Bagaimana caranya agar Focus Group Discussion dalam customer research dapat berjalan sukses?

Focus Group Discussion merupakan salah satu cara untuk melakukan user research. Bagaimana caranya agar Focus Group Discussion dalam customer research dapat sukses?

Beberapa hal dan tahapan yang dilakukan dalam melakukan focus group discussion antara lain :

  1. Membuat pertanyaan

    Penting untuk melakukan perencanaan dengan hati-hati. Adanya kosa kata yang minim, bias dan aneh akan membuat pertanyaan dalam forum menjadi hambar dan hasil tidak akan sukses. Usahakan jumlah pertanyaan yang rasional tidak terlalu banyak, dibawah 10 sudah cukup. Biarkan anggota diskusi mengutarakan apa yang ada di pikiran mereka. Selalu beri kesempatan kepada setiap anggota mengutarakan pendapatnya paling pertama, agar tidak selalu menjadi anggota yang terpengaruh. Berhati-hatilah terhadap pertanyaan yang sensisitif seperti menyangkut suku, warna kulit, fisik, ataupun agama. Jangan gunakan pertanyaan yes/no tapi gunakanalah pertanyaan why atau how sehingga memperoleh jawab yang kaya.

    Terdapat beberapa tipe pertanyaan yang harus kita perhatikan

    • Probe question : pertanyaan pengantar topik, usahakan anggota merasa nyaman dalam forum.

    • Follow-up questions : berikanlah pertanyaan yang membuat peserta diskusi memberikan pendapatnya, terus pertanyakan setiap pendapatnya tanpa mengurangi rasa sopan. Pikirkan pro dan kontra yang mungkin muncul dari pendapat yang diutarakan.

    • Exit question : pertanyaan untuk memvalidasi pernyataan agar tidak ada salah presepsi.

  2. Lakukanlah diskusi dengan waktu normal (tidak terlalu lama) sekitar 60 menit.

  3. Perhatikan demografi anggota diskusi yang mencakup jenis kelamin, umur dan hirarki antar anggota.

  4. Sediakan waktu dan lokasi yang nyaman.

  5. Selalu sediakan 10-20% anggota extra dari jumlah anggota diskusi yang benar-benar dibutuhkan.

  6. Sebagai moderator harus tetap netral tidak memihak satu pendapat, dapat menggali informasi yang dalam dan menyamankan anggota yang pemalu. Mampu menanggapi isi dan memberikan kesimpulan. Moderator sebaiknya mampu bertindak spontan dengan memahami lingkungan.

  7. Sediakan perekam baik video maupun audio.