Bagaimana caranya agar kita dapat berperilaku konsisten ?

Konsistensi

Konsistensi adalah suatu hal vital yang diperlukan manusia untuk mencapai kesuksesan. Karena kesuksesan berasal dari suatu hal yang diulang secara-terus menerus, bukan hanya sekali saja.

Bagaimana caranya agar kita menjadi orang yang konsisten?

Konsistensi adalah kunci utama sebagai strategi untuk mencapai keberhasilan jangka panjang dari berbagai kategori : Kondisi tubuh , bisnis, seni, hubungan, kesehatan baik jasmani maupun rohani.

“Sukses tidak datang dari apa yang anda lakukan sesekali, tapi apa yang anda lakukan secara konsisten”.

Masalahnya adalah terkadang mental/hati kita sulit atau selalu menahan diri kita ketika kita ingin melakukan sesuatu.

Suka atau tidak , menjadi konsisten adalah wajib hukumnya jika anda ingin membuat perubahan yang signifikan dalam hidup anda.

Berikut beberapa Tips agar kita menjadi orang yang konsisten :

  1. Fokuskan Dirimu pada alasan mengapa kamu mengawali hal yang kamu kerjakan
    Ketika anda memulai suatu pekerjaan , anda harus punya visi yang jelas tentang apa yang ingin anda raih, dan kenapa anda ingin melakukannya. Contohnya menabung. Menabung terasa mudah ketika anda melakukannya untuk hal yang anda idamkan, mungkin seperti rumah pertama mu, mobil mahal, ataupun trip travelling ke luar negeri. Tapi jalan untuk mendapatkan uang sebanyak itu tidaklah mudah. Karena itu tanamkan di diri dan pikirian anda bahwa suatu hari mobil mewah itu akan jadi milik anda, atau bayangkan diri anda sedang ber-selfie ria di bawah menara eiffel. Lakukan hal ini ketika anda mulai merasa jenuh, fokuskan diri anda pada alasan kenapa anda memulai pekerjaan ini.

  2. Pilih satu pertarungan atau musuhmu
    Disini saya menekankan , cukup satu dulu musuhmu. Cukup satu. Tidak perlu banyak-banyak. Fokuskan dirimu kepada satu pertarungan, dan menangkan pertarungan itu. Alasannya bahwa kita manusia punya kapasitas yang terbatas dalam mendisiplinkan diri. Faktanya, penelitian mengatakan bahwa dokter tidak pernah menganjurkan pasiennya untuk berhenti merokok dan menghindari konsumsi gula secara bersamaan. Karena jika anda melakukan nya bersamaan anda akan gagal di keduanya.

  3. Jadwalkan
    “Jangan biarkan hal diluar jadwalmu, menjadwalkan prioritasmu”- Steven Coey. Ketika anda ingin melakukan suatu hal yang konsisten dalam hidup anda, anda lebih baik membangun hidup anda disekitar hal tersebut, dibanding memaksa mencocokkan dengan hal hal lain .Misalnya suatu acara TV , alasan acara TV tersebut dapat berjalan dengan lancar adalah karena acara tersebut dijadwalkan. Setiap individu yang berada disekitar acara tersebut terus mematuhi jadwal tersebut selama bertahun-tahun. Dan jadwal tersebut adalah wajib hukumnya, tidak dapat di ganggu gugat lagi.

  4. Tolak perasaan anda
    Setiap kali anda melakukan sesuatu yang berat, dan tidak sesuai , dalam hati anda pasti berkata “Ah, aku gak suka, aku gak mau “. Perkataan tersebut pasti aku terus berulang ulang. Namun ayo ambil kesimpulan , mungkin 90% orang tidak suka bekerja, dan saat bekerja pasti suara tersebut akan terngiang-ngiang. Tapi tidak ada cara lain selain menolak mentah-mentah perasaan itu. Harus bisa mengendalikan perasaan itu, karena kita mengerti kekuatan konsistensi. Apapun yang anda hadapi, pekerjaan seperti apapun yang menanti tanamkan bahwa itu biasa saja, dan anda pasti bisa melakukannya.

  5. Siapkan Rencana Jika Anda Gagal
    Setiap orang pernah gagal. Tidak penting seberapa berusahanya kamu, seberapa pintarnya anda, seberapa siap nya anda, tidak semau hal dapat sukses. Setelah anda melakukan segala sesuatu dengan baik dan konsisten, namun hasil akhir anda tidak sesuai harapan, memang sangat mengecewakan rasanya. Tapi tidak apa-apa, gagal adalah proses menuju kesuksesan. Siapkan rencana anda yang baru, rencana yang akan anda ulang dari awal lagi secara konsisten. Kerjakan rencana anda berkali-kali lipat lebih baik dari rencana sebelumnya. Konsistensi tidak sama dengan kesempurnaan, karena itu terus menerus kerjakan agar level konsistensi anda mendekati sempurna.

Daftar Pustaka :

Konsistensi adalah suatu hal yang sangat diperlukan untuk mencapai suatu tujuan atau hal yang ingin kita capai. Konsistensi sangat diperlukan karna jika kita tidak konsisten, maka kita tidak akan mungkin mendapatkan apa yang kita inginkan. Konsistensi adalah salah satu atribut samar yang diinginkan semua orang, namun hanya sedikit orang yang benar-benar berhasil memperolehnya. Namun jangan khawatir selama Anda menetapkan tujuan dan batasan spesifik agar spesifik, Anda akan mendapati bahwa Anda akan cenderung konsisten.

Untuk menjadi seseorang yang konsisten, ikuti peraturan dan langkah berikut :

1. Jangan pernah katakan pada diri sendiri “Saya tidak termotivasi”

Motivasi merupakan hal yang paling penting untuk menjadika kita konsisten. Karena motivasi adalah sebuah landasan yang membuat kita konsisten. Contohnya kita termotivasi untuk mendapatkan IPK 3.5, maka motivasi kita untuk mendapatkan itulah yang membuat kita konsisten melakukan hal-hal yang bisa membuat kita mewujudkan apa yang kita inginkan. Jadi tetaplah untuk memiliki motivasi, karena dengan motivasi itulah yang membuat kita tetap konsisten.

2. Bangun momentum satu langkah setiap kalinya

Tidak pernah mudah mengubah kebiasaan lama atau memulai rutinitas baru. Studi menunjukkan bahwa dibutuhkan waktu antara 21 sampai 40 hari untuk benar-benar mengubah perilaku baru menjadi kebiasaan yang terus-menerus. Dan selama waktu itu, Anda harus mengatasinya dengan tekun-bahkan saat Anda tidak merasakannya. Kunci konsistensi jangka panjang adalah membangun momentum. Bagian tersulit adalah selalu memulai segala sesuatunya. Tapi begitu Anda bergerak, terus bergerak dan mempercepat kecepatan menjadi jauh lebih mudah.

Ada banyak cara untuk membangun momentum selama beberapa minggu pertama. Berikut adalah beberapa contohnya:

  • Mulailah dengan sesuatu yang cukup mudah untuk mengelola dan membangun dari sana. Tetapkan tujuan satu sesi latihan 10 menit per minggu. Kemudian naikkan ke dua sesi 10 menit. Secara bertahap tambahkan beberapa menit ke setiap latihan (dan tambahkan satu atau lebih latihan tambahan ke minggu Anda), sampai Anda berolahraga lama dan sesering mungkin untuk mencapai tujuan Anda. Tindakan sederhana mengesampingkan beberapa waktu untuk latihan setiap hari, tidak peduli seberapa kecil, dan tetap mencuatkannya cukup untuk mulai membangun kebiasaan itu.

  • Temukan teman akuntabilitas-seseorang yang tahu tentang rencana Anda dan bersedia memberi dorongan saat Anda merasa malas. Dan ingat, dorongan dari orang lain akan sangat bermanfaat untuk membuat kita tetap menjaga konsistensi kita.

  • Bergabunglah dengan Tim atau orang-orang yang memiliki konsistensi dalam dirinya, karena dengan bergabung dengan orang yang menjaga konsistesi kita pun akan terbawa-bawa dan akhirnya terbiasa dalam menjaga konsistensi kita.
    Jadi dengan cara-cara tersebut diyakini kita dapat meningkatkan dan membangun momentum untuk menjadi konsisten. Seperti kata-kata pepatah “Karena dengan membiasakan itulah keterbiasaan itu terbangun”.

3. Selalu siapkan rencana B, C dan seterusnya

Karena hidup tidak dapat diprediksi dan rumit, Anda harus menyiapkan beberapa rencana bahkan sebelum Anda benar-benar membutuhkannya. Rencana B adalah cara alternatif untuk tetap konsisten dengan tujuan Anda saat rutinitas rutin Anda (atau sesuatu yang lain) tidak berjalan seperti yang direncanakan. Jika rencana B juga tidak berjalan sesuai rencana, maka pergunakan rencana C, jika rencana C masih belum berjalan sesuai dengan yang kita harapkan, maka masuklah ke rencana berikutnya sampai rencana kita benar benar terjalankan. Jadi jangan langsung jatuh saat rencana kita berjalan tia sesuai dengan apa yang kita harapkan.

Sumber :


Konsisten dianggap sebagai strategi untuk mencapai kesuksesan jangka panjang di dalam semua kategori. “Di dalam esensinya, jika kita ingin mengarahkan hidup kita, kita harus mengontrol konsisten kita. Bukan sesuatu yang kita lakukan sekali yang mementuk hidup kita, tetapi yang membentuk hidup kita adalah yang kita lakukan dengan konstan.” Kutipan dari Anthony Robbins. Mungkin masalah terbesar yang dirasakan sebagian orang yaitu mereka tidak pernah melakukan aksi sama sekali.

Konsistensi bukan merupakan hal yang paling menyenangkan dalam mengembangkan diri. Tetapi, ini berhubungan dengan waktu, dan memberikan hasil nyata di dalam hidup kita. Selalu melekat dengan program dan melakukan sesuatu dengan konstan dan tidak mengerjakannya hanya saat mempunyai inspirasi dan mood saja bisa menjadi sesuatu yang sangat kuat.

Ada beberapa tips untuk membantu untuk tetap konsisten kapanpun, sebagai berikut.

1. Tahu apa yang akan kita raih

Mengetahui apa yang akan kita raih bisa menjadi acuan untuk melakukannya dengan konstan. Karena dengan mengetahui hal tersebut, maka akan timbul semangat atau motivasi untuk mengerjakannya dengan konsisten.

2. Pilih salah satu pertarungan

Yang dimaksud dengan pertarungan disini yaitu apa hal yang akan kita hadapi nanti. Kenapa kita hanya memilih salah satu saja? Karena otak kita mempunyai batasan jika berbicara tentang masalah tekad dan disiplin. Sebagai contohnya, dokter pernah merekomendasi jangan berhenti merokok dan berhenti mengkonsumsi gula pada saat yang bersamaan, karena kita bisa gagal dengan keduanya. Intinya, menangkan satu pertarungan, lalu kita baru boleh mengambil pertarungan lainnya.

3. Buat jadwal

Steven Covey pernah berkata, “jangan memproritaskan jadwalmu, tetapi jadwalkan prioritasmu.” Jadi, kenyamanan sangatlah penting dalam sebuah jadwal. Saat kita ingin membangun sebuah konsistensi di dalam hidup, kita harus membangunnya secara keseluruhan, bukan menyesuaikannya dengan kebutuhan.

4. Abaikan perasaan

Mungkin hanya pada saat inilah kita harus mengabaikan perasaan kita sendiri. Tetapi, jika berbicara tentang mengembangkan konsistensi, mengabaikan perasaan sangatlah penting. Memang pada dasarnya kita mempunyai perasaan yang berubah-ubah tiap saatnya. Kadang juga, kita merasa tidak ingin melakukan sesuatu. Namun kita harus berlatih untuk mengendalikan segalanya agar kita tahu betapa kuatnya sebuah konsistensi itu.

5. Selalu mempertahankan konsistensi jangka panjang

Kadang kita merasa bahwa saat kita meninggalkan suatu hal penting, maka kita merasa malas untuk melanjutkannya dan tetap konsisten dalam melakukannya. Padahal itu salah, karena setiap manusia pasti selalu melakukan kesalahan di dalam hidupnya, jadi itu merupakan hal yang sangat wajar. Oleh karena itu, jika kita merasa meninggalkan suatu hal yang harusnya kita kerjakan denga konsisten. Tetap lakukan hal tersebut seterusnya tanpa memikirkan kesalahan yang sebelumnya.

Referensi :
http://www.positivityblog.com/how-to-improve-your-consistency/
https://www.marieforleo.com/2015/09/be-consistent/