengalaman baru jika ingin meningkatkan keterampilan. Karena jika kita tidak melakukannya kita kanya akan diam ditempat. Khusunya dalam interpersonal skill kita perlu banyak interaksi yang perlu kita lakukan. Cobalah untuk mengunjungi tempat-tempat baru dimana ada banyak orang-orang baru yang bisa kita ajak untuk berinteraksi. Semakin banyak melakukan interaksi dengan orang-orang yang berbeda, kemampuan intuisi kita akan meningkat.

4. Latihan
Latiahan, latihan dan terus berlatih. Semua kemampuan ataupun keterampilan yang kita punya semuanya adalah hasil dari latihan. Contonya : dulu saat kita akan belajar bersepeda, kita perlu latihan yang rutin dan memerlukan komitmen serta dedikasi. Pertama kali mencoba sepeda mungkin kita terjatuh dan terluka. Tapi karena kita memilliki keinginan yang kuat, kita terus melakukannya dan seiring berjalannya waktu kita mulai terbiasa menyeimbangkan tubuh dan akhirnya dapat bersepeda kemanapun yang kita inginkan. Sama dengan meningkatkan kemampuan sosial, anda perlu terus berlatih dan terbiasa menghadapi banyak orang.

1 Like

Cara Menumbuhkan Jiwa Sosial

Kita sebagai makhluk makhluk sosial, sudah seharusnya bagi kita untuk menumbuhkan jiwa sosial dalam diri kita. Karena peranannya yang begitu penting dalam kehidupan bermasyarakat dan bersosial

Jiwa sosial pada diri kita harus di tumbuhkan sejak dini hingga seterusnya. Beberapa cara menumbuhkan jiwa sosial diantaranya adalah :

  1. Berpartisipasi dalam pembangunan di masyarakat
  2. Bergaul dan berbaur dengan masyarakat sekitar
  3. Mementingkan kepentingan bersama dibanding kepentingan individu
  4. Saling menghargai satu sama lain dalam bermasyarakat
  5. Menghargai setiap pendapat yang dikemukakan orang lain
  6. Ikut serta dalam kegiatan-kegiatan sosial yang ada
  7. Menaati setiap norma yang berlaku pada masyarakat

Itulah contoh beberapa cara agar kita dapat menumbuhkan jiwa sosial dalam diri kita. Karena sudah seharusnya kita sebagai manusia yang merupakan makhluk sosial memiliki jiwa sosial yang besar.

sumber : manusia sebagai makhluk individu dan sosial

1 Like

JIWA SOSIAL UNTUK KESUKSESAN

Didunia ini semua manusia tidak akan hidup sendiri-sendiri . Manusia hidup dalam bermasyarakat sehingga manusia membutuhkan jiwa sosial yang tinggi. Lalu jika manusia mempunyai tuntutan agar dapat bersosial dalam masyarakat, bagaimana manusia dapat menumbuhkan jiwa sosialnya?

  1. MEMBUAT ANALISIS SWOT PADA DIRI SENDIRI TERLEBIH DAHULU
    Membuat analisa diri agar dapat mengetahui kelemahan diri dan peluang sehingga dapat bersosialisasi dengan baik

  2. MENANAMKAN JIWA KESABARAN
    Jiwa kesabaran sangat dibutuhkan untuk bersosial. Karena dalam bersosial banyak menemukan berbagai macam sifat dan karakter.

  3. BERLATIH ORGANISASI
    Dengan mengikuti organisasi, maka jiwa sosial akan terbentuk. Karena organisasi memberikan pengalaman yang banyak.

Itu lah cara menumbuhkan jiwa sosial😊

1 Like

Berikut ini adalah cara untuk menumbuhkan jiwa social dalam diri anda :

1. Tidak perlu takut ditolak
Salah satu alasan utama orang berjuang untuk kehidupan yang lebih bersosial adalah takut ditolak secara terus menerus. Jangan buang waktu anda untuk berpikir bahwa anda tidak cukup baik, hal itu akan menjatuhkan kepercayaan mereka.

2. Fokus terhadap kualitas bukan kuantitas
Coblah untuk bersosial dengan melihat dari sudut pandang kualitasnya, telah banyak bukti yang mengatakan bahwa mempunyai banyak teman namun pada akhirnya akan sendirian/kesepian juga.

3. Peduli
Banyak orang lupa untuk melakukan hal ini. Ketika seseorang membutuhkan teman,berada lah disana untuk mendengarkannya. Ketika anda benar-benar peduli tentang seseorang yang sedang membutuhkan teman makan orang tersebut akan melakukan sebaliknya.

4. Jangan mengeluh
Apakah anda suka mendengarkan orang mengeluh? munkin tidak. Ketika kamu mengeluh maka akan membuat anda berpikir negatif. Sehingga anda akan fokus terhadap kesalahan anda, cobalah untuk fokus pada sesuatu hal yang benar. Orang-orang di sekitar anda akan merasa lebih baik jika anda mempunyai pemikiran yang positif.

5. Terhubung
Salah satu hal yang sangat menakjubkan hidup di era saat ini adalah kita bisa selalu terhubung dengan siapapun di seluruh dunia. Sekarang ini bukan hal yang sulit untuk mendapatkan ratusan teman yang baru dalam setahun karena betapa mudahnya untuk menggunakan media sosial.

6. Bertanggung jawab
Sadar bahwa anda bertanggung jawab untuk setiap hubungan yang anda jalani saat ini. Dengan hanya anda bertanggung jawab pada hubungan anda, anda akan dapat menjalin sosial dengan baik.

7. Percaya bahwa anda layak
Anda tidak perlu membuktikan kepada siapapun. Seseorang yang akan menilai anda, namun anda harus percaya bahwa anda layak kepada orang tersebut.

SUMBER : http://dragosroua.com/7-ways-to-drastically-improve-your-social-life/#.WL0ZtrFh0cg

1 Like

4 Strategi Meningkatkan Jiwa Sosial

Banyak orang percaya bahwa mengembangkan jiwa sosial adalah sesuatu yang terjadi begitu saja secara alami tanpa kamu perlu melakukan apa-apa. itu pandangan yang salah
Membangun jiwa sosial memerlukan pendekatan aktif dan strategis, dalam hal ini ada 4 strategi untuk mengembankan jiwa sosialmu.

1. Memahami Sifatmu
Jiwa sosial setiap orang berbeda beda, beberapa dari kita membutuhkan banyak teman dan lingkup sosial yang besar, tapi beberapa yang lain lebih suka bersosial dengan beberapa teman saja, termasuk yang manakan sifatmu?
Lalu apakah kamu lebih suka dengan orang-orang yang artistik, atau orang-orang yang berorientasi teknologi? orang-orang yang aktivitas diluar atau berkegiatan didalam? biasanya kamu akan bergaul dengan orang-orang yang setipe denganmu, maka tentukan sifat dominanmu dan tentukan orang-orang yang tepat untuk mengembangkan jiwa sosial mu.

2. Pergilah Menuju Orang-Orang Berada
setelah kamu tau berapa banyak dan tipe teman apa yang kamu cari, saatnya untuk bertindak, jika kamu hanya menunggu orang lain mendatangi mu, kamu tidak akan pernah membangun hubungan sosial dengan orang lain, kamu harus berinisiatif untuk menemui mereka.
Salah satu caranya yaitu dengan mencari kegiatan dimana kamu akan bertemu dengan orang-orang yang kamu cari, atau bergabung dengan sebuah forum atau perkumpulan.
Ini adalah langkah pertama, maka kamu harus benar-benar keluar dari rumah, untuk pergi dan berpartisipasi.

3. Jadilah Pribadi yang Ramah
Dalam sebuah perkumpulan, kamu janganlah menjadi orang yang pasif, berinteraksilah dengan lingkungan, menjadi orang yang ramah dengan cara memperkenalkan diri dengan mereka, kemudian memulai mengobrol tentang topik yang mereka sukai dan jika mereka menikmati topik pembicaraanmu, maka jagalah percakapan tersebut dengan baik.
Hal ini mungkin tidak mudah, terutama jika kamu tidak terbiasa bergaul, tapi dengan melatihnya kamu akan terbiasa. Jika kamu ramah dengan orang-orang baru, maka kamu akan benar-benar menonjol dan mereka akan menyukaimu.

4. Dapatkan Teman Baru Melewati Teman Sekarang
Jika kamu sedang membangun kehidupan sosial yang baru, ini akan menjadi hal yang sulit. Namun setelah kamu bertemu dengan beberapa orang, itu akan jauh lebih mudah karena kamu dapat memanfaatkan mereka untuk mendapatkan lebih banyak teman dan memperluas hubungan sosialmu.
Biarkan temanmu tahu bahwa kamu tertarik bertemu orang-orang baru dan mereka akan senang untuk memperkenalkan mu kepada orang lain yang mereka kenal. bahkan mereka akan mengundangmu ke acara mereka untuk bergabung dengan teman-teman yang baru. Bagian terbaik adalah semakin besar hubungan sosialmu, maka akan semakin mudah kamu dalam meningkatkan jiwa sosialmu.

sumber

1 Like

Dunia yang terus berubah menjadi semakin cepat lewat kemajuan teknologi, membuat manusia lebih sering menggunakan teknologi dalam menunjang aktivitas sehari harinya termasuk untuk hal yang sederhana seperti berkomunikasi. Kesibukan kerja dan kemajuan teknologi ini terkadang membuat manusia cenderung bersikap individualis. Kehidupan sosial seperti berinteraksi secara langsung pun lebih sering dilakukan lewat sosial media ketimbang bertemu secara langsung. Hal ini secara tidak langsung membuat kemampuan seseorang untuk bersosialiasi dan menjalin hubungan dengan orang lain tidak lagi sebaik dulu.

Sebuah interview oleh Forbes dengan Dave Kerpen, CEO dari Likeable Local dan penulis best seller The New York Times berjudul “The Art of People: 11 Simple People Skills That Will Get You Everything You Want” menjabarkan beberapa hal sederhana yang dapat dilakukan untuk menumbuhkan jiwa sosial yang baik dalam diri :

  1. Pahami kesukaan seseorang
    Tanyakan hal hal yang akan membuat seseorang bersemangat untuk menjawab pertanyaan tersebut, kemudian dengarkan dengan baik. Ini akan membuat seseorang bersikap lebih terbuka

  2. Cobalah bersikap sedikit atraktif
    Ketika seseorang bertindak dengan cara berbeda dengan apa yang orang lain lakukan, orang orang akan mudah mengenalinya dan memulai membangun hubungan sosialpun menjadi lebih mudah dilakukan

  3. Hargai orang lain
    Setiap orang ingin untuk dihargai. Cobalah berikan respon yang baik sekrang kurangnya ucapan “terimakasih” ketika seseorang mencoba membantu menyelesaikan permasalahan, walaupun mungkin bantuannya tidak mengubah apapun.

  4. Jadilah diri sendiri
    Banyak orang yang tidak percaya diri bahkan untuk dirinya sendiri. Contohnya, ada banyak orang yang terlihat berbeda antara kehidupan nyata dengan apa yang ditulis di sosial media. Ketika seseorang mampu menghargai dirinya sendiri, maka saat itulah jiwa sosialnya atas orang lain akan tumbuh

  5. Bercerita
    Ketika seseorang mempu menceritakan sesuatu dengan baik, maka ia punya kesempatan untuk menginspirasi orang lain. Hal ini baik untuk mendukung jiwa sosial

  6. Menjadi orang yang peduli
    Rasa peduli dapat tumbuh ketika seseorang memiliki rasa ingin menolong orang lain yang tinggi.

  7. Be unoriginal
    Tidaklah harus menggunakan kata kata sendiri untuk mengisnpirasi orang lain ketika kutipan dari orang lain dapat menjelaskan maksud yang ingin diucapkan dengan lebih baik

  8. Berikan kesan
    Tinggalkanlah kesan yang baik setelah berhubungan dengan orang lain, lakukan setidaknya dengan tersenyum dan mengucapkan terimakasih dengan sopan.

1 Like

Tips untuk meningkatkan kemampuan sosial oleh Scott H. Young, mencangkup 2 langkah.

Langkah pertama adalah dengan menghancurkan semua ketakutan sosial. Jika dilakukan secara langsung mungkin akan terasa sulit. Tapi jika kita lakukan secara perlahan maka itu bisa saja dilakukan. Contohnya mungkin kita merasa sulit jika langsung mencoba berkenalan dengan orang yang benar-benar asing. Tapi jika kita mengawalinya dengan membawa teman kita, hal itu akan lebih mudah dilakukan.

Langkah selanjutnya adalah dengan mencari kegiatan sosial yang benar-benar kita nikmati. Terdengar biasa, tapi hal ini sebenarnya sulit. Jika kita tidak menikmati menghabiskan waktu dengan orang-orang di sekitar kita, kita akan mudah tersisihkan. Menjadi orang outgoing berarti kita harus travelling lebih jauh dan mencoba bersosialisasi dengan beberapa kelompok orang yang berbeda.

Semua hal yang berhubungan dengan usaha self-improvement biasanya hanya menjadi masalah pengalaman. Jika kita bisa memaksa diri kita untuk mencerna banyak pengalaman, kita akan berangsur-angsur menjadi lebih baik. Begitu juga dengan kemampuan sosial. Semakin sering kita berusaha, akan semakin mudah nantinya.

1 Like

7 Keterampilan Interpersonal & Sosial dalam tempat kerja

keterampilan interpersonal yang juga dikenal sebagai keterampilan sosial. Proses menggunakan keterampilan sosial disebut sosialisasi. Kita semua belajar keterampilan sosialisasi pada usia dini. Sebelum kita bahkan bisa berbicara kita belajar keterampilan sosialisasi dari pengasuh di sekitar kita. Di tempat kerja, keterampilan sosial yang dikenal sebagai keterampilan interpersonal. Kedua keterampilan sosial dan keterampilan interpersonal mengacu pada hal-interaksi yang sama dengan orang lain.

Di tempat kerja, Anda akan bekerja dengan banyak orang setiap hari. keterampilan interpersonal yang kuat akan memungkinkan Anda untuk berbicara dengan dan bekerja dengan semua jenis orang, termasuk manajer, rekan kerja, dan pelanggan. keterampilan interpersonal melakukan lebih dari memberikan Anda kemampuan untuk communicate dengan orang lain. Juga kemampuan interpersonal membantu Anda untuk mengembangkan hubungan dengan orang-orang. hubungan yang kuat dengan orang-orang yang bekerja dengan Anda akan membantu Anda sukses di tempat kerja.

Penelitian menunjukkan bahwa keterampilan interpersonal yang buruk adalah alasan nomor satu mengapa orang tidak akur, tidak dipromosikan atau, bahkan lebih buruk, kehilangan pekerjaan mereka.

Berikut adalah tujuh tips keterampilan interpersonal yang akan membantu Anda mengembangkan hubungan yang kuat dan bergaul dengan orang-orang di tempat kerja:

  1. Mengelola hubungan
    Hubungan yang baik akan membantu Anda bergaul dengan orang-orang di sekitar anda dan membantu Anda untuk melakukan pekerjaan Anda menjadi lebih baik.

  2. Memahami perasaan orang lain
    Ketika orang memberitahu Anda tentang sesuatu yang penting, itu menunjukkan bahwa mereka merasa nyaman berada di sekitar Anda. Lakukan yang terbaik untuk menempatkan diri pada posisi mereka. Pikirkan tentang bagaimana Anda ingin diperlakukan jika Anda berada di posisi mereka. Apa yang Anda inginkan ketika seseorang mengatakan sesuatu kepada Anda? Apa yang Anda harap seseorang lakukan untuk Anda?

  3. Bekerja sama dengan orang lain
    Bekerja sama, atau bekerja dengan baik dengan orang lain, merupakan bagian penting dari keterampilan interpersonal di tempat kerja. Meskipun setiap karyawan MUNGKIN memiliki tugas individu sendiri dan tujuan sendiri, tetapi seluruh staf atau tim memiliki tujuan yang sama. Tujuan itu adalah untuk membantu perusahaan menjadi sukses. Tanpa kerjasama, tempat kerja bisa menjadi tempat yang tidak menyenangkan, dan perusahaan tidak akan berhasil.

  4. Memiliki sikap yang baik
    Memiliki sikap positif secara keseluruhan akan mempengaruhi banyak aspek pada pekerjaan Anda. Sebuah sikap yang baik akan membantu Anda mengatasi tekanan dan stres serta membantu Anda menjadi lebih fleksibel dalam pekerjaan Anda. Selalu berbagi sikap positif kepada orang lain akan membantu Anda tumbuh dan akhirnya membantu Anda bergerak maju dalam karir Anda.

  5. Menunjukkan rasa hormat
    Bila Anda menghormati orang lain di tempat kerja, orang akan menghormati Anda. Anda dapat menunjukkan rasa hormat terhadap orang lain dengan menjadi sopan dan menggunakan tata krama Anda. Selalu ingat untuk mengatakan tolong dan terima kasih.

  6. Kontak yang tepat
    Keterampilan interpersonal tidak hanya tentang hal-hal yang Anda katakan di tempat kerja, tetapi juga mencakup tindakan Anda, atau hal-hal yang Anda lakukan. Cara Anda bertindak terhadap orang di tempat kerja akan menentukan apakah mereka merasa nyaman atau tidak berada di sekitar Anda. Mulailah dengan selalu berdiri dari jarak yang tepat dengan siapa Anda berbicara.

  7. Mendengarkan secara Aktif
    Mendengarkan secara aktif berarti Anda sepenuhnya terlibat saat mendengarkan seseorang berbicara. Anda benar-benar fokus pada orang ketika mereka berbicara. Anda memberi mereka kontak mata, mengangguk, dan kadang-kadang mengajukan pertanyaan klarifikasi untuk memastikan bahwa Anda mengerti dengan apa yang mereka sampaikan.

1 Like