Bagaimana caranya menghilangkan rasa kantuk saat belajar ?

mengantuk saat belajar

Zaman sekarang banyak sekali anak-anak, remaja sekolah maupun kuliah yang selalu saja mengantuk saat belajar. Entah itu belajar bersama teman - teman di kelas ataupun belajar sendiri di rumah atau kamar.

Mungkin salah satu penyebabnya adalah kegiatan para Pelajar - pelajar ini yang semakin padat dan berkurangnya waktu istirahat.

Bagaimana sih caranya agar kita meminimalisir atau bahkan menghilangkan rasa kantuk saat belajar?

Dalam kehidupan mahasiswa, tidur dapat dianggap sebagai musuh ketika menghadapi ujian atau sedang mengerjakan tugas. Tidur biasa dainggap sebagai penghalang untuk meraih mimpi anda. Namun, ketik kita membuka buku kita merasa ngantuk. Ketika kita belajar dengan pikiran yang segar, seperti di pagi hari, kita akan lebih mudah menangkap ilmu. Hal ini dapat terjadi karena Anda kekurangan tidur (sleep deprived). Pada saat-saat seperti ini, Anda hanya diberikan dua opsi, hentikan belajar lalu tidur atau paksakan diri untuk tetap bangun. Namun, jika Anda ingin sekali mendapatkan nilai yang bagus, Anda hanya dapat memaksakan diri dan itu adalah hal yang tidak mudah. Berikut adalah cara-cara Anda dapat terus bangun dan melanjutkan pelajaran Anda.

1. Buatlah Ruangan Belajar Anda Seterang Mungkin
Salah satu masalah yang sangat fatal namun masih sering dilakukan oleh mahasiswa adalah ruangan belajar hanya menggunakan lampu belajar dan membiarkan bagian lain dari ruangan tetap gelap. Sebenarnya,ruangan yang gelap akan mengundang suasana yang nyaman, santai, dan sesuai untuk beristirahat atau tidur. Jadi untuk menghindari suasana yang santai sebisa mungkin untuk membuat uangan Anda seterang dan secerah mungkin.

2. Duduklah di kursi Anda jangan di Kasur
Posisi dan cara duduk Anda sangat berpengaruh ketika Anda belajar dengan waktu yang lama. Cobalah untuk duduk di kursi Anda dengan sandaran punggung. Hal ini akan membantu anda untuk tetap terjaga dan fokus pada pembelajaran anda. Namun, jika Anda belajar dikasur dalam posisi santai, hal ini akan membantu Anda semakin malas dan sangat ingin tidur. Ketika duduk dikursi, ambillah waktu 5 menit untuk menggerakkan tubuh anda untuk menghindari ngantuk.

3. Hindari Makanan yang Berat
Kita semua merasakan ngantuk setelah makan- makanan yang berat dan jika Anda ingin belajar setelah makan makan tidak ada yang akan membantu. Sebenarnya, setelah Anda telah makan dan merasa kenyang sekali Anda akan merasa tenang dan akan berusaha untuk tetap membuka mata anda. Kelesuan yang datang setelah makan-makanan yang berat akan muncul, mengilangkan daya untuk tetap fokus dan terbangun. Namun, jangan tidak makan karena takut kekenyangan, beralihlah ke makanan ringan seperti cemilan.

4. Minumlah banyak air
Meminum air tidak hanya membantu kesehatan anda, namun dapat membantu anda untuk tetap terbangun. Mengapa? Karena dengan anda semakin sering minum, anda akan semakin sering ke toilet untuk buang air kecil. Dan karena itu anda akan terus bergerak membuat anda terbangun dan terjaga. Meminum air juga membantu otak anda untuk tetap terhidrasi, meningkatkan kapasitas kerja otak anda. Namun, jangan terlalu banyak minum air hingga anda kembung, karena hal ini malah membantu anda semakin ngantuk. dan lebih baik anda mengambil minum daripada membawa botol minum, karena akan membantu anda tetap bergerak terus. Penting juga untuk tidak membuat air minum sebagai alasan untuk tidak belajar, karena hal itu akan membatalkan alasan kenapa anda ingin tidur malam.

5. Belajar dengan menulis
Jika anda belajar dengan membaca doang atau memvisualisasi kata-kata yang ada di buku anda, maka hal tersebut akan terasa monoton dan anda akan merasa bosan yang akan mempercepat proses ngantuk anda. Untuk menghilangkan rasa lesu itu, disarankan untuk menulis apa yang telah dibaca atau mengerjakan soal- soal. Hal ini akan membuat otak anda semakin aktif dan tubuh anda semakin aktif juga karena tangan anda ikut serta bergerak.

Sumber : http://www.jagranjosh.com/articles/study-tips-for-students-how-to-avoid-sleep-while-studying-1496320175-1

Berikut adalah cara agar membantumu mengurangi kantuk di malam hari

1. Tidur terlebih dahulu sebelum tiba waktunya

Entah menambah waktu tidur malammu setiap hari ataupun tidur siang setiap hari sebelum waktunya begadang.

”Sebelum waktu begadangmu tiba, tidurlah selama minimal 9 jam sehari selama seminggu” ujar Drake.

2. Buat dirimu sesibuk mungkin

Seseorang yang tetap sibuk ketika ia sedang begadang di malam hari cenderung lebih dapat menahan kantuk karena tugas-tugas baru yang mereka kerjakan.

”Jika kita tetap berada dalam kondisi sibuk, kita tidak akan menyadari sampai pagi hari ketika jam malammu telah selesai dan dalam perjalananan pulangmu” Ujar Shane Sevigny, salah satu pegawai kantor yang pernah merasakan hal tersebut.

3. Konsumsi Kafein dengan benar

Kafein akan membantumu begadang di malam hari.

Namun,hanya mengandalkan sejumlah besar minuman berkafein pada awalmu beraktifitas tidak akan membuatmu bertahan sampai pagi hari.

”Dalam meminum kopi, saya merekomendasikan untuk tidak menggunakan gelas berukuran besar, lebih baik menggunakan dosis kafein yang tepat untuk membantumu bertahan sepanjang malam”ujar Drake.

”Hal ini akan membantu menjaga kewaspadaan selama malam hari tanpa membuat seseorang kesulitan tidur ketika ia telah pulang ke rumahnya”.

4. Tidur sejenak pada malam hari

Tidur sejenak saat jam malammu berlangsung akan membantumu terjaga setelahnya, walaupun beberapa orang akan merasa semakin mengantuk setelahnya.

Solusi dari Drake : Minum secangkir kopi yang mengandung 75 miligram kafein, sebelum anda tidur sejenak”.

”Minum secangkir kopi sebelum tidur akan menghilangkan efek kantuk saat bangun dari tidur sejenak” ujarnya.

5. Berada dalam ruangan terang

Cahaya memiliki efek yang luar biasa pada tubuh,dan cahaya yang terang dapat “menipu” tubuh untuk berpikir bahwa sekarang bukan saatnya untuk tidur.

”Jam tubuh tersebut terhubung ke mata,sehingga cahaya yang cukup terang dapat berpengaruh terhadap kinerjanya” ujar Willian Kohler,MD-Direktur Medis di Florida Sleep Institute di Spring Hill.

”Jam tubuh tersebutlah yang mengingatkan kita bahwa ini saatnya untuk tidur ataupun beraktifitas”
Usahakan dirimu berada dalam ruangan yang cukup terang atau gunakan “light box” secara berkala.

6. Bersiaplah saat pukul 4 sampai pukul 5 pagi

Tidur sebelum waktunya untuk begadang memang akan membantumu melewati malam yang panjang,
,bagaimanapun juga.

”Kamu tak akan mampu menghindari efek negatif dari jam cicardian” ujar Drake.

”Rasa kantuk akan menghantuimu saat pukul 4 sampai 5 pagi, karena pada saat itulah waktu terberat untuk melawan rasa kantuk sepanjang malam”.

Bersiaplah untuk 1 jam terberat dan pastikan kamu melakukan penanggulangan sebaik mungkin.

7. Atur jadwal

Beradaptasi untuk jadwal shift malam akan memerlukan banyak usaha. Kamu harus “menipu” pikiran dan dirimu sendiri-bahkan setelahnya kamu akan menyadari bahwa hal itu tidak akan sepenuhnya berhasil.

-Tidur di siang hari pada dasarnya berbeda dengan tidur di malam hari-

Berikut ini merupakan tips yang dapat dilakukan oleh seseorang yang akan bekerja pada malam hari :

a. Buatlah siklus siang-malam palsu

Penelitian di Journal of Clinical Sleep Medicine pada 2013 lalu membuktikan bahwa suster dengan jam kerja malam paling tepat saat mereka tetap terjaga dengan cahaya terang di malam hari-lalu menggunakan kacamata hitam setelahnya.

Kamu dapat mengembangkan efek ini dengan menggunakan penutup muka ataupun penyumbat telinga ketika tidur.

b. Hindari tidur sekali-waktu di malam hari

Banyak orang melampiaskan waktu malamnya dengan tidur di siang hari.”Kebanyakan pekerja pada malam hari akan tidur selama 10 sampai 15 menit, tetapi setelah 4 jam, aktifitas tidur mereka akan terganggu” ujar Drake.

”Mereka tidur-bangun-tidur-bangun. Lebih baik menggunakan metode dua periode tidur yang berlangsung selama tiga atau empat jam.”

“Jangan merasa nyaman dengan tetap berada di kasur. Bangunlah dan lakukan tugasmu. Setelah tiga atau empat jam terjaga, tidurlah sejenak selama tiga sampai empat jam sebelum kembali bekerja.”

SC : https://www.everydayhealth.com/sleep/six-tricks-to-stay-up-late-at-night.aspx

Ada banyak cara untuk tetap terjaga saat belajar, tapi tidak semuanya bagus untuk anda. Tentu, dengan cara begadang dan alternatif lain bisa menyelesaikan pekerjaan, tapi anda tahu mereka akan berakhir sehingga membuat anda merasa seperti omong kosong keesokan paginya. Selain kekurangan tidur dan stres yang disebabkan oleh semua pelajaran yang perlu anda selesaikan, anda akan menempatkan diri anda dalam posisi yang sangat buruk jika anda menggunakan barang-barang super tidak sehat untuk tetap terjaga.

Jadi mengapa mengandalkan zat berbahaya untuk membantu anda tetap terjaga saat ada banyak alternatif lain yang lebih baik di luar sana?

Saya tidak akan memberitahu anda bahwa anda seharusnya tidak bertahan sampai larut dalam waktu. (hei, anda harus melakukan apa yang harus anda lakukan, bukan?) Tapi anda meletakkan tubuh anda melalui banyak tekanan sepanjang minggu, dan anda harus berusaha mengatasinya dengan cara yang kompak, dan tidak menggunakan cara berbahaya untuk mempertahankannya. Terjaga adalah salah satunya. Jadi, lakukan dengan benar oleh pikiran dan tubuh anda dengan mengikuti beberapa cara ini untuk selalu terjaga ketika belajar

1. Belajar dengan lampu yang cerah

Tidak hanya sulit untuk tertidur saat super terang, tapi daily health mencatat bahwa banyak trik ringan bagi anda untuk tetap berpikir bahwa ini adalah siang hari, menangkis kantuk untuk sedikit lebih lama.

2. Chew ice or gum

Mengunyah sesuatu yang membuat mulut anda sibuk, yangmana akan membuat anda menjadi sulit tertidur. Psikologi mencatat bahwa mengunyah permen karet juga membuat anda lebih waspada, menjadikannya sebagai taktik belajar larut malam yang ideal.

3. Berdiri saat belajar

Meskipun duduk tegak di meja kerja bisa lebih membantu daripada belajar di sofa di malam hari, apa yang lebih efektif lagi adalah berdiri, karena hampir tidak mungkin tertidur saat berdiri, dan pergeseran berat secara konstan akan membuat anda tetap terjaga.

4. Olahraga sebelum belajar

Rencanakan latihan anda tepat sebelum memulai belajar anda. Sebuah penelitian yang dikutip oleh the telegraph menunjukkan bahwa olahraga benar-benar dapat membantu anda tetap terjaga, karena aliran darah dan detak jantung ekstra dijamin menempatkan diri anda untuk terus belajar di malam hari.

5. Hindari segala hal yang membuat anda hangat

Bukan rahasia lagi bahwa menjadi hangat bisa membuat anda mengantuk. Jangan terlalu gila dengan pemanas dan jauhkan selimut untuk memastikan suhu anda tidak begitu nyaman sehingga tidak membuat diri anda mengangguk.

6. Meminum kopi sebelum belajar

Satu studi menunjukkan,memberikan dosis kecil kafein sebenarnya adalah strategi terbaik untuk membuat anda tetap terjaga.

7. Memakan kue sehat untuk menjaga gula darah anda naik

Tingkat gula darah anda, tidak diragukan lagi, akan jatuh ketika larut malam saat makan malam anda berkurang.

Saya menyarankan anda melewatkan karbohidrat yang mendorong orang untuk tidur dan menggantinya dengan alternatif protein yang dikemas seperti dendeng dan selai kacang untuk memberi dorongan tambahan pada otak anda.

8. Belajar bersama

Ini tidak selalu mungkin, tapi belajar di samping seseorang atau dengan beberapa orang menjamin anda setidaknya ada satu orang di sana untuk merangsang otak anda dengan mengobrol dengan mereka atau untuk membuat anda terjaga jika anda tertidur.

9. Dengarkan musik dengan beat yang baik dan cepat

Jika anda melakukan jenis pembelajaran di mana anda bisa mendengarkan musik, letakkan sesuatu yang memiliki beat yang cepat / uptempo dan tidak monoton. Hindari hal-hal yang terlalu ambien saat belajar karena hal ini mungkin saja anda bisa menidurkan anda.

source : https://www.romper.com/p/11-healthy-ways-to-stay-awake-while-studying-for-finals-2852

Sudah cukup umum bagaimana orang menghabiskan waktu berjam-jam untuk belajar, terutama saat ujian berlangsung sebentar lagi.

Terkadang kita merasa mengantuk secara tidak tertahankan begitu kita membuka buku teks.

Orang lebih cenderung merasa mengantuk pada dua periode waktu, yaitu ; pertama, dari tengah malam sampai jam 7 pagi dan yang lainnya adalah mulai dari jam 1 sampai 4 sore.

Hal ini terutama terjadi saat Anda kehilangan istirahat. mengantuk saat belajar terlalu sulit dihindari, tujuan kita adalah mengurangi atau bahkan menghilangkan rasa kantuk dan tetap terjaga saat belajar.

Cara Hindari mengantuk Saat Belajar dengan Trik Sekolah

1. Hidupkan Lampu

Jangan pernah berpikir untuk belajar hanya dengan cahaya lampu belajar di malam hari. Ini jelas membuat lingkungan yang nyaman karena sebagian besar ruangan tetap gelap. Belum lagi tempat tidur kosong yang menatap Anda di ruangan gelap. Dalam waktu singkat Anda akan mengantuk dan tertidur.

2. Duduk di Depan Meja

Dudukan diri anda di kursi dengan penahan punggung, tepat di depan meja belajar. Berbaring dan belajar di tempat tidur bisa membuat Anda merasa malas dan akhirnya tertidur.

3. jangan makan makanan berat

Lethargy akan mengurangi daya retensi anda akibat mengkonsumsi makanan secara berlebih. Anda tidak harus makan makanan berat untuk menghindari kelesuan. Bawa makanan Anda lebih awal dan pilihlah makanan ringan jika Anda kebingungan bagaimana menghindari tidur saat belajar.

4. Jangan Gunakan Kipas Meja

Yang biasa menggunakan meja untuk belajar sangat rawan untuk mengantuk lalu tertidur di meja. Jika ruangan Anda tidak memiliki kipas angin di langit-langit, letakkan kipas angin meja jauh dari meja belajar anda, sehingga anginnya tidak meniup ke arah wajah Anda.

5. Minum Lebih Banyak Air

Minum banyak air akan membuat Anda sering bepergian ke kamar mandi untuk buang air kecil. Dan dengan demikian Anda memiliki lebih banyak kesempatan untuk tetap terjaga.

6. Bergeraklah mengelilingi ruangan anda

Saat Anda mulai merasa mengantuk, bangkit dari kursi Anda dan bergeraklah di sekitar kamar Anda. Beberapa orang sering merasa cocok untuk belajar sambil berjalan, tidak hanya membantu dalam menghindari tidur, hal ini juga meningkatkan konsentrasi.

7. Bacalah dengan lantang sambil belajar

Membaca dengan suara lantang atau tidak dalam hati dapat meminimalkan kemungkinan anda tertidur saat belajar. Ini ada kaitannya dengan mendengarkan suara Anda sendiri.

8. Trik Lain untuk Menjaga Anda bangun

Jika belajar membuat Anda mengantuk, beralihlah ke topik yang lebih menarik. Istirahatkan sejenak agar pikiran Anda tetap segar dan beristirahat dengan baik. Hal terbaik yang bisa Anda lakukan untuk menghindari tertidur adalah belajar dalam kelompok.

Cara Hindari mengantuk Saat Belajar Dengan Mengubah Gaya Hidup

1. Sesuaikan Asupan Kafein Anda

Menjadi maniak pada kopi (lebih dari 3 cangkir sehari) tidak akan benar-benar memberi Anda banyak energi dan meminumnya setelah pukul 12 siang hanya memperparah tidur malam Anda. Potong asupan kafein yang berlebihan dan batasi hingga 3 cangkir atau kurang per hari sehingga Anda bisa mendapatkan energi maksimal tanpa mengalami efek samping yang tinggi.

2. Ambil tidur siang singkat
Tidur siang dapat menyebabkan siklus tidur tidak teratur dan Anda mungkin kurang tidur di malam hari. Namun, tidur sejenak setelah makan siang membuat Anda tetap segar dan energik. Idealnya tidur siang 20 menit sudah cukup untuk memulai aktivitas anda lagi.

3. Lakukan Light Exercise secara teratur
Latihan 30 menit reguler akan memberi manfaat pada tingkat tidur dan energi Anda. Olahraga, terutama latihan aerobik, mendorong tidur nyenyak dan berkualitas. Melakukan latihan di luar rumah di siang hari secara positif mempengaruhi pola tidur Anda, menurut para ahli tidur. Ini juga membuat Anda tetap aktif sepanjang hari dan Anda mungkin mendapati diri Anda berpikir tajam dan cepat.

4. Tidur nyenyak yang cukup
Sekarang Anda tahu bagaimana menghindari tidur saat belajar, tapi Anda juga perlu ingat bahwa masalah utama kelelahan adalah kurang tidur. Aturan pertama untuk tubuh yang berfungsi sehat adalah mendapatkan tidur malam yang nyenyak. Orang dewasa membutuhkan 7-9 jam tidur sedangkan remaja butuh waktu lurus 9 jam. Tidur nyenyak yang memadai adalah wajib, jadi jagalah rutinitas harian Anda dengan cara yang tidak menghalangi tidur nyenyak 8-9 jam malam Anda

Source : http://www.newhealthadvisor.com/how-to-avoid-sleep-while-studying.html