Bagaimana caranya menguasai rasa takut?

Rasa takut adalah reaksi normal manusia secara alami yang membantu melindungi diri kita. Rasa takut merupakan salah satu penghalang dalam meraih kesuksesan. Rasa takut tersebut sulit dihilangkan atau bahkan tidak bisa dihilangkan sama sekali. Rasa takut mengingatkan dan mempersiapkan kita untuk menghadapi bahaya yang mendekat. Ketakutan adalah suatu tanggapan emosi terhadap ancaman.

Takut adalah suatu mekanisme pertahanan hidup yang terjadi sebagai respons terhadap suatu perilaku tertentu, seperti rasa sakit atau ancaman bahaya.

Berikut beberapa langkah atau hal-hal yang perlu dipersiapkan untuk menguasai rasa takut seperti :

  1. Mengetahui atau memahami ketakutan dalam diri
    Cari tahu apa saja yang membuat anda merasa takut dan bagaimana perasaan tersebut bisa menguasai diri anda. Dengan mengerti apa yang mengakibatkan ketakutan, hal semacam ini akan menolong anda untuk mengurangi rasa takut. Diperlukan waktu untuk menyadarinya dan renungkan dalam diri anda.

  2. Melawan ketakutan tersebut
    Cara terbaik mengatasi rasa takut adalah dengan menghadapi dan menantangnya. Jika anda menghadapi ketakutan anda dengan berani, maka ketakutan anda akan berkurang dan lalu surut. Setlah itu, bakal timbul rasa percaya diri yang lebih baik.

  3. Kendalikan atau menguasai mental dan emosi
    Apabila mulai merasa takut, coba untuk lawan perasaan itu. Alihkan perhatian anda dan hentikan perasaan yang membuat anda takut. Ambilah suatu kegiatan yang membuat anda melupakan ketakutan tersebut.

  4. Mengubah rasa takut
    Menghadapi rasa takut, anda harus mengakui apa yang membuat anda merasa takut. Setelah menghadapi, ubahlah rasa takut tersebut dengan mencari tau cara menghadapinya. Dengan begitu anda semakin percaya diri untuk mengalahkan rasa takut itu.

  5. Relaksasi diri
    Yakin terhadap diri sendiri adalah adalah salah satu cara untuk menguasai rasa takut. Keyakinan diri sendiri dapat memerangi ketakutan yang ada dalam diri sendiri. Seiring melawan takut, bangunlah rasa percaya diri. Karena semakin percaya diri, maka rasa takut yang menguasai pikiran juga akan semakin berkurang. Meditasi dan yoga merupakan jalan lain untuk mengatasi rasa takut anda.

  6. Bicarakan ketakutan anda pada orang lain
    Bicarakanlah tentang ketakutan anda pada orang lain. Janganlah menyimpan masalah anda sendiri dan memendam sendiri ketakutan itu. Ketika anda membicarakan ketakutan yang anda miliki, anda melepaskan energi negatif atau ketakutan yang ada sehingga anda akan merasa lebih baik setelah membicarakannya.

Menguasai rasa takut itu penting. Karena, jika anda tidak menguasai rasa takut tersebut akan berdampak kedepannya dengan tindakan dan penerapan dalam kehidupan anda. Sebagai contoh, jika anda mempunyai keinginan untuk mendirikan suatu perusahaan atau usaha tetapi anda takut akan resiko-resiko yang buruk antara lain kebangkrutan perusahaan, turunnya saham perusahaan dan hal buruk yang lain. Maka rencana anda hanya sekedar rencana, dan tidak akan terealisasikan. Dan ketakutan tersebut akan berdampak kedepannya kepada masalah kecil yang ada disekitar anda, seperti rasa takut mengajukan pendapat, rasa takut akan berbicara didepan umum. Untuk mengatasi rasa takut tersebut, diperlukannya rasa optimis dan dukungan dari orang sekitar. Dari dukungan tersebut, merupakan salah satu hal yang dapat mempengaruhi diri kita secara tidak langsung. Ketakutan biasanya hadir karena adanya trauma pada masa lalu dan bisa juga timbul pada masa depan yang belum tentu menjadi kenyataan.

Dalam implementasi kehidupan, kita dapat mencontoh Ir. Soekarno, saat diculik dan diasingkan beliau tidak memikirkan tentang keselamatan diri sendiri, melainkan memikirkan nasib bangsa Indonesia. Akhirnya beliau tidak mementingkan diri sendiri, tetapi mementingkan kepentingan bersama. Dari tokoh yang sangat berpengaruh di negara Indonesia ini kita dapat mempelajari sifat Bung Karno yang di mana beliau dapat mengatasi rasa takut nya dengan lebih mementingkan hal yang lebih penting, jadi setiap saat kita muncul rasa takut, kita dapat memperhitungkan atau mengkalkulasi hal-hal apa yang berdampak saat kita mementingkan rasa takut tersebut, apakah ada hal lain yang lebih penting ataukah hal lainnya.

Kesimpulan dari essai diatas adalah disaat kita tertekan maka secara tidak langsung rasa takut itu akan muncul. Jangan menyerah pada sesuatu yang bisa anda kendalikan, anda memiliki kekuatan lebih besar didalam diri anda, daripada yang Anda ketahui. Sebaiknya anda menghadapi ketakutan anda sekarang dan menikmati hasilnya daripada menyerah untuk menjalani mimpi anda dan menghadapi ketakutan anda nantinya.

“Rasa takut bukan penghambat untuk bergerak, tetapi pemicu lahirnya pergerakan.” – Raditya Prabhawa.

Source: