Bagaimana caranya agar kita terbiasa bangun pagi ?

Sudah banyak penelitian yang membahas terkait manfaat bangun pagi. Tetapi masih banyak orang-orang yang susah untuk bangun pagi.

Penelitian terbaru mengungkap, ada penjelasan ilmiah mengapa sebagian orang tidak bisa bangun dan bekerja pagi layaknya kebanyakan orang.

Peneliti telah mengidentifikasi apa yang disebut mutasi genetik, yang tampaknya mampu menjelaskan mengapa sebagian orang dapat bertahan hingga larut malam dan kesulitan bangun di pagi hari.

Mutasi gen CRY1 dinilai peneliti memperlambat jam biologis internal tubuh yang mendikte kapan Anda merasa mengantuk di malam hari dan siap untuk bangun pagi. Individu dengan varian gen ini memiliki jam biologis yang berbeda.

Profesor Michael Young, yang memimpin tim AS dari The Rockefeller Universitas yang membuat penemuan mengatakan, “Dibandingkan dengan mutasi lain yang telah dikaitkan dengan gangguan tidur, ini adalah perubahan genetik yang cukup berdampak.”

Mutasi ini didiagnosis dengan gangguan fase tidur tertunda (DSPD). Cirinya, orang tersebut merasa enerjik di waktu setelah kebanyakan orang lain telah tertidur, dan penderita DSPD memiliki kesulitan untuk beraktivitas di pagi hari.

Bila dipaksa untuk bangun pagi, mereka dapat mengalami insomnia dan hari penuh kelelahan.

Prof Young mengatakan, banyak pasien DSPD mampu mengontrol siklus tidur mereka dengan mengikuti jadwal yang ketat.

“Seperti kebiasaan merokok, ada terapi yang dapat kita lakukan untuk membantu masalah genetik ini sebelum beralih ke obat-obatan. Bila Anda atau kerabat mengalami kesulitan untuk mengikuti jam kantor atau sekolah, segeralah berkonsultasi ke ahli tidur untuk mendapatkan terapi sesuai,” katanya.

1 Like

Jangan minum minuman yang mengandung kafein di malam hari

Sebaiknya menghindari kafein 8 jam sebelum tidur. Makanan dan minuman yang mengandung kafein antara lain ; Minuman bersoda, Kopi, Minuman ber-energi, Teh dan Coklat.

Matikan Televisi dan layar smartphone anda 1 - 2 jam sebelum tidur

Dengan mematikan televisi dan lampu kamar tidur anda, tubuh akan memproduksi Melatonin, dimana melatonin hanya muncul ketika kondisi gelap. oleh karena itu melatonin biasa disebut "Dracula of hormones"

Melatonin adalah hormon alami yang diproduksi oleh kelenjar dibawah otak (pituitary gland) yang membantu anda untuk tidur.

Tidur pada suhu yang sesuai

Suhu kamar yang ideal ketika tidur adalah 20 - 22 derajat Celcius

Mandi atau berendam SEBELUM tidur

Dengan mandi dapat membuat otot menjadi relaks sehingga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur.

Buat catatan-catatan terkait hal-hal yang akan anda lakukan keesokan hari

Sebelum tidur, buat daftar yang anda perlukan besok hari, ide-ide yang anda miliki dan segala sesuatu yang dapat membut anda “berpikir” ketika akan tidur. Intinya, “lupakan” segala sesuatunya ketika anda akan tidur.

2 Likes

Yang saya lakukan adalah menyadari bahwa hidup sehat sangat penting. Ini mungkin konyol tetapi berhasil bagi saya. Tiap pagi saya harus bangun, sholat subuh kemudian saya bisa melihat dan menyapa mbak-mbak di samping rumah yang cantik.

Dari awal saya termotivasi bahwa ketika bangun pagi saya akan mendapatkan sesuatu. Sehingga ketika mbak-mbak itu pergi kebiasaan saya untuk bangun pagi masih sama. Lanjut jogging 20 menit sehari jika tidak hujan kemudian berangkat bekerja. Olahraga pagi akan membuat kita segar dan lebih berstamina sepanjang hari.
Dari situ saya sadar bahwa bangun pagi memiliki keuntungan yang hebat. Selain melihat matahari terbit yang indah, menonton TV terutama Berita pagi. Bersantai dengan teh hangat. Kemudian melanjutkan aktivitas.

Saya membatasi untuk bekerja tidak sampai pagi. Saya harus tidur kemudian saya lanjutkan bekerja di pagi hari di jam 4 pagi. Hidup saya lebih baik.
Memang untuk memulai sangat menyakitkan bagi tubuh dan mental. Siang lemas dan ngantuk. Ketika siang saya tidur siang selama 30 menit. Kemudian tidak pernah tidur siang lagi.
Tips yg berguna bagi saya di pagi hari setelah sarapan. Kopi hitam dan butter unsalted, jus bersama kemudian di minum.
Berikan motivasi dan target yang harus anda capai di tiap hari entah itu hal yang penting atau tidak yang jelas itu harus menyenangkan dan anda sukai. Sehingga anda secara sukarela akan bangun pagi ketika alarm berbunyi. Tidak ada lagi malas malasan di pagi hari.
Terus terang hanya hari minggi saya puas puaskan tidur. Jika hari minggi tidak ada kegiatan di pagi hari. Bangun pagi jika ingin ke CFD melihat mbak-mbak cantik jogging.
Intinya menemukan motivasi dan hal yang anda sukai yang di lakukan setiap hari hingga anda terbiasa.

1 Like