Bagaimana caranya mengurangi sifat egois?

egois

Egois akan muncul disaat kita ingin menang sendiri. Menurut kamu, bagaimana caranya mengurangi sifat egois?

Setiap orang akan cenderung untuk menjadi egois dari waktu ke waktu, dan terutama ketika dalam suatu hubungan dengan pasangannya. Tapi apakah itu sepadan?

Jika Anda berpikir Anda tidak egois dalam suatu hubungan dan hanya kebetulan saja, coba jawab pertanyaan ini. Apakah pasangan Anda pernah, dalam sebuah diskusi, mengatakan kepada Anda bahwa Anda harus berhenti bersikap egois? Apakah itu terjadi lebih dari satu kali? Jika ya, maka menurut pasangan anda,anda adalah orang yang egois.

Tetapi, pada dasarnya, ketika anda membaca topik ini, maka sejatinya anda tidak terlalu egois, karena anda ingin berusaha untuk memberikan yang terbaik untuk pasangan anda.

Berikut beberapa tips untuk mengurangi ke-egois-an anda terhadap pasangan anda,

Berlatih untuk menempatkan diri Anda setelah pasangan Anda

Jika Anda adalah orang yang egois dalam suatu hubungan, maka kemungkinan besar, Anda akan selalu menjadi ‘prioritas’! Jika Anda mendapati diri Anda melakukan hal tersebut, selama hal tersebut bukanlah prinsip anda, cobalah untuk memberikan keputusan tersebut pada pasangan anda. Jangan menjadi orang yang selalu berpikir “aku, aku, aku” dan menginginkan semuanya lebih dulu. Anda harus ingat bahwa pasangan Anda sama istimewanya dengan Anda dan dia juga berhak mendapatkan apa yang mereka inginkan.

Hindari untuk menjadi orang yang brengsek

Hal tersebut terdengar sangat kasar, bukan? Tetapi terkadang itulah yang dirasakan pasangan Anda. Jika Anda ingin berhenti bersikap egois dalam suatu hubungan, Anda harus berhenti menjadi orang yang brengsek. Orang yang tidak selalu mendapatkan apa yang mereka inginkan!

Pasangan Anda selalu memperhatikan perilaku Anda, dan jika mereka cukup pintar, mereka akan segera pergi meninggalkan anda apabila anda mempunyai perilaku seperti itu.

egosi

Tempatkan diri anda pada situasi pasangan Anda

Berusahalah untuk memikirkan apa yang sedang dialami pasangan Anda dan pertimbangkan perasaan mereka dalam setiap situasi. Sebelum mengambil tindakan atau mengatakan apa pun, cobalah pikirkan hal tersebut. Inilah yang dinamakan empati! Semakin banyak Anda mempraktekkannya, semakin cepat Anda akan bisa menyingkirkan keegoisan Anda.

Misalnya, sebelum Anda “berteriak” pada pasangan Anda, cobalah pikiran tentang bagaimana perasaannya bila mendengar perkataan anda. Dia mungkin sangat lelah dan tidak mood untuk pergi bersama Anda. Dia mungkin mengalami hari yang buruk di tempat kerja dan itu sebabnya dia bertingkah aneh. Ketika Anda mempertimbangkan semua ini, Anda akan berpikir apakah itu benar-benar perlu untuk membuatnya merasa lebih buruk.

Kurangi keinginan dan kebutuhan Anda

Jika Anda benar-benar ingin berhenti bersikap egois dalam hubungan Anda, Anda perlu mengajukan dua pertanyaan penting kepada diri Anda: “Apa yang saya butuhkan?” melawan “Apa yang saya inginkan?”

Ketika orang-orang bersikap egois dalam suatu hubungan, mereka akan tetap mengulangi mantranya, “Saya ingin …” Mereka percaya bahwa mereka layak mendapatkan semua yang terbaik.

Ketika Anda menggali lebih dalam, Anda akan menyadari bahwa Anda hanya memiliki beberapa kebutuhan saja. Tetapi anda akan memiliki sejuta keinginan… Bukankah orang yang Anda cintai menempati urutan teratas daftar kebutuhan Anda, bukan? Jadi, kuncinya adalah mengorbankan keinginan Anda dan berfokus pada kebutuhan Anda.

Mendengarkan

Terkadang walaupun kita secara fisik mendengarkan pasangan kita, tetapi Anda hanya pura-pura mendengarkan! Orang yang egois adalah pendengar yang buruk. Mereka terlalu sibuk membicarakan masalah mereka sendiri atau memikirkan apa yang harus dikatakan ketika orang lain bicara.

Setiap percakapan antara dia dan Anda harus menjadi pertukaran pikiran, emosi, dan gagasan. Ketika Anda mulai peduli, Anda akan secara otomatis menjadi telinga bagi pasangan Anda.

Katakan terima kasih

Terima kasih sayang. Kata-kata itu adalah mantra yang luar biasa untuk menjaga hubungan Anda dengan Pasangan. Sangat egois bagi Anda untuk berpikir bahwa Anda berhak mendapatkan perlakuan terbaik sementara pasangan Anda harus puas dengan cara anda!

Jangan selalu mengharapkan kebaikan, tetapi ketika kebaikan itu datang, bersyukurlah untuk itu. Inilah saatnya untuk berhenti dan memikirkan setiap hal kecil yang telah dilakukan pasangan Anda untuk Anda, setiap cara baik yang telah membuat Anda merasa istimewa.

Berikut ini cara mengurangi sifat egois yang efektif :

  1. Ketahui Dahulu Penyebabnya
  2. Berpikir Secara Logis
  3. Tumbuhkan Rasa Empati
  4. Jangan Membandingkan
  5. Selalu Berpikir Positif Pada Orang Lain
  6. Berpikir Dahulu Sebelum Bertindak
  7. Mencoba Lebih Ramah
  8. Belajar Membantu Orang Lain
  9. Tahan Emosi
  10. Bersikap Dewasa
  11. Introspeksi
  12. Menambah Wawasan
  13. Bersikap Sabar
  14. Jadi Pendengar Yang Baik
  15. Berlapang Dada