Bagaimana caranya memotivasi diri kita ketika sedang terpuruk?

Seringkali kita berada dalamkondisi yang terpuruk, dimana kita tidak tahu lagi harus bagaimana. Dalam kondisi tersebut, rasanya tidak ada motivasi yang dapat membuat kita melakukan seseuatu.

Berikut adalah tips dari Susie Moore, seorang kolumnis dan pelatih kepercayaan diri di New York City, apabila anda berada dalam kondisi yang terpuruk.

1. Apa yang tidak bekerja?

Tidak peduli seberapa sibuknya Anda, jika Anda tiba-tiba menyadari bahwa Anda mengalami keterpurukan, ada sesuatu yang tidak bekerja pada diri anda - baik secara pribadi maupun profesional.

Apakah Anda bekerja dalam pekerjaan yang Anda benci? Apakah Anda mengabaikan kesehatan Anda? Apakah Anda melayani kebutuhan orang lain dan bukan milik Anda sendiri?

Tanyakan pada diri anda apa yang hilang. Pergilah ke dalam hati anda dan kenali apa yang kurang dalam hidup Anda. Dalam beberapa saat keheningan terkonsentrasi, suara batin Anda akan memberi tahu Anda. Dengarkan itu

2. Apa ‘mengapa’ saya?

Bila Anda kehilangan “mengapa” dalam hidup Anda, Anda seperti sebuah kapal di lautan tanpa tujuan. Kehidupan yang benar-benar memuaskan hidup anda adalah alasan dibalik tujuan hidup anda.

Apa alasanmu berada di dunia ini? Mengapa Anda berkencan dengan orang ini, bekerja sangat keras dalam proyek itu, atau mengabaikan mimpimu?

Jarang sekali kita bertanya pada diri kita sendiri terkait dengan pertanyaan-pertanyaan krusial ini: Apa alasan saya, maksud saya, tujuan saya? Saya mengingatkan diri saya mengapa saya menghadapi penolakan.

Alasan-alasan tersebut yang membuat saya tetap pada jalur dan memungkinkan saya mengatasi rintangan di jalan, yang merupakan bagian dari proses ketika Anda membangun sesuatu yang berharga - seperti memulai usaha kewirausahaan, pencarian kreatif, tubuh yang lebih sehat dan lain sebagainya.

3. Apa yang harus saya lakukan ‘sekarang’?

Kebenaran yang keras dalam hidup adalah bahwa tidak ada yang berhasil sampai kita melakukannya. Tindakan adalah satu-satunya hal yang bisa membuat Anda keluar dari kemerosotan. Aksi adalah penangkal utama untuk khawatir, takut, dan menunda-nunda.

Anda dapat meningkatkan energi Anda dengan tugas sederhana, seperti merapikan meja kerja Anda, berjalan-jalan, atau mengerjakan tugas-tugas yang terlambat anda kerjakan.

Gerakan tubuh menciptakan emosi dan momentum - dua faktor kritis yang tertidur saat anda terpuruk.

Musuh dari keterpurukan adalah aktivitas. Satu perubahan positif pada hari Sabtu di rumah, dapat membuka jalan untuk perubahan positif yang terjadi saat ini di kantor.

Begitu Anda menjawab pertanyaan-pertanyaan ini, tanyakan pada diri Anda: “Langkah kecil apa yang bisa saya lakukan hari ini?” Kemudian, bersiaplah! Masa depan Anda sangat memikat Anda.


Apakah anda pernah mengalami kondisi tersebut ? Bagaimana cara anda bangkit dari kondisi tersebut ?