© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Bagaimana caranya Berkomunikasi secara Kredibel?

Kredibilitas atau kepercayaan merupakan hal yang sangat penting dalam sebuah komunikasi. Tidak akan terjadi komunikasi yang baik apabila orang yang sedang berkomunikasi diragukan kredibilitasnya. Bagaimana caranya berkomunikasi secara kredibel ?

Kredibilitas, secara harfiah, dapat diartikan sebagai dapat dipercaya. Kepercayaan dipengaruhi oleh bagaimana cara anda berkomunikasi. Ketika ara anda berkomunikasi buruk, maka sulit sekali untuk mendapatkan kepercayaan dari lawan bicara anda. Beberapa hal yang harus menjadi perhatian anda untuk mendapatkan kepercayaan atau kredibilitas ketika anda berkomunikasi, diambil dari Bukunya Dianna Booher dengan judul Communicate With Confidence, adalah sebagai berikut :

Tunjukkan Perhatian. Orang-orang akan peduli dengan Anda dan lebih penting lagi mempercayai Anda, ketika Anda peduli dengan mereka. Ketika anda memberikan perhatian kepada mereka, maka mereka juga akan memberikan perhatian kepada anda. Perhatian tersebut adalah awal dari kepercayaan mereka.

Bicara dengan sopan. Cara anda berbicara akan menunjukkan karakter anda. pernahkah anda menjustifikasi seseorang hanya dari gaya bicaranya, walaupun anda baru saja mengenalnya ? Kalau iya, hal yang sama juga berlaku untuk anda. Karakter anda akan dinilai oleh orang lain hanya dari gaya bicara anda.

Akui Apa yang Tidak Anda Ketahui. Ketika anda tidak tahu terkait dengan sesuatu, katakan saja. Jangan malu atas ketidaktahuan anda. Ketika anda memaksa untuk berbicara sesuatu yang anda tidak ketahui, maka disitulah awal dari ketidakperayaan mereka. Anda akan lebih dihargai ketika anda mengatakan bahwa anda tidak tahu.

Jaga Rahasia. Ketika mereka tahu Anda berbagi hal-hal pribadi dan rahasia tentang rahasia orang lain dengan mereka, mereka takut Anda akan melakukan hal yang sama kepada mereka. Menjaga rahasia sangat berkaitan dengan karakter anda. Mereka yang merasa yakin bahwa anda adalah orang yang menepati janji maka disaat itulah kepercayaan mereka akan berkembang.