Bagaimana caranya agar selalu fokus pada tugas dan tujuan kita?

Softskills adalah ketrampilan yang dimiliki seseorang dalam berhubungan dengan orang lain (termasuk dengan dirinya sendiri). Soft skill meliputi nilai yang dianut, motivasi, perilaku, kebiasaan, karakter dan sikap. Atribut softskills ini dimiliki oleh setiap orang dengan kadar yang berbeda-beda, dipengaruhi oleh kebiasaan berfikir, berkata, bertindak dan bersikap.

Namun, atribut ini dapat berubah jika yang bersangkutan mau merubahnya dengan cara berlatih membiasakan diri dengan hal-hal yang baru. Untuk mencapai tujuan, proyek ini membutuhkan desain yang terencana. Dengan memberikan tujuan dan sasaran proyek sementara, membuat administrasi dan program, untuk ditetapkan. Dengan tujuan untuk memenuhi semua persyaratan yang ditentukan dalam kendala waktu, termasuk biaya, kualitas dan keselamatan.

Perencanaan proyek dilakukan dengan cara Studi kelayakan, rekayasa nilai, perencanaan dalam lingkup manajemen proyek (didalamnya termasuk waktu, biaya, kualitas, sumber daya, kesehatan dan keselamatan, lingkungan, sistem informasi dan resiko).

HAL-HAL YANG PERLU DILAKUKAN UNTUK MENCAPAI PROJECT AND GOAL FOCUS

  1. Mengidentifikasi sasaran
    Setidaknya tuliskan 3 sasaran tujuan anda. Sasaran ini harus berada di bawah kendali anda dan ditulis serinci mungkin.
  2. Penetapan prioritas
    Selanjutnya perlu dibuat peringkat dari sasaran yang telah ditentukan dan ditulis. Kemudian berikan peringkat 1 (satu) bagi sasaran yang dianggap paling penting. 2 untuk yang berikutnya penting, 3 untuk sasaran yang paling dianggap kurang penting diantara ketiga sasaran tersebut.
  3. Pertimbangan waktu
    Kelompkoan sasaran kedalam tiga kelompok berdasarkan waktu, yaitu kelompok sasaran untuk jangka panjang, jangka menengah, jangka pendek
  4. Pembagian sasaran kedalam langkah-langkah kegiatan
    Bagi sasaran anda ke dalam rincian langkah yang mendekatkan kepada sasaran.
  5. Penelaahan kemajuan
    Perlu diciptakan proses penelaahan hasil kerja. Evaluasi dapat dilakukan secara harian atau mingguan. Kegiatan ini akan bermanfaat untuk menelaah masih berapa jauh anda dari sasaran yang anda tetapkan.
  6. Perbaikan Sasaran (bila diperlukan)
    Fleksibilitas adalah kunci dalam menetapkan sasaran. Bersiaplah memperbaiki sasaran bila ditekan oleh waktu.

MANFAAT PROJECT AND GOAL FOCUS

  • Pekerjaan bisa selesai lebih cepat, ini karena dari awal hingga akhir kita tidak memikirkan dan melakukan hal lain yang tidak perlu, semisal sambil main game, sambil chatting, sambil dengar lagu, dan sebagainya.
  • Lebih banyak hal yang bisa kita kerjakan, yakni bila satu pekerjaan bisa selesai lebih cepat itu berarti pekerjaan berikutnya bisa kita mulai lebih awal, dan begitu seterusnya hingga tidak terasa lebih banyak pekerjaan yang bisa diselesaikan dalam rentang waktu yang lebih sama.
  • Menutup ruang untuk menggerutu dan mengeluh, dua hal ini adalah hal yang sangat menghambat pekerjaan sekaligus memakan waktu yang banyak. Kenapa, karena menggerutu dan mengeluh adalah awal dari sifat bosan, malas, melamun, dan lain sebagainya.

PRINSIP PROJECT AND GOAL FOCUS

  • Specific (Spesifik / Khusus) Target suatu Proyek harus ditetapkan secara Spesifik dan Jelas. Suatu Target yang ditentukan dengan Special akan memiliki kesempatan pencapaian yang lebih tinggi dibandingkan dengan Target yang ditentukan secara umum dan luas.

  • Measureable (Dapat diukur) Target Proyek yang ditentukan harus dapat diukur dengan menggunakan indikator yang tepat sehinggan dapat melakukan peninjauan ulang, mengevaluasi pencapaiannya serta dapat melakukan tindakan-tindakan perbaikan yang seperlunya. Pengukuran harus berupa nilai-nilai kuantitatif yang berbentuk angka-angka berdasarkan fakta-faktanya.

  • Attainable (Yang dapat dicapai )Target Proyek yang ditentukan harus dapat dicapai melalui usaha-usaha yang menantang dan harus berdasarkan kemampuan yang dimiliki. Tim harus mengetahui dimana letak kemampuannya dan mempertimbangkan kinerja sekarang dengan kinerja yang sifatnya sempurna. Dari Kinerja Sekarang sampai ke Kinerja sempurna harus dilakukan secara bertahap dan Target yang ingin dicapainya juga harus ditetapkan secara bertahap pula. Pada versi SMART Goal lainnya, Attainable juga disebut dengan Achievable.

  • Realistic (Realistis)Target Proyek yang ditentukan harus bersifat Realistis, jangan menentukan Target yang terlalu tinggi dalam waktu yang sangat singkat. Harus mengetahui batas kemampuan dari Tim untuk mencapai Target Proyek yang ditentukan.

  • Timebound (Batas Waktu Harus menetapkan Batas waktu dalam mencapai Target Proyek. Tanpa adanya batas waktu, Tim akan bekerja lambat dan tidak ada perasaan urgensi (mendesak) sehinggasangat sulit untuk mencapai Target yang diinginkan.

TOKOH DUNIA YANG MEMILIKI SOFT SKILL PROJECT AND GOAL FOCUS

  1. Bill Gates yang sangat focus menggeluti bidang teknologi dan tidak menghiraukan ejekan orang lain.
  2. Thomas A Edison yang sangat focus dalam pembuatan lampu pijarnya walau ia telah mengalami kegagalan 999 kali.
3 Likes

Apakah ketika kita berjuang kita dapat mencapai tujuan yang kita inginkan ? Kenyataanya bahwa banyak orang berjuang untuk mengapai tujuan tersebut. Ketika kita menetapkan tujuan untuk diri sendiri, kita memiliki niat untuk mengapai tujuan. Ketika ingin sukses dengan tujuan yang dimiliki kita akan menuai banyak manfaat yang datang dengan membuat perubahan yang sukses dalam hidup. Namun ada kemungkinan kegagalan untuk memperhitungkan tujuan yang kita capai yaitu diri kita sendiri. Hanya perlu mengambil tindakan yang sesuai dalam perubahan-perubahan penting. Ada waktu dimana kegagalan menyebabkan hilangnya kepercayaan diri dan motivasi diri.

Banyak orang menyalahkan gangguan yang disebabkan oleh pekerjaan, keluarga, atau teknologi yang mengatakan bahwa anda sulit berkonsentrasi pada tujuan kita. Namun, hal ini akan selalu menjadi bagian dari hidup kita. Jika kita tidak mencapai tujuan hidup, kita tidak perlu menyalahkan faktor dari luar diri kita. Kita harus menyangkal bahwa keberhasilan terletak dalam diri kita. Yang perlu kita lakukan adalah menemukan cara untuk mengelola faktor yang memungkinkan kita untuk tetap fokus pada tujuan, dan mempertahankan kehidupan yang sehat dan seimbang.

Sebuah studi di University of Hertforshire mengunkap bahwa hampir 50% dari orang membuat resolusi tahun baru yang mencakup tujuan yang berarti, tetapi 78% dari orang – orang yang akan gagal mempertahankan fokus mereka dan mencapai tujuan tersebut. Untuk alasan tersebut kita harus menetapkan tujuan, dan fokus terhadap hal yang bisa menyebabkan menjadi masalah dan membuat rencana yang akan membuat fokus pada tujuan utama kita.

Strategi untuk bertahan dalam tujuan kita

  • Mempersempit daftar, tujuan yang besar tetapi jika kita memilik terlalu banyak keinginan maka kita akan segara melihat bahwa salah satu tujuan akan menganggu yang lain.
  • Memecah setiap tujuan utama, Strategi yang sama sangat penting untuk mencapai tujuan anda. Tujuan besar bisa sangat luar biasa. Hal ini menyebabkan anda kehilangan kepercayaan diri dan motivasi pribadi.
  • Mitra akuntabilitas selama tujuannya tidak terlalu pribadi. Memberitahu orang-orang yang kita percaya yang ada disekitar kita akan membuat tujuan kita menjadi lebih akuntabel.
  • Catat, mengukur dan mendokumentasikan proses kita. Ketika kita menetapkan tujuan salah satu pertama yang harus kita lakukan adalah memutuskan bagaimana kita mengukur kemajuan dalam diri kita.
  • Buat papan tujuan fisik atau virtual. Untuk membantu kita tetap fokus pada tujuan kita, dan dapat menjadi pengingat visual mengaopa kita membuat tujuan tersebut.

Sumber diambil dari : http://www.coachingpositiveperformance.com/5-simple-ways-stay-focused-goals/

1 Like

8 Ways to Stay Focused on Your Goals

Tetap fokus terhadap sebuah tujuan merupakan hal yang sangat sulit. Sebagian besar dari kita hanya akan semangat dan termotivasi di awal saja. Namun di waktu-waktu berikutnya rasa semangat dan motivasi tersebut perlahan akan berkurang sedikit demi sedikit. Beban perkerjaan yang semakin berat dan hal-hal lain dapat membuat kita keluar dari jalur fokus yang telah kita susun dari awal.

Saat berada pada keadaan yang tidak dapat dihindari, akan sangat mudah untuk kehilangan fokus kita. Kita tahu bahwa alasan-alasan tersebut hanya akan membuat kita bergerak semakin jauh. Berjalan semakin jauh dari tujuan kita dan apa yang ingin kita lakukan merupakan hal yang tidak baik. Jadi, tetap berfokus pada tujuan kita bukan hanya merupakan hal yang penting tapi juga krusial.

Tidak ada tujuan yang akan dicapai dengan mudah. Big goals biasanya berada sangat jauh dari tempat kita sekarang dan seringkali terasa menakutkan.

Namun ada sistem untuk selalu fokus pada tujuan anda. Ada beberapa cara dan tehnik yang dapat anda implementasikan. Kuncinya disini adalah buatlah perencanaan sebelum anda kehilangan fokus tersebut. Ketika anda memiliki rencana untuk tetap fokus, maka anda akan dapat mengantisipasi hal-hal percuma yang dapat membuat anda berbelok terlalu jauh dari fokus anda saat ini.

Berikut merupakan metode-metode yang dapat anda terapkan:

1. Write out your goals
Jika anda tidak pernah menuliskan tujuan anda, maka anda akan berkemungkinan kehilangan hal yang paling penting dari tujuan itu. Ketika anda tidak menuliskannya maka tujuan tersebut akan tetap terlihat secara abstrak. Tuliskan tujuan tersebut dan buatlah menjadi sespesifik mungkin.

Menuliskan tujuan juga merupakan langkah awal pembuatan tujuan yang baik. Jika anda ingin selalu fokus pada tujuan, pastikanlah untuk melakukan penanganan yang tepat. Menempatkan tujuan hanya di kepala anda merupakan sebuah penetapan tujuan pasif. Dimana secara rinci hanya diselesaikan didalam pikiran saja. Hal tersebut dapat membuat anda kehilangan fokus dengan mudah.

2. Create a mission statement
Jika anda serius dengan tujuan anda maka buatlah sebuah misi. Pernyataan misi dapat membantu mengatur waktu dan energi anda terhadap hal-hal yang terjadi dan membantu anda mempertahankan fokus.

Buatlah misi secara rinci kemudian letakkanlah di tempat dimana anda dapat melihatnya setiap saat. Ketika anda mulai kehilangan fokus, bacalah ulang misi tersebut dan bayangkan mengapa anda melakukannya setiap hari.

3. Become an effective manager of your time
Mustahil anda tetap bisa fokus pada tujuan jika anda sendiri tidak dapat mengatur waktu anda dengan baik. Menjadi seorang pngatur waktu yang baik dan efektif dapat membuat anda lebih maju. Salah satu sistem terbaik adalah sistem manajemen waktu kuadran. Sistem ini membagi kegiatan anda sehari-hari menjadi 4 kuadran secara terpisah berdasarkan dua faktor yakni, urgensi dan penting.

  1. Kuadran 1: kegiatan yang bersifat penting dan mendesak. Pada kuadran ini terdiri dari krisis jangka pendek serta masalah-masalah yang ada. Anda diharuskan untuk dapat mengatur sebaik mungkin.
  2. Kuadran 2: kegiatan yang bersifat tidak mendesak namun penting. Kuadran ini berisi tentang tujuan jangka panjang anda dimana ia tidak harus dilaksanakan saat ini jug namun juga penting bagi kehidupan kita.
  3. Kuadran 3: kegiatan yang bersifat mendesak namun tidak penting. Kuadran ini dapat berisikan gangguan-gangguan yang bisa saja datang dan terjadi dalam keseharian anda.
  4. Kuadran 4: kegiatan yang bersifat tidak penting dan tidak mendesak, contohnya adalah bermain dengan teman, menonton tv dan dan berpesta. Jika anda berada pada kuadran ini untuk hari yang lebih banyak maka akan lebih besar kemungkinan bagi anda untuk kehilangan fokus.

4. Develop milestones towards your goals
Terkadang sulit untuk tetap fokus pada tujuan kita karena ia telihat begitu jauh. Bagaimana kita selalu termotivasi hari ini, esok dan selanjutnya? Namun hal ini dapat menjadi mudah dengan kita membuat suatu tonggak pencapaian menuju tujuan kita.

Tonggak tersebut dapat membuat anda selalu fokus pada tujuan. Misalnya dengan membuat tonggak jangka pendek terlebih dahulu seperti pencapaian mingguan, bulanan dan tahuhan. Hal itu dapat membantu anda untuk mencapai tujuan jangka panjang dengan lebih mudah. Tujuan jangka pendek yang anda ciptakan dapat membuat tujuan jangka panjang anda terlihat lebih rasional untuk dicapai.

5. Meticulously construct and follow a plan
Untuk tetap fokus pada tujuan kita, kita perlu rencana. Sebuah rencana yang membantu untuk mencapai tujuan kami dari waktu ke waktu. Jika anda ingin serius dengan sebuah rencana, pastikan anda membuat sebuah rencana dan fokus pada pencapaiannya.

Tapi jangan hanya membaut sebuah rencana, melainkan sebuah rencana yang mana anda harus melakukan sesuatu setiap harinya. Anda harus membuat rencana jangka panjang untuk mencapai tujuan anda dan melihat apa yang dapat mengubahnya di sepanjang jalan pencapaiannya. Ketika anda mengetahui halangan yang mungkin datang, maka anda akan dapat dengan mudah menentukan solusi lain agar tujuan tersebut tetap tercapai.

6. Analyze your progress on a daily basis
Salah satu cara penting agar dapat tetap fokus pada tujuan adalah dengan menganalisis kemajuan yang telah dilakukan. Seberapa jauh kita telah berjalan dan seberapa jauh lagi jarak yang tersisa untuk titik pencapaiannya. Analisis tersebut dapat membantu anda menilai jika ada sesuatu yang tidak berjalan sesuai dengan rencana dan anda dapat memperbaikinya sebelum terlambat.

7. Avoid procrastination
Terkadang juga tetap fokus pada tujuan sama saja dengan menghindari penundaan. Kita bisa saja melakukan berbagai hal untuk menghindari penundaan tersebut karena bagaimanapun hal tersebut sedikit banyak dapat mengganggu pikiran kita. Namun tidak mudah juga untuk membuat tujuan tercapai dengan lebih lama. Jika kita ingin mencapai tujuan kita kita memerlukan sebuah strategi. Tentang bagaimana kita dapat menghindari terjadinya penundaan tesebut namun juga tetap bisa fokus pada tujuan tersebut.

8. Implement motivational techniques
Yang terakhir namun tidak kalah penting adalah dengan menerapkan beberapa tehnik motivasi yang ada untuk membuat anda tetap berada pada jalur pencapaian tujuan tersebut. Mungkin hal mampu menginspirasi bagi masing-masing orang tidaklah sama, namun menggunakan motivasi merupakan hal yang jauh lebih mudah.

Mungkin dengan cara mendengarkan musik, menonton video motivasi atau dengan membaca buku anda dapat memperoleh motivasi tersebut. Dan pada akhirnya semua itu bergantu pada anda untuk tetap fokus atau tidak. Satu-satunya orang yang akan dapat berbuat curang dengan tidak berupaya setiap hari untuk mencapai tujuan anda, adalah diri anda sendiri. Lakukan yang terbaik untuk menghindari gangguan dan pemborosan waktu serta selalu bekerja menuju tujuan dengan tetap termotivasi.

Dan apabila anda menemui beberapa hambatan, hal itu bukan merupakan suatu akhir. Bahkan orang yang paling terkenal di dunia pernah dan seringkali mengalami kegagalan dalam hidupnya. Jangan takut gagal. Jangan biarkan anda kehilangan fokus pada tujuan tersebut. Tetap berusaha dan jangan pernah menyerah.

Sumber: https://www.wanderlustworker.com/8-ways-to-stay-focused-on-your-goals/

2 Likes

Berikut adalah cara yang dapat anda lakukan agar tetap fokus pada tugas dan tujuan anda,

  1. Menghilangkan gangguan
    Langkah pertama agar bisa fokus adalah dengan mengurangi atau menghilangkan gangguan tersebut. Seperti halnya anda saat mengerjakan tugas tapi handpone anda berbunyi atau ada orang yang mengteuk pintu. Anda tidak akan bisa fokus. Oleh Karena pertama singkirkan gangguan-gangguan yang dapat mengganggu konsetrasi anda

  2. Fokus anda seperti sebuah otot – latihlah
    Melatih fokus sama seperti melatih otot anda , jika mengembangkan otot anda memerlukan kerutinan olahraga di gym sama halnya fokus. Jika biasanya anda hanya bisa fokus hanya sampai 5 menit, coba mulai meningkatkan target bisa fokus sampai 40 menit. Apakah itu sulit ? tentunya tidak dengan latihan fokus dengan pelan-pelan sepeti berlatih dimulai dengan fokus 5 menit kemudian tingkatkan 10 menit kemudian 20 menit dan terus latihlah dengan rutin maka seperti otot maka otot anda akan terbentuk sama halnya denga fokus kita.

  3. Lakukan hal pertama di pagi hari
    Semua hal seperti energi, kemauan atau fokus lebih kuat di pagi hari, maka lakukan atau kerjakan pekerjaan anda atau belajar anda di pagi hari Karena akan mempermudah dan mempercepat anda dalam menyelesaikannya.

  4. Buatlah sebuah rencana
    Biasakan mempunyai rencana, sama halnya ketika berangkat ke kantor lalu mengerjakan suatu tugas tiba tiba keluar pikiran, “apakah tugas ini yang harus saya kerjakan dahulu?”. Oleh Karena itu buatlah sebuah rencana atau rangkaian kegiatan dahulu agar apa yang dikerjakan akan lebih teratur dan tentunya kita lebih mudah untuk fokus mengerjakannya.

  5. Beristirahatlah dengan teratur
    Istirahatlah secukupnya. Dengan isitrahat akan membuat fokus, konsentrasi, kemauan dan mood anda akan terasa segar kembali. Tapi biasakan sebelumnya jangan berpikirkan untuk melakukan pekerjaan yang seharusnya dikerjakan sekarang atau sebelumnya untuk dilakukan setelah istirahat.

Akhirnya kembali pada anda, jika anda menghabiskan waktu anda untuk fokus pada hal penting pada diri anda, fokus pada pekerjaan anda, fokus pada tujuan anda maka akan mempermudah anda untuk menjadi sukses dan menjadikan anda sebagai orang produktif, terapklan 5 langkap tersebut, it’s very ez

referensi : http://www.mintfull.com/blog/how-to-stay-focused/

11 Cara untuk Tetap Termotivasi dan Fokus Terhadap Pencapaian Tujuan Anda

Memang tidak mudah untuk memotivasi diri sendiri supaya tetap fokus ke tujuan yang ingin dicapai. Ada beberapa hal yang mungkin bisa mengganggu konsentrasi anda untuk tetap fokus, seperti masalah kesehatan, dan lain sebagainya.

Berikut ini, ada 11 Cara untuk Tetap Termotivasi dan Fokus Terhadap Pencapaian Tujuan Anda :

1. Jangan Selalu Mengansumsikan Bahwa Uang Bisa Memotivasi Anda
Uang memang bukanlah segalanya dan juga bukan satu-satunya hal yang bisa dijadikan motivasi dalam hidup atau bekerja. Banyak orang yang beranggapan bahwa uang yang bisa memotivasi diri mereka. Namun kenyataannya, sangat sulit untuk mempertahankan bahwa uang adalah motivasi anda jika apa yang anda kerjakan dilakukan dengan terpaksa, atau bisa dikatakan pekerjaan anda sebenarnya tidak sesuai dengan passion anda.

2. Memastikan Lagi Tujuan Anda
Hal yang paling sulit adalah memastikan lagi tujuan yang benar-benar ingin anda capai. Anda harus berpegang teguh dengan tujuan awal anda, jangan sampai di tengah jalan anda memikirkan hal lain yang mungkin melenceng dari tujuan awal anda. Karena jika hal tersebut terjadi, maka anda menjadi kurang fokus untuk mencapai tujuan utama anda.

3. Memvisualisasikan Hasil Akhir Pencapaian Tujuan Anda
Memvisualisasikan atau membayangkan hasil akhir dari pencapaian tujuan anda itu perlu. Karena bisa menimbulkan perasaan lega dan senang pada diri sendiri yang membuat anda bersemangat untuk tetap fokus pada tujuan utama anda.

4. Membagi Tujuan Utama Anda Menjadi Bagian Terkecil
Misal, anda ingin membersihkan kamar. Hal pertama yang akan anda lakukan adalah merapikan tempat tidur, kemudian merapikan dan membersihkan debu di meja belajar dan lemari, menyapu lantai, kemudian mengepel lantai. Jadi sebelum anda ingin mencapai keseluruhan tujuan anda tersebut, ada baiknya anda membagi hal-hal paling mudah atau paling kecil untuk dilaksanakan terlebih dahulu supaya tujuan utama anda lebih mudah untuk diatur.

5. Tap Into Other People’s Energy
Lingkungan juga mempengaruhi pola pikir, sifat, dan juga semangat anda. Contohnya jika anda memilikki passion di dunia bisnis dan anda berada di lingkungan dimana teman-teman anda dan sekolah anda juga berhubungan dengan dunia bisnis, maka anda pun jadi bersemangat dan topik pembicaraan anda dengan teman-teman maupun dosen/guru menjadi lebih seru dan menyenangkan karena anda sepemikiran dengan mereka.

6. Get Organized
Mengatur jadwal kegiatan adalah hal yang harus dilakukan oleh setiap orang. Apabila anda tidak bisa mengatur jadwal anda, maka pikiran dan tubuh anda menjadi kacau, capek, dan tertekan. Sebaiknya anda membuat waktu khusus untuk mencapai tujuan yang anda ingin capai dan lakukan secara rutin sesuai jadwal yang sudah anda atur di awal.

7.Keep The Big Picture In Mind
Hal yang perlu di ingat adalah anda memilikki tujuan sebenarnya bukan untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan saja. Seharusnya tujuan anda yang sesungguhnya adalah memberikan ‘sesuatu’ yang terbaik menurut versi anda sesuai dengan passion anda.

8. Jangan Khawatir Apabila Anda Belum Bisa Mengendalikan Sesuatu Yang Belum Anda Kuasai Sebelumnya
Lebih baik anda fokus untuk meningkatkan kualitas kerja anda sesuai dengan passion atau kelebihan anda di bidang tertentu. Untuk sesuatu yang lain diluar kemampuan anda, mungkin bisa belajar lagi seiring berjalannya waktu.

9. Carilah Informasi yang Positif
Tentunya untuk menginspirasi dan menyegarkan pikiran anda, lebih baik anda mengisi pikiran anda dengan hal-hal positif salah satunya adalah membaca buku maupun surat kabar. Membaca topik yang sesuai dengan tujuan anda akan membuat anda lebih termotivasi untuk segera melakukan dan menyelesaikan tujuan anda tersebut.

10. Mengingat Kembali Mengapa Anda Membuat Tujuan Itu
Ada saatnya anda merenung dan mengingat kembali apa tujuan yang telah anda buat sebelumnya. Mengapa anda memilih untuk melakukan hal tersebut, apa dampaknya bagi orang lain setelah anda berhasil mencapai tujuan anda, apa jangka panjang dan jangka pendek kedepannya, dan lain sebagainya. Hal ini bisa membantu anda untuk termotivasi kembali ketika anda mulai menyerah di tengah-tengah pekerjaan anda.

11. Konsisten
Hal yang paling penting adalah untuk tetap konsisten terhadap tujuan anda. Karena apabila anda konsisten dengan apa yang ingin anda capai walaupun anda merasa bosan dan mulai menyerah sekalipun, anda akan tetap fokus dan melupakan hal-hal yang membuat anda ingin menyerah.

Referensi : https://www.bustle.com/articles/172824-11-ways-to-stay-motivated-focused-to-achieve-your-goals

Fokus adalah ketika pikiran kita terpusat pada sebuah titik yang menjadi sasaran kita. Fokus juga sama saja dengan konsentrasi penuh pada satu tujuan.

Jika kita fokus, pikiran kita pasti hanya terpusat pada titik tersebut dan tidak terpengaruh oleh halangan atau gangguan yang ada. Fokus sebenarnya adalah pekerjaan mudah. Tetapi, masih sangat banyak orang yang mengalami salah fokus atau fokus terhadap beberapa hal. Hal ini bukan terjadi hanya pada orang kebanyakan seperti kita, tetapi juga kepada para pemimpin yang ada.

Leader atau pemimpin sendiri berarti orang yang diberi tugas untuk memimpin. Memimpin memiliki arti menuntun orang pada sebuah tujuan, menunjukkan jalan, membimbing. Berarti, secara otomatis, seorang leader harus memiliki fokus yang baik.

Mengapa? Karena ia harus menjadi kepala dalam sebuah pekerjaan atau project yang ada, ia dituntut untuk menuntun orang, menunjukkan jalan, membimbing. Dengan kata lain, jika sang pemimpin tidak memiliki fokus yang baik, ia bisa saja menuntun orang-orang ke jalan yang kurang tepat untuk mencapai sebuah tujuan.

Fokus adalah salah satu skill yang harus, wajib dimiliki oleh para pemimpin. Jika seorang pemimpin tidak fokus, anggota-anggota atau orang-orang yang dipimpinnya akan kebingungan bagaimana tujuan yang telah ditentukan akan tercapai, jalan apa yang harus ditempuh.

Seperti ada yang berkata, “If you chase two rabbits, both will escape”, jika Anda mengejar dua kelinci, keduanya akan lepas.

Apakah kita tidak boleh mengerjakan dua hal sekaligus? Tidak ada yang melarang, asalkan kita fokus dalam prosesnya. Tetapi, multi-tasking kadang membuat banyak hal yang kita lakukan tidak terealisasikan dengan maksimal bahkan yang lebih parahnya, mereka tetap setia menjadi sebuah rencana saja dan tidak terlalu efisien.

Otak kita hanya benar-benar mampu melakukan satu hal dalam waktu tertentu. Jika kita ber-multi-tasking­, maka otak kita akan mengatur “Short Attention”, perhatian yang singkat di tiap hal yang kita lakukan. Untuk orang yang sudah terlalu lama terbiasa seperti ini, akan lebih sulit untuk belajar fokus pada suatu hal lagi.

Fokus itu penting karena kemampuan kita untuk fokus akan memampukan kita untuk menciptakan hal-hal yang belum pernah kita ciptakan sebelumnya.

Kefokusan kita akan memampukan kita untuk menyederhanakan masalah dan menujukan pandangan dan prioritas hanya pada yang sangat penting.

Dalam melakukannya, kita belajar untuk fokus pada hal-hal yang lebih kecil yang membuat kita lebih efektif.

Banyak hal yang dapat kita lakukan untuk membuat kita lebih fokus.

  • Pertama, buatlah list kegiatan atau hal-hal sesuai prioritas Anda dan perkirakan waktu yang dibutuhkan. Seperti kutipan dari Marcus Aurelius, “Most of what we say and do is not essential. If you can eliminate it, you’ll have more time, and more tranquillity. Ask yourself at every moment, ‘Is this necessary?”. Artinya, “Sebagian besar yang kita katakan dan lakukan tidak esensial, jika kita bisa menguranginya, kita akan punya lebih banyak waktu dan ketenangan, tanya diri kita setiap saat, apakah ini penting?”.

  • Kedua, kurangi gangguan-gangguan, seperti mencari tempat yang nyaman untuk melakukan suatu pekerjaan, tidak harus tempat yang sepi. Matikan gadget Anda atau disconnect gadget Anda dari koneksi internet agar notifikasi tidak mengganggu Anda selama bekerja. Jika kita suka terganggu dengan khayalan-khayalan atau bahkan kenangan masa lalu, jangan langsung memerintahkan otak untuk berhenti. Beri sedikit waktu untuk memikirkannya dan langsung buang gangguan-gangguan pikiran tersebut jauh-jauh. Ketiga, beri waktu tiap hari untuk menenangkan diri, menjauhkan diri dari rutinitas agar tidak mengalami stres.

Tokoh yang sejauh ini memiliki tingkat kefokusan yang baik adalah Steve Jobs. Hanya sebagian kecil orang di dunia ini yang mungkin tidak tahu siapa itu seorang yang bernama Steve Jobs. Steve Jobs adalah co-founder sekaligus CEO Apple Inc. Steve Jobs adalah seorang yang telah berlatih Zen sejak lama.

Dari situ, ia belajar untuk meningkatkan fokusnya dan menerapkannya dalam menjalankan perusahaannya. Steve Jobs mengatakan, “Jangan terperangkap oleh dogma – yaitu hidup dengan hasil pemikiran orang. Jangan biarkan perkataan-perkataan orang memadamkan suara hati kita”. Contoh kecil yang nyata dari kehidupan Steve Jobs adalah tatanan isi rumahnya.

Berdasarkan perkataan-perkataan kerabat kerjanya, dalam rumah Steve Jobs hampir tidak ada perabotan. Hanya ada foto Einstein, sosok yang ia kagumi, dan lampu, kursi, serta tempat tidur. Ia benar-benar hati-hati dalam memilih hal-hal dalam hidupnya. Ia hanya memfokuskan pemikirannya pada hal-hal yang benar-benar berguna untuk hidupnya. Steve Jobs sangat menjunjung tinggi fokus dan kesederhanaan.

Semua ia terapkan dalam mendesain produk-produk Apple yang ada sekarang. Menurut Steve Jobs, kita harus bekerja keras untuk menjernihkan isi pikiran kita untuk menyederhanakan hal-hal dalam hidup, karena ketika kita berhasil melakukan, kita mampu untuk memindahkan gunung.

Intinya, kefokusan adalah skill yang wajib dimiliki setiap pemimpin yang ada di mana pun ia memimpin. Jika tidak fokus, ia tidak akan mampu memimpin anggota-anggota atau rekan kerjanya untuk mencapai tujuan. Steve Jobs telah membuktikan bahwa jika seorang pemimpin memiliki tingkat fokus yang baik, maka ia bisa menghasilkan sesuatu yang luar biasa.

Jika kita fokus, kita mampu menyederhanakan hal-hal yang rumit sehingga kita lebih mudah melakukannya.

Referensi :