Bagaimana caranya belajar giat tanpa merasa bosan ?

bosan belajar

Terkadang ketika kita belajar, kita akan merasa bosan sudah tidak suka lagi karena sudah terlalu sering atau banyak, bahkan hingga merasa muak dengan belajar.

Bagaimana caranya belajar giat tanpa merasa bosan ?

Belajar tidaklah selalu menjadi tugas yang paling menarik di kehidupanmu, namun belajar adalah hal yang sangat penting bagi setiap manusia, meskipun begitu. Semua orang pasti akan merasa bosan sesekali. Hal ini selalu menjadi sebuah masalah yang umum dialami setiap orang. Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga dirimu tetap fokus belajar sendiri tanpa merasa bosan atau malas sekalipun.

  1. Carilah tempat yang menurutmu paling nyaman untuk belajar
    Satu aspek yang penting dalam belajar yang ideal adalah mencari lokasi yang tepat. Tempat itu haruslah bebas dari gangguan namun disaat yang bersamaan tidak membuat kamu cepat bosan atau mengantuk ketika belajar. Gangguan akan mengganggu tingkat produktivitas kamu dan akan membuat kamu menjadi bosan untuk belajar karena kamu teringat akan hal lain dan ingin segera menyelesaikannya

    Berikut adalah beberapa hal yang dapat membantu kamu menemukan tempat yang nyaman untuk belajar

    • Carilah tempat yang memiliki penerangan yang baik dengan suhu ruangan yang nyaman bagi anda. Suhu ruangan yang nyaman adalah temperatur dimana anda tidak merasa kepanasan atau kedinginan, cahaya yang cukup baik itu dari sinar matahari langsung atau menggunakan lampu dapat membuat mata tetap nyaman membaca buku dalam waktu yang lama.

    • Pastika ruangan kamu memiliki tempat yang cukup untuk meletakkan semua media pembelaran yang kamu butuhkan dengan benar. Juga selalu menjaga kebersihan ruang belajar kamu.

    • Cobalah belajar selain di rumah dan sekolah. Terkadang ada banyak sekali gangguan ketika kamu belajar baik di rumah maupun di sekolah. Cobalah untuk belajar di perpustakaan karena telah didesain agar kamu tidak mudah terganggu, dan juga terdapat banyak sumber bacaan yang akan memudahkan kamu dalam belajar.

  2. Jangan terlalu nyaman dengan lingkungan belajarmu
    Jika kamu terlalu nyaman dengan lingkungan belajarmu, kamu cenderung lebih sering mendapat banyak gangguan, bosan, atau ketiduran. Hindari belajar sambil berbaring terlebih jika kamu memang sedang ingin menyelesaikan sebuah pembelajaran dengan baik. Duduklah di kursi yang cukup untuk menyangga punggung kamu dengan baik. Namun juga jangan duduk di kursi yang sangat nyaman. Kamu pasti tidak ingin ketiduran saat belajar kan? Karena itu tidak baik untuk kamu.

  3. Rencanakan tujuan kamu belajar dengan baik.
    Salah satu alasan yang menjadi penyebab seseorang malas untuk belajar disebabkan karena kamu tidak memiliki pandangan kemana arah belajar kamu dan apa yang ingin kamu capai. Rencanakan segala hal yang ingin kamu lakukan sebelum kamu belajar. Keluarkan segala yang kamu tahu dan apa yang harus kamu capai serta berapa lama untuk menyelesaikannya. Dengan cara ini, kamu akan memiliki tujuan yang jelas. Kamu tahu apa saja yang harus dilakukan. Selain itu kamu juga bisa membagi waktu dengan baik setelah mengetahui apa tujuan dan kebutuhan kamu.

  4. Jangan hanya mempelajari satu pelajaran saja!
    Untuk membantu kamu dalam belajar secara kondusif, kamu dapat mengganti materi yang ingin kamu pelajajari setiap beberapa waktu. Misalnya belajar 1 jam untuk pelajaran komputasi, setelah itu belajar manajemen selama satu jam kemudian, dan seterusnya sampai anda merasa jenuh. Semakin sering kamu mengganti materi makan akan semakin panjang waktu yang terlewat tanpa kamu rasakan.

    Ada beberapa tips agar kamu dapat mengatur jadwal materi yang akan kamu pelajari dengan baik

    • Letakkan pelajaran favorit kamu pada urutan terakhir sehingga kamu memiliki motivasi unuk menyelesaikannya.

    • Letakkan pelajaran kedua yang kamu sukai pada urutan pertama agar kamu tidak merasa bosan di awal dan pelajaran yang kurang kamu sukai berada di tengah agar kamu merasa tertantang untuk mempelajarinya sebelum memasuki pelajaran favorit kamu

    • Kamu juga bisa memanjangkan durasi belajar beberapa materi daripada yang lain yang akan membantu kamu menyelesaikan sebuah tugas tanpa merasa bosan.

  5. Belajar pada waktu kamu paling aktif
    Belajar pada waktu kamu paling sadar dan aktif dapat meningkatkan produktivitas belajar kamu. Kamu akan lebih teliti dan lebih serius apa yang kamu pelajari. Jika kamu sudah mendapatkan waktu produktif kamu untuk belajar, maka biasakan agar kamu terbiasa belajar pada waktu tersebut dan belajar tidak menjadi beban.

Ada banyak cara belajar lainnya agar kamu dapat belajar dalam durasi yang lama, salah satu caranya adalah dengan berdiskusi. Belajar bersama orang lain tentu saja sangat membantu dalam meningkatkan tingkat keaktifan kita dalam belajar. Namun ada kalanya anda harus belajar sendiri sebelum berdiskusi atau sebelum mempresentasikan sebuah materi dengan orang lain agar kita tidak tertinggal dan suasana diskusi selalu menarik.

Refrensi :;
WikiHow – How To Study Without Getting Bored