Bagaimana caranya mengetahui berat badan ideal anjing atau kucing kita?

Kucing

Apakah ada aturan dasar terkait berat ideal anjing atau kucing? Misalnya dilihat dari umurnya, jenisnya, jenis kelaminnya dan lain sebagainya?

#1. Persia

Kucing berambut panjang ini memiliki sifat kalem, tenang dan mudah akrab dengan manusia. Ukuran tubuh kucing Persia tergolong sedang besar. Saat mencapai usia dewasa, berat badan ideal kucing Persia Jantan bisa mencapai 5 – 7 kg sementara betinanya punya tubuh yang lebih kecil dengan berat badan ideal 3-5 Kg. Kucing persia membutuhkan makanan yang mengandung Omega 3 (EPA & DHA) dan Omega 6 untuk merawat kecantikan kulit dan rambutnya yang panjang

#2. Bengal

Kucing Bengal yang ukuran tubuhnya termasuk kategori sedang-besar ini adalah termasuk kucing yang sangat aktif. Selain itu juga kucing ini jago untuk diajak berburu. Berat badan ideal kucing Bengal Jantan dewasa adalah 5-8 Kg dan betina 4-6 Kg. Kucing yang memiliki corak rambut mirip leopard ini membutuhkan asupan nutrisi yang lengkap dan seimbang agar mereka bisa tetap sehat dan aktif.

#3. Maine Coon

Salah satu ras kucing terbesar dan terberat didunia ini adalah kucing yang tenang dan kalem. Mereka mudah akrab dengan anak-anak, anjing maupun kucing yang lainnya. Berat badan ideal kucing Maine Coon betina dewasa adalah 4-7 Kg sementara pejantannya bisa mencapai 6-10 Kg ! Maine Coon butuh makanan dengan kandungan taurine, EPA dan DHA untuk menjaga kesehatan jantungnya karena kucing ini rentan terhadap penyakit jantung.

#4. British Shorthair

Kucing yang bentuk wajahnya mirip Teddy Bear ini sangat ramah dan suka diperhatikan . Doi bukanlah kucing yang manja namun mereka suka berdekatan dengan ownernya. Saat dewasa, berat badan ideal kucing British Shorthair Jantan bisa mencapai 6-9 Kg sementara yang betina 4-6 Kg

#5. Siamese

Kucing yang berasal dari Thailand ini juga mudah akrab dengan anak-anak maupun hewan peliharaan lainnya. Mereka suka bersosialisai dan sangat suka diperhatikan. Berat badan Kucing Siamese Jantan dewasa adalah 4-7 Kg dan betinanya 3-5 Kg. Untuk menjaga kesehatan tubuhnya yang ramping dan berotot, Siamese butuh makanan dengan kandungan protein kualitas tinggi dengan tingkat lemak sedang.

Demikian tadi berat badan ideal dari beberapa jenis kucing, Apakah ada jenis kucing kesayanganmu diantara kelimanya ? Jika tidak, kita punya tips untuk mengetahui apakah kucing kamu memiliki kelebihan berat badan atau sudah ideal

Caranya adalah dengan melihat tulang rusuknya. Kucing dengan berat badan ideal memiliki tulang rusuk yang tidak terlihat menonjol tapi masih terasa bila diraba.