Bagaimana caranya mengatasi kecurang akademik di sekolah ?

kecurangan akademik

Sudah banyak sekali berita-berita terkait kecurangan akademik yang terjadi di sekolah di Indonesia, bahkan sudah terjadi juga di sekolah dasar.

Bagaimana kita mengatasi kecurangan akademik tersebut ?

“Untuk menghancurkan sebuah bangsa, tidak perlu dengan bom, roket, dan senjata berat, tapi cukup dengan MEMPERMUDAH MURID CURANG DALAM UJIAN dan LONGGAR DALAM DISIPLIN BELAJAR.

Maka ;

  • orang akan banyak yang mati di tangan para dokter yang lulus karena curang.
  • rumah dan gedung akan banyak yang ambruk di tangan para arsitek yang lulus karena curang
  • perusahaan akan banyak yang bangkrut di tangan para akuntan yang lulus karena curang.
  • agama akan menjadi jualan murahan di dalam ceramah dan pidato para ulama ustadz dan kiyai yang lulus karena curang.
  • keadilan akan hilang di tangan hakim yang lulus karena curang
  • kebodohan dan kekasaran akan menjadi karakter bagi anak bangsa di tangan para guru dan pendidik yang lulus karena curang.

KEMUNDURAN DALAM DUNIA PENDIDIKAN ADALAH KEHANCURAN SEBUAH BANGSA.

Bagaimana caranya mengatasi kecurang akademik di sekolah ?

Menurut Anderman (2002) mendefinisikan kecurangan sebagai “an act dishonestly or unfairly in order to win some profit or advantages” yang dapat diartikan sebagai suatu aksi yang tidak jujur ataupun tidak adil untuk mendapatkan keuntungan ataupun kemudahan.

Menurut pendapat Cizek (2006) menyatakan bahwa perilaku kecurangan akademik merupakan segala aktifitas ataupun perilaku yang dilakukan secara sengaja yang melanggar aturan yang ditetapkan sebelumnya berhubungan dengan penyelesaian suatu tugas ataupun tes yang memberikan keuntungan yang tidak adil terhadap siswa lain ataupun pelaksanaan ujian sendiri yang mengurangi keakuratan dalam pengambilan kesimpulan terhadap prestasi siswa.

Untuk mengatasi kecurangan akademik, maka yang paling penting dilakukan adalah mengetahui sumber-sumber atau faktor-faktor apa saja yang dapat membuat siswa melakukan kecurangan akademik.

Berikut adalah faktor-faktor yang mempengaruhi siswa untuk melakukan kecurangan akademik, terbagi menjadi dua kelompok besar, yaitu faktor internal dan faktor eksternal.

Faktor Internal


Pola Hidup Hedonisme

Hedonisme merupakan suatu pandangan bahwa manusia dalam kehidupan mengejar kesenangan. Menurut Moore (2011) hedonisme merupakan pandangan mengejar kesenangan. Epicurus (dalam Kenny 2004) menyatakan bahwa pandangan hedonisme menganggap kesenangan merupakan sebuah tujuan akhir dari kehidupan.

Seseorang yang hanya mengejar kesenangan tanpa mau melakukan usaha yang menyusahkan dapat disebut sebagai seorang dengan pola hidup hedonisme.

SOLUSI

Seorang siswa perlu diberikan pendidikan softskill, sehingga terhindar dari pengaruh negatif hedonime itu sendiri. Perlunya penekanan bahwa untuk medapatkan hasil yang maksimal maka membutuhkan usaha yang maksimal.

Spiritualitas Religi

Thomas (1997) menjelaskan bahwa dalam pandangan religius segala perilaku seseorang akan memunculkan konsekuensi. Konsekuensi dari perilaku-perilaku yang melanggar moral akan didapatkan baik dalam hidup maupun setelah kematian, yang dalam pandangan religius disebut hari akhir. Maka ketika seseorang melakukan perilaku curang dalam kegiatan akademik menurut pandangan religius dapat dikatakan bahwa seseorang mengabaikan konsekuensi perbuatannya di hari akhir.

SOLUSI

Pola pendidikan yang fokus terhadap akhlak sangat penting untuk disampaikan kepada siswa. Tidak ada satupun agama yang mengajarkan kecurangan dan tidak ada satupun agama yang mengajarkan kemalasan.

Stres

Stres yang dirasakan oleh siswa memiliki hubungan yang kuat terhadap perilaku kecurangan akademik. Ketika seseorang merasa tertekan terhadap beban akademik yang harus ditempuh maka ia akan cenderung melakukan perilaku kecurangan akademik.

Hal ini didasari oleh pendapat Drake (dalam Davis, 2009) yang menyatakan bahwa stress dan tekanan untuk mendapatkan nilai yang bagus merupakan determinan penting pada perilaku kecurangan akademik.
Stres akibat beban tugas yang harus diselesaikan juga memiliki kontribusi dalam perilaku kecurangan akademik.

Hal ini dibuktikan oleh Ludeman (dalam Davis 2009) yang menemukan bahwa seorang akan melakukan kecurangan akademik ketika ia merasa tugas yang dibebankannya tidak berguna, terlalu sulit atau terlalu mudah untuk dikerjakan.

Menurut Davis (2009: 70), selain stres akibat beban tugas, adanya tuntutan dari orang tua untuk mendapatkan nilai yang bagus serta adanya perasaan fear of failure turut mendorong seseorang melakukan kecurangan akademik.

SOLUSI

Perancangan kurikulum yang sesuai sangat berpengaruh terhadap perilaku siswa itu sendiri, sehingga tim kurikulum seharusnya benar-benar memikirkan dampak psikologis siswa dalam mengikuti kurikulum yang ada. Jangan hanya terkesan bahwa kurikulum dibuat semata-mata untuk mengejar kemampuan hardskill dengan mengabaikan kemampuan softskill. Meminimalkan perasaan tertekan menjadi kunci utama-nya.

Motivasi

Seseorang yang memiliki self-efficacy yang tinggi cenderung tidak melakukan perilaku kecurangan akademik.

Self-efficacy oleh Bandura (dalam Anderman, 2006) dijelaskan sebagai kepercayaan seseorang terhadap suatu tugas yang spesifik mengenai kemampuannya dalam melaksanakan suatu aksi yang diperlukan dalam menyelesaikan suatu tugas.

Ketika seseorang memiliki self-efficacy yang tinggi, menurut Pajeres (dalam Anderman 2006), maka ia akan lebih yakin terhadap kemampuan yang dimilikinya serta lebih mampu dalam menghadapi kesulitan.

Anderman (2006) menyatakan bahwa seseorang dengan self-efficacy yang rendah akan cenderung melakukan kecurangan akademik. Siswa yang memiliki motivasi belajar karena keinginan untuk menguasai materi yang diberikan menurut Anderman (2006) cenderung tidak melakukan kecurangan akademik daripada siswa yang memiliki motivasi belajar ekstrinsik seperti belajar untuk beasiswa atau agar tidak mendapat hukuman dari orang tua.

Schraw (dalam Anderman 2006:18) menyatakan ada bukti yang signifikan bahwa perilaku kecurangan akademik meningkat ketika minat intrinsik siswa rendah.

SOLUSI

Perlunya pemahaman kepada siswa terkait pentingnya belajar sehingga keinginan belajar siswa tersebut muncul karena keinginan sendiri, bukan karena tekanan dari orang lain. Me-motivasi siswa secara terus menerus merupakan tugas utama seorang guru.

Kepribadian

Kepribadian sensation-seeking menurut Anderman (2006) memiliki hubungan terhadap kecenderungan remaja terlibat dalam perilaku beresiko. Menurutnya seseorang yang memiliki kebutuhan yang tinggi atas sensasi atau impulsivity akan cenderung melakukan kecurangan akademik.

Hal ini terjadi karena ketika seseorang membuat keputusan berdasarkan impulsi dari pada penalaran maka seseorang akan cenderung tergoda untuk berbuat curang ketika terdapat kesempatan.

Faktor kepribadian lain adalah kurangnya self-control. Menurut Grasmiek dkk. (dalam Anderman 2006) Self-control memiliki hubungan terhadap perilaku kecurangan akademik. Bollin (dalam Anderman 2006) membuktikan bahwa self-control, sikap terhadap perilaku kecurangan akademik dan rasa adanya kesempatan melakukan kecurangan merupakan prediktor terhadap perilaku kecurangan akademik.

Meskipun self-control tidak secara langsung berhubungan dengan perilaku kecurangan akademik, Anderman menyimpulkan bahwa selfcontrol memiliki peranan penting dalam keputusan siswa melakukan kecurangan akademik menimbang hubungan dari self-control terhadap sikap terhadap perilaku kecurangan akademik.

SOLUSI

Peran Bimbingan Konseling di sekolah perlu dimaksimalkan. Bimbingan Konseling mempunyai peran yang sangat strategis bagi pembentukan kepribadian siswa di sekolah. Oleh karena itu, Bimbingan Konseling di sekolah harusnya diisi oleh orang-orang yang mempunyai kompetensi di bidang Psikologi, terutama psikologi anak.

Kemampuan Akademik dan Inteligensi

Perilaku kecurangan akademik menurut Davis (2009) lebih sering ditemukan pada siswa dengan tingkat inteligensi dan kemampuan akademik yang lebih rendah. Hal ini terjadi karena siswa yang memiliki inteligensi yang lebih rendah merasa kesulitan untuk mendapatkan nilai untuk lulus sehingga mereka merasa perlu melakukan kecurangan akademik.

SOLUSI

Perlunya penangan khusus di sekolah bagi siswa-siswa yang tertinggal akademik-nya. Pada dasarnya manusia mempunyai kecerdasan yang baik, hanya terkadang, potensi tersebut tidak dikembangkan secara maksimal.

Work Ethic dan Perkembangan Moral

Seseorang yang memiliki work ethic yang tinggi menurut Davis (2009: 78) akan cenderung lebih jarang melakukan perilaku kecurangan akademik daripada siswa dengan work ethic yang rendah.

Eisenberg (dalam Davis 2009: 78) menyatakan bahwa siswa dengan work ethic yang tinggi akan tetap bekerja lebih lama tanpa melakukan kecurangan dari siswa dengan work ethic yang lebih rendah. Selain work ethic, seseorang yang memiliki perkembangan moral yang lebih rendah menurut Davis cenderung berhubungan dengan perilaku curang yang lebih tinggi.

SOLUSI

Pendidikan softskill menjadi kunci utama pendidikan di sekolah. Dengan softskill yang baik, kerja keras dan moral merupakan salah satu dari beberapa softskill yang dibutuhkan masyarakat modern, maka kemampuan hardskill akan mengikuti dengan sendirinya.

Faktor Eksternal


Administrasi Ujian

Kelas yang sesak saat pelaksanaan ujian menyebabkan perilaku kecurangan akademik berpotensi terjadi. Davis (2009) menyatakan bahwa ketika siswa duduk berdekatan dan memungkinkan tiap peserta ujian saling melihat jawaban rekan lainnya maka perilaku kecurangan akademik dapat lebih mungkin terjadi. Selain kesesakan dalam pelaksanaan ujian, soal berjenis pilihan ganda juga semakin memungkinkan perilaku kecurangan akademik terjadi.

SOLUSI

Perlunya penataan kelas ujian yang baik sehingga “menyulitkan” siswa untuk melakukan kecurangan. Misalnya dengan pemberian soal ujian yang berbeda-beda apabila menggunakan pendekatan ujian multiple choice.

Salah satu cara yang kreatif adalah dengan mengelompokkan siswa berdasarkan kemampuan akademiknya. Misalnya siswa dengan kemampuan akademik baik dikelompokkan di belakang, sedangkan yang kurang dikelompokkan di depan. Sehingga siswa merasa akan percuma mencontek teman sebelahnya, karena kemampuannya setara.

Risiko

Perilaku kecurangan akademik akan terjadi ketika seseorang merasa resiko yang diterima ketika melakukan perilaku kecurangan akademik rendah. Hal ini menurut Davis (2009: 80) terutama terjadi ketika perilaku seseorang lebih ditentukan oleh faktor-faktor ekstenal, seperti memiliki motivasi ekstrinsik dalam belajar. Ia menyimpulkan bahwa ketika seseorang yang memiliki motivasi eksternal merasa bahwa situasi yang ada memiliki resiko yang kecil maka perilaku kecurangan akademik akan meningkat.

SOLUSI

Aturan harus dilaksanakan dengan baik. Apabila siswa diketahui melakukan kecurangan akademik, sebaiknya dihukum sesuai dengan peraturan yang ada, sehingga akan menjadi efek jera, baik bagi dirinya maupun bagi teman-teman lainnya.