Bagaimana caranya membuat rencana pemasaran?

Sebuah rencana pemasaran tentu adalah aspek vital yang harus dipertimbangkan oleh perusahaan startup.
Karena tanpa rencana, kita seperti berjalan sambil menutup mata.
Kira kira seperti apa rencana pemasaran yang baik? Bagaimana membuatnya?

Selain kerja keras, sebuah rencana pemasaran yang matang dapat mendorong perusahaan anda menjadi sebuah perusahaan yang besar dan sukses. Dengan perencanaan yang matang, anda dapat menghindari berbagai macam rintangan yang dapat membahayakan perusahaan anda.

Sebuah rencana pemasaran ini dapat berubah-ubah dari waktu ke waktu sesuai dengan kondisi pasar saat ini. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dan untuk membuat sebuah rencana pemasaran yang baik, anda dapat mengikuti beberapa tips di bawah ini:

  1. Perhatikan target pemasaran
    Untuk membentuk sebuah rencana pemasaran yang efektif, pertama-tama yang harus anda lakukan adalah memperhatikan untuk siapa dan untuk apa produk yang diproduksi oleh perusahaan anda. Selalu tanya pada diri anda apakah produk yang telah diproduksi benar-benar dibutuhkan oleh banyak konsumen? Dengan begitu rencana pemasaran anda akan menjadi hal yang efektif untuk dilakukan.

  2. Perhatikan pesaing anda
    Yang dimaksud dengan poin ini adalah untuk memperhatikan, bukan untuk meniru dan menjiplak apa yang diproduksi oleh pesaing anda. Jika memang pesaing anda memiliki pasar yang lebih besar dari perusahaan anda, hal yang paling bijak yang dapat anda lakukan adalah dengan menciptakan sebuah produk berinovasi yang lebih baik lagi dari produk anda sebelumnya. Cobalah untuk terus mencari ide baru untuk menguasai minat pasar.

  3. Analisa efisiensi
    Anda perlu memperhatikan secara berkala apa tujuan anda memproduksi sebuah produk. Selalu amati strategi-strategi yang digunakan. Karena strategi yang baik adalah dengan membuat sesuatu yang sedang trend dan memang dibutuhkan oleh banyak konsumen.

  4. Jadilah seseorang yang kreatif dan inovatif.
    Jika anda merasa bahwa pesaing anda selalu berada selangkah lebih jauh dari anda, maka anda harus melakukan sesuatu untuk merubahnya. Amatilah apa yang diproduksi oleh pesaing anda. Cari apa yang membuat produk tersebut menjadi lebih istimewa dari produk anda dan carilah inspirasi dari situ dan buatlah sebuah produk yang lebih kreatif dan inovatif dari yang diproduksi oleh pesaing anda. Sebagai tambahan, kepuasan konsumen adalah yang utama.

  1. Mempertahankan keunikan produk
    Menciptakan produk yang unik memang menjadi suatu kebanggaan sebuah perusahaan. Namun, perlu juga diperhatikan bahwa hal unik tersebut akan habis masa populernya. Jadi sesuai dengan poin 4 diatas, bahwa setiap produk harus merupakan hasil yang kreatif dan inovatif, dengan begitu keunikan sebuah perusahaan akan selalu ditunggu-tunggu oleh banyak konsumen.

Sumber: Saintia

Mohon maaf sebelumnya, namun topik ini sudah pernah dibuat pada diskusi sebelumnya pada link berikut. Mohon bergabung pada diskusi tersebut, dikarenakan konten yang dibahas sama :slight_smile: Terima Kasih