Bagaimana caranya membentuk hubungan pribadi dalam lingkungan kerja?

Hubungan pribadi (Personal Relationship) - motivasi yang dihasilkan oleh rasa pentingnya membentuk hubungan pribadi dengan lingkungan kerja.

1 Like

Hal yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan hubungan pribadi di tempat kerja


Dikutip dari forbes.com yang ditulis oleh Nicole Rishty yang mengatakan bahwa “Hubungan positif dengan rekan kerja dapat berkontribusi untuk membuat lingkungan tempat kerja menjadi lebih menyenangkan.” Dan jika hubungan dilingkungan kerja butuh perbaikan, menurutnya ada beberapa langkah yang dapat diikuti :

  1. Memiliki komunikasi yang terbuka. Sangat penting bagi semua orang untuk merasa nyaman dengan dinamika komunikasi ditempat kerja. Semua karyawan harus bisa mengungkapkan pikiran dan perasaan mereka dan mereka juga merasa nyaman melakukan hal tersebut.

  2. Tidak menghakimi dan non konfrontatif ketika berbicara dengan rekan kerja. Hal tersebut akan menciptakan sebuah lingkungan yang mana karyawan akan terdorong untuk berbicara satu sama lain tentang masalah yang muncul sehingga masalah tersebut dapat ditangani dengan efektif dan efisien.

  3. Ikut bergabung dalam obrolan rekan kerja yang lain. Hal tersebut dapat dilakukan jika anda bener-bener mendengarkan apa yang rekan anda bicarakan sebelum masuk dalam obrolannya agar anda mengerti apa yang mereka bicarakan.

  4. Berteman dan menghabiskan waktu diluar pekerjaan. Hubungan yang lebih baik ditempat kerja dapat ditingkatkan dengan menghabiskan waktu diluar pekerjaan normal. Namun, anda juga harus tetap memperhatikan batas-batas untuk situasi-situasi tertentu yang membawa dapat membawa anda dalam permasalahan.

  5. Istirahat dan makan siang bersama. Dalam lingkungan kerja saat ini, yang mana berfokus pada kuantitas kerja, penting bagi Anda untuk mengambil waktu untuk beristirahat dan mengisi ulang tenaga anda. Tentunya jika anda menghabiskan beberapa saat bersama rekan kerja, tentu saja hal tersebut akan meningkatkan suasana positif di tempat kerja anda.

Dalam kaitannya untuk meningkatkan hubungan pribadi di tempat kerja, cukup pilih salah satu untuk memulainya dan anda akan merasakan efek positif dari hubungan anda yang akan menjadikan lingkungan kerja lebih menyenangkan.

Sumber : https://www.forbes.com/sites/womensmedia/2014/12/01/how-to-improve-your-relationships-at-work/2/#66492abb55bd

1 Like

Berikut adalah 10 Cara Meningkatkan Hubungan Pribadi

1.Mengkaji tingkat harga diri anda dan menentukan jenis hubungan yang anda inginkan
Yang didasarkan pada berbagi, belajar, kesenangan, empati atau mendengarkan? Atau mereka yang dimaksudkan untuk meningkatkan nilai anda dimata komunitas anda? Secara umum, hubungan yang paling memuaskan adalah mereka yang tidak dimaksudkan untuk mengatur harga diri anda

2.Putuskan Nilai apa yang paling dibutuhkan dalam hidup seseorang
Mencari tahu apa yang anda suka dan nilai apa yang dibutuhkan, apa yang penting untuk pertumbuhan dan kebahagian anda akan membantu ketika mencari hal yang sama dengan orang yang disekitar anda

3.Evaluasi keseluruhan hubungan yag ada didalam hidup anda pada saat ini
Memberikan poin untuk masing-masing sebagai “nilai departemen” berdasarkan apa yang akan anda putuskan. Ini mungkin bermanfaat bagi anda untuk memberikan poin kepada mereka yang membantu anda untuk tetap menjadi diri sendiri dan tidak memaksa anda sebagai orang lain, yang biasanya memiliki emosi seimbang dan bahkan diatas rata rata apabila dilihat sebagai potensi pembelajaran.

4.Berdasarkan penilaian anda, mencoba dan menyingkirkan (hati-hati) segala sesuatu yang berlebihan secara emosional
Atau yang mempengaruhi diri anda dengan menurunkan hal tersebut. Tanpa bertindak kasar, menghindari hubungan yang mendukung konflik dan menjalin hubungan dengan orang-orang yang berbuat baik

5.Meningkatkan frekuensi untuk interaksi
Dengan orang-orang yang membuat anda merasa baik. Di rumah atau bekerja, mencari individu yang meningkatkan tingkat energi anda, memberikan alasan untuk tersenyum dan optimis.

6.“Menyiram” hubungan anda
Setelah anda memiliki hubungan yang baik dengan mereka, saatnya untuk melakukan sesuatu. Mereka , bercanda atau tidak, seperti halnya bunga sehingga untuk fokus saat pengembangan dengan mengambil langkah maju dalam memupuk mereka. Khususnya fokus pada kualitas mereka miliki.

7.Berkan terlebih dahulu, dan mengharapkan hanya sedikit, apabila tidak ada, sebagai imbalan
Dalam hubungan, banyak orang yang cenderung bertanya pada diri sendiri pertanyaan yang sama yaitu apa yang akan saya dapatkan dari situ? Memberikan pertama dapat ditafsirkan sebagai konsumen- dalam hal waktu dan investasi emosional, tetapi manfaat yang tak terduga. Perilaku melahirkan perilaku

8.Jangan berargumentasi, tetapi belajar untuk berkompromi
Pintar berkompromi merupakan tanggung jawab bersama sebagai masa depan dari hubungan dan ketegasan. Ketika semua orang mengerti bagian mereka maka fokus argumn bergeser untuk menemukan kesamaan.

9.Berbagi apa yang anda miliki
Pengetahuan, pengalaman, emosi. Baik itu buku, musik, tempat anda pergi atau hal-hal yang anda lakukan dengan orang lain yang menarik, banyak hubungan yang didasarkan pada pengalaman bersama dibandingkan dengan yang lain

10.Selalu berpikir terbuka
Karena apa yang menurut kita baik bisa berbeda dengan orang lain. Kesempatan adalah ketika orang lain memiliki pandangan yang sama dengan anda.

Sumber : http://www.lifehack.org/articles/communication/10-steps-improve-your-personal-relationships.html

Kegiatan bersosialisi terkadang menjadi pembelajaran berharga dalam dinamika hubungan kerja. Mulai dari bagaimana bersikap dengan pimpinan, anggota atau bahkan rekan sesama kerja. Menurut Gallup Organization, seseorang yang memiliki sahabat di lingkungan kerja tujuh kali lebih produktif dan puas dalam bekerja dibandingkan mereka yang tidak.

Pada dasarnya sebagai makhluk sosial, kebutuhan untuk bersosialisasi dan memiliki teman sama pentingnya dengan kebutuhan makan dan minum. Sehingga tidak heran jika seseorang akan lebih berbahagia dan produktif ketika memiliki teman di lingkungan pekerjaannya. Hubungan yang baik dengan lingkungan juga penting untuk meningkatkan karir. Misal, pimpinan akan lebih terbuka dalam memberikan posisi kepada orang yang telah ia kenali dan percaya kepada orang tersebut.

Tidak hanya dalam hubungan internal di tempat kerja, hubungan yang baik juga harus dibangun dengan seluruh elemen seperti pelanggan, pemasok dan stakeholder stakeholder yang ada di dalam lingkaran pekerjaan. Berikut beberapa hal yang dapat dikembangkan untuk membangun hubungan yang baik ditempat kerja :

  • Mengembangkan kemampuan pribadi
    Kemampuan seperti berkomunikasi, mendengarkan, berkolaborasi dan menyelesaikan sebuah permasalahan merupakan kemampuan yang berpengaruh dalam menciptakan lingkungan kerja yang baik dan menyenangkan. Lingkungan kerja akan terasa membosankan dan tidak nyaman ketika orang orangnya hanya bersikap pasif satu sama lain.

  • Pahami kebutuhan
    Tanyakan kepada diri sendiri, apa yang dibutuhkan dalam suatu hubungan. Memahami hal ini akan membantu membangun hubungan pribadi yang baik dalam lingkungan kerja

  • Sisihkan waktu khusus untuk berinteraksi dengan orang lain
    Dalam satu hari, sisihkan sekitar 20 menit saja untuk berinteraksi dan berkomunikasi dengan rekan kerja. Interaksi kecil seperti ini akan membantu menjaga hubungan dengan orang orang di lingkungan kerja

  • Kenali emosimu
    Selain berinteraksi dengan orang lain, coba kenali watak, emosi dan karakter diri sendiri. Memahami diri sendiri dengan baik dapat membantu untuk memahami watak dan kebutuhan orang lain

  • Berikan Apresiasi
    Setiap orang ingin merasa dihargai dan diapresiasi. Berikan apresiasi kepada setiap orang yang mencoba membantu dalam menyelesaikan atau memecahkan sebuah masalah.

  • Sebarkan aura positif
    Aura positif dapat menarik dan menular. Berpikir secara positif dapat memperkuat hubungan dalam lingkungan kerja.

  • Berikan batasan
    Walaupun berinteraksi dan membentuk hubungan dengan seluruh orang di lingkungan kerja itu penting, batasan tetap harus dikelola, jangan sampai waktu bekerja habis hanya untuk berinteraksi.

  • Hindari membicarakan orang lain (gosip)
    Gosip adalah perusak hubungan di lingkungan kerja, selesaikan permasalahan dengan bertemu secara langsung. Membicarakan orang lain hanya akan semakin memperburuk keadaan dan menghilangkan rasa saling percaya di lingkungan kerja.

  • Mendengarkan dengan baik
    Seorang yang mendengarkan dengan baik dan memberikan respon atas apa yang dibicarakan akan meningkatkan nilai dirinya sebagai orang yang dapat dipercaya.

Membangun hubungan pribadi dalam lingkungan kerja dengan baik tidak hanya memperlihatkan komitmen diri dalam bekerja, tapi juga membuka peluang untuk meningkatkan karir dan nilai personal yang berkualitas.

Sebuah hubungan adalah dua orang yang saling terhubung dengan dibentuk oleh ikatan emosional dan interaksi. Sebuah hubungan sering akan tumbuh dengan diperkuat oleh pengalaman bersama. Jika hubungan tidak statis maka harus selalu dikembangkan, enjoy dan harus bermanfaat. untuk hal itu kita memerlukan keterampilan, informasi, inspirasi, praktek, dan dukungan sosial.

  1. Keluarga
    Konsep “keluarga” merupakan komponen penting dalam setiap pembahasan hubungan, tapi ini sangat berbeda-beda dari orang ke orang. Biro Sensus mendefinisikan keluarga sebagai “dua orang atau lebih yang terkait dengan kelahiran, perkawinan, atau adopsi dan hidup bersama sebagai satu rumah tangga.” Tetapi banyak orang memiliki keluarga mereka tidak hidup dengan atau kepada siapa mereka tidak terikat oleh cinta, dan peran keluarga bervariasi antar budaya serta sepanjang hidup Anda sendiri. Beberapa ciri khas dari keluarga adalah dukungan, saling percaya, interaksi, keyakinan dan nilai kebersamaan, keamanan, dan rasa komunitas.

  2. Persahabatan
    Sebuah persahabatan dapat dianggap sebagai ikatan antara dua orang yang dibangun di atas pengalaman bersama, kepentingan bersama, kedekatan, dan ikatan emosional. Teman yang mampu mengubah satu sama lain pada saat dibutuhkan. Nicholas Christakis dan James Fowler, peneliti jaringan sosial dan penulis buku, menemukan bahwa rata-rata orang memiliki sekitar enam hubungan dekat. beberapa memiliki lebih, dan memiliki hanya satu atau tidak.
    sebuah penelitian menunjukkan bahwa teman di dunia maya tidak sedekat teman di dunia nyata.

  3. Teman Hidup
    hubungan romantis, termasuk pernikahan, adalah hubungan yang erat yang terbentuk antara dua orang yang dibangun di atas kasih sayang, kepercayaan, keintiman, dan cinta romantis. Kami biasanya mengalami hubungan semacam ini dengan hanya satu orang pada satu waktu.

Sumber : Apakah Maksud Dari sebuah Hubungan?

Menjalin hubungan dengan rekan kerja merupakan hal yang wajib saat seseorang telah memasuki sebuah perusahan. Karena bekerja di kantor seharusnya bukan hanya sekedar bekerja, melainkan juga membutuhkan hubungan baik dengan teman kerja dan atasan. Mystarjob memberikan beberapa saran bagaimana cara yang baik untuk membangun sebuah hubungan di tempat kerja:

Perilaku yang sopan memberikan dampak yang besar untuk memberikan suasana yang baik di tempat kerja. Hal ini juga memungkinkan Anda agar didekati dan akan menarik percakapan dari teman kerja anda.

Jangan biasakan diri anda memasuki kantor dengan wajah muram, pandangan ke bawah, dan sikap lesu. Hal ini menjadikan teman kerja akan mengabaikan Anda atau bahkan menjauhi Anda. Biasakan masuk ke tempat kerja dengan senyum dan menyapa teman kerja Anda setiap hari

Apa yang lebih menjengkelkan dari pada email dan telephon yang tidak di balas? Hal itu sama saja mengatakan bahwa “Anda tidak penting bagi saya”. Usahakan segera mengangkat telephon saat berdering dan membalas pesan dengan baik

Teman kerja kadang-kadang akan bermain lelucon dan menggoda Anda hanya untuk menguji jenis orang seperti apa Anda. Selama godaan itu tidak menyeberangi batas-batas pribadi, jangan marah! Tunjukkan bahwa Anda mencintai lelucon mereka, meski itu sedikit menyinggung anda

Kepercayaan dan kejujuran adalah modal untuk hubungan yang baik. Dalam beberapa kasus, kejujuran berarti mengakui bahwa bahwa Anda telah melakukan kesalahan dan penuh akan tanggung jawab. Menampilkan sisi karakter tersebut akan menunjukkan kejujuran dan integritas Anda

Memberikan bantuan di luar pekerjaan yang harus Anda lakukan adalah modal yang baik untuk menjalin hubungan. Suatu saat mereka pasti juga akan sukarela membantu Anda saat Anda memerlukan bantuan

Tempat kerja memiliki orang-orang yang beragam. Gaya teman Anda komunikasi dan kerja mungkin berbeda dengan Anda sendiri. Carilah selalu kesempatan untuk belajar dari orang lain.

Menghormati orang lain adalah dasar dari hubungan yang positif. Ketika Anda menunjukkan rasa hormat Anda kepada rekan kerja Anda, Anda akan mulai memahami dasar pendapat mereka, kebiasaan kerja, dan keyakinan mereka. Memahami perbedaan ini membantu mencegah diskusi negatif atau percakapan buruk yang bisa merusak hubungan.

Tanyakan ke rekan kerja Anda tentang minat mereka,musik favorit, film, buku dan hobi yang mereka sukai. Menunjukkan minat yang tulus pada mereka akan membuat mereka merasa nyaman di sekitar Anda. Setelah Anda tahu apa yang rekan Anda sukai, Anda bisa datang membuka percakapan saat bertemu dan meningkatkan hubungan Anda

Mengenal teman Anda di luar kantor adalah pengalaman yang hebat.Cobalah ikuti setiap kegiatan yang diadakan oleh teman Anda di luar kantor. Anda mungkin akan menyadari bahwa terdapat banyak kesamaan dengan rekan-rekan Anda dari pada hanya bekerja di organisasi yang sama.

Cara Membangun Hubungan Baik dalam Kerja

1. Mengembangkan Keterampilan Diri Anda
Hubungan yang baik dmulai dengan keterampilan untuk berhubungan dengan orang lain.

2. Mengidentifikasi Kebutuhan Hubungan Anda
Lihatlah kebutuhan hubungan Anda sendiri. Apakah Anda tahu apa yang Anda butuhkan dari orang lain? Dan anda tahu apa yang mereka butuhkan dari Anda?
Memahami kebutuhan ini dapat berperan dalam membangun hubungan yang lebih baik.

3. Jadwalkan Waktu untuk Membangun Hubungan
Mengabdikan sebagian dari hari Anda ke arah membangun hubungan, bahkan jika itu hanya 20 menit, mungkin dipecah menjadi segmen lima menit.

Misalnya, Anda bisa masuk ke ruangan seseorang saat makan siang, membalas posting orang di Twitter atau LinkedIn T, atau meminta rekan untuk meminum secangkir kopi.

Interaksi sedikit membantu membangun fondasi hubungan yang baik, terutama jika mereka tatap muka.

4. Fokus pada Emotional Intelligence Anda
Menghabiskan waktu mengembangkan kecerdasan emosional Anda (EI). Antara lain, ini adalah kemampuan Anda untuk mengenali emosi Anda sendiri, dan jelas memahami apa yang mereka beritahu kepada anda.

Tinggi EI juga membantu Anda untuk memahami emosi dan kebutuhan orang lain.

5. menghargai orang lain
Menunjukkan penghargaan Anda setiap kali seseorang membantu Anda. Semua orang, dari bos Anda ke kantor, ingin merasa bahwa pekerjaan mereka dihargai. Jadi, benar-benar berikan pujian orang-orang di sekitar anda ketika mereka melakukan sesuatu dengan baik. Ini akan membuka pintu untuk hubungan kerja yang besar.

6. Menjadi positif
Fokus pada yang positif. Positif menarik dan menular, dan itu akan membantu memperkuat hubungan Anda dengan rekan-rekan Anda. Tidak seorang pun ingin berada di sekitar seseorang yang negatif sepanjang waktu.

7. Mengelola Batas Anda
Pastikan bahwa anda mengatur dan mengelola batas secara benar - kita semua ingin memiliki teman di tempat kerja, tetapi, kadang-kadang, persahabatan dapat mulai berdampak pada pekerjaan kita, terutama ketika seorang teman atau kolega mulai memonopoli waktu kita .

Jika hal ini terjadi, penting bahwa anda tegas tentang batas-batas anda, dan bahwa anda tahu berapa banyak waktu anda dapat mencurahkan selama hari kerja untuk interaksi sosial.

8. Hindari Gunjingan
Jangan bergosip - politik kantor dan “gosip” adalah pembunuh hubungan utama di tempat kerja. Jika anda mengalami konflik dengan seseorang dalam kelompok anda, berbicara dengan mereka secara langsung tentang masalah ini. Bergosip tentang situasi dengan rekan-rekan lainnya hanya akan memperburuk situasi, dan akan menyebabkan ketidakpercayaan dan permusuhan di antara anda.

9. Mendengarkan secara aktif
Berlatih mendengarkan aktif ketika Anda berbicara dengan pelanggan Anda dan rekan-rekan. Orang menanggapi orang-orang yang benar-benar mendengarkan apa yang mereka katakan. Fokus pada mendengarkan lebih dari Anda berbicara, dan Anda akan segera menjadi dikenal sebagai seseorang yang bisa dipercaya.

Sumber : https://www.mindtools.com/pages/article/good-relationships.htm