© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Bagaimana caranya Mengingatkan Tim Kita apabila Mereka Melakukan Kesalahan?

Mengingatkan anggota tim terkait dengan kesalahannya terkadang sangat sulit dilakukan, bahkan sering dihindari. Bagaimana caranya mengingatkan tim kita apabila mereka melakukan kesalahan ?

Mengingatkan anggota tim kita ketika melakukan kesalahan bukanlah hal yang mudah. Banyak terjadi kesalahpahaman apabila hal tersebut tidak dilakukan dengan baik. Hal pertama yang harus dilakukan adalah buat hubungan baik dengan anggota team anda. Disinilah kunci utama keberhasilan tindakan korektif yang nanti akan anda lakukan apabila ada team anda yang melakukan kesalahan. Sulit untuk mengoreksi orang secara efektif jika Anda tidak memiliki hubungan dengan mereka. Menggunakan otoritas tanpa hubungan yang mapan dapat bekerja dalam organisasi birokrasi, tetapi tidak dalam lingkungan tim. Membangun hubungan baik dengan anggota team harus dimulai sebelum anda melakukan koreksi.

Hormati anggota tim anda - Jangan pernah koreksi yang anda lakukan terkesan anda sedang menghukumnya. Fokus pada tindakan yang dilakukannya, bukan pada orangnya. Tindakan dan personal adalah dua hal yang berbeda.

Jelaskan dengan jelas tentang kesalahannya - Pastikan bahwa anggota team anda tahu dan paham atas kesalahannya. Lakukan dengan cepat, jangan sampai masalah yang harusnya keil menjadi besar hanya karena anda terlambat dalam memberikan koreksi kepada anggota tim anda. Ketika anggota tim anda paham terhadap kesalahan yang dilakukannya, maka akan sangat mudah untuk berdiskusi terkait dengan bagaimana cara melakukan tindakan koreksi.

Buat mereka berkembang - Selain memberi tahu anggota tim anda terkait dengan kesalahan yang dia lakukan, bantulah mereka untuk belajar dari kesalahan mereka. Luangkan waktu untuk berdiskusi dengan mereka untuk meningkatkan kinerja. Apabila dirasa perlu, beri kepada anggota tim pelatihan tambahan.

Tetap beri kepercayaan kepada mereka - Pastikan bahwa anggota tim yang anda koreksi tahu bahwa Anda masih percaya pada kemampuan mereka dan Anda memiliki keyakinan bahwa mereka dapat melakukan pekerjaan yang menjadi tanggung jawab mereka. Koreksi memang tidak pernah mudah diterima, tetapi ingatkan bahwa tujuan dari koreksi adalah untuk proses perbaikan. Orang akan kehilangan semangat untuk melakukan pekerjaan mereka jika mereka tidak berpikir pekerjaan mereka masih dihargai.

Buat keputusan sulit jika dibutuhkan - Beberapa orang tidak cocok untuk masuk kedalam tim. Masalahnya bisa berasal dari mereka atau tim anda. Mengganti anggota tim adalah hal yang sulit, tetapi kadang-kadang keputusan tersebut diperlukan untuk kebaikan tim itu sendiri. Semakin cepat keputusan ini dibuat, semakin baik bagi semua orang.