Bagaimana caranya agar menjadi seorang manajer produk yang baik?

manajemen_produk
manajer

(Dictio Community) #1

Terkadang kita mendapatkan tugas yang kita masih belum banyak pengalaman disana. Terutama apabila kita bekerja diperusahaan kecil atau startup.

Hal-hal apa saja yang bisa kita lakukan agar kita bisa menjadi seorang product manager yang baik ?


(I Made Andwi Raditya Prabhawa) #2

Berikut beberapa tips dan cara menjadi manajer yang sukses yang bisa diterapkan oleh semua manajer seperti yg dikutip di laman pakarkinerja.com, yaitu:

1. Mendelegasikan Tugas dengan Tepat

Hal ini adalah salah satu cara menjadi manajer yang sukses yang sayangnya masih kurang dilakukan oleh banyak manajer. Mendelegasikan tugas secara tepat dan merata kepada anggota tim yang lain akan meringankan beban kerja yang terlalu menumpuk.

Selain itu, mendelegasikan sesuatu kepada orang lain akan membantu meningkatkan kemampuan dan juga kepercayaan diri dari orang tersebut yang pada akhirnya bisa bermanfaat bagi kinerja kerjanya.

2. Penetapan Standar dan Aturan yang Jelas

Para manajer hendaknya menciptakan standar dan aturan yang jelas yang perlu diketahui oleh para bawahan. Semua orang perlu mengetahui dengan pasti arah seperti apa yang diharapkan oleh manajer yang ada sehingga mereka bisa melakukan tugas dengan lebih baik.

Penetapan standar ini juga bisa didapatkan berdasarkan masukan dan input dari para karyawan itu sendiri. Selain itu, penetapan standar bisa diperjelas menjadi lebih jauh menjadi penetapan tujuan yang ingin dicapai bersama

3.Komunikasi Efekfit

Kemampuan untuk melakukan komunikasi yang efektif adalah hal yang wajib untuk dimiliki oleh para manajer. Komunikasi ini sendiri bisa dilakukan dalam berbagai cara baik secara lisan maupun tulisan.

Komunikasi ini juga harusnya berlangsung dua arah atau secara interaktif dimana sang manajer dan karyawan saling mengerti satu sama lain. Seorang manajer juga diharapkan untuk memberikan waktu bagi para karyawan sehingga bisa tercipta rasa saling menghargai antara semua pihak.

4. Mengenali Pencapaian yang ada

Setelah adanya penetapan aturan dan tujuan yang jelas, hendaknya para manajer belajar untuk mengenali pencapaian yang dilakukan oleh para bawahan. Tidak hanya berhenti pada upaya mengenali pencapaian, salah satu cara menjadi manajer yang sukses adalah kemampuan untuk memberikan penghargaan kepada mereka yang berhasil melakukan pencapaian tersebut.

5. Mencari Solusi Jangka Panjang

Seorang manajer hendaknya mampu menerima perubahan yang ada dan mampu membuat kebijakan untuk bisa mengatasi masalah yang datang. Namun, perlu juga dipikirkan untuk mencari solusi jangka panjang yang akan membuat berbagai masalah yang sering muncul untuk tidak terjadi lagi di masa yang akan datang. Cobalah untuk mengatasi akar permasalahan dan bukan hanya gejala permasalahan yang timbul.

6. Ciptakan Suasana Kantor yang Nyaman

Beban kerja seorang manajer memang sangatlah besar dan terkadang hal ini bisa menjadi sumber stress baik untuk sang manajer maupun untuk para karyawan. Seorang manajer bisa meminimalisir masalah ini dengan cara menciptakan suasana dan lingkungan kerja yang nyaman dan menyenangkan.

Hal ini akan membuat semua orang untuk tetap mampu bekerja dengan maksimal terlepas dari beban kerja yang ada, karena suasan kantor yang menyenangkan.

7. Mengakui Kesalahan

Seorang manajer adalah seorang manusia yang bisa melakukan kesalahan. Tidak ada salahnya untuk mengakui kesalahan yang dilakukan dan meminta maaf kepada seluruh anggota tim.

Bila perlu, bisa dilakukan diskusi untuk membahas hal yang sudah terjadi dan hal-hal apa yang bisa dilakukan untuk menanggulangi efek dari kesalahan tersebut dan hal apa yang bisa dilakukan sehingga hal yang sama tidak akan terjadi lagi di kemudian hari.

8. Memotivasi Semua Orang

Cari tahu terlebih dahulu apa yang menjadi motivasi dari para karyawan. Salah satu cara menjadi manajer yang sukses adalah mengetahui apa motivasi dari para bawahan dan berikan sesuatu yang bisa memenuhi motivasi ini.

Tidak semua orang termotivasi karena uang, sebagian orang merasa termotivasi karena alasan lain misalnya saja kesempatan untuk mengembangkan diri di perusahaan tersebut, kesempatan untuk mendapatkan asuransi kesehatan ataupun kesempatan untuk mendapatkan pengakuan atas prestasi yang mereka tunjukkan.

9. Menerima Perbedaan

Manajer yang baik hendaknya mampu menerima perbedaan dan tidak pilih kasih terhadap orang-orang tertentu. Sikap pilih kasih bisa terjadi dari waktu ke waktu untuk alasan yang berbeda dan hal ini sesungguhnya bisa mempengaruhi rasa hormat dari para karyawan yang lain.

Perlakukan semua orang dengan baik dan setara, namun tetap tidak lupa untuk memberikan penghargaan kepada orang yang berhak.

10. Menjadi Contoh dan Tauladan

Seorang manajer yang baik hendaknya mampu memberikan contoh dan tauladan yang baik kepada semua orang. Bila sebuah aturan telah ditetapkan, maka hendaknya sang manajer adalah orang pertama yang menunjukkan bahwa dirinya adalah orang yang mematuhi aturan tersebut.

Hal ini akan membuat para karyawan menjadi lebih hormat kepada para manajer dan secara tidak langsung tindakan ini akan mengajak mereka untuk menaati aturan yang ada.

11. Displin

Disiplin adalah salah satu hal yang perlu diterapkan oleh seorang manajer. Disiplin yang dimaksud disini bisa mencakup banyak hal termasuk diantaranya adalah tetap disiplin dalam melakukan berbagai hal yang berkaitan dengan tugas seorang manajer.

Seorang manajer memiliki tanggung jawab yang besar yang sepertinya tidak ada habisnya. Namun, dengan tetap disiplin dalam melakukan tugas yang ada akan membuat sang manajer lebih mampu melakukan pekerjaannya dengan maksimal dan membuat dirinya menjadi manajer yang lebih baik.

Sumber: pakarkinerja.com


(Yusriyah Rahmah) #3

Menurut saya, manager memiliki peran penting untuk memimpin jalannya suatu organisasi, maka dari itu manager harus memiliki sikap adil kepada seluruh anggotanya dan memiliki komunikasi yang baik dengan anggotanya, agar suatu startup itu berjalan dengan nyaman dan ikhlas dalam prosesnya, maka anggota akan mengerjakan tugasnya dengan senang hati.