Komitmen merupakan sebuah janji, bisa jadi janji pada diri sendiri maupun janji kepada orang lain. Komitmen bukan hanya sekedar keluar Dari kata kata saja namun harus tercermin juga dalam tindakan kita sebab komitmen merupakan pengakuan seutuhnya yang berasal dari dalam diri seseorang.
Dan yang dimaksud soft skill Komitmen kepada pekerjaan merupakan suatu janji / sumpah terhadap diri sendiri untuk setia terhadap perusahaan dan pekerjaannya, selalu bekerja keras dan bersungguh sungguh dalam menjalankan segala pekerjaaanya sehingga ia akan merasa bertanggung jawab jika goals dari pekerjaannya tidak tercapai. Komitmen mudah diucapkan. Namun lebih sukar untuk dilaksanakan.
Mengiyakan sesuatu dan akan melaksanakan dengan penuh tanggungjawab adalah salah satu sikap komitmen. Komitmen sering dikaitkan dengan tujuan, baik yang bertujuan positif maupun yang yang bertujuan negatif. Menurut Mowday dalam Sopiah (2008:155) menyebut komitmen kerja sebagai istilah lain dari komitmen organisasional.
“Komitmen organisasional merupakan dimensi perilaku penting yang dapat digunakan untuk menilai kecenderungan pegawai.
Komitmen organisasional adalah identifikasi dan keterlibatan seseorang yang relatif kuat terhadap organisasi.
Komitmen organisasional adalah keinginan anggota anggota organisasi untuk tetap mempertahankan keanggotaannya dalam organisasi dan bersedia berusaha keras bagi pencapaian tujuan organisasi”.
Ada beberapa Hal yang harus dilakukan dan dipersiapkan agar kita menjadi seseorang yang berkomitmen, terutama dalam pekerjaan. Diantaranya :
-
Bekerja Sesuai kemampuan dan passion
Ini poin yang paling penting untuk menjadi orang yang berkomitmen, banyak sekali orang yang bekerja hanya untuk mencari uang, bukan kenyamanan. Padahal kenyamanan itu yang paling penting. Tips agar kita nyaman dengan pekerjaan kita adalah mencari pekerjaan yang sesuai dengan passion kita. Jika kita sudah nyaman dengan pekerjaan kita maka tingkat stress saat bekerja akan berkurang dan walaupun kita digaji pas –pas an atau bahkan kurang, kita tetap akan merasa senang.
-
Bahagia dengan pekerjaan kita
Hal yang paling dasar agar kita menjadi orang yang berkomitmen adalah kita harus bahagia dengan pekerjaan kita, melihat sisi positif dari apa yang kita kerjakan. Sebab ada saatnya kita akan merasakan bosan bahkan merasa tertekan sehingga kita ingin keluar dari pekerjaan kita, oleh karena itu temukan sisi positif dari apa yang kita kerjakan dan berbanggalah ketika kita mencapai suatu pencapaian.
Ada banyak tokoh di dunia yang mempunyai skill seperti diatas namun saya akan memberi contoh 1 tokoh saja yaitu Steve Jobs,Steve jobs merupakan Pendiri dari perusahaan apple, di jaman sekarang bahkan perusahaan Apple dijuluki “Richest Company in the planet” dibalik sebuah kesuksesan perusahaan tersebut ada seseorang yang sangat berperan, yaitu Steve jobs. di awal – awal berdirinya ia rela bekerja keras hanya untuk mempopulerkan konsep komputer rumah tangga seperti komputer-komputer yang berada di rumah kita sekarang. Bahkan ia pernah dipecat dari perusahaan yang ia bangun sendiri karena bertikai dengan CEOnya.
Ia merupakan salah satu orang yang menyadari potensi dari antarmuka pengguna grafis (Graphical User Interface). 1 hal yang ia pegang dari dulu yaitu software design dan hardware yang baik adalah kunci dari kesuksesan dan ia terapkan hal itu kepada apple. Dan sekarang apple merupakan perusahaan terkaya di dunia. Yang dilakukan oleh steve jobs tersebut merupakan contoh orang yang berkomitmen terhadap pekerjaanya, hal itu telah terlihat dari apa yang telah dia berikan untuk perusahaannya, ia terus bekerja keras sampai perusahaan yang ia miliki mencapai goalsnya.
Sumber :
- http://macdailynews.com/2005/03/10/steve_jobs_commitment_to_great_hardware_and_software_design_are_keys/
- 10 Commitments Of People Achieving Successful Work-Life Integration
- Job Commitment Definition, Effects & Examples - Video & Lesson Transcript | Study.com
- Pentingnya Komitmen dalam Suatu Perusahaan atau Organisasi Halaman 1 - Kompasiana.com