Bagaimana Caranya Melatih Kepekaan Terhadap Orang Lain?

melatih kepekaan

Peka terhadap Orang Lain (Sensitivity to Others) – kemampuan kepekaan dan sadar akan perasaan orang lain, akan tetapi tidak membuat kepekaan ini menjadi halangan untuk membuat keputusan yang objektif.

1 Like

Cara Agar Peka terhadap Perasaan Orang lain


Berbincang dengan teman terkadang dapat membuat kita menjadi emosional. Jessica B. Casey dalam wikiHow menjelaskan tentang bagaimana menjadi peka terhadap perasaan orang lain, diantaranya adalah :

  1. Menyadari Isyarat Sosial tentang Emosi
    Memperhatikan wajah orang lain. Wajah adalah bagian dari tubuh kita yang mungkin dapat menunjukkan emosi. Jika Kita mencoba untuk menentukan apakah seseorang itu sedih, marah, kesepian atau sakit, mulailah untuk memperhatikan wajah orang tersebut lebih dekat.
    Pelajari tanda-tanda kesedihan. Kita mungkin dapat melihat wajah orang yang sedang berada dalam kesedihan. Tentu saja kelihatannya tidak seperti kartun yang digambar dengan senyuman terbalik, tetapi kita dapat melihatnya dari sudut-sudut bibir seseorang yang cenderung ditarik kebawah. Sedangkan untuk bagian alis biasanya juga sudut-sudutnya akan ditarik sedikit kedalam dan kearah dahi.
    Menyadari tanda-tanda ketakutan pada orang lain. Menjadi peka ketika orang lain sedang merasa ketakutan dapat membantu mengubah perilaku kita.
    Pertimbangakan gerakan dan postur tubuh. Tanda-tanda kelelahan dapat terlihat dari merosotnya bahu dan anggota badannya yang terlihat lesu.
    Pikirkan tentang nada suara yang tepat untuk berkomunikasi. Kebanyakan orang secara alami akan menyesuaikan nada suara mereka dengan kondisi ruangan agar dapat terdengar. Jika kita berada di ruangan yang luas, dan ada orang lain yang berbicara keras, kemungkinan orang tersebut ingin untuk didengar. Namun, volume suara yang sama ketika berada dalam ruangan yang sempit, dapat menunjukkan bahwa orang tersebut frustasi, marah, atau takut.

  2. Mendengarkan dengan rasa Empati
    Klarifikasi apa yang kita pahami dengan apa yang orang lain katakan. Mentimpulkan apa yang dikatakan orang lain akan memungkinkan kita untuk berbagi pemahaman kita tenang makna apa yang orang lain tersebut sampaikan. Jika kita tidak mengerti apa yang orang lain katakan, praktik seperti ini dapat membantu mencegah kesalahpahaman.
    • _Berikan perhatian penuh kepada orang yang sedang berbicar_a. Perhatian penuh yang kita berikan kepada orang lain akan meningkatkan kepekaan kita terhadap perasaan orang lain.
    Dengarkan tanpa menghakimi. Cobalah untuk mengambil perspektif pembicara saat ia berbicara, daripada menanggapi dari sudut pandang kita sendiri. Hal tersebut akan membuat kita tetap berpikiran terbuka.
    Gunakan tata krama dan sopan santun. Menjadi orang yang sopan dan menyenangkan kepada orang lain adalah cara yang tepat untuk menghormati orang tersebut.
    • _Mengakui apa yang dikatakan orang lai_n. Kita dapat melakukannya dengan berbagai cara, seperti mengangguk, berkata “Ya” atau “Aku mendengarmu”. Hal ini membuat orang lain merasa lebih diperhatikan.
    Jangan memberikan respon terlalu cepat. Jika kita terlibat dalam percakapan yang emosiaonal, kita dapat dengan mudah terjebak dengan perasaan sendiri. Untuk itu jangan berkata yang dapat menyakiti orang tersebut.

  3. Berbicara dengan Tutur Kata Baik
    Ajukan pertanyaan. Mengajukan pertanyaan adalah cara yang baik untuk mempelajari perspektif orang lain. Pertanyaan juga akan memungkinkan orang lain secara tidak langsung untuk tahu bahwa kita menghargai pikiran dan perasaannya.
    • _Pilihlah cara yang paling tepat untuk mengekspresikan perasaa_n. Hal tersebut penting karena kita memiliki cara untuk mengekspresikan emosi kita, tetapi untuk menjadi peka terhadap perasaan orang lain kita dapat lebih berhati-hati dalam mengekspresikannya.
    Menerima kritikan. Ketika kita menerima kritikan, pastikan untuk membuang semua rasa negatif atau mengimbanginya dengan perasaan positif yang lebih besar darinya.
    • Hindari kata-kata hampa dan klise. Jia seseorang sedang melalui masa-masa sulit, hindarilah untuk mengatakan sesuatu seperti “Segala sesuatu terjadi karena suatu alasan.” atau “Saya tahu persis bagaimana perasaan kamu.”
    Gunakan bahasa tubuh untuk berkomunikasi. Komunikasi non verbal kita mungkin lebih penting bagi orang lain daripada apa yang kita sampaikan.

  4. Menjaga Perasaanmu Sendiri
    Sadar akan perasaan sendiri. Jika kita ingin menjadi orang yang peka terhadap orang lain, kita dapat memuainya dengan menyadari perasaan kita sendiri.
    Belajar kemampuan untuk mengatasi masalah. Ketika kita melihat tanda-tanda emosi yang kuat, kita harus tahu cara untuk mengelola perasaan kita agar tidak terlalu terbawa oleh perasaan. Mengambil napas dalam-dalam termasuk salah satu caranya.
    Lindungi diri sendiri. Jika kita merasa mulai kewalahan, tidak masalah untuk beristirahat. Kemampuan kita untuk peka terhadap perasaan orang lain akan berkurang jika kita tidak mampu mengurus perasaan kita sendiri.

Sumber : http://www.wikihow.com/Be-Sensitive-to-Other-People’s-Feelings

1 Like

Peka & Memahami Orang Lain


Mengembangkan empati, dan khususnya keterampilan memahami orang lain, tidak hanya penting untuk hubungan interpersonal Anda. Hal ini juga dapat memiliki dampak yang lebih luas.

Misalnya, di AS, dokter yang mendengarkan dengan cermat pasien mereka jauh lebih mungkin untuk diprotes. Dalam satu studi, dokter perawatan primer (setara dengan dokter umum di Inggris) yang tidak pernah diprotes merupakan komunikator yang jauh lebih baik daripada rekan-rekan mereka.

Berikut cara melatih kepekaan atau kepedulian terhadap orang lain:

  1. Menangkap isyarat emosional sering dari bahasa tubuh, nada suara, dan elemen non-verbal komunikasi lainnya. Komunikasi non-verbal meliputi ekspresi wajah, nada dan nada suara, gerak tubuh yang ditampilkan melalui bahasa tubuh dan jarak fisik antara komunikator. Sinyal-sinyal non-verbal dapat memberikan petunjuk dan informasi tambahan dan berarti atas dan di atas komunikasi lisan. Bahasa tubuh dapat digunakan untuk memperkuat atau menekankan apa yang seseorang katakan dan juga menawarkan informasi tentang emosi dan sikap seseorang. Namun, ini juga mungkin bagi gerakan tubuh bertentangan dengan apa yang dikatakan.

  2. Mendengarkan dengan baik apa yang dikatakan orang, aktif memeriksa pemahaman mereka.

  3. Tampilkan sensitivitas terhadap orang lain, dan memahami perspektif mereka. Mereka berhati-hati untuk tidak memberikan pelanggaran dengan mengatakan atau melakukan hal yang salah, dan menyadari bahwa tidak semua orang memiliki pandangan yang sama.

  4. Membantu orang lain secara tepat, berdasarkan pemahaman mereka tentang kebutuhan dan
    emosi mereka.


Sumber: https://www.skillsyouneed.com/ips/understanding-others.html

1 Like

SHOWING SENSITIVITY TO OTHER

Kepekaan terhadap seseorang mempunyai banyak aspek atau langkah-langkah yang harus kita ketahui terlebih dahulu. Menurut sumber yang saya kutip dari boystown.org yaitu :

  1. Mengungkapkan ketertarikan dan kepedulian kepada orang lain, terutama ketika mereka lagi mendapatkan cobaan atau masalah
  2. Mencari tahu apakah setiap orang pantas mendapatkan kehormatan yang sama dengan orang lain
  3. Meminta maaf atau membuat perubahan kepada orang yang telah di sakiti hatinya
  4. Mencari tahu ras, agama, dan latar belakang orang itu apakah pantas di perlakukan dengan cara yang sama dengan yang kamu harapakan

Alasan untuk mempergunakan kemampuan untuk menunjukan kepekaan terhadap orang lain ;

  • Jika kamu menolong orang lain, maka mereka juga akan dengan senang hati untuk menolongmu kembali. Dan meminta maaf menunjukan bahwa kamu bertanggung jawab penuh terhadap apa yang kamu lakukan dan mengakui ketika kamu melakukan perbuatan yang salah. Kecacatan tidak membuat kamu lebih rendah dari orang tersebut. Menolong seseorang dan dengan memperlakukan mereka dengan cara yang sama menunujukan bahwa kamu percaya hal itu bisa dilakukan meskipun dengan orang yang berbeda, dan mereka semua pantas mendapatkan respect.

  • Jika kamu melihat seseorang dalam kesusahan, bertanyalah sekiranya kamu bisa membantunya. Terkadang, memperlihatkan kepedulianmu kepada mereka sudah cukup membantu seseorang untuk melewati masa sulit mereka

  • Harus siap untuk menolong orang yang kurang bisa melakukan suatu hal atau orang yang cacat bila diperlukan dengan cara membukakan pintu ketika mereka mau masuk, membawakan barangnya atau memberika tempat dudukmu untuk seseorang tersebut.

  • Jangan menatap orang yang cacat atau membuat komentar tentang apa kebutuhan khususnya.

  • Kamu bisa membahayakan atau menyakiti seseorang apabila kita gagal melakukannya, hanya sebagian hal yang ringan dari apa yang kamu lakukan. Seperti contoh; tidak menetapi janji. Jika kamu melukai hati seseorang, minta maaflah secepat dan sesegera mungkin

  • Jangan membuat candaan atau komentar yang kasar tentang warna kulit dari seseorang atau apa yang dia yakini

SUMBER

1 Like

Skill dalam bahasa Indonesia kecakapan, kepandaian, ketrampilan sangat diperlukan oleh manusia untuk kehidupannya. Sebaiknya skill(keterampilan) mulai di terapak sejak sedini mungkin atau secepatnya. Agar mulai terbiasa akan hal-hal(keterampilan) tersebut.

Keterampilan satu ini adalah peka terhadap seseorang. Mungkin anda pernah mengabaikan orang lain disengaja maupun tidak, hal tersebut dapat menghambat kemampuan komunikasi anda dan menghambat pertumbuhan pribadi anda. Berikut ini ada langkah sederhana dari classroom.synonym.com untuk membantuk anda lebih peka:

  1. Mendengarkan sesama
    Mendengarkan seseorang itu lebih dari dari mendengar kata-kata yang keluar dari mulutnya. Kita harus memperhatikan emosi dengan yang kata-kata yang diucapkan. Anda juga dapat melihat seperti keraguan atau antisipasinya. Bahasa tubuh (seperti ekspresi wajah), gerak tubuh atau bahasa tubuh dan sikap badan (berusaha menceritakan atau menegaskan ceritanya). Bisa diperkirakan dari isyaratnya itu membantu anda untuk meresponnya sewajarnya.

  2. Empati terhadap sesama
    Melatih empati dengan membayangkan bagaimana untuk mungkin merasakan jika anda mengalami emosi yang dirasakan orang lain, keberhasilannya atau masalahnya. Ini adalah cara mengidentifikasi emosional, menurut EQI.org, sebuah sumber online yang menawarkan informasi tentang kecerdasan emosional menjaslakan atau memberi contoh sama halnya seperti Anda mungkin tidak pernah menjadi korban perampokan, tetapi mungkin merasa seorang korban atas tindak kejahatan seperti itu. Anda harus lebih peka terhadap apa yang ia butuhkan dan lebih merasa prihatin atas masalahnya dengan empati

  3. Menawarkan dukungan
    Mendukung seseorang membutuhkan untuk tetap memperhatikan dan berempati dengan apa yang ia katakan dan merespons dengan tepat. Saat anda mengatakan, “Aku minta maaf atas hal atas kehilanganmu atau kegagalanmu. Saya di sini untuk membantu apapun kebutuhanmu,” atau “Selamat! ingingkah kamu merayakannya?”. Jadi berusaha untuk mendukung mereka dan peka. Bukan malah mereka merasakan sedang meremehkan, mengurangi, menolak, menghakimi atau mengabaikan.
    Menurut EQI.org hal tersebut akan menjadi tidak peka, maka, katakanlan, “Berhenti untuk terlalu berlebihan. Hal tersebut tidaklah buruk” .

  4. Menetapkan batasan kesehatan
    Batasan pribadi adalah batasan kamu yang ditetapkan untuk melindungi dirimu sendiri dan membutukan rasa hormat untuk orang lain. Sebagai contoh batasanmu mungkin termasuk saat ketidaktoleransian panggilan nama atau sebuah kebijaksanaannya tidak meminjamkan uang untuk orang lain. menetapkan batasan sehat adalah bermanfaat untuk kesejahteraanmu dan melindungi orang lain pula. Hal itu membuat anda menjadi orang yang aman/selamat. Orang-orang tahu bahwa dimana mereka berdiri dengamu. Menurut Johnson State Collage Counselling in Vermont, sebuah batasan ketidakmampuan mungkin untuk memperbolehkan seseorang untuk percaya anda tertarik pada romantisnya lawa jenis, ketika anda tidak. Pendekatan kepekaan yang lebih akan menjadi jelas menunjukkan niat anda untuk berhubungan.

Sekian cara melatik kepekaan. mohon maaf jika masih ada kesalahan. Sayapun masih belajar. Terima kasih.

Your Sensitivity Is A Career Superpower. Here’s How To Use It

Melody Wilding

Dalam sebuah tulisan dari Melody Wilding
Ada lima hal dalam menerapkan sensitivitas atau kepekaan anda terhadap orang lain di tempat kerja

  1. Memiliki keyakinan terhadap diri sendiri dalam skill komunikasi
    Yang sering di tunjukkan oleh seseorang yang mempunyai Kepekaan yang tinggi adalah kemampuan kecerdasan emosional atau biasa di kenal emotional quotient (EQ) yaitu kemampuan untuk mengenali dan memahami emosi dalam diri sendiri dan orang lain.
    Orang yang sangat peka mempunyai emosi yang kuat yang mudah untuk mengidentifikasi. Mereka berkomunikasi secara efektif karena mereka tidak hanya mendengar kata kata yang keluar dari mulut seseorang akan tetapi mereka juga melihat/merasakan gerakan dan nada bicaranya

  2. Berbicara ketika orang lain telah melewatkan sesuatu
    Ini adalah salah satu kemampuan yang dimiliki orang yang peka. Anda sudah paham , tidak hanya merasakan , akan tetapi juga anda paham detail detail kecil lain yang mungkin terlewati. Anda adalah satu satu nya yang melihat sesuatu yang tidak benar sebelum perusahaan anda memperkerjakan calon baru atau anda melihat tempat yang sempurna dalam memindahkan dana ketika saat nya pemotongan anggaran
    Anda tidak akan puas sampai setiap detail kemungkinan bisa berjalan sesuai yang direncanakan. Dalam dunia kerja , terutama jika banyak bagian yang bergerak dengan cepat , kekuatan anda ini sangat berharga dalam melacak rincian tersebut

  3. Jump into teamwork
    Jika anda atau seseorang yang anda kenal mempunyai kepekaan yang tinggi , mungkin akan membuat anggota tim yang luar biasa. karena anda memiliki kemampuan yang langka untuk meihat perasaan orang dengan memperhitungkan dan memikirkan berbagai belahan untuk membuat keputusan yang kompleks.
    Misalnya ketika rekan rekan di tim anda meneliti bagaimana kebijakan baru yang dapat mempengaruhi setiap departemen dalam organisasi anda, anda dapat melihat manfaat dan kerugian yang tersembunyi

  4. Gunakan Kreativitas anda untuk memecahkan masalah
    Meskipun terkadang kita merasakan sebuah beban untuk jadi sangat di pengaruhi oleh apa yang terjadi di sekita kita , sifat intuitif anda akan membuat anda memasuki dunia kreatifitas anda
    Sebagai orang yang kreatif , anda dapat menyelaraskan dunia batin anda dan dapat menyebab kan teobosan yang menarik , solusi inovatif untuk masalah sebagian rekan kerja anda yang masih belum berpengalaman.setelah anda terbiasa dalam menggunakan rasa peka anda kedalam rasa kreatif anda , rekan kerja anda akan mimilih / beralih untuk menjadikan anda sebagai panutan ketika mereka merasa terjebak dalam suatu masalah

  5. Mempersiapkan diri untuk terbiasa dalam setiap kondisi
    Orang yang memiliki kepekaan yang tinggi akan merasa tidak baik ketika mereka dalam kondisi terdesak saat meeting atau presentasi . sejauh mungkin cobalah untuk mengantisipasi pertanyaan dan memikirkan tanggapan terbia dari waktu kedepan sambal mengingat bahwa selama persiapan bisa menjadi penopang juga. Anda tidak ingin menjadi kaku dan tidak dapat merespon jika sesuatu yang tidak terduga terjadi , penawar terbaik adalah persiapan yang benar dan matang.
    Terutama dalam hal negoisasi atau wawancara keja ,pertimbangkan untuk membuat outline dengan “point yang tinggi” yang paling anda ingin tutupi. Pastikan anda jangan bingung karena jika anda bingung biasa nya memori anda akan cepat memudar
    Sebagai orang yang sangat peka anda akan merasa sedang membawa beban yang berat,
    Terutama di tempat kerja. Tetapi kenyataanya adalah anda memilii sejumlah nilai besar yang belum di manfaatkan untuk berbagi dengan rekan kerja anda, klien dan karir anda secara keseluruhan.

It’s time to start viewing your sensitivity for what it is: your greatest strength

Sensitivity to Others (Peka Terhadap Orang Lain)

Caring For Other People’s Feelings

Kita pasti pernahkah mengalami ketika di sekitar kita ada seseorang yang marah, kita merasa kesal juga. Atau ketika seseorang marah, pipi kita menjadi panas saat kita mencoba untuk mengontrol kemarahan. Salah satu kelebihan dari sensitivitas tinggi adalah kemampuan kita untuk menjadi sadar atau peka terhadap perasaan orang lain dan untuk menanggapi perasaan tersebut dengan empati dan kasih sayang. Tapi hal tersebut bisa menjadi suatu tantangan, karena kita tidak hanya melihat perasaan orang lain, tetapi juga perasaan kita sendiri.

Menjadi peduli memungkinkan kita untuk memiliki empati terhadap orang lain dan hidup berdasarkan cinta, dan kasih sayang bagi orang-orang di sekitar kita. Terkadang kita tergoda untuk jatuh ke dalam kehidupan keegoisan dan fokus hanya pada tujuan dan keinginan kita sendiri, tetapi hidup kita akan jauh lebih bermanfaat jika kita berpikir tentang apa yang orang-orang lain pikirkan dan rasakan. Perhatian berarti memberikan telinga dengan mendengarkan dan memperhatikan, ketika seseorang membutuhkan bantuan kita membantu tanpa meminta imbalan.

How to Be Caring

Adapun cara untuk meningkatkan kepekaan terhadap orang lain:

  1. Membantu orang yang membutuhkan

  2. Bertanya kepada orang lain tentang kehidupan mereka

  3. Meminta maaf

  4. Berbagi

  5. Menjadi sukarelawan

Kelima cara di atas dilakukan di waktu yang tepat dan dalam jumlah yang wajar.