© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Bagaimana caranya Meningkatkan Kemampuan Menjelaskan Sesuatu dengan Lebih Baik?

Terkadang kita sangat kesulitan untuk menjelaskan apa yang kita pikirkan kepada orang lain, sehingga timbullah kesalahpahaman. Bagaimana caranya meningkatkan kemampuan menjelaskan sesuatu dengan lebih baik?

1 Like

Secara etimologis kata “menjelaskan” bermakna membuat sesuatu menjadi jelas. Dalam kegiatan menjelaskan terkandung makna pengkajian informasi secara sitematis sehingga yang menerima penjelasan mempunyai gambaran yang jelas tentang hubungan informasi yang satu dengan yang lainnya.

Disitulah maka dibutuhkan kemampuan untuk dapat menjelaskan kepada lawan bicara kita,sehingga informasi yang kita sampaikan dapat diterima dengan jelas.

Poin terpenting adalah Anda dapat menjelaskan apa pun kepada siapa pun hanya ketika Anda memiliki pemahaman yang mendalam tentang hal tersebut. Tetapi yang lebih penting lagi adalah pendengar bersedia untuk mendengar penjelasan Anda.

Anda sendiri mungkin pernah mengalaminya bahwa kadang-kadang Anda tidak dapat meyakinkan seseorang tentang sesuatu hal padahal informasi yang anda sampaikan sudah sangat jelas, hanya karena pendengar tidak bersedia untuk mendengarkan penjelasan anda.

Secara umum, berikut adalah beberapa hal yang bisa anda jadikan pedoman agar anda dapat menjelaskan dengan lebih baik,

  1. Anda perlu mengingat sudut pandang orang lain

    Anda mungkin telah melihat ilusi terkenal yang terlihat seperti wanita muda atau wanita tua. Dua orang melihat gambar yang sama dan mereka dapat memiliki pandangan yang berbeda dari apa yang mereka lihat. Ingatlah ide ini saat menjelaskan konsep. Sesuatu yang mungkin bisa dimengerti oleh Anda mungkin tidak bisa dipahami oleh orang lain.

  2. Dengarkan dan tanggapi pertanyaan

    Terkadang kita menjadi kesal ketika seseorang mengajukan pertanyaan. Namun, cobalah untuk menahan reaksi tersebut. Sikap yang lebih baik adalah Anda merasa bahagia bahwa orang lain cukup tertarik untuk mengajukan pertanyaan. Untuk meminimalkan kebingungan dan kesalahpahaman, coba lakukan parafrase atau rangkumlah pertanyaan mereka sebelum Anda menjawabnya. Langkah ini sangat penting jika Anda berada dalam komunikasi grup.Dengan mengulangi pertanyaan yang ditanyakan, maka akan membantu seluruh semua orang lebih memahami jawaban Anda.

  3. Hindari berbicara dengan bahasa yang tidak dipahami

    Ketika Anda menjelaskan sesuatu kepada orang-orang, apakah mereka terlihat kebingunan ? Jika iya, kemungkinannya adalah karena Anda berbicara diatas “pengetahuan” mereka. Ingat, orang yang Anda ajak bicara mungkin memliki kekurangan pengetahuan dibandingkan dengan Anda, jadi Anda harus menggunakan istilah yang mudah dimengerti.

  4. Hindari berbicara dengan cara yang merendahkan

    Jangan menghina orang dengan menganggap bahwa mereka tidaklebih pintar daripada Anda. Hal ini biasa disebut “komunikasi Barney.”

    Seperti cerita Mitologi Yunani yang memiliki referensi dua monster, Scylla dan Charybdis, yang berdiri disisi yang berlawanan dari selat laut yang sempit. Jika sebuah kapal berlayar terlalu dekat ke Scylla, ia hancur dan para pelautnya dimakan. Jika kapal berlayar terlalu dekat dengan Charybdis, ia dihancurkan oleh pusaran air yang diciptakan Charybdis. Kapal harus pergi tepat diantara mereka untuk bertahan hidup. Ikuti prinsip yang sama ketika Anda menjelaskan ke orang lain: Buat penjelasan Anda tidak terlalu rumit atau terlalu sederhana.

  5. Ajukan pertanyaan untuk mengetahui pemahaman orang

    Orang yang Anda ajak bicara seharusnya bukan satu-satunya yang mengajukan pertanyaan. Anda harus mengajukan pertanyaan juga, untuk memastikan mereka mengerti. Pertanyaan Anda sebaiknya menggunakan pertanyaan terbuka, yang memberikan kesempatan kepada mereka untuk memberikan informasi yang rinci. Anda dapat mengajukan pertanyaan tertutup, jawaban ya / tidak, apabila anda merasa penjelasan yang anda berikan dapat dipahami oleh mereka. Dengan mengajukan pertanyaan akan memberitahu kepada mereka bahwa Anda berharap agar mereka mengerti apa yang Anda sampaikan.

  6. Gunakan analogi untuk membuat konsep lebih jelas

    Sebuah analogi akan dapat menjelaskan konsep yang tidak dikenal kedalam hal yang lebih familiar. Ketika memilih contoh untuk analogi, pikirkan dulu prinsip umum yang ingin Anda jelaskan. Kemudian, pilih sesuatu dari kehidupan nyata yang menggambarkan prinsip itu.

  7. Konfirmasikan bahwa penjelasan Anda masuk akal

    Setelah Anda selesai menjelaskan poin Anda atau menjawab pertanyaan, tanyakan pertanyaan terakhir kepada mereka. Pastikan orang-orang yang mendengar penjelasan Anda benar-benar memahaminya. Pertimbangkan untuk meminta mereka memberikan penjelasan dengan kata-kata mereka sendiri, hanya untuk melakukan cek dan ricek.

Berlatihlah untuk menerapkan prinsip-prinsip diatas, maka secara alamiah, kemampuan anda menjelaskan sesuatu akan menjadi lebih baik.