Bagaimana caranya mengatasi kecemburuan yang berlebih?

cemburu

Cemburu merupakan hal yang wajar dan pasti pernah dirasakan semua orang yang menjalani hubungan. Cemburu umumnya boleh saja, asal tidak berlebih. Jika berlebihan akan sangat mengganggu pasangan kita. Bagaimana caranya mengatasi kecemburuan yang berlebih ?

kom

Ada yang mengatakan bahwa cemburu adalah bumbu - bumbu asmara. Namun, yang berlebihan juga akan menimbulkan maslah dalam hubungan tersebut. Berikut adalah cara mengatasi kecemburuan yang berlebih :

  1. Mencoba Untuk berpikir positif. Pada banyak hubungan rasa cemburu biasanya muncul karena salah satu orang membiarkan pikiran negatif terus datang. Misalnya saat pasanganmu mengatakan tak bisa menemani makan malam, kamu berpikir itu karena dia sedang asyik dengan rekan kerjanyanya. Padahal besar kemungkinannya dia benar-benar sedang sibuk. Untuk itu latihlah dirimu untuk selalu berpikir positif pada pasangan.

  2. Jangan terlalu fokus pada hubungan asmara saja. Pikiran ini akan membuat kita semua menjadi terfokus untuk selalu memikirkan dia.

  3. Hindari mengakses sessuatu sifatnya pribadi. Mengecek pesan pribadi atau media sosial pacar mungkin kamu anggap sebagai cara menghindarinya dari perselingkuhan. Pada kenyataannya, hal tersebut justru bisa membawamu pada pertengkaran karena salah mengartikan pesan yang ia terima.

  4. hilangkan kebiasaan membandingkan dirimu dengan wanita lain. Kebiasaan membandingkan diri sendiri juga bisa membuat rasa cemburumu meningkat tajam. Kamu yang merasa “kalah” akan cenderung takut pasanganmu diambil wanita yang serba “lebih”.

  5. Bangun rasa percaya dengan masuk keruang lingkup grupnya. Mungkin rasa cemburumu terus muncul bukan karena kamu memang cemburuan melainkan kurangnya mengenal lingkup pergaulan si pacar. Akibatnya dirimu mudah berpikir ini dan itu.

  6. Kurangi rasa memiliki yang terlalu tinggi. Jauh sebelum kamu menjadi kekasihnya, pacarmu tentu sudah memiliki kehidupan sendiri. Dia punya teman-teman baik itu pria dan wanita yang mengisi hidupnya. Karenanya ketika berpacaran jangan bercita-cita memiliki dia sepenuhnya. Karena jika hal tersebut tidak dilakukan kamu bisa saja merasa cemburu saat dia bersama orang lain.

  7. Percayalah bahwa jika dia menyayangimu dia akan setia. Kamu mungkin bisa memantau pasanganmu nyaris seharian. Dengan kecanggihan teknologi, tak mustahil rasanya memonitor kegiatannya kapan saja dan di mana saja.

Sumber : 7 Cara Menghilangkan Rasa Cemburu Berlebihan pada Pacar

1 Like

Sikap-sikap orang yang cemburu yaitu (Dryden dan Gordon, 1994) :

  • Merendahkan diri sendiri : Sikap yang paling menonjol dari orang yang pencemburu adalah rasa kurang menerima diri sendiri. Umumnya memiliki sedikit atau sama sekali tidak ada penghargaan atau kebanggaan terhadap diri sendiri.

  • Rasa sensitif yang berlebihan, karena orang-orang pencemburu selalu merasa dikritik orang lain, meski tidak ada orang lain yang bermaksud begitu. Apabila dikomentari sesuatu akan menimbulkan salah paham dan komentar itu dianggap sebagai kritik terhadap tingkah lakunya, meskipun orang lain sudah memilih kata-kata yang baik tetapi tetap saja salah mengartikan kata-kata tersebut.

  • Pemerasan emosional adalah seorang pencemburu menganggap tidak cocok dan tidak mempunyai harga diri, menjadi kurang keyakinan untuk mengungkapkan dan berbicara apa yang diinginkan sehingga seorang pencemburu berusaha agar dapat diterima orang lain dengan cara melemparkan perasaan bersalah kepada orang lain yang menjadi sasaran dari permintaannya sendiri.

  • Bersikap terlalu curiga merupakan bagian dari gangguan mental para pencemburu, tidak hanya terlampau sensitif terhadap setiap kritik dan selalu menyimpulkan kritikan untuk diri sendiri padahal sebenarnya bukan ditujukan kepada dirinya. Hal lainnya seperti merasa curiga tanpa kejelasan terhadap sikap dan motif orang lain.

Setelah kita mengetahui penyebab psikologis terkait dengan rasa cemburu yang berlebih pada pasangan kita, maka cara termudah untuk mengatasinya adalah dengan merenung dari ke-empat hal diatas, bagian mana yang menjadi alasan terkuat mengapa diri saya menjadi orang yang pecemburu ?

Dari situ kita bisa berpikir lanjut terkait dengan strategi apa yang akan kita ambil untuk mengatasi kecemburuan kita terhadap pasangan kita.

Salah satu hal terpenting yang perlu diingat adalah, rasa cemburu, dalam batas-batas terntentu adalah baik, tetapi kalau sudah melewati batas, maka akan merusak hubungan anda dengan pasangan anda. Siapkah anda untuk merusak hubungan anda dengan pasangan anda akibat kecemburuan anda sendiri ?

1 Like