© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Bagaimana caranya mengembangkan kreativitas?

Kreativitas

Creativity atau dalam Bahasa Indonesia berarti Kreativitas dapat diartikan sebagai kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru untuk memberi ide kreativ dalam memecahkan masalah atau sebagai kemampuan untuk melihat hubungan-hubungan yang baru antara unsur-unsur yang sudah ada sebelumnya.

Pendapat Lain tentang kreativitas adalah segala kemampuan seseorang untuk menciptakan sesuatu yang baru, baik berupa gagasan maupun karya nyata yang relative berbeda dengan apa yang telah ada sebelumnya. Sebenarnya pendapat ini maknanya sama, hanya saja menggunakan kalimat yang berbeda.

Banyak juga yang berpendapat bahwa kreativitas adalah proses mental yang melibatkan pemunculan gagasan atau anggitan (concept) baru, atau hubungan baru antara gagasan dan anggitan yang sudah ada. Dari sudut pandang keilmuan, hasil dari pemikiran berdayacipta (creative thinking) (kadang disebut pemikiran bercabang) biasanya dianggap memiliki keaslian dan kepantasan. (sumber id.wikipedia.com)

Secara Umum Kreativitas adalah kemampuan seseorang untuk menghasilkan komposisi, produk, atau gagasan apa saja yang pada dasarnya baru, dan sebelumnya tidak dikenal pembuatnya. yang dapat berupa imajinatif atau sintesis pemikiran yang hasilnya bukan hanya rangkuman.

Kreativitas sebagai sebuah proses atau kemampuan yang mencerminkan kelancaran, keluwesan (fleksibilitas) dan orisinalitas dalam berpikir, serta kemampuan untuk mengelaborasi (mengembangkan, memperkaya, memperinci) suatu gagasan. Pengertian ini lebih menekankan aspek proses perubahan (inovasi dan variasi).

Dari beberapa pendapat di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa kreativitas pada dasarnya adalah kemampuan seseorang dalam membuat sesuatu yang baru yang relatif berbeda dari yang sudah ada, berdasarkan data yang ada yang mencerminkan kelancaran, keluwesan, orisinalitas dalam berpikir dan kemampuan mengelaborasi. Produk hasil kreativitas ini bukanlah sesuatu yang benar-benar baru, tetapi dapat berupa gabungan dari data-data atau unsur-unsur yang telah ada sebelumnya sehingga menghasilkan sesuatu yang berbeda.

Dan juga, Kreativitas bisa dibilang tidak kalah penting dengan soft skills lain karena memang seperti yang sudah dituliskan pada kesimpulan bahwa kreativitas dapat membuat sesuatu yang baru yang relatif berbeda dari yang sudah ada, walaupun produk hasil dari kreativitas bukanlah sesuatu yang baru namun sesuatu yang baru ini lah yang membuat sesuatu aktifitas bisa berjalan lebih baik.

5 Likes

Berikut 10 langkah mudah untuk meningkatkan kreatiifitas.

  1. Ubahlah cara berpikir Anda dari negatif ke positif
    Semakin positif cara berpikir Anda, membuat Anda semakin percaya diri dan optimis dalam menghadapi permasalahan. Selanjutnya Anda akan semakin kreatif dalam mencari solusi segala permasalahan Anda. Biasakanlah Anda mengatakan “Ya ini merupakan kesempatan untuk menjadi lebih baik” dalam menghadapi sebuah rintangan.

  2. Tulislah secara detail mengenai situasi kesulitan yang Anda hadapi
    Tulislah segala hal yang berkaitan dengan tantangan Anda, Apa yang menjadi penyebab Anda tertekan? Apa yang Anda kuatirkan? Kenapa Anda tidak bahagia? Ini bukan berarti berpikir negatif, tapi dengan menulisnya Anda selanjutnya akan berpikir untuk mencari jalan keluar dari permasalahan tersebut.

  3. Selalu bertanya
    Jangan terlalu cepat puas dengan jawaban singkat dari permasalahan Anda. Berlatihlah juga untuk menjawab sebuah permasalahan atau pertanyaan dari sudut pandang yang berbeda. Misalnya bisnis Anda sedang menurun, kenapa menurun? mengapa penjualannya menurun? apa karena semakin banyak kompetitor? atau karena produk Anda semakin menurun kualitasnya? Dengan semakin banyak pertanyaan yang dapat Anda buat, maka Anda akan terpacu untuk semakin kreatif mencari solusinya.

  4. Definisikan Batasan, Buat Alternatif Solusi
    Anda harus mampu mengidentifikasi apa saja yang menjadi batasan Anda untuk menyelesaikan permasalahan Anda. Kemudian Anda harus mencari alternatif-alternatif solusi sesuai dengan batasan yang Anda miliki.

  5. Lakukan keputusan yang terbaik dari beberapa alternatif solusi yang Anda buat
    Pilihkan keputusan yang terbaik setelah Anda membandingkannya dengan alternatif lainnya.

  6. Buatlah Planning bila keputusan terbaik Anda tidak berjalan sesuai harapan Anda.
    Anda harus menyiapkan rencana bila hasil evaluasi keputusan terbaik Anda tidak sesuai dengan tujuan awal Anda.

  7. Tetapkan satuan pengukuran dalam keputusan Anda
    Anda harus menetapkan ukuran untuk mengetahui perkembangan pencapaian tujuan Anda. Bagaimana cara Anda dapat mengetahui bahwa Anda sudah sukses?

  8. Menerima semua tanggung jawab dari keputusan yang telah dibuat.
    Anda harus berani menghadapi semua resiko dan hasil dari keputusan yang telah Anda buat.

  9. Tentukan deadline
    Anda harus menentukan deadline dari semua tujuan Anda. Misalkan Anda ingin tahun depan memiliki penghasilan per tahun sebesar 120 juta/tahun. Selanjutnya Anda mesti mem break-down apa saja yang Anda lakukan tiap bulan, tiap hari, tiap jam, bahkan tiap menit untuk mencapai tujuan Anda.

  10. Anda harus Take Action (Bertindak)
    Bertindaklah, sibukkanlah diri Anda, dan terus bergerak. Tentukan Prioritas Tujuan Anda. Semakin cepat Anda dan semakin jelas tujuan Anda, semakin kreatif diri Anda dalam mencapai tujuan Anda. Anda juga akan semakin banyak memiliki energi dan waktu untuk belajar. Semakin banyak belajar maka semakin cepat Anda dapat mengembangkan kapabilitas diri Anda dan mencapai sesuatu yang lebih baik bagi masa depan Anda.

8 Likes

Menjadi kreatif tidak serta merta seperti membalikkan telapak tangan.

Ada yang bilang orang yang kreatif harus dimulai sejak dini.
Ada yang memang kreatifitas sudah menjadi bakat mereka.

Apakah menjadi kreatif sebuah hal yang hanya dimiliki orang orang tertentu saja? Jawabannya tentu tidak

Kreatifitas bisa dipelajari, akan tetapi juga harus dijaga. Terkadang sebuah ide dari kreatifitas bisa muncul tiba tiba layaknya petir tapi ide dari kreatifitas juga bisa didapatkan jika kita memiliki pandangan yang tepat.

Caranya:

  1. Terima masukan dari orang lain, tapi jangan diambil mentah mentah.
    Teruslah ikuti apa yang menurut kita benar. Terkadang, masukan dari orang lain selalu kita ikuti tanpa pandang bulu dan memikirkannya dari sudut pandang yang lain.
    Seiring waktu, dengan lebih banyak meminta saran dari orang lain, kita akan tau mana saran yang memang cocok dari orang yang mengerti apa yang kita kerjakan maupun saran dari orang yang sama sekali mengkritik tanpa solusi.

  2. Jangan menjadi seorang perfeksionis.
    Ada banyak cara agar berhasil menjadi orang yang kreatif. Ketidaksempurnaan pun juga lumrah, bahkan seniman seniman yang paling kreatifpun akan melakukan sedikit kecacatan yang tidak diperbaiki secara sengaja.
    Menjadi seorang perfeksionis akan membatasi hasil karya kita. Kita akan takut untuk bereksperimen dalam menggunakan teknik teknik baru dan hanya menghasilkan karya yang itu-itu saja.

  3. Berpikir layaknya orang dewasa, bertindak seperti anak kecil.
    Orang dewasa memiliki kumpulan peraturan tentang apa yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan. Peraturan ini akan membatasi hasil karya kita, akan tetapi bukan berati peraturan ini buruk. Hanya sekedar peringatan agar kita tidak ceroboh dalam mengambil keputusan. Jika kita berpikir seperti anak kecil, kreatifitas kita akan meningkat secara drastis.
    Anak kecil banyak bertanya dan mencoba memahami dunia sekitar mereka. Kitapun harusnya begitu, jangan berhenti belajar.

Semoga membantu :grinning:

Sumber: WikiHow

5 Likes

Sembilan Cara Untuk Meningkatkan Kreativitas

Kreatifitas layaknya otot bagi manusia. Harus diregangkan, ditantang dan terkadang ditekan untuk melewati zona nyaman. Berikut ini adalah 9 cara untuk meningkatkan kreativitas:

1. Belajar Bekerja Sama.
Rasa ingin tahu akan menuntun menuju kreativitas. Andrew Ng, mantan pekerja Google dan sekarang Baidu, adalah salah satu orang yang tidak percaya bahwa inovasi dapat diprediksi oleh orang jenius. Dia berkata, sesorang dapat menjadi lebih kreatif dan inovatif secara sistematis. Bekerja sama dan belajar dari seseorang mungkin adalah yang seseorang butuhkan untuk meningkatkan kreativitas.

2. Melakukan Sesuatu Yang Disukai.
Stuck untuk mencari ide? Tidak yakin dengan apa yang diperbuat? Hidup perlu beberapa penyeimbang untuk memastikan kreativitas. Sesutau yang disukai dan kreativitas saling berhubungan. Hobi, seperti memainkan instrument music, berlari atau mengoleksi barang antic dapat membantu seseorang untuk relaksai dan melawan stress sambil memberikan dorongan untuk kreativitas.

3. Menemukan Inspirasi dari Industri Lain
Ide seseorang selanjutnya tidak akan datang dari meniru apa yang competitor sudan lakukan. Lihat inovasi dari industri berbeda dan dari pasar. Lakukan research menganai bisnis apa yang mendominasi. Mendapat inspirasi dari industri lain adalah cara terbaik untuk menekan kreativitas.

4. Lepaskan atau Tidak Melakukan Apapun
Suatu saat ide terhebat seseorang akan datang saat seseorang tidak memaksakan otaknya untuk mendapatkan ide baru. Mungkin inovasi selanjutnya akan datang saat seseorang bekendara, mengerjakan tugas, mendaki, belanja, atau melihat sunset. Jika kreativitas tidak muncul, lepaskan. Tenangkan diri dan biarkan otak melakukan keajaiban.

5. Berjalan.
Rata-rata orang duduk antara 7 sampai 15 jam sehari. Itu sangat buruk untuk kesehatan dan mood, dan ini juga berdampak buruk untuk kreativitas. Jika berjalan selama bekerja tidak memecahkan permasalahan tidak masalah, itu adalah awal dari menuju arah yang benar.

6. Mood yang Baik.
Kekurangan ide atau tidak bisa memecahkan permasalahan dapat menjadi frustasi yang mengerikan. Kecuali seseorang menilai menyelesaikan diam-diam, music dapat menjadi sesuatu yang memberikan mood dan menekan ide kreatif.

7. Gunakan Teknik Enam Topi Berpikir.
Suatu saat seseorang membutuhkan permulaan yang lebih. Lupakan semuanya dan mulai sesuatu dengan batu tulis kosong, hancurkan itu gunakan 6 perbedaan warna “Topi Berpikir”

8. Meminta Nasihat atau Umpan Balik.
Suatu saat seseorang menutup masalah untuk mencari tahu solusi kreatif dari diri sendiri. Meminta bantuan bukanlah kelemahan. Mintalah bantuan dan nasihat teman, rekan-rekan dan orang yang dipercaya dan dihormati. Setiap orang mempunyai skill khusus, pengalaman dan pengetahuan.

9. Ambil Ide Terburuk.
Keluar dari apapun ide yang menjebak selama beberapa menit. Apakah ide paling tidak berguna yang terfikirkan? Buatlah list ide-ide yang terburuk yang terfikirkan. Sekarang adalah saatnya tantangan sesungguhnya untuk meregangkan kreativitas. Apakah fitur terbaik untuk ide terburuk ini. Berharap mendapat ide yang cemerlang dari ide terburuk tersebut.

3 Likes

Kreatifitas adalah suatu kemampuan diri untuk menciptakan sesuatu yang baru.
Ada banyak cara untuk mendapatan kreatifitas , berikut beberapa cara untuk meningkatkan kreatiftas :

1. Biarkan diri anda menjadi berbeda, walaupun perbedaan tersebut tidak cepat diterima oleh lingkugan anda. Berbeda dari apa yang dianggap normal, berfikir out of the box. Janngan takukt berbagi Dan bertanya pengalaman. Sebuah kreatifitas akan timbul dengan banyaknya melakukan shaing.

2. Luangkan waktu setiap hari untuk menjadi kreatif. Kreatifitas bukanlah sesuatu hal bawaan, itu sesuatu yang anda pelajari da anda latih setiap harinya. Setidaknya mulailah dengan 20 menit setiap hari untuk membuat sesuatu yang baru,tidak harus belajar tentang hal yang formal tetapi juga dapat berlatih kreatif seni seperti lukisan music dll, dengan begitu kemampuan anda dalam berkreatifitas akan meningkat.

3. Penasaran. Cari lah hal-hal baru yang anda belum ketahui. Membaca buku atau berlatih keterampilan yang menarik perhatian anda. Sharing pengalaman dengan orang lain. Semakin banya materi yang anda punya semakin banyak kreatifitas yang akan muncul pada diri anda.

4. Istirahat yang cukup, jika anda lelah mencari ide-ide baru istirahat lah seperti tidur siang , meminum the sambil menikmati peandangan atau hal apapun yang dapat membut pikiran anda kembali segar.

5. Menyerap berbagai macam hal baru, termasuk yang tidak dalam bidang anda . ambilah banyak pengaruh bau yang dapat meningnkatkan kreaifitas anda. Travel adalah cara yang bagus untuk menyerap pengaruh baru. Pergi ke suatu tempat baru dan mengeksplorasi pikiran Anda untuk inspirasi. Jika Anda tidak mampu untuk pergi jauh, pergi untuk berjalan-jalan dan menuliskan apa yang Anda lihat dan dengar. Atau, menarik inspirasi dari buku.

6. Bersantai . pernakah anda tidak bisa memikirkan ide-ide Yang baru setiap harinya? Itu tidak Masalah. Jangan memaksa anda untuk membuat ide-ide yang nantinya menjadi ide-ide Yang buruk. Pikiran dengan santai dan berusaha untuk menjadi kreatif setiap harinya.

Referensi : http://www.wikihow.com/Increase-Creativity

3 Likes

Cara terbaik untuk mendapatkan ide kreatif adalah dengan mengumpulkan ide sebanyak-banyak nya.Seperti seorang photographer yang mengambil foto dalam jumlah yang banyak untuk suatu objek. Mereka melakukan hal tersebut karena mereka tau diantara banyak nya gambar/foto yang diambil hanya akan ada beberapa foto saja yang sesuai keinginan mereka. Proses ini disebut convergent thinking.

10 poin untuk meningkatkan kreativitas:

1. Soft thinking
Soft thinking mencoba mencari persamaan dan menghubungkan antara benda-benda atau proses-proses, sedangkan Hard Thinking focus pada perbedaannya. Soft Thinnking adalah bagaimana otak kanan memecahkan masalah, sedangkan Hard Thinking melakukan pendekatan dengan otak kiri.

Perumpamaan dan kiasan/metafora adalah sarana yang baik dalam membantu untuk memikirkan sesuatu yang berbeda.

Buatlah kiasan atau perumpamaan untuk masalah yang sedang terjadi atau sebuah ide yang dikembangkan. Untuk melakukan hal ini, bandingkan konsep anda dengan konsep lain dan lihatlah persamaan kedua ide tersebut.

2. Deconstruction/Reconstruction
Berpikir Kreatif tidak hanya konstruktif, terkadang juga destruktif. Terkadang kita harus melanggar contoh, aturan, dan rutinitas, mendirikan ide, organisasi dan sistem, untuk menemukan atau membuat sesuatu yang baru. Untuk merubahnya, kita perlu merusak/menghancurkan terlebih dahulu. Setelah itu, kita bisa membangun kembali atau mendesain kembali. Pada cara ini kita dapat menghasilkan banyak alternatif.

Perhatikan bagaimana anda melakukan sesuatu dan coba lakukan hal tersebut dengan cara yang berbeda.

3. Imagining
Latih dan Olah Imajimasi anda. Imajinasi adalah kemampuan melihat atau memvisualisasikan sebuah masalah dari perspektif yang berbeda.

4. Playing
Bermain berarti mengikutsertakan hiburan dengan cara spekulatif, seperti halnya bekerja atau bergerak dengan bebas dalam batas yang ditentukan, bermain musik, memainkan peran dramatis, dan bermain game, dsb. Bermain melibatkan imajinasi, emosi, perasaan, batin, partispasi aktif, dan kebebasan untuk menciptakan dan menirukan sesuatu. Bermain membuka jalan dan melepaskan energi negatif

**5. Exploration **
'Creative Thinker membutukan bahan mentah untuk membuat ide baru : pengetahuan, pengalaman, konsep, fakta, perasaan, dsb.Cari ide di luar bidang anda.

6. Dialectical Thinking
’Dialectical Thinking’ selalu melihat pada ambiguitas, kontradiksi, paradoks, dan pertentangan orang sekitar atau situasi-situasi yang terjadi sebagai pedoman utama untuk mengetahui apa yang terjafi dan apa yang mungkin terjadi

7. Learning from Failure
Kesalahan adalah pesan bahwa anda menyimpang dari rute yang biasa dilewati. Kesalahan bukan tanda dari kelemahan. Bagian penting dari berpikir kreatif adalah tidak takut gagal. Belajar dari kesalahan, jika anda gagal, anda belajar apa yang tidak bekerja, dan kegagalan memeberikan anda kesempatan untuk mencoba cara baru.

8. Collaboration/cooperation
Kerjasama yang efektif melibatkan kekuatan tiap anggota dalam memecahkan masalah. Kita butuh kerjasama karena pada era modern saat ini kita tidak dapat “melakukan semuanya” sendiri. Dalam kerjasama yang efektif, masing-masing individu belajar mengidentifikasi kekuatan dan talenta seperti meningkatkan penghargaan diri dengan ‘sharing’ dan mencapai Tujuan bersama.

9. Process/Product

  1. Menjadi bagian dari Kelompok “Penyelesaian-Masalah” dapat meningkatkan kreatifitas dan kemampuan untuk berpartisipasi dalam mengumpulkan proses kreatif.
  2. Belajar seni fasilitasi/keringanan adalah kualifikasi penting ketika menyelesaikan masalah.
    Semuanya bergantung pada banyak nya kreatifitas untuk mendukung kelompok dalam proses penyelesaian masalah.

10. Everyday creativity
Everyday creativity adalah kemampuan untuk melihat situasi dengan berbagai cara dan dilanjutkan dengan pertanyaan hingga kepuasan terpenuhi. Kita dapat mengembangkan kreatifitas dengan melakukan pendekatan pada permasalahan sehari-sehari dengan cara inovatif.

2 Likes

Apa itu kreativitas?
Beberapa orang mengatakan bahwa kreativitas adalah kombinasi baru dari ide-ide yang telah ada. Kreatifitas sendiri dapat datang dari sadar dan bawah sadar. Tidak perlu logis, sering tak terduga dan kadang-kadang misterius.

Bagaimana cara menambah kreativitas?
Nickerson (1999) menyediakan ringkasan dari berbagai teknik kreativitas yang dapat membantu untuk meningkatkannya. Ini termasuk pendekatan yang telah dikembangan oleh akademisi dan industri

  1. Menetapkan tujuan dan niat
  2. Membangun keterampilan dasar
  3. Mendorong akuisisi dari pengetahuan domain-specific
  4. Merangsang rasa ingin tau dan melakukan eksplorasi
  5. Membangun motifasi, terutama motivasi dari dalam diri sendiri
  6. Mendorong rasa percaya diri dan keberanian untuk menghadapi resiko
  7. Berfokus pada penguasaan dan self-competition
  8. Mempromosikan keyainan tentang kreativitas
  9. Memberikan kesempatan untuk pilihan dan penemuan
  10. Meningkatkan self-management
  11. Teknik mengajar dan strategi untuk memfasilitasi creative performance
  12. Providing balance

Untuk mengasah creative thinking para pengajar harus mengidentifikasi apa yang membuat murid-murid mereka termotivasi dan membuat struktur mengajar di sekitar itu. Intinya usahakan berada di lingkungan yang membuat nyaman dan bisa berfikiran luas di sana.

How to improve your creativity? By Joseph R. Kan Professor and Dean Emeritus, University of Alaska Fairbanks
How to enhance creativity using innovative and advanced level of ICT tools? By Martin Hagemann

2 Likes

Menurut wikipedia, kreatifitas merupakan suatu fenomena dimana sesuatu yang baru dan memiliki nilai terbentuk. sesuatu tersebut dapat berupa tangible maupun intangible

Dengan mengacu pada referensi tersebut, ada beberapa cara untuk mengembangkan kreatifitas :

  1. menghilangkan persepsi yang menghalangi
    seringkali orang yang memiliki persepsi yang kuat membuat suatu keputusan dan kesimpulan dan tidak melihat alternatif lain. sementara kreatif berarti kita harus melihat dan menilai segala macam alternatif yang ada

  2. menghilangkan emosional yang menghalangi
    emosi disini dapat berupa marah, takut, benci bahkan cinta. terkadang orang takut berpikir kreatif dikarenakan perasaan tidak nyaman dikarenakan takut gagal, takut berbeda dengan yang lain, takut dikritik dan lain-lain. sementara kreatifitas terkadang memerlukan kita untuk berbeda dan mencoba hal-hal baru tanpa rasa takut

  3. mengenali dan membatasi sumber daya yang terbatas
    terkadang kekurangan sumber daya menjadi penghambat seseorang untuk berinovasi tapi dengan segala kekurangan sumber daya yang kita miliki malah akan membuat kita semakin kreatif.

  4. melatih pemikiran divergent dan convergent.
    pemikiran divergent dapat berupa mencari dan menulis berbagai macam jawaban atas suatu masalah sedangkan pemikiran convergent adalah menyatukan konsep ataupun ide menjadu suatu objek yang baru

  5. mencari pengalaman baru
    pengalaman baru tentunya dapat membantu pemikiran kita lebih terbuka dan apabila ditambah dengan keingnintahuan maka akan menimbulkan suatu kreatifitas

  6. buat waktu untuk berpikir
    berada dalam tekanan apapun tentunya dapat menghambat pemikira-pemikiran kreatif sehingga buatlah waktu untuk tenang dan berpikir. dalam waktu tersebut akan muncul pemikiran-pemikiran kreatif dengan sendirinya

  7. kolaborasi
    berdiskusi dengan orang lain tentunya akan memudahkan kita berpikir. dengan banyak orang tentunya akan timbul banyak persepsi, banyak ide dan tentunya lebih baik apabila terfokus dengan suatu masalah. jadi berkolaborasi lah dengan orang lain dan nikmatilah proses diskusi

  8. sediakan awktu untuk belajar
    kreatifitas membutuhkan pengetahuan. pengetahuan dapat berasal dari bidang yang sesuai dengan passion dan bidang yang kita tekuni maupun diluar dari itu

  9. menghilangkan kebiasaan dan tradisi yang menghalangi kreatifitas
    seringkali kreatifitas muncul di saat kita keluar dari tradisi-tradisi serta kebiasaan kita sehari-hari. seringkali orang yang kreatif dianggap pemberontak dikarenakan mereka sering mempertanyakan tradisi yang ada dan melanggarnya. Namun, kreatifitas bukanlah harus menghilangkan seluruh tradisi melainkan menghilangkan tradisi yang rasanya tidak pas ataupun tradisi yang tidak merusak norma-norma yang ada


Referensi :
Creativity ;
10 Ways to Develop Your Creativity ;

Begitu pentingnya kreativitas dalam kehidupan sehari-hari, karena hal itu membuat hidup jauh lebih menarik dan memuaskan. Kreativitas adalah cara hidup untuk mencakup orisinalitas dan membuat koneksi unik antara ide-ide yang tampak tidak sesuai. Seringkali pemahaman kreativitas adalah tentang menjalani hidup sebagai perjalanan dan komunikasi extra ordinary dari yang sederhana, dan dilakukan setiap hari. Kita sering berpikir tentang kreativitas sebagai hal yang membuat sesuatu, namun pada intinya dari kata tumbuh. Kita kreatif merasa seolah-olah dunia dan semua yang ada didalamnya adalah seri dalam kehidupan. Kreativitas oleh produk merupakan prestasi besar peradaban dunia.

Manusia pada dasarnya kreatif sejak dilahirkan, dari bayi kita menemukan cara-cara inovatif untuk bertahan hidup. Orang-orang yang paling kreatif menemukan cara agar hambatan yang kita lihat tidak hanya penghalang, melaikan sebagai peluang. Kreatif memperluas persepsi kita untuk mendatangkan hal yang baru untuk memecahkan seni dalam kehidupan sehari-hari.

15 ide untuk mengekspresikan kreativitas dalam kehidupan sehari-hari :

  • Buatlah lingkungan yang ada disekitar kita menjadi indah. Bereksperimen dengan warna, tekstur, dan garis. Menambahkan unsur kejutan untuk dekorasi rumah. Anda akan merasa puas dan menjadi inspirasi banyak orang.
  • Telusuri tempat baru yang belum pernah kita coba, tempat baru akan merangsang panca indera kita untuk berpikir kreatif.
  • Luangkan 10 menit untuk berekspetasi di luar pikiran.
  • Jangan menghambat diri sendiri
  • Lakukan sesuatu yang baru atau cara lama dengan cara baru.
  • Perlambat pandangan kita sehingga kita dapat menikmati keindahan alam sekitar
  • Percaya dan ikuti apa yang dapat menjadikan orang itu luar biasa.
  • Luangkan 15 menit untuk melakukan eksplorasi
  • Ambil catatan di mana ada pergi dan rekam agar kita dapat mengingat ide-ide inovatif
  • Jangan terlalu mengkritik diri sendiri
  • Buatlah sebuah visualisasi di mana anda mengamati diri anda membanyangkan sesuatu dengan mudah
  • Lakukan hal itu, semakin kita melakukan kreativitas semakin baik kita melakukan hal itu
  • Berkolaborasi kreatif dengan teman
  • Bersenang-senang
  • Ingat pepatah yang mengatakan “ gagal, gagal lagi, gagal lebih baik”

Sumber diambil dari http://creativityworkshop.com/everydaylife.html

1 Like

Menigkatkan kreatifitas pada diri sendiri dapat membantu kamu tidak hanya mendapatkan ide yang cemerlang, tetapi juga melayani pelanggan kamu jauh lebih baik. Ada beberapa titik kreatifitas yang melebihi seni bahkan ilmu pengetahuan. Berikut ini cara bagaimana mengetahui kamu sedang meningkatkan kreatifitasmu.

  1. Kamu Menerapkan Sesuatu Secara Tepat dan Terstruktur.
    Kreatifitas membutuhkan beberapa struktur. Roger Trapp mengatakan “kamu harus melakukan lebih dari mengatakan ke orang-orang untuk think out of the box”. Kreatifitas membutuhkan membuat sesuatu yang baru atau tersrtuktur, dimana untuk mengembangkan ide-ide.

  2. Kamu Berkembang di bawah Tekanan, tetapi Tidak Murni dikejar Deadline.
    Tanyakan setiap penulis dan dia akan memberitahu kamu bahwa tenggat waktu memang bisa sangat inspiratif. Kita semua membutuhkan tekanan tetapi terlalu banyak juga akan membuat kita menjadi stress dan mempersempit visi kita. Menurut Kurva Yerkes-Dodson “Produktivitas menunjukkan ketika kita terlalu berada dalam kondisi stress yang tinggi dapat menurunkan produktifitas”. Ketika kita telah merasakan stress yang cukup kronis dapat membuat kita tidak bisa menjadi kreatif, karena stres kronis justru menghambat kreativitas.

  3. Kamu Keluar Tidak Hanya Untuk Menang.
    kamu tidak bisa membangun tanpa tujuan. Kreatifitas memungkinkan kamu untuk mendapatkan sesuatu yang penting dengan cara yang unik. Dengan kata lain usaha yang paling kreatif dapat bersatu dengan tujuan.
    Dan Pallotta sums it up beautifully in this piece on Harvard Business Review (“What’s the Point of Creativity”). Dia mengatakan “kreativitas terbaik berasal dari tempat yang jauh lebih dalam dari keinginan untuk menang”.

  4. Jangan Takut Untuk Menjadi Pemula
    Sesungguhnya orang-orang kreatif itu adalah orang yang penasaran. Mereka akan belajar seumur hidupnya. Mereka tidak pernah bangun disuatu hari dan berkata, “Yah, tidak ada yang lain untuk belajar.” Mereka selalu, berpikir ,bertanya-tanya, dan bermimpi. Untuk benar-benar memanfaatkan kreativitas, kamu harus tidak hanya mngetahui sesuatu dari waktu ke waktu, sehingga kamu dapat menjadi lebih cerdas.

  5. Harus Ada Perubahan
    Orang yang paling kreatif biasanya memiliki beberapa struktur untuk memastikan mereka melindungi tempat yang dianggap suci dimana mereka berfikir, membayangkan, membuat, dan membangun. Tapi mereka juga mengetahui mengubah beberapa hal dari rutinitas ke lokasi, dapat menstimulasi fikiran mereka dimana menghidupkan kembali kemampuan kreatif.

Sumber: https://www.forbes.com/sites/janbruce/2014/03/04/5-ways-to-know-youre-creative/#2df9e5361ecd

1 Like

Kreativitas sendiri selayaknya seperti orang-orang yang mampu “membeli rendah dan menjual tinggi” seperti yang dikatakan oleh (Stenberg & Lubart) dimana disini orang-orang kreatif pasti mencari ide bagaimana sesuatu itu bisa menghasilkan nilai jual.

Kreativitas itu sendiri didasarkan oleh beberpa aspek dan cara meningkatkan kreativitas seperti dengan adanya :

  • Asah kemampuan intelektual
    Dalam kemampuan intelektual sendiri ada beberapa hal yang sangat penting yaitu :

    • Bagaimana seseorang bisa melihat masalah dengan cara baru dan berfikir keluar atau berfikir kedepan dari pemikiran yang konvensional

    • Adanya ketrampilan analitis

    • Adanya ketrampilan konsektual dimana seseorang tahu bagaimana untuk menjual sebuah nilai dari ide tersebut.

    Sehingga terus asahlah kemampuan intelektual yang anda miliki agar ide kreatif pada diri anda bisa berkembang

  • Tambah pengetahuan
    Dengan pengetahuan seseorang bisa tau bagaimana bisa berfikir kedepan dan menganalisa masalah di masa lalu yang digunakan sebagai acuan . Maka dari itu perbanyak pengetahuan yang anda miliki.

  • Rubah pola pikir
    Pola fikir sendiri adalah salah satu dari aspek kreativitas dimana seseorang memutuskan tentang bagaimana menggunakan ketrampilan yang ada pada dirinya. Selain itu cara berfikir legislatif juga sangat penting (menurut Stenberg) karena dengan cara ini seseorang bisa berpikir dan mengambil keputusan untuk cara berpikir yang baru. Rubahlah pola pikir anda dimana biasanya anda berfikir seperti orang lain menjadi berfikir dan bertindak lebih dari itu, keluar dari zona nyaman anda.

  • Kepribadian yang berani
    Kepribadian disini adalah hal yang penting dimana seseorang memiliki kepribadian berani mengambil resiko dan mengatasi masalah. Dan berfikir diluar bagaimana orang lain berfikir secarara biasanya atau seimbang. Perhatikan saja setiap orang kreatif pasti berfikir diluar nalar orang lain dan mereka pasti memiliki kepribadian yang berani mengambil resiko, dan mengatasi hambatan yang terjadi.

  • Bisa memotivasi diri
    Menurut penelitian (research of Amabile) seseorang sangat memerlukan motivasi dalam kerja kreatif mereka, dimana orang jarang melakukan suatu pekerjaan yang kreatif jika mereka tidak menyukai pekerjaan yang mereka lakukan dan mencintai pekerjaannya. Ada juga orang yang harus bekerja padahal pekerjaan tersebut tidak menarik minat mereka . Oleh sebab itu motivasi itu penting sehingga mereka bisa melihat dan memotivasi dirinya dari presepsi dan sudut pandang lain sehingga menghasilkan daya tarik dari pekerjaan tersebut daripada harus merasa terpaksa dan terus terbebani dalam melakukannya.

  • Berada di ingkungan yang mendukung
    Dengan lingkungan yang mendukung akan dapat menumbuhkan ide kreatif , walaupun terkadang lingkungan juga bisa menghambat ide kreatif tersebut seperti contohnya individu bisa juga menerima umpan balik yang negative atas hasil ide kreatif mereka atau adanya tentangan dari lingkungan yang dimana masyarakatnya tidak bisa menerima ide kreatif tersebut. Maka dari itu memilih lingkungan yang tepat dan sesuai pun bisa menjadikan ide kreatif bisa berkembang.

Sumber dari : http://www.cc.gatech.edu/classes/AY2013/cs7601_spring/papers/Sternberg_Nature-of-creativity.pdf

1 Like

Cara meningkatkan kreatifitas

Kreatifitas mungkin terlihat seperti sesuatu yang didapat dari lahir, namun sebenarnya kreatifitas itu adalah suatu keseimbangan alami dari seseorang dan yang tidak alami. Dengan kata lain, pemikiran secara kreatif dapat ditingkatkan dengan kekuatan dari luar, dan kreatifitas tidak selalu bergantung pada “gen yang bagus” dan kemampuan alami dari seseorang.
Beruntungnya, penelitian terbaru menunjukkan beberapa cara dari pendekatan mental dan lingkungan yang dapat membantu kita untuk meningkatkan kreatifitas.

1. Batasi diri

Dr. Seuss pernah menulis bahwa Green Eggs dan Ham setelah bertaruh bahwa dia tidak bisa membuat cerita menggunakan kurang dari 50 kata. Kebanyakan orang secara alami mengambil cara yang “paling berlawanan” dan menghilangkan konsep lama ketika brainstorming, yang dapat membuat kreatifitas untuk berpikir berkurang. Cobalah untuk meniru Dr Seuss dan batasi dirimu ketika menulis. Jika biasanya kamu menulis 1000 kata dari cerita pendek, cobalah untuk menulis sebuah cerita dibawah 500 kata. Hanya gunakan segelintir kecil dari kord di lagumu atau kord dari desainmu. Batasan dari tulisan itu akan membuatmu mengeluarkan sisi kreatifitasmu.

2. Konsep ulang masalah

Penelitian mencatat bahwa orang kreatif cenderung lebih sering menkonsep kembali masalahnya. Seperti yang pernah dikatakan Einstein “Jika aku punya satu jam untuk menyelesaikan masalah, aku akan menghabiskan 55 menitnya untuk berfikir tetntang masalah tersebut dan lima menitnya untuk berpikir tentang solusinya”. Daripada melihat bagaimana hasil akhir dari suatu project, lebih baik untuk melihat kembali masalah tersebut terlebih dahulu, lebih dimengerti lagi, melihat sisi lain sebelum memulai. Seringkali, pendekatan terbaik adalah untuk menggambarkan para penonton untuk project kreatifitasmu selanjutnya. Apa saja yang menginspirasi mereka? Apa saja yang membuat mereka muak? Masalah apa yang mereka hadapi namun jarang mereka bicarakan?

3. Pisahkan kerja dari konsumsi

Telah ditunjukkan bahwa kita sedikit terganggu ketika mencoba mengkombinasikan antara informasi yang terkunpul dengan yang sebenarnya. Para peneliti merekomendasikan untuk hanya menggunakan informasi dalam “absorb state”. Intinya, menekankan pada hasil akhir. Jangan gunakan alat bantu seperti misalnya catatan, atau apapun untuk mengingat kata kunci, dan artikel apapaun yang nantinya akan digunakan untuk menuliskan sesuatu.

4. Tetap positif

Meskipun mood jelek terkadang dapat merusak kreatifitas, para peneliti menemukan bahwa ketika mood positif sedang kuat makan pekerjaan kita akan selesai. Faktanya, perasaan dari cinta atau bahkan hanya berfikir tentang cinta dapat meningkatkan pemikiran yang kreatif. Buatlah dirimu untuk selalu berfikir positif, dan kreatifitasmu akan semakin meningkat seiring dengan tingkah lakumu yang juga harus positif.

5. Gunakan pemikiran Counterfactual

Pemikiran secara counterfactual telah ditunjukkan dapat meningkatkan kreatifitas untuk jangka pendek. Untuk mencoba teknik ini, bayangkan acara yang telah terjadi dan gambarkan ulang hasil akhirnya, dengan cara menggunakan pola piker secara subtraktif (yaitu dengan mengambil beberapa elemen dari acara tersebut), dan pola piker aditif (menambahkan beberapa elemen dr acara). Contohnya dapat dilihat seperti Teori Big Bang, dimana tokoh utamanya membiuat sebuah game dari fenomena tersebut, dan bertanya pada teman sekamarnya; “Di dunia dimana badak itu jinak dan menjadi hewan peliharaan, siapakah yang akan menang pada perang dunia kedua?” bagaimanapun, kamu dapat membuat itu menjadi scenario yang lebih realistic, seperti memetakan hasll kreatif dari pemecahan masalah, mengurangi dan menambahkan “bagaimana jika” elemen yang mungkin akan memberi efek pada hasilnya.

6. Merenung… Setelah memulai

Ketika para ilmuwan menunjukkan bahwa merenung atau melamun dapat membantu kreatifitas, perlu diketahui bahwa studi menunjukkan bahwa merenung dapat bekerja hanya ketika kamu telah berkomitmen untuk berusaha pada sebuah projek. Alasannya? Merenung dapat bermanfaat karena itu memungkinkan untuk ide. Namun itu juga akan efektif ketika kita sudah memili informasi untuk dicerna. Jadi pastikan untuk memulai projekmu terlebih dahulu.

7. Pikirkn yang lainnya

Penelitian menujukkan bahwa jarak psikologis adalah bagian terpenting dari kreatifitas. Misalnya, salah satu studi menemukan bahwa orang orang yang berfikir bahwa pekerjaan mereka akan digantikan dengan orang lain yang memiliki ide yang lebih baik dan baru. Sebaliknya, mereka yang diberitahu bahwa mereka yang menggunakan kreasinya sendiri akan kekurangan ide. Salah satu tes studi diatas termasuk memberitahu peserta bahwa kreasi mereka mungkin nanti akan digunakan dalam subjek lain untuk menceritakan suatu cerita. Merka yang telah diberitahu tentang ini akan lebih menjadi kreatif. Ketika menulis atau menciptakan sesuatu, cobalah berpikir tentang orang lain yang mungkin akan menikmati dan menggabungkan kreasimu untuk hidup mereka nantinya.

Sumber : http://99u.com/articles/16136/7-ways-to-boost-your-creativity

1 Like

Sifat Kreativitas
Kreativitas sendiri selayaknya seperti orang-orang yang mampu “membeli rendah dan menjual tinggi” seperti yang dikatakan oleh (Stenberg & Lubart) dimana disini orang-orang kreativ pasti mencari ide bagaimana sesuatu itu bisa menghasilkan nilai jual.
Kreativitas itu sendiri didasarkan oleh beberpa aspek dan cara meningkatkan kreativitas seperti :
- Kemampuan intelektual
Dalam kemampuan intelektual sendiri ada beberapa hal yang sangat penting yaitu :
a. Bagaimana seseorang bisa melihat masalah dengan cara baru dan berfikir keluar atau berfikir kedepan dari pemikiran yang konvensional
b. Adanya ketrampilan analitis
c. Adanya ketrampilan konsektual dimana seseorang tahu bagaimana untuk menjual sebuah nilai dari ide tersebut.
Sehingga terus asah lah kemampuan intelektual yang anda miliki agar ide kreatif pada diri anda bisa berkembang

- Pengetahuan
Dengan pengetahuan seseorang bisa tau bagaimana bisa berfikir kedepan dan menganalisa masalah di masa lalu yang digunakan sebagai acuan . Maka dari itu perbanyak pengetahuan yang anda miliki.

- Pola pikir
Pola fikir sendiri adalah salah satu dari aspek kreativitas dimana seseorang memutuskan tentang bagaimana menggunakan ketrampilan yang ada pada dirinya. Selain itu cara berfikir legislatif juga sangat penting (menurut Stenberg) karena dengan cara ini seseorang bisa berpikir dan mengambil keputusan untuk cara berpikir yang baru.

- Kepribadian
Kepribadian disini adalah hal yang penting dimana seseorang memiliki kepribadian berani mengambil resiko dan mengatasi masalah. Dan berfikir diluar bagaimana orang lain berfikir secarara biasanya atau seimbang. Perhatikan saja setiap orang kreatif pasti berfikir diluar nalar orang lain dan mereka pasti memiliki kepribadian yang berani mengambil resiko, dan mengatasi hambatan yang terjadi.

- Motivasi
Menurut penelitian (research of Amabile) seseorang sangat memerlukan motivasi dalam kerja kreatif mereka, dimana orang jarang melakukan suatu pekerjaan yang kreatif jika mereka tidak menyukai pekerjaan yang mereka lakukan dan mencintai pekerjaannya. Ada juga orang yang harus bekerja padahal pekerjaan tersebut tidak menarik minat mereka . Oleh sebab itu motivasi itu penting sehingga mereka bisa melihat dan memotivasi dirinyadari presepsi dan sudut pandang lain sehingga menghasilkan daya tarik dari pekerjaan tersebut daripada harus merasa terpaksa dan terus terbebani dalam melakukannya.

- Lingkungan
Dengan lingkungan yang mendukung akan dapat menumbuhkan ide kreatif , walaupun terkadang lingkungan juga bisa menghambat ide kreatif tersebut seperti contohnya individu bisa juga menerima umpan balik yang negative atas hasil ide kreatif mereka atau adanya tentangan dari lingkungan yang dimana masyarakatnya tidak bisa menerima ide kreatif tersebut. Maka dari itu memilih lingkungan yang tepat dan sesuai pun bisa menjadikan ide kreatif bisa berkembang.
Sumber dari : http://www.cc.gatech.edu/classes/AY2013/cs7601_spring/papers/Sternberg_Nature-of-creativity.pdf

1 Like

Menurut pendapat psikolog Robert J. Sternberg, kreativitas dapat didefinisikan sebagai “…proses menciptakan sesuatu yang original dan memiliki nilai tersendiri.” Kreativitas berhubungan dengan menemukan cara-cara baru dalam menyelesaikan masalah dan mengendalikan situasi. Kreativitas tidak hanya dimiliki oleh orang-orang yang berprofesi sebagai seniman, musisi ataupun penulis. Kreativitas bisa diciptakan oleh siapa saja sepanjang hidupnya. Ada beberapa tips yang bisa anda lakukan jika ingin meningkatkan kreativitas anda, yaitu:

1 Berkomitmen Kepada Diri Sendiri untuk Berlatih Mengembangkan Kreativitas

Berkomitmen terhadap diri sendiri adalah langkah pertama untuk mengembangkan diri menjadi kreatif. Jangan menunda untuk melakukan hal-hal baru. Tetapkan goal yang ingin dicapai, jangan sungkan untuk meminta bantuan dari orang lain jika mengalami kesulitan dan selalu luangkan waktu untuk mencoba hal-hal baru.

2 Jadilah Ahli dalam Suatu Bidang

Salah satu cara untuk mengembangkan kreativitas adalah menjadi seorang ahli dalam bidang tertentu. Perkaya diri anda untuk mengetahui detail pengetahuan mengenai bidang terentu. Dengan cara tersebut anda bisa menciptakan banyak solusi untuk suatu masalah.

3 Beri Penghargaan untuk Rasa Ingin Tahu Anda

Salah satu hal yang menghambat kreativitas adalah tidak pernah mencari jawaban atas rasa ingin tahu yang anda miliki. Hindari untuk berpikir negatif terhadap diri sendiri. Manfaatkan waktu luang anda untuk mengeksplor topik-topik baru di sekitar anda. Memberikan penghargaan terhadap diri sendiri adalah hal yang penting karena dapat menumbuhkan motivasi dalam diri. Penghargaan terahadap kreativitas adalah proses itu sendiri, bukan hasil akhir. Nikmati setiap prosesnya agar anda dapat belajar dari pengalaman.

4 Berani Menghadapi Risiko

Untuk mengasah kreativitas dan kemampuan, maka anda harus berani menghadapi risiko dan masalah. Meskipun setiap usaha anda belum tentu menghasilkan kesuksesan, sikap berani tersebut akan membangun kemamampuan-kemampuan yang akan berguna bagi anda di masa mendatang.

5 Bangun Rasa Percaya Diri

Sikap tidak percaya terhadap kemampuan diri sendiri akan menghambat kreativitas. Tulis catatan mengenai progress yang anda lakukan pada setiap perkerjaan anda. Beri penghargaan terhadap hasil kerja anda sendiri.

6 Luangkan Waktu untuk Mengasah Kreativitas

Buat jadwal untuk menentukan prioritas pekerjaan yang anda lakukan. Dengan demikian, anda akan lebih berkonsentrasi dalam menjalankan pekerjaan tersebut.

7 Lawan Kebiasaan Negatif

Menurut hasil studi pada tahun 2006 dalam Proceedings of the National Academy of Sciences, perasaan positif dapat meningkatkan kreativitas. Menurut Dr. Adam Anderson, pimpinan dari studi tersebut, "Jika anda akan melakukan pekerjaan yang membutuhkan kreativitas maka anda perlu membangun mood yang baik”. Anda harus fokus menghilangkan pikiran negatif yang dapat menghilangkan kemampuan anda dalam berpikir kreatif.

8 Lawan Rasa Takut terhadap Kegagalan

Rasa takut untuk membuat kesalahan atau kegagalan akan membuat seluruh usaha anda sia-sia. Saat anda merasa takut, maka ingat bahwa kesalahan adalah bagian dari proses. Terkadang anda akan terjatuh saat berusaha membangun kreativitas, namun anda akan mencapai tujuan yang diharapkan.

9 Lakukan Brainstorm

Brainstorm adalah cara paling kuat untuk mengembangkan kreativitas. Brainstorm dapat dimulai dengan berhenti berpikir negatif terhadap diri sendiri. Mulailah menulis ide apapun yang terlintas di pikiran anda. Tujuannya adalah untuk menghasilkan banyak ide dalam waktu yang singkat. Selanjutnya, fokus untuk memperjelas dan menyempurnakan ide-ide tersebut agar terpilih ide yang paling baik dan bisa direalisasikan.

10 Percaya bahwa Setiap Masalah Memiliki Banyak Solusi

Saat anda sedang menghadapi masalah, carilah cara untuk menghadapinya dengan berbagai macam solusi. Lihat situasi di sekitar anda agar solusi tersebut dapat direalisasikan. Aktivitas ini adalah cara terbaik untuk melatih kemampuan memecahkan masalah dan kemampuan berpikir kreatif.

Sumber: VeryWell

3 Cara Melatih Dirimu Menjadi Lebih Kreatif

Menurut penelitian oleh profesor Stanford Carol Dweck dan rekan-rekannya banyak orang percaya bahwa kinerja masyarakat mencerminkan bakat bawaan mereka untuk kegiatan yang mereka jalani atau jumlah pekerjaan yang telah mereka lakukan untuk memperoleh sebuah keterampilan.
Pada kenyataannya, tentu saja, setiap kinerja kita mencerminkan kombinasi antara bakat dan keterampilan.

“KREATIFITAS SEBAGAI SKILL”

Cara berpikir mengenai bakat dan keterampilan sangat penting ketika kita membicarakan mengenai kreativitas. Contohnya adalah bagaimana seorang musisi yang membuat sebuah lagu, mereka harus tau apa yang harus di improve dan apa yang harus diperbaiki. Untuk itu skill seharusnya bisa di asah.
Dalam rangka meningkatkan kreativitas Anda, di sini adalah tiga hal yang dapat Anda lakukan untuk berlatih meningkatkan kreativitas

1.Menjadi Explainer
Orang-orang yang paling kreatif dalam bidang apapun adalah orang-orang yang memiliki sejumlah besar pengetahuan. Orang-orang besar seperti Einstein, Edison, Coltrane mereka ahli di bidangnya masing masing. Pada Google, kita dapat mencari informasi yang kita inginkan kapanpun. Tentu hal ini dapat menambah pengetahuanmu karena orang yang kreatif adalah orang yang mempunyai banyak informasi

2.Berlatih Terbuka
Terbuka dalah salah satu dalam lima dimensi kepribadian inti. Hal ini mencerminkan seberapa banyak anda termotivasi untuk mempertimbangkan ide-ide baru, konsep, dan pengalaman. Orang-orang yang paling kreatif biasanya orang yang sangat terbuka. Jika anda adalah orang yang suka menolak ide atau pengalaman baru itu berarti kreativitasmu hanya sampai di keinginanmu saja tanpa adanya feedback orang external.

3.Selalu Bertanya Pertanyaan Yang Baru
Aspek ketiga ini adalah mengenai bagaimana cara anda menarik ide yang ada di memori anda. Itu berarti bahwa anda memiliki ide cemerlang jangan segan tanyakan pendapat teman-teman terdekatmu dan carilah informasi informasi penting yang dapat membuat idemu itu akan di sukai banyak orang.

Sumber : Fast Company by Art Markman

5 Cara Mengembangkan Kemampuan Berkreatifitas

Sumber : https://www.topuniversities.com/blog/5-ways-improve-your-creative-thinking

  1. Buatlah “Three IFs” mu sendiri
    Banyak Inovator baik mengambil objek yang ada dan mengajukan pertanyaan cerdas untuk memelintir konsep itu dan membuatnya baru. Steve Jobs tidak memulai dengan ide smartphone. Dia hanya mengambil ponsel yang ada dan bertanya pertanyaan yang sangat sederhana: bagaimana kita bisa memperbaikinya untuk membuatnya lebih baik - atau yang terbaik?

Tidak ada resep universal untuk inovasi, dan setiap orang harus mengembangkan atau pendekatan sendiri Tergantung pada spesialisasi, jenis pemikiran, atau bahkan jenis tim yang berpartisipasi dalam suatu proyek.

Contoh “Three IFs”

  1. Apa yang akan terjadi jika saya mengubahnya (objek / sistem / hubungan sosial, dll)?
  2. Apa yang akan saya mengubah atau meningkatkan sekitar objek ini jika saya ingin menggunakannya dalam 10 tahun?
  3. Apa yang akan saya lakukan jika saya memiliki investasi satu juta dolar untuk memperbaikinya?

Ulasan pertanyaan ini dapat Menjadi alat yang kuat yang dapat membantu Anda untuk berpikir secara berbeda. Hal ini penting untuk latihan Ulasan keterampilan ini dengan berulang kali menggunakan “tiga jika” rumus (atau merancang pertanyaan anda sendiri) tentang segala macam hal. Dan banyak ide-ide baru akan muncul.

2. Latihan Bermimpi
Paradoks terbesar adalah bahwa berpikir kreatif tidak selalu produk dari IQ atau pencerahan melalui apel pepatah jatuh di kepala Anda. Ini adalah masalah rutin melatih imajinasi Anda, berlatih kekuatan Anda observasi dan bermimpi, besar atau kecil. Kedengarannya begitu sederhana, namun di era informasi yang berlebihan dan sangat dituntut kehidupan perkotaan, elemen penting ini sering hilang dari kehidupan kita sehari-hari.

Apa pun yang Anda lakukan - apakah itu bekerja atau bersantai - praktek menghabiskan waktu menerapkan “Three IFs” rumus untuk apa pun yang Anda lihat atau bayangkan. Ini akan membantu Anda masuk ke dalam kebiasaan membuat ruang dalam pikiran Anda untuk bermimpi - penting untuk berpikir kreatif dan inovasi.

3. Membuat waktu untuk berpikir kreatif kohesif
Setiap buku teks pada kreativitas menegaskan pentingnya menyisihkan waktu yang jelas untuk berpikir kreatif dan inovasi. Misalnya, Google meminta tim untuk mengalokasikan setidaknya 20% dari waktu mereka untuk berpikir kreatif atau proyek-proyek baru. Namun seringkali, bahkan jika kita muncul siap untuk berinovasi, masih sesuatu tidak bekerja dan ide-ide segar gagal muncul seperti popcorn. Ada dua alasan untuk kebuntuan ini. Yang pertama adalah bahwa kita tidak berlatih bermimpi, dan yang kedua adalah kita tidak berlatih berfokus pada ide-ide kohesif.

Oleh karena itu, aturan berikutnya berpikir kreatif sangat sederhana: mengalokasikan waktu - mungkin satu jam per hari atau per minggu - di mana untuk latihan berpikir kreatif tentang sesuatu yang spesifik.

4. Tuangkan ide anda ke kalimat yang berupa gagasan
Ada kebenaran yang sederhana dalam kenyataan bahwa Steve Jobs dari Apple besar di mengeksplorasi dan menjelaskan inovasi berdasarkan produk yang ada - laptop, ponsel, pemutar musik. Dia tidak menciptakan produk-produk tersebut, tapi ia membuat mereka lebih baik dan dia hebat di menjelaskan mengapa versinya lebih unggul barang pesaing lainnya.

Pada banyak kesempatan saya mendengar dari siswa saya, “Tapi aku punya ide yang pertama” atau “Saya mengusulkan sesuatu seperti itu baru-baru ini dan tak seorang pun mendengarkan saya.” Dalam situasi ini saya selalu menyoroti Intinya - mungkin Anda memiliki ide yang bagus , tapi Anda tidak mengekspresikan diri dengan jelas dan cukup menggairahkan untuk menarik perhatian orang, atau membantu orang lain untuk memahami sifat inovasi atau proyek.

Ada pepatah lama, “Jika Anda tidak bisa mengungkapkan ide Anda dalam tiga kalimat - Anda tidak punya ide!” Salah satu keterampilan inovasi yang paling penting adalah kemampuan untuk menyajikan deskripsi yang sangat singkat dan jelas tentang ide baru (dua untuk tiga kalimat - seperti berteriak melalui pintu penutupan lift) dan untuk membuat presentasi singkat (2-3 menit - apa yang disebut “elevator pitch”). Seperti keterampilan lainnya, kemampuan untuk mengartikulasikan dengan cara ini hanya dapat datang melalui banyak latihan.

5. Carilah ide dari orang lain
Bahkan inovator besar membutuhkan orang-orang di sekitarnya atau dia untuk membahas - atau “bounce” - ide kreatif dan inovasi baru. Apa ide-ide inovatif utama dari waktu kita memiliki kesamaan, dari Microsoft (baik, ketika masih muda) ke Google? Semua dari mereka diciptakan oleh tim dari orang-orang yang tinggal bersama-sama untuk menciptakan ide, merencanakan proyek-proyek inovatif mereka, membawa mereka ke investor dan publik, dan yang paling penting bersama-sama bertukar pikiran mereka inovasi dalam tim - terpental ide, pertanyaan dan perbaikan sampai produk disempurnakan untuk menjadi multi-miliar dolar berikutnya.

Oleh karena itu, aset penting akhir untuk menambah skillset inovasi Anda, adalah kemampuan untuk menjadi pemain tim yang berharga, mampu memantul ide-ide ke tingkat berikutnya. Bagi sebagian orang muda ini sangat alami, sedangkan untuk orang lain itu tidak datang begitu mudah untuk menjadi pemain tim. Tidak pernah ada kata terlambat untuk melatih diri berinteraksi.

Kebiasaan yang dapat meningkatkan kreatifitas

Dalam sebuah studi kunci untuk sebuah kreatifitas dapat ditampilkan dalam berbagai cara seperti pengalaman pribadi atau pengalaman dalam mengekspresikan diri menggunakan kata-kata, foto fashion dan kreasi dalam kehidupan sehari-hari.

Intinya untuk dapat meningkatkan kreatifitas dalam diri seseorang perlu melatih diri agar lebih fleksibel dalam memikirkan sebuah masalah.

Ada beberapa kebiasaan yang bisa diterapkan untuk berlatih agar lebih kreatif

1. Bermain imajinatif
Dalam mendiskusikan sesuatu kita bisa berimajinasi apa yang bisa saja terjadi, sehingga dapat memanipulasi emosi dan ide-ide sehingga otak akan berfikir lebih fleksibel.

2. Passion
Menimbulkan passion pada hal-hal tertentu dapat menambah inspirasi, semakin anda tertarik maka akan semakinbanyak pemikiran yang akan bermunculan jika ingin tetap

3. Melamun
Mungkin banyak yang bilang melamun membuang waktu, tapi pada penelitian seseorang yang sedang bekerja kerasdalam menyelesaikan sebuah projek yang membutuhkan fokus yang lebih dapat mengurangi tingkat pemahaman otaknya.
Cobalah untuk istirahat sejenak dan melakukan kegiatan sederhana lainnya, memungkinkan otak untuk mendalami kembali apa yang sedang dikerjakan.

4. Kesendirian
Memiliki waktu pribadi merupakan kebutuhan yang sering dimilki orang kreatif. Memberikan sedikit waktu untuk berfikir dapat mengaktifkan jaringan imajinasi otak sehingga mengurangi fokus yang berlebihan.

5. Keterbukaan
keterbukaan dalam pengalaman baru dapat membantu untuk mencari sesuatu yang mungkin saja tidak berhubungan langsung dengan hal yang kita cari, sehingga dapat membuat sebuah informasi yang baru.

6. Mengubah kesulitan menjadi keuntungan
Mengubah perspektif saat mengalami kejadian tertentu, dapat membantu untuk lebih meng-ekspresif kan diri. Penelitianmenemukan jika seseorang mengalami sebuah kejadian ekstrem, dapat menimbulkan perasaan kagum dan heran yang dapat mendorong kreatifitas.

Sumber : http://greatergood.berkeley.edu/article/item/ten_habits_of_highly_creative_people

Menurut Jane Hurts dalam artikelnya Boosting your Creativity ada banyak cara untuk meningkatkan kreativitas. Berikut adalah 5 cara meningkatkan kreativitas :

1. Belajar untuk santai dalam segala kondisi.

Dengan santai, Anda meremajakan pikiran dan kreativitas mengalir secara alami. Ada banyak cara untuk beristirahat dan bersantai, membebaskan pikiran Anda untuk kreativitas yang lebih baik. kegiatan sederhana seperti berjalan di pantai, melakukan aktivitas olahraga favorit Anda, atau apa pun yang Anda pilih yang membantu Anda rileks.

2. Latihan Meditasi.

Meditasi membungkam semua pikiran sibuk yang terus bermain di pikiran Anda sepanjang hari. Dengan mengikuti teknik meditasi yang berbeda, Anda memperoleh ketenangan batin saat membuka pikiran Anda untuk pikiran lebih kreatif dan ide-ide yang lebih baik.

3. Lakukan suatu yang baru.

Melakukan hal-hal yang tidak pernah Anda lakukan sebelumya adalah salah satu hal yang paling baik dalam meningkatkan kreatifitas.Hal-hal seperti belajar berenang bagi orang yang takut air atau melakukan panjat tebit atau sekedar melewati jalan baru saat pulang kerja/kuliah.

4. Membaca.

Tidak ada hal lebih baik dalam bersantai sekaligus menstimulasi kreativitas selain membaca. Membaca membuat imajinasi kita terlatih, sedangkan imajinasi adalah kunci utama kreativitas. Jika membaca bukanlah hal favorit Anda, jangan memaksa ; mulai kecil dengan menghabiskan 30 menit sehari dengan sebuah buku tentang topik favorit Anda.

5. Tulis Idemu

Menuliskan ide-ide Anda segera setelah mereka muncul di kepala Anda adalah kebiasaan yang bagus dan merupakan latihan bagi otak untuk menjaga ide-ide tetap datang. Menulis ide membuat Anda tidak perlu khawatir melupakan mereka.

“Creativity is critical to solving problems in all parts of our lives,” - Richard Restak

ada beberapa cara untuk untuk menjadi kreatif yaitu dengan melakukan hal-lah berikut:

  1. lakukan apa yang bukan merupakan kemampuanmu
    Jika anda tahu dengan baik apa yang anda lakukan selama ini kemungkinan anda mampu menghadapi tantangan untuk mencari solusi dari suatu permasalah untuk menciptakan kreatifitas. Dari situlah kreatifitas dimulai.

  2. Menumpahkan mentalitas pertahanan
    Ketika anda berpikir bahwa ide anda terlalu aneh dan bertentangan dengan akal sehat, maka saat itu lah ide kreatif tercipta.

  3. Memvisualisasikan ide
    Cara tercepat untuk menjadi kreatif adalah memvisualisasikan apa yang anda lakukan

  4. Lakukan lebih cepat dari apa yang anda ragukan
    Tidak perduli seberapa banyak anda memotivasi diri anda sendiri, keraguan diri akan selalu timbul secara perlahan. Namun, kabar baiknya adalah akan selalu ada kesempatan sebelum keraguan datang untuk menyelesaikan apa yang harus dilakukan

  5. Acak
    Ke-acakan itu mengambang di otak anda. apa yang anda pikirkan ketika anda tidak mempunyai pikiran untuk dipikirkan? Itu dia. Kadang anda berpikir sesuatu yang tidak berguna dan hal tersebut berubah menjadi hal yang paling kreatif dari diri anda.

  6. Berpikir dengan sederhana
    untuk mencari tahu apa yang anda pikirkan, taruh segala pikiran kedalam satu kalimat. Jika Anda tidak bisa, mungkin anda tidak tahu tentang apa yang anda pikirkan. Pikiran anda mungkin mencerna dari beberapa hal yang anda dengar disuatu tempat

  7. Hadapi ketakutan anda
    Apapun yang anda takuti, pasti ketakutan tersebut memiliki alasan. Misalnya keraguan diri, kesanggupan yang tersembunyi, adalah ketakutan yang tidak akan membantu anda. Sekali anda mengadapi ketakutan anda, maka anda akan mendapatkan perasaan tentang itu. Maka dari itu, hubungkan perasaan tersebut dengan menciptakan sesuatu, yaitu kreatifitas.

  8. Berani
    Kreatifitas terkadang membuat bingung, bahkan terkadang melukai perasaan seseorang. Namun, seseorang yang jenius mampu menghadapi berbagai macam kritik.

  9. Lebih baik selesai daripada menunggu kesempurnaan
    Lebih baik untuk menyelesaikan ide anda sekarang dan anda akan selalu dapat mengulangnya nanti untuk melakukan perbaikan. Daripada Menunggu ide yang sempurna namun ide tersebut belum sempat diselesaikan lalu anda mati dikelilingi oleh sifat perfeksionisme anda

  10. Jangan tanya “mengapa?” dan "mengapa tidak?"
    Pertanyaan mengapa tidak adalah pertanyaan yang akan membuat anda buntu. Karena seringkali tidak ada alasan untuk tidak melakukan sesuatu.

referensi : http://fundersandfounders.com/how-to-be-creative-31-ways/

1 Like

Usia,latar belakang pendidikan,kaya,miskin bukanlah hal yang membatasi untuk menjadi kreatif. Pada dasarnya kreatif dimiliki oleh semua orang.selama otak kita masih bisa bekerjadengan baik maka ide-ide kreatif masih mengalir pada diri kita. Pada buku Human Motivation yang ditulis oleh Robert E. Franken mendefiniskan kreativitas sebagai:

“the tendency to generate or recognize ideas, alternatives, or possibilities that may be useful in solving problems, communicating with others, and entertaining ourselves and others”

Dari definisi yang diberikan Robert E. Franken tersebut, setidaknya ada 2 elemen yang harus ada dalam kreativitas:

  • kecenderungan untuk menghasilkan atau mengenali ide, alternatif, atau kemungkinan lain
  • ide tersebut berguna dalam memecahkan masalah, berkomunikasi dengan orang lain, dan menghibur diri kita sendiri dan orang lain

Bagaimana ciri karaktertistik seseorang dengan kreatifitas yang tinggi? Dijelaskan pada buku Flow and the Psychology of Discovery and Invention yang ditulis oleh Mihaly Csikszentmihalyi Karakteristik tersebut yaitu :

  1. Mereka memiliki energi fisik dan psikis yang luar biasa, sehingga terlihat seolah-olah tidak pernah capek atau lelah. Mampu bekerja dengan sangat fokus dan mampu bersikap santai pada kondisi yang lainya.
  2. Mereka cerdas dan cerdik, tetapi pada saat yang sama mereka juga naif. Mereka disatu sisi memiliki kebijaksanaan, tetapi juga bisa seperti anak-anak (childlike) mereka mampu berpikir konvergen sekaligus divergen.
  3. Memiliki insight yang mendalam, tetapi tampak pula ketidakmatangan emosional.
  4. Mereka memiliki keluwesan pribadi yang tinggi. Dibuktikan dengan Mereka dapat bersikap bermain dan disiplin. Mereka memiliki imajinasi yang tinggi, namun juga mampu berpikir realistis.
  5. Mereka memiliki pola kepribadian yang berganti-ganti antara introvert pada saat ini dan ekstrover di saat lainnya.
  6. Mereka dapat bersikap rendah hati, namun sekaligus dapat membanggakan diri.
  7. Individu kreatif memiliki kecenderungan androgini yaitu mereka mampu melepaskan diri dari stereotipe gender (maskulin-feminim).
  8. Individu kreatif disisi lain bisa berjiwa pemberontak, namun di sisi lain mampu bersikap konservatif.
  9. Kebanyakan individu kreatif sangat bersemangat bila berbicara tentang karya mereka, namun sangat objektif dalam penilaian karyanya sendiri.
  10. Mereka memiliki keterbukaan dan sensitivitas yang tinggi sehingga mudah berfikiran negatif dan sedih ketika menerima kritikan pedas dari orang lain. Namun di saat yang sama mereka merasakan kegembiraan yang luar biasa karena mendapatkan evaluasi untuk karya mereka.