Bagaimana Caranya agar Kita Memiliki Kepandaian dalam Banyak Hal?

kecerdasa

Kepandaian dalam banyak hal (Versatility) – Bekerja membutuhkan optimisme tinggi dan orientasi “bisa lakukan”. Bekerja juga membutuhkan berbagai macam bakat dan kerelaan untuk beradaptasi dengan perubahan tugas yang dibutuhkan.

2 Likes

Definisi dari versatility adalah mampu atau bisa menyesuaikan dengan mudah dari satu ke berbagai tugas, bidang, usaha, dll. Menjadi pandai dalam beberapa hal merupakan sebuah tantangan besar bagi banyak orang. Banyak dari kita tidak mencoba untuk belajar hal-hal, metode, atau bahkan bidang baru yang membawa kita keluar dari zona nyaman. Permasalahannya adalah saat kemampuan kita tidak dibutuhkan dalam waktu yang lama, kita akan menjadi pengangguran, atau bekerja di beberapa pekerjaan yang hanya membutuhkan tingkat keterampilan seadanya.

Menurut Mike Haberman, versatile bukan hanya menjadikan sesuatu yang sedang dikerjakan menjadi lebih baik. Namun, ini tentang kemampuan seseorang untuk mengerjakan sesuatu yang belum mampu dikerjakan sebelumnya
Jadi ada beberapa pemkiran yang mungkin seseorang dapat lakukan untuk menjadi versatile:

Pertama, seseorang harus memutuskan bahwa ia bisa dan harus lebih pandai dalam banyak hal. Adanya penelitian yang menjelaskan bahwa seseorang bisa mengubah otaknya dengan berpikir, dimana fisik dan structural mengubah otak seseorang. Sehingga pikiran-pikiran negative dalam diri perlu dihilangkan.

Membaca. Mulai membaca dengan sebagian besar bacaan yang berbeda. Keluar dari zona nyaman. Membaca hal yang belum pernah dibaca sebelumnya akan membantu dalam membangun jalur saraf yang berbeda dan menyimpan informasi yang berbeda.

Berpikir tentang diri sendiri secara berbeda. Reid Hoffman, selaku Co-founder dan executive chairman dari LinkedIn Corporation pernah berkata bahwa tidak hanya ‘bisa menjadi pengusaha’ namun harus menjadi pengusaha.

Selain membaca, menulis, dan berhitung, sekolah perlu membantu mulai mempersiapkan anak-anak untuk pandai dalam banyak hal termasuk perguruan tinggi.

1 Like

Definisi dari versatility adalah mampu atau menyesuaikan dengan mudah dari satu ke berbagai tugas, bidang, usaha, dll. Menjadi pandai dalam beberapa hal merupakan sebuah tantangan besar bagi banyak orang. Banyak dari kita tidak mencoba untuk belajar hal-hal, metode, atau bahkan bidang baru yang membawa kita keluar dari zona nyaman.
Permasalahannya adalah saat kemampuan kita tidak dibutuhkan dalam waktu yang lama, kita akan menjadi pengangguran, atau bekerja di beberapa pekerjaan yang hanya membutuhkan tingkat keterampilan seadanya.

Menurut Mike Haberman, versatile bukan hanya menjadikan sesuatu yang sedang dikerjakan menjadi lebih baik. Namun, ini tentang kemampuan seseorang untuk mengerjakan sesuatu yang belum mampu dikerjakan sebelumnya. Jadi disini ada beberapa pemkiran tentang versatile:

Pertama, seseorang harus memutuskan bahwa ia bisa dan harus lebih pandai dalam banyak hal. Adanya penelitian yang menjelaskan bahwa seseorang bisa mengubah otaknya dengan berpikir, dimana fisik dan structural akan mengubah otak seseorang. Sehingga pikiran-pikiran negative perlu dihilangkan.

Membaca. Mulai membaca dengan sebagian besar bacaan yang berbeda. Keluar dari zona nyaman. Membaca hal yang belum pernah dibaca sebelumnya akan membantu dalam membangun jalur saraf yang berbeda dan menyimpan informas yang berbeda.

Berpikir tentang diri sendiri secara berbeda. Reid Hoffman, selaku Co-founder dan executive chairman dari LinkedIn Corporation pernah berkata bahwa tidak hanya ‘bisa menjadi pengusaha’ namun harus menjadi pengusaha.

Selain membaca, menulis, dan berhitung, sekolah perlu membantu mulai mempersiapkan anak-anak untuk pandai dalam banyak hal termasuk perguruan tinggi.

1 Like

Keahlian dalam banyak hal : Bagaimana hal tersebut menjadikan anda lebih sukses..

Ada pertanyaan penting bagi sesorang yang ingin sukses hari ini dan esok hari, yaitu : Bagaimana Anda berkembang? Untuk lebih spesifik, bagaimana Anda menemukan gairah dan kretivitas Anda dan bagaimana Anda mencari tahu cara untuk terus berkembang atau menemukan kembali diri dan bisnis Anda dengan cara kreatif, dan memiliki keunggulannya?

Apapun perkembangan yang Anda buat, Anda dituntut untuk terus kreatif agar dapat menarik dan mendapatkan perhatian orang lain. Saat ini orang-orang mencantumkan kata-kata seperti kreatif, inovatif dan enterpreneurship di deskripsi posisi dan lowongan pekerjaan mereka. Dimasa lalu, perusahaan akan menghargai orang-orang yang dapat menyesuaikan diri dengan budaya perusahaan dan tetap dalam batasan-batasan yang telah perusahaan tetapkan untuk mereka.

Ahli dalam segala hal memiliki arti dan cara untuk mencapainya, seperti :

  1. Tinggalkan deskripsi dan zona nyaman pekerjaan Anda dan lakukan apa saja yang diperlukan untuk memaksimalkan nilai yang Anda miliki. Semakin Anda melangkah dari zona nyaman, semakin ada memiliki potensi untuk meningkatkan nilai Anda. Anda dapat melakukannya dengan menyadari (1) Ketertarikan dengan hal baru, atau (2) Kemampuan baru.
  2. Dapat diandalkan. Anda akan membangun kepercayaan dan niat baik akan berjalan dengan lancar jika anda melakukan apa yang Anda katakan. Keandalan dapat membuat dasar yang kuat dimana anda akan menjadi selalu dibutuhkan.
  3. Mengutarakan pikiran secara langsung. Kebanyakan orang dalam bisnis lebih memilih mitra bisnis mereka adalah rekan yang jujur dan apa adanya bersama mereka serta tidak bertele-tele. Menjadi orang yang langsung berbicara tanpa basa-basi memngkinkan Anda untuk dapat langsung ke jantung masalah secara cepat dan membuat pemecahan lebih efisien.
  4. Tunjukkan bahwa Anda termotivasi dan ingin tahu secara internal, dan Anda tidak memerlukan motivasi eksternal untuk belajar atau membantu dalam memecahkan masalah.
  5. Menjadi sangat termotivasi, terampil dan terikat. Dibutuhkan beberapa jenis orang untuk membuat bisnis yang sukses, tidak peduli seberapa besar atau kecil. Representasikan diri Anda sebagai seorang placeholder, namun juga Anda harus selalu mewakili diri Anda apakah menjadi seorang karyawan atau pengusaha.
  6. Tunjukkan bahwa Anda dapat mengidentifikasi kelemahan dan menciptakan solusi. Anda harus mengetahui dimana nilai tambah anda saat bekerja. Akan tetapi Anda juga harus mengetahui kekurangan Anda, dimana Anda akan lebih dihormati ketika memberitahu dimana kelebihan dan kekurangan Anda.
  7. Menjadi komunikator yang baik dan jelas. Seorang komunikator yang berkualitas berarti transparan, bijaksana, fasih dan tidak merendahkan. Karena kesuksesan tidak hanya bersikap tegas secara disengaja tetapi tidak menjadi orang yang agresif dan kasar.

Sumber : https://creator.wework.com/personal-profiles/versatility-one-thing-will-help-become-successful/

2 Likes

“Stay committed to your decisions, but stay flexible in your approach.” -Tony Robbins

Di era persaingan yang ketat ini, sangat penting bagi kita untuk memiliki kemampuan yang berguna dan mampu bersaing dengan baik. Memang menjadi ahli dalam satu bidang itu sangat hebat! Namun pada kenyataannya kemampuan untuk melakukan lebih dari satu hal (versatile) ternyata bisa menjadi lebih penting. Banyak perusahaan yang selalu mencari pegawai model “Swiss Army Knife” yang fleksibel atau mampu melakukan banyak hal. Fleksibel disini tentu berarti mampu beradaptasi dengan kebutuhan yang selalu berubah.

Menurut thesimpledollar, ada beberapa cara untuk menjadi versatile:

  1. Tentukan hal yang ingin dicapai dan kemampuan yang dibutuhkan
    Coba cari tujuan yang ingin anda capai dan kemampuan apa saja yang dibutuhkan. Misalnya anda ingin membuat orang-orang tertarik dengan produk anda maka anda harus mampu mempromosikan produk tersebut. Anda bisa saja menentukan bahwa anda butuh kemampuan persuasi yang baik atau bahkan kemampuan membuat poster iklan yang baik.

  2. Mulai dari orang di sekitar
    Sumber belajar yang baik bisa jadi ada di sekitar kita. Keluarga, teman, atau pun rekan kerja anda pasti ada yang memiliki kemampuan yang anda cari. Mintalah mereka untuk mengajari anda dan berikan sesuatu sebagai balasannya. Bisa saja anda menawarkan bantuan dalam mengerjakan sesuatu atau pun berbagi kemampuan anda yang lainnya.

  3. Banyak mendengar dan memperhatikan
    Jika kita memperhatikan sekitar dengan baik, selalu ada kesempatan untuk mempelajari hal baru. Bisa saja rekan anda membutuhkan bantuan dalam merancang sebuah poster pemasaran. Beranikan diri anda untuk membantu sambil belajar cara membuat sebuah poster yang baik. Intinya, ambil setiap kesempatan yang ada untuk membantu orang lain dan belajar dari hal tersebut.

  4. Menjadi sukarelawan
    Menjadi sukarelawan dalam sebuah kegiatan sosial akan membawa kita kepada lingkaran pertemanan baru yang tentunya memiliki banyak hal menarik untuk kita pelajari. Walaupun tujuan utamanya adalah mempelajari hal baru, bisa jadi kemampuan anda yang ada sekarang dapat berguna sangat baik dalam kegiatan tersebut.

  5. Berbagi
    Ilmu yang berharga adalah ilmu yang berguna bagi orang lain. Salah satu cara membuat kemampuan kita berguna adalah dengan mengajarkannya kepada orang lain. Semakin mahir anda mengajari seseorang maka semakin anda menguasai kemampuan yang sudah anda miliki.

  6. Kuasai dasarnya
    Ketika anda belajar hal baru, pastikan anda menguasai dasarnya. Sering kali ketika anda menguasai dasar sesuatu, itu akan membuat anda semakin mudah mempelajari tingkat selanjutnya.

  7. Baca hal baru setiap harinya
    Buku, koran, majalah, atau bahkan artikel dalam sebuah website yang berkaitan dengan kemampuan yang ingin anda capai. Saat ini selalu ada tips untuk melakukan sesuatu di berbagai media dan membaca dapat membuat kita lebih mengetahui hal baru tentang kemampuan tersebut.

  8. Coba hal baru setiap harinya
    Setelah membaca tips tertentu ada baiknya untuk langsung mencobanya. Coba lah untuk mengotori tangan anda sesering mungkin. Semakin sering anda melatihnya maka anda akan semakin terbiasa melakukannya.

  9. Terapkan kemampuan tersebut dalam kehidupan
    Hal yang terbaik setelah mempelajari sesuatu adalah mencobanya dalam kehidupan sehari-hari. Semakin baik anda dalam melakukan sesuatu semakin besar kemungkinan orang-orang mempercayai anda terhadap sebuah pekerjaan tertentu

Ketika anda mulai mempelajari satu kemampuan baru lalu menerapkannya, kemudian mengulangi hal-hal tersebut sambil tetap berbagi kemampuan yang sudah anda miliki secara tidak sadar anda sudah mulai menjadi seorang yang versatile. Seorang jack of all trades, seorang yang memiliki kemampuan di banyak hal dan berguna.

2 Likes

Cara memiliki kepandaian dalam banyak hal

Berkomunikasi dengan baik
Banyak dari generasi media sosial telah kehilangan keterampilan untuk berkomunikasi secara langsung. Menggunakan tata bahasa dan mendengarkan lawan bicara akan membuat hubungan yang lebih baik.

Jangan terjebak dalam kotak
Tunjukkan pada atasan Anda bahwa Anda selalu mencari cara inovatif untuk meningkatkan perusahaan. Think out of the box!

Menjadi Penuntas Masalah
Ketika kita menemukan solusi bagi masalah kita sendiri, kita tumbuh lebih kuat. Ketergantungan yang berlebihan pada orang lain akan melemahkan kita.

Menaklukkan yang Besar
Fokus pada tujuan yang lebih besar dan itu akan menjadi dorongan besar ketika Anda tidak sedang benar-benar terpenuhi dalam pekerjaan anda

Siapa yang Anda kenal?
Membangun hubungan yang positif dengan semua orang yang Anda datang di kontak dengan dapat menghasilkan peluang.

Kerja tim
Mencari review tentang tim yang memiliki keterampilan yang proyek Anda butuhkan. Kemudian review rekan kerja ini dapat membantu Anda dengan proyek atau mengajarkan sesuatu yang baru pada saat yang sama.

Kobarkan Api
Mencari cara untuk membawa hal-hal yang Anda sukai dalam karir Anda. Orang akan ingin bekerja di sekitar skill yang mereka sukai.

Tetap di depan permainan
Selalu siap untuk memberikan lebih. Relawan bekerja shift tambahan atau proyek. Orang-orang akan melihat kerja keras Anda dan akan tercatat dalam karir Anda.

Membangun reputasi Anda
Jadilah orang-orang dapat diandalkan. Jika lingkungan kerja mempercayai Anda, itu akan lebih mudah untuk bergerak di perusahaan.

Jembatan tidak dimaksudkan untuk dibakar
Melihat masa lalu orang mungkin sulit, tapi dapat bermanfaat nantinya di jalan. Karena Anda teman untuk mereka, mereka dapat membantu Anda nanti.

Paham seluk-beluk perusahaan
Orang ingin berbicara dengan seseorang yang berpengetahuan luas dalam industri. Dan semakin banyak orang yang Anda ajak bicara, semakin banyak koneksi yang dibangun.

Menjadi networker sejati
Jangkau orang-orang, tatap muka. Dan juga orang-orang diluar kelompok sosial Anda dan pada tingkat profesional yang lebih tinggi daripada Anda.

Bertindak seperti seorang pengusaha
Jangan menunggu bos untuk memberitahu Anda apa yang harus dilakukan. Ambil inisiatif pada tugas-tugas tertentu.

Mengajukan pertanyaan
Menanyakan sekitar akan menunjukkan Anda ingin meningkatkan dan melakukannya dengan baik dalam pekerjaan Anda. Mencari mentor di tempat kerja adalah cara lain untuk mendapatkan jawaban.

Percayalah pada dirimu sendiri
Jangan takut untuk mengubah rute perasaan Anda nanti, tapi pertama belajar menjadi percaya diri dalam apa suara hati Anda katakan.

Menerima dan menerapkan kritik konstruktif
Mendengarkan dan menerapkan kritik konstruktif dapat meningkatkan pekerjaan Anda. Namun, penting untuk mengetahui bagaimana menanggapinya dengan baik.

Meraih tujuan
Menetapkan tujuan untuk diri sendiri akan membantu Anda tetap fokus, termotivasi dan bergerak maju.

2 Likes

10 hal yang dapat kamu lakukan agar kamu menjadi lebih pandai :

  • Be smarter about your online time
    Ketika sedang online, sebaiknya kamu membuka web yang berisikan sumber-sumber pelajaran, seperti kursus online, dan kata-kata kosakata.

  • Write down what you learn
    Melakukan kebiasaan menulis pada hal yang sedang kamu pelajari, mampu meningkatkan kekuatan otak kamu.

  • Make a ‘did’ list.
    Dengan dibuatnya daftar hal-hal yang ingin kamu lakukan, dapat menunjukkan hal apa saja yang sudah kamu capai serta dapat meningkatkan semangat kamu untuk menggapai hal yang belum kamu capai.

  • Get out the Scrabble board
    Memainkan sebuah papan dan puzzle tidak hanya menyenangkan tetapi juga cara yang bagus untuk kemampuan kerja luar otak kamu. Bermain game (Scrabble, bridge, chess, Go, Battleship) dapat meningkatkan serta melatih memori kerja otak kamu.

  • Have smart friends
    Bergaul dengan orang-orang yang lebih pintar dari kamu adalah salah satu cara tercepat untuk berlajar.

  • Read a lot
    Membaca sangatlah penting. Ada opini mengatakan, bahan bacaan yang baik dapat meningkatkan otak kamu. dan kamu disarankan untuk mulai mengembangkan kebiasaan membaca dari hal kecil seperti membaca koran.

  • Explain it to others
    Menurut Albert Einstein, jika kamu tidak dapat menjelaskan secara sederhana, berarti kamu belum memahaminya dengan baik. Pastikan kamu sudah benar-benar belajar apa yang ingin kamu jelaskan, sehingga jika kamu mencoba mengajarkannya kepada temanmu, kamu dapat menjelaskannya secara sederhana dan dapat dimengerti dengan baik oleh temanmu itu.

  • Do random new things
    Cobalah hal-hal baru yang belum pernah kamu lakukan sebelumnya.

  • Learn a new language
    Belajarlah bahasa asing guna membantu pekerjaan kamu nantinya. belajar bahasa asing tidak harus datang mengunjungi negaranya tetapi kamu dapat belajar di situs-situs website gratis.

  • Take some downtime
    Memberikan waktu istirahat bagi otak anda, mungkin dengan cara istirahat dari aktivitas yang kamu lakukan saat ini.

Kepandaian dalam banyak hal atau bisa disebut versatility adalah sesuatu yang orang jarang bisa lakukan. Padahal apabila kita dapat melakukan banyak hal, maka akan mempermudah segala aspek dikehidupan kita.

Menurut careerpro.com terdapat 5 cara untuk meningkatkan versatility di segala aspek

1. Study (Belajar).
Belajar membuatmu meningkatkan pengetahuanmu di segala aspek. Entah kamu belajar dengan caramu sendiri atau bisa juga belajar disebuah institusi dan mendapatkan kualifikasi

2. Being able to think on your feet (Dapat memikirkan suatu hal dari diri sendiri)
Improvisasi adalah kunci keterampilan di dalam segala pekerjaan. Jika kau dapat tenang dan berfikir di dalam suatu masalah dan mencoba untuk mencari jalan keluar untuk dirimu dan anggotamu, kau akan dengan mudah masuk ke dalam berbagai macam situasi yang diberikan kepada anda di tempat kerja

3. Multi-tasking (Melakukan banyak hal)
Bisa melakukan banyak hal (multi-tasking) adalah cara terbaik untuk belajar tentang bagian lain dari pekerjaanmu yang sebelumnya kau tidak punya pengetahuan tentang hal tersebut

4. Try new things (Mencoba hal baru)
Jika kau mempunyai waktu kosong di tempat kerja, jangan ragu untuk membantu temanmu di tempat kerja, apalagi jika di bidang yang berbeda. Tentunya hal ini akan membuka wawasan baru untuk anda, dan juga dapat meningkatkan versatility di pekerjaan anda

5. Ask Questions (Menanyakan pertanyaan).
Menanyakan pertanyaan adalah cara terbaik untuk meningkatkan pengetahuan dan versatility dalam profesi apapun. Mulailah mengajukan pertanyaan di tempat kerja anda sendiri. Tanyakan teman-teman anda tentang pekerjaan mereka dan tanyakan apa saja yang mereka lakukan, lihatlah apakah ada teman anda yang dapat memberikan suatu hal baru bagi anda yang dapat anda cari lebih jauh untuk meningkatkan versatility skill anda.

Meningkatkan pengetahuan yang tidak berkaitan dengan pekerjaan anda, bukan hanya membantu anda di tempat kerja saja, tetapi dalam kehidupan juga. Anda mungkin juga akan mendapatkan passion maupun hobby baru yang mungkin saja bisa anda ubah menjadi pekerjaan anda sendiri.

Sumber : http://careerpro.com/2016/12/skillswitching-5-ways-boost-versatility-field/

1 Like

Tony Alessandra menulis dalam artikelnya bahwa konsep kemampuan adaptasi seseorang berasal dari dua hal, yaitu kombinasi antara fleksibilitas dan versatilitas. Di mana fleksibilitas adalah kemauan untuk beradaptasi dan versatilitas adalah kemampuan untuk beradaptasi. Versatilitas adalah aptitude; kemampuan natural kita untuk melakukan sesuatu.
Lima hal yang biasanya dimiliki orang dengan versatilitas tinggi adalah resilience, vision, attentiveness, competencce, dan self-correction.

  • Resilience
    Kemampuan untuk kembali dari keterpurukan, melawan batasan, dan mengolah keterbatasan sumber daya. Resilience berhubungan erat dengan kematangan emosional.
  • Vision
    Orang yang memiliki visi yang baik; kemampuan untuk berimajinasi, menjadi kreatif, dan memberikan alternative pilihan, biasanya akan menjadi orang yang berpengaruh di lingkungannya.
  • Attentiveness
    Pemahaman terhadap lingkungan di sekitar, mampu memahami gerak-gerik orang lain, mengetahui apakah saat ini adalah waktu yang tepat atau tidak. Attentiveness bisa diartikan sebagai mengetahui kapan untuk bertindak, lebih memahami keadaan dan tidak sekedar menuruti kemauan sendiri.
  • Competence
    Diawali dengan keahlian kita pada suatu bidang. Sering kali kompeten juga berarti kemampuan kita untuk memecahkan masalah pada bidang tertentu.
  • Self-correction
    Mengutamakan penyelesaian masalah dari pada ego dengan merasa paling benar. Kemampuan untuk memahami dan membenahi kebiasaan kita yang tidak produktif.

Berikut adalah 10 cara agar memiliki kepandaian dalam banyak hal menurut Tom Jay:

  1. Lakukan sendiri
    Pilihlan suatu hal yang kita tidak tahu sama sekali, namun kita sangat tertarik atau berambisi untuk melakukannya. Misalnya membuat musik, membuat film, fotografi, mengembangkan aplikasi mobile. Yang terpenting adalah lakukan sendiri

  2. Investasikan diri
    Mengikuti pelatihan bukanlah hanya sekedar daftar, ikut, dan dapat sertifikat. Carilah pelatihan yang benar-benar dibutuhkan di luar sana. Misal pelatihan fotografi, coding, dan membuat web. Mengikuti pelatihan tersebut tidaklah murah, namun jika kita dapat melakukannya maka akan sangat banyak peluang yang didapatkan

  3. Temukan mentor
    Ketika kita sudah bekerja di suatu perusahaan dan tidak mengetahui berbagai hal carilah orang di perusahaan tersebut dan belajar darinya. Kita ingin lebih bisa dalam memanajemen dan membuat interaksi desain? Cobalah cari orang yang ahli di bidangnya dan belajar darinya

  4. Bawa hobi ke pekerjaan
    Apa yang menjadi hobi kita? Semisal hobi kita adalah fotografi dan membuat musik. Cobalah cari pekerjaan seperti freelancer dimana kita bisa menyalurkan hobi kita menjadi sebuah pekerjaan. Jika kita sudah menyelesaikan pekerjaan utama di kantor, kita bisa menjadikan hobi sebagai pekerjaan sampingan.

  5. Menantang diri
    Cobalah sesuatu yang di luar kemampuan kita dengan menambahkan di pekerjaan kita. Semisal kita bekerja di perusahaan teknologi bagian desain. Kita tidak memiliki kemampuan lebih seperti membuat 3D atau desain typeface. Cobalah cari informasi dan teori kemudian setelah kita tahu sedikit demi sedikit, aplikasikanlah di dalam pekerjaan

  6. Gunakan sumberdaya yang ada di perusahaan
    Kita memiliki kemampuan yang di luar pekerjaan utama. Kita bisa memanfaatkan waktu luang atau waktu istirahat siang menjadi lebih produktif. Kita bisa menggunakan fasilitas yang ada di perusahaan untuk menyalurkan kemampuan kita, tapi ingatlah kita harus menyelesaikan pekerjaan utama terlebih dahulu dan pastikan bahwa kemampuan sampingan kita tidak mengganggu proyek yang diberikan perusahaan

  7. Tanya teman
    Kita pasti punya teman yang ahli dibidangnya. Semisal teman kita ahli dalam data analisis atau presentasi. Kita bisa memintanya untuk mengajarkan kita dasar-dasar dari kemampuannya. Tentu saja meminta bantuan teman lebih nyaman dilakukan dibandingkan meminta bantuan kepada orang yang lebih tua.

  8. Sukarelawan
    Jadilah sukarelawan yang tanpa dibayar. Cobalah cari orang-orang atau organisasi yang membutuhkan sukarelawan. Dengan hal tersebut kita bisa melatih kemampuan yang mungkin tidak pernah kita miliki sebelumnya

  9. Promosi pekerjaan
    Perusahaan pasti memiliki banyak pekerjaan. Cobalah meminta pekerjaan tersebut dengan sukarela. Mungkin kita tidak memiliki kemampuan untuk menyelesaikannya, namun untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut pasti ada kelompok atau tim yang melakukannya. Belajarlah dari mereka sehingga hal tersebut akan meningkatkan kemampuan kita

  10. Selalu senang
    Pasti rasanya lelah melakukan hal yang tidak kita senangi. Cobalah cari di luar pekerjaan kita hal yang menyenangkan dan produktif. Waktu dan lelah pasti tidak akan terasa jika melakukannya dengan senang hati.

Jika kita berada dalam sebuah bidang disiplin ilmu, memang kompetensi yang dibutuhkan pada dasarnya berfokus pada satu buah topik saja, tetapi di zaman yang sangat berkompetensi seperti saat ini, seseorang tidak cukup hanya memiliki satu buah skill saja. Kerap kali seseorang yang memiliki skill lebih banyak, dianggap sebagai orang yang lebih produktif dan kompeten…

Oleh karena itu ada berbagai cara agar kita dapat mempelajari berbagai skill.

Salah satu cara yang paling ampuh untuk mengembangkan skill kita adalah dengan mempelajari skill yang saling berkaitan. Berkaitan dalam hal ini tidak harus ada di bidang yang sama.

Sebagai contoh, jika anda mahir dalam bermain piano, mungkin lebih mudah bagi anda untuk belajar cara mengetik cepat di keyboard komputer. Hal ini karena mengetik di keyboard membutuhkan kompetensi yang sama dengan bermain piano, yaitu koordinasi mata dan otot jari.

Cobalah kaitkan skill yang anda ingin kuasai, dengan skill yang sudah anda miliki, dengan begitu anda dapat dengan lebih cepat menguasai skill-skill baru yang membuat anda menjadi individu yang lebih produktif .

sumber : http://lifehacker.com/learn-multiple-skills-quickly-by-pairing-related-ones-t-1666717305

Sebagai seorang individu yang memiliki tanggung jawab lebih, dalam hal ini sebagai pemimpin, kita di tuntut untuk memiliki 3 elemen yaitu berstrategi, berkomunikasi, serta perencanaan dan pengelolaan. Namun, bagaimana kita dapat memiliki semua elemen tersebut? Untuk mendapatkan hal tersebut kita membutuhkan elemen dan keahlian lain yang mungkin belum kita miliki. Setiap orang mungkin menemukan caranya sendiri untuk mendapatkan keahlian dari elemen-elemen tersebut. Akan tetapi menurut Daniel Goleman, berikut adalah langkah yang bisa dilakukan untuk mendapatkan versatilitas tersebut :

  • Memiliki visi personal, visualisasikan Anda sebagai pemimpin yang Ideal. Seorang pemimpin memiliki visi dalam dirinya sehingga dapat memotivasi diri dan orang lain untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

  • Lakukan inventarisasi keahlian, atribut dan kualitas diri yang dimiliki (Kekuatan Anda) . Dalam hal ini dibutuhkan self-awareness atau kesadaran diri sehingga kita terdorong untuk mencari informasi dengan benar, bisa dilakukan dengan meminta saran dari orang lain atau mengikuti pelatihan. Dengan demikian kita dapat pastikan apa yang kita lakukan jelas dan ideal.

  • Menyusun perencanaan personal untuk pengembangan diri yang dapat membantu Anda dalam membangun kekuatan diri dan mengarahkan diri Anda sekarang menjadi diri Ideal Anda.

  • Berlatih, salah satu cara untuk meraih versatilitas dan mengembangkan gaya baru dari kepemimpinan adalah dengan melakukan perilaku yang berbeda. Tantang diri Anda untuk mencoba pendekatan dan pengetahuan baru dan menolak untuk mengandalkan gaya kepemimpinan yang sama. Berlatih terhadap perubahan akan menjadikan intuisi Anda kuat dan menjadikan kebiasaaan yang baik dalam kepemimpinan.

  • Membangun relasi, seseorang membutuhkan orang lain untuk sharing pengetahuan dan apa yang dimiliki dan berharap memberikan feedback kepada kita sehingga terus mengembangkan kemampuan yang ada. Menjadi seorang versitalitas yang sukses berarti melakukan hal yang benar pada waktu yang tepat dengan cara yang benar dan orang yang tepat.

Menjadi Manusia yang Serba Bisa


Manusia dewasa ini dituntut untuk menjadi manusia yang serba bisa dan serba tahu karena kehidupan tidak bisa ditebak. Ada seorang lulusan teknik kimia, namun sekarang sukses karena aktif menggeluti dunia pengembangan sumber daya manusia dan tidak sama sekali bekerja di ranah science. Ada juga seorang lulusan sastra Inggris yang sekarang sukses di dunia bisnis dan menjadi orang terkaya di negaranya, ya Jack Ma contohnya. Dunia tidak bisa ditebak oleh karena itu manusia harus dituntut untuk tahu segala sesuatu untuk bertahan hidup.

Untuk membangun sisi kepandaian dalam banyak hal, ada beberapa yang bisa kita lakukan :

1. Menjadi seseorang yang Oportunis
Menjadi manusia yang oportunis bisa terlihat buruk namun memang seseorang yang pandai dalam banyak hal juga pandai melihat peluang bagaimana caranya ia bisa mengerti sesuatu di bidang yang berbeda tanpa mengeluarkan usaha yang keras.

2. Melihat lebih luas
Kita sering kali merasa apa yang sudah kita kerjakan adalah pekerjaan yang terbaik dan menganggap orang lain mungkin tidak bisa seperti diri kita. Padahal jika kita mau melihat lebih luas, meng-explore lebih dalam, kita hanya bagian kecil dari orang-orang yang bisa menghasilkan pekerjaan terbaik.

3. Menjadi orang yang selalu dibutuhkan
Saya pernah diberi sedikit nasehat oleh seorang guru, jika ada sebuah pekerjaan yang ditawarkan kepadamu, ambil kesempatan itu untuk kamu mengerjakannya, bisa atau tidak, ambil dulu, lalu berpikirlah bagaimana caranya kamu bisa menyelesaikan pekerjaan itu dengan bantuan orang lain yang lebih ahli. Dengan cara ini kamu bisa terbiasa untuk mengerjakan hal yang sebelumnya belum pernah kamu pelajari dan kamu jadi belajar dari orang yang mengerti.

4. Mengisi waktu luang dengan mengasah skill lain
Isilah waktu luang kamu dengan mempelajari skill lain, misalnya seorang IT programmer dewasa ini juga seharusnya belajar bagaimana caranya bersosialisasi dengan rekan-rekannya. Oleh karena itu sangat dianjurkan jika seorang IT Programmer juga belajar manajemen organisasi.


Referensi : http://www.professionalsaustralia.org.au/blog/versatility-and-reinventing-yourself-in-the-workplace/

1 Like

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar kita memiliki kepandaian dalam berbagai cara. Hal-hal yang bisa dilakukan adalah :

Mengembangkan beberapa bakat dengan melakukan latihan

  1. Berlatih
    Apapun talenta yang Anda inginkan, Anda tahu bahwa Anda harus melakukan latihan. Hal ini berlaku jika Anda ingin menguasai banyak hal.

  2. Mendekontruksi bakat yang ingin Anda miliki
    Tanyakan kepada diri Anda bakat apa yang benar-benar ingin dimiliki.

  3. Berlatih hingga Anda bisa mengkoreksi diri sendiri
    Berlatih cukup sehingga Anda bisa menyadari dan membenahi kesalahan-kesalahan pada saat eksekusi

  4. Menjadi konsisten dan gigih

  5. Hilangkan gangguan selama melakukan latihan
    Contohnya jika Anda sedang berlatih, usahakan handphone Anda dalam keadaan silent agar tidak mengganggu selama melakukan latihan

Maintaining a Talent-Inducing Mindset

  1. Jangan sampai berpikiran negatif
    Kurangi berpikiran negatif yang dapat mengurangi Anda untuk terus bekerja sampai tujuan yang telah Anda tetapkan

  2. Memperkuat berpikiran positif

  3. Practice the thinking part too

Memperluas Kemampuan Anda

  1. Memonitor kemajuan Anda
    Mencatat dan menghargai prestasi Anda

  2. Beristirahat
    Menjaga agar tubuh dan pikiran anda tetap siap untuk berlatih dengan fokus dan berenergi

  3. Mengembangkan bakat yang Anda minati

  4. Membaca
    Membaca adalah cara terbaik untuk menjadi ahli dalam berbagai bidang

http://www.wikihow.com/Be-Talented-in-Multiple-Areas

14 Langkah Mendapat Ilmu

Sebelum menguasai banyak hal, pastikan bahwa kita mengetahui bagaimana mendapatkan ilmu satu persatu, pelajari ilmu itu satu satu hingga menjadi banyak hal yang kita ketahui. Agar kita bisa menguasai ilmu tersebut ada 14 langkah mudah yaitu:

1. Berlatih
Seperti pepatah jawa yaitu “witing tresno jalaran soko kulino” hal ini berlaku juga pada ilmu pengetahuan, semua nya berasal dari kebiasaan. Semakin sering dilakukan maka semakin kita kuasai ilmu tersebut.

2. Bertanya
Dulu saat kita masih kecil, kita sering bertanya pada orang tua kita. Apa itu? Kok bisa? Itu siapa? dan banyak sekali hal yang ingin kita ketahui, namun karena lelah menjawab maka orang tua kita sering memarahi kita karena terlalu banyak bertanya. Hal itu yang menyebabkan kita saat tumbuh dewasa sangat malas untuk menanyakan hal hal baru disekitar kita. Agar bisa mengetahui banyak hal baru maka kita harus sering bertanya…

3. Ingin, bukan NIATAN
Banyak sekali hal yang kita ingin pelajari, namun hanya sebatas keinginan saja, “Andai aku bisa main musik…” , “Anda aku bisa berbahasa Inggris dengan baik” semua hal itu hanya sebatas angan saja. Agar kita bisa mencapai keinginan kita tersebut maka dibutuhkan yang namanya niatan

4. Pahami dari diri sendiri
Sebenarnya Anda mengetahui banyak hal… namun semuanya tersimpan dalam diri Anda, terkadang Anda menganggap tidak mengetahui nya, padahal sebenarnya Anda mengetahuinya. Anda hanya perlu berkonsentrasi untuk mengingat atau memahami kembali hal tersebut.

5. Pelajari dari seluruh sisi
Terkadang saat Anda menemukan sesuatu yang unik menarik dan baru, maka yang seharusnya Anda lakukan adalah melihat hal tersebut dari seluruh sisi yang ada, karena jika Anda melihatnya dari seluruh sisi maka akan ada yang lebih menarik yang akan muncul, sehingga akan meningkatkan rasa ingin tahu yang besar pada diri Anda.

6. Mencoba
Ilmu baru hanya akan sekedar lewat jika hanya diketahui saja, perlu yang namanya mencoba agar ilmu yang baru kita ketahui tersimpan pada memori di otak kita, agar tidak cuma “masuk telinga kanan, keluar telinga kiri”

7. Ajarkan
Apabila ilmu yang baru tersebut telah kita pahami, jangan lupa untuk mengajar kan nya pada orang lain, ajarkan pada teman, saudara, tetangga, dan siapapun disekitar kita. Karena dengan mengajarkanya pada orang lain akan memunculkan pertanyaan pertanyaan baru yang mungkin belum terpikirkan oleh kita, sehingga kita akan menggali informasi lebih dalam lagi.

8. Baca
Bukan rahasia lagi jika membaca adalah cara belajar, namun mebaca bukan berarti hanya berlaku pada buku saja. Ilmu bisa di dapatkan dari manapun. Majalah, Koran, Iklan, dan lain sebagainya. yang menjadi kunci adalah BACA DENGAN KRITIS

9. Tulis
Jika hanya membaca saja, maka kita bisa saja terlupakan. Maka yang perlu dilakukan adalah mencatatnya, dengan mencatatnya maka ilmu akan semakin diingat. tidak perlu semuanya di catat hanya yang penting penting saja, ketika kita membaca kemabali catatan kecil kita maka catatan tersebut akan memicu kita untuk mengingat hal tersebut.

10. Dengarkan
Dengan mendengarkan, kita akan mendapat lebih banyak ilmu. Beri kesempatan orang lain untuk membagikan ilmu yang dimiliki nya, dan dengarkan dia baik baik, maka Anda akan mendapatkan ilmu yang baru.

11. Amati
Amati hal hal disekitar Anda, tetap jaga Mata Anda agar terbuka, maka Anda akan mulai melihat hal hal yang menarik disekitar Anda.

12. Atur dalam tatanan yang pas
Pengetahuan yang terbaik adalah pengetahuan yang tertata, maka yang Anda perlukan adalah menata pengetahuan yang Anda miliki agar Anda tidak bingung sendiri.

13. Jelaskan
Jika Anda dapat menjelaskan Benda ataupun Hal hal disekitar Anda maka itu akan sangat bagus sekali, namun jika tidak bisa menjelaskanya sedetil mungkin, maka yang Anda perlukan adalah pelajari lalu coba jelaskan benda atau hal tersebut kembali.

14. Beri alasan
Setiap hewan di dunia ini dapat memiliki yang namanya pengetahuan, namun mereka tidak dapat memberi alasan bagaimana hal itu bisa terjadi, hanya manusia yang diberikan akal dan logika yang bisa memberikan alasan yang benar. Itulah yang membedakan antara Manusia dan Hewan. Maka dari itu semakin Anda berpikir bagaimana hal itu terjadi secara benar dan logis maka Anda akan semakin memahami hal tersebut.

BAGAIMANA MENJADI SEORANG YANG BERPENGETAHUAN LUAS

Tidak ada trik rahasia, atau metode sihir untuk menjadi orang yang berpengetahuan luas. Juga tidak ada satu cara mencapai hal tersebut. Pengetahuan memiliki banyak sisi bervariasi meliputi keterampilan belajar dari buku untuk memahami bagaimana membangun atau membuat, bagaimana mengelola keuangan, dan bagaimana beresonansi dengan alam.


  • Mulai Kumpulkan Pengetahuan

Tetap berpikiran terbuka. Hindari tindakan mengabaikan sesuatu hal karena hal tersebut tidak cocok dengan visi maupun ide anda.

Putuskan jenis pengetahuan yang akan anda cari. Setiap pengetahuan bermanfaat di bidang nya masing-masing dan semua itu valid adanya. Asalkan pengetahuan itu tidak menentang norma dan peraturan yang ada…

Keluar dari zona nyaman. Ketahui berbagai hal yang mungkin tidak menarik bagi anda. Anda mungkin akan menemukan hobi dan minat yang belum pernah terbayangkan.
Don’t be afraid to fail. Above all, this is the most important advice in learning to be knowledgeable. You don’t know everything and you will get things and information wrong. Owning up to your mistakes and learning from them will help you gain knowledge and help you remember better the correct information.

Jangan takut untuk gagal. Selain hal-hal di atas, ini adalah saran yang paling penting dalam belajar untuk menjadi berpengetahuan. Anda tidak mungkin tahu segalanya dan anda mungkin akan melakukan sebuah kesalahan. Akui kesalahan anda dan belajarlah dari hal tersebut, hal itu akan membantu anda mendapatkan sebuah pengetahuan dan membantu dalam mengingat kesalahan yang lampau.


  • Pelajari Pengetahuan Praktis

Pelajari sebuah keterampilan untuk memperbaiki hal-hal tertentu. Seperti memperbaiki peralatan rumah, memahami bagaimana mobil anda beroperasi, atau bagaimana caranya membersihkan hewan peliharaan. Termasuk juga pembuatan benda-benda seperti selimut, ukiran kayu, dsb. Keterampilan seperti tadi akan membantu anda dalam menjalani kehidupan dan kadang-kadang membantu dalam hal mencari pekerjaan.

Belajar membuat sesuatu menjadi nyata. Praktekkan keterampilan anda dengan membuat suatu hal yang nyata dan bisa dirasakan . Ketika anda mampu membuat sesuatu pada akhir pembelajaran, hal tersebut sangatlah bermanfaat. Hal itu dapat mengukur seberapa jauh kemampuan anda. Benda buatan anda juga bisa menjadi sebuah achievement pribadi.

Pelajari keterampilan dalam teknologi. Dewasa ini, teknologi tersebar dimana-mana. Sangat penting untuk mengetahui cara kerja dan bagaimana menggunakan nya . Menggunakan teknologi dapat membantu anda dalam mempelajari sebuah pengetahuan, sehingga skill ini sangatlah bermanfaat.

Pahami internet dan bagaimana menggunakan nya. Mirip dengan bagaimana memahami teknologi, belajar tentang internet adalah hal pokok di dalam teknologi tadi. Sehingga dapat memahami lebih dalam lagi mengenai teknologi.

Pahami hal-hal yang membantu anda menjadi orang dewasa. Hal ini sangatlah baik di pelajari di awal-awal. Karena, pengetahuan akan hal ini akan berjalan dalam jangka panjang seiring dengan pengetahuan yang sedang anda pelajari dan membantu anda dalam menghadapi tantangan hidup.


  • Pelajari Pengetahuan dari Buku

Ambil perguruan tinggi atau kursus privat. Meskipun hal ini bisa menjadi sangat mahal, terlibat dengan pembelajaran melalui kelas dapat membantu Anda berpikir out of the box dan di luar pengalaman anda sendiri. Hal tersebut akan memperkenalkan anda ke sumber daya dan orang-orang yang berbeda pendapat dengan anda dan membantu anda terlibat dengan sebuah pembelajaran. Ada banyak cara mendapatkan biaya untuk sekolah.

Membaca. Buku, surat kabar, majalah, website. Dari hal-hal tadi, anda akan mendapatkan berbagai informasi dan sudut pandang, yang dapat membantu dalam memperluas pikiran dan mempelajari lebih lanjut tentang topik yang berbeda.

Kunjungi perpustakaan. Saran ini mungkin tampak seperti sebuah saran lama, namun perpustakaan merupakan sumber besar dari pengetahuan. Perpustakaan juga merupakan sumber yang bebas, memungkinkan Anda untuk mengakses buku, majalah, dan surat kabar yang mungkin anda tidak dapat beli.

Mengingat informasi baru. Menjaga informasi yang telah Anda pelajari di otak Anda adalah penting. Menghafal membantu belajar tentang bahasa, mengingat daftar, dan kutipan-kutipan penting, yang membantu di pekerjaan anda saat ini.


  • Tetaplah BELAJAR

Berdiskusi dengan yang ahli. Langkah ini penting, karena memungkinkan Anda untuk berinteraksi dengan seseorang yang expert di bidang anda. Anda dapat mengajukan pertanyaan dan mendapatkan penjelasan yang berguna.

Teruslah mengejar pengetahuan. Mengumpulkan pengetahuan, belajar, adalah usaha seumur hidup. Memperhatikan dunia di sekitar Anda untuk mencari peluang baru untuk belajar. Tetap berpikiran terbuka dan belajar dari kesalahan Anda. Stay hungry and be different.

Pernahkah anda berpikir bahwa anda ingin menjadi orang yang lebih pandai? dan bisa berpikir lebih cepat dari biasanya?
Mendapatkan nilai yang bagus dan menjadi orang yang intelektual tidak terlalu sulit, namun selalu saja ada seseorang yang selangkah di depan kita.

Berikut adalah beberapa tindakan sederhana yang bisa membuat anda menjadi lebih berpengetahuan luas :

  1. Carilah 10 ide setiap hari
    Pikirkan tentang apapun yang berguna, tidak penting apapun subjek ide yang kamu. hal ini dilakukan untuk tetap melatih otak untuk terus bekerja.

  2. Membaca koran
    Membaca koran dapat meningkatkan pengetahuan tentang apa yang terjadi di sekitar anda.

  3. Bermain Devil’s Advocate
    Devil’s advocate adalah membicarakan argumen yang ada, namun bukan karena tidak setuju tetapi hanya menguji legalitas dari argumen tersebut. anda akan sering mencari kebenaran dengan menunjukan bukti-bukti yang ada. hal ini akan membuat anda untuk lebih sering berfikir diluar kemampuan anda.

  4. Membaca buku fiksi atau non-fiksi
    Membaca buku fiksi bagus untuk memahami karakter dan melihat dari sudut pandang yang berbeda. Membaca buku non-fiksi bagus untuk mengenalkan topik-topik baru.

  5. Memperbanyak nonton video edukasi
    Kurangi waktu anda untuk menonton televisi dan cobalah mempersering untuk menonton video-video edukasi yang lebih berguna,dan kamu bisa melihat video edukasi dari pengalaman orang lain.

  6. Subscribe Informasi yang menarik
    Semua informasi kini dapat di cari melaui internet dengan berbagai konten yang berbeda-beda, cobalah untuk mengikuti informasi terbaru dari media sosial/website yang sering anda kunjungi.

  7. Berbagi pengetahuan anda ke orang lain
    Jika anda memiliki seseorang untuk berdebat dan beradu argumen/ide, anda akan dapat menambah pengetahuan dan mendapatkan perspektif baru.

Sumbe : Daily habits that will make you smarter

bagaimana caranya agar kita memiliki kepandaian dalam banyak hal

1.kunjugi tempat baru
ini tampaknya sederhana,dimana orang menikmati kenyamanan kebiasaan.Ketika Anda melakukan perjalanan ke negara baru, bahasa baru, kebiasaan tidak terbiasa,dan budaya dan menyajikan irama hidup yang baru.Menyesuaikan diri dengan unsur-unsur baru memaksa otak untuk mengatasi hal baru, tantangan yang tak terduga. Belajar bagaimana untuk berkomunikasi melalui hambatan bahasa memaksa otak untuk mengembangkan cara-cara kreatif untuk mengekspresikan kebutuhan dan emosi. Mendengarkan musik baru, mencoba makanan baru, dan menavigasi jalan-jalan asing semua dan pekerjaan untuk menantang kemampuan otak Anda untuk beradaptasi dengan situasi baru. dan hal ini kita akan menjadi pintar survive di dalam adaptasi di tempat baru

2.Membaca
Dengan membaca kita memliki wawasan yang luas hal ini bisa memicu agar pikiran kita dapat membuat otak kita memunculkan ide” kreatif, memang jika kita tidak senang membaca maka kegiatan membaca tersebut menjadikan kita menjadi bosan, akan tetapi jika kita mau membaca maka kita dapat menemukan banyak referensi untuk memunculkan ide” kreatif kita dan menjadikan kita mempunyai banyak pengetahuan.

3.Bersosialisasi
Lingkungan kolaboratif yang penting untuk meningkatkan aktivitas otak. Beberapa orang yang menikmati bekerja secara independen takut saat ketika mereka dipaksa untuk berpartisipasi dalam kerja tim dan terfokus. Namun, ada juga orang-orang independen yang sangat cerdas dan dapat memperoleh keuntungan dari sebuah kerja sama tim kecil.

penulis buku Steve Johnson, di dalam tulisan nya berfokus pada manfaat bekerja sama dengan r rekan kerja untuk mengembangkan ide-ide asli dan strategi yang efektif dan ini adalah salah satu cara agar kita dapat memiliki kepandaian di dalam sosialisasi.

reference : Daily Lifehack

Develop Versatility

Dewasa ini banyak tempat kerja yang membawa multitasking ke tahap lebih tinggi. Di era big data seperti saat ini, artificial intelligence dan digitalisasi, semua orang perlu paham terhadap teknologi.

Dan hasil dari itu semua adalah tipe karyawan yang disebut the hybrid. Mereka serba guna, mampu melakukan berbagai hal, serta efektif akan sesuatu.

Sebagai contoh, kemampuan untuk meng-compile, menganalisa serta menerapkan big data kedalam keputusan harian bisnis dan hasilnya yang mendorong perubahan. Menurut penelitian, kebutuhan akan seorang dengan kemampuan data analisis meningkat 82%, beiringan dengan business develompment sebanyak 50% dan matematika sebanyak 65%.

Untuk itulah dibutuhkan seseorang dengan beragam kemampuan, yang mampu beradaptasi cepat dengan perubahan.

Untuk memiliki kepandaian yang beragam (Versitility) tidak hanya sekedar menjadi lebih baik dari apa yang sudah anda kerjakan, tetapi melakukan dengan baik sesuatu yang belum pernah anda kerjakan sebelumnya.

Beberapa hal yang dibutuhkan untuk mengembangkan sikap Versitility menurut artikel Versatility: Where IQ meets EQ, yaitu:

  • Commitment
    Untuk memiliki beragam kemampuan diberbagai bidang tentu dibutuhkan sikap tekun serta komitmen yang besar dalam belajar. Sebab belajar hal baru bukanlah suatu yang mudah, terkadang belajar hal baru dari awal merupakan hal yang membosankan bagi kebanyakan orang sebab mereka merasa menguasi satu ilmu saja sudah cukup.

  • Skills Development
    Meningkatkan keterampilan akan suatu hal merupakan salah satu cara agar dapat menguasai hal baru tersebut. Dengan berlatih maka semakin lama akan semakin ahli pula anda akan hal tersebut.

Versatile
Memiliki arti bahwa anda memiliki kemampuan yang luas, atau familiar dengan berbagai hal. Contohnya jika anda seorang pemain bola, anda dapat memainkan hampir semua role dalam bermain bola, atau seorang chef yang hampir bisa memasak masakan apapun, dalam musisi berarti anda dapat bisa bermain berbagai macam instrumen musik dan lain-lain. Dengan kata lain Versatility bisa diartikan sebagai fleksibilitas.

Jim Thomas berpendapat bahwa Fleksibilitas merupakan kemampuan seseorang untuk bergerak bebas dan percaya diri dalam melakukan pekerjaan, tugas, peran yang mengubah cara kita untuk berpikir, beraksi dan berperilaku, tanpa ada aturan yang mengikat.

Fleksibilitas adalah segala sesuatu tentang penggunaan kemampuan kita dengan maksimal dalam kondisi apapun, dan dapat meringankan tingkat stres karena tidak mengharapkan untuk mencapai tujuan tertentu dalam sebuah pekerjaan.

Tapi fleksibilitas dapat menjadi sesuatu yang merugikan. Karyawan yang terlalu fleksibel akan membuat organisasi kesusahan untuk mengukur dimana potensi maksimal karyawan tersebut. Dalam rangka menjadi seorang yang benar-benar fleksibel, anda harus mengerti bagaimana cara menunjukan fleksibilitas anda dalam dunia kerja karena anda adalah aset bagi perusahaan, dan Idealnya anda harus dapat menjadi orang yang fleksibel.