Bagaimana caranya agar dapat menikmati pekerjaan?

Menikmati hidup merupakan salah satu hal yang wajib dirasakan setiap orang. Kata menikmati itu sendiri biasanya berporos dari pemikiran setiap orang yang menginginkan kehidupan yang lebih baik dan layak serta menghasilkan perubahan dalam hidupnya.

Enjoyment Of The Job sendiri berarti perasaan senang atau tanpa beban yang dirasakan pekerja saat melakukan pekerjaanya, sehingga dapat menimbulkan antusias serta kepuasan tersendiri dalam melakukanya dan menghasilkan hasil kerja yang optimal.

Tidak sedikit orang, tidak bisa menikmati hidupnya hanya karna tidak menikmati pekerjaanya. Konsep menikmati pekerjaan berbeda dengan konsep berkerja keras, dalam menikmati pekerjaan seseorang sudah pasti mencintai pekerjaan yang dilakukan itu. hal ini belum tentu terjadi dengan berkerja keras, dalam bekerja keras, sangat mungkin seseorag berkerja keras hanya didorong oleh sebuah keterpaksaan, tekanan atasan, tuntutan pekerjaan atau hanya sebuah pertanggung jawaban moral semata. Menikmati pekerjaan bukan bearti bermalas-malasan.

Dengan menikmati pekerjaan justru seseorang akan didorong untuk berkerja sebaik-baiknya dengan dasar ketulusan dan cinta akan pekerjaan.

“Love Your Job, but Never Fall in Love With Your Company” sebuah pernyataann yang menganjurkan seseorang untu mencintai pekerjaan tetapi jangan sampai mencintai perusahaan, karena bisa saja sewaktu-waktu anda dikeluarkan dari perusahaan.

“Jika memang memungkinkan pilihlah bidang pekerjaan yang benar-benar diminati, sehingga anda biasa merasa nyaman dan menikmati bidang pekerjaan yang dilakukan” ujar Dale Carnegie.

Adapun beberapa cara untuk mencintai pekerjaan :

  1. Percaya dan setia pada sebuah proses.
    Untuk menjadi kupu-kupu yang cantik seekor ulat harus bersabar untuk menjalani sebuah proses. Demikian juga dengan pekerjaan, kita harus menghargai prosesnya, karna jika kita pahami, sebenarnya setiap tahap yang kita lewati mengandung nilai hidup yang sangat berharga. kesabaran, mental serta skill akan terasah lewat serangkaian proses tersebut.
  2. Melihat manfaat jangka panjang.
  3. Antusias terhadap pekerjaan.
    Bila tidak menyukai pekerjaan, tentu akan sangat sulit menyelesaikan tugas-tugas kantor. Karna itu bersikaplah seolah-olah menikmati dan menyukai pekerjaan. Berikan perhatian penuh terhadap hal yang sedang dilakukan. Tersenyum atau berdiri dengan tegak dapat membantu untuk lebih bersikap antusias.
  4. Lihat sisi positif
    Walau merasakan pekerjaan sangat menjenuhkan, tidak pernah selesai, atasan yang galak atu rekan kerja yang menyebalkan, tetapi cobalah untuk melihat hal positifnya. Bandingkan keadaan anda dengan orang lain yang tidak seberuntung anda. Dengan penghasilan yang tidak sebanyak anda. Cobalah untuk menungat bagaimanasaat anda berusaha mendapatkan pekerjaan ini. Dengan mengungat perjuangan untuk medapatkan pekerjaan tersebut, dapat membantu anda untuk lebih mencintai pekerjaan, dan pada akhirnya dapat menikmati pekerjaan.
  5. Akrab dengan rekan, atasan, dan bawahan.
    Bekerja paling nyaman apabila kita selalu berpikir positif, jangan selalu berpikir atasan hanya selalu menyuruh anda, tanpa memikirkan anda, jangan selal berpikr bawahan adalah orang yang bisa anda suruh tanpa sebuah alas an. Selalu berpikr kantor adalah rumah kedua dan keluarga anda.

Menikamati pekerjaan merupakan hal yang sangat penting, ini dikarenakan menikmati pekerjaan itu memiliki suatu nilai dan hasil didalamnya, yakni kepercayaan terhadap pemikiran yang ada. Kecendrungan dalam menghasilkan sesuatu, serta mencegah efek negative dari ganguan yang terjadi.

Menurut David Goodrich, mantan ketua dewan direktur B.F Goodrich company, kunci utama meraih sukses adalah menikmati pekerjaan.”jika anda menyukai apa yang sedang dilakukan, anda bisa bekerja hingga waktu yang lamatanpa terasa seperti bekerja sama sekali, anda seperti sedang bermain-main saja”.

Seseorang yang berkerja keras namun tidak menikmati perkerjaanya, tidak akan merasakan kepuasan kerja yang sebenarnya.

“Untuk apa berkerja keras, justru yang palng pentung itu adalah menikmati pekerjaan yang anda lakukan!” begitu kutipan dari Bob Sadino yang tertulis dalam buku “Belajar Goblok dari Bob Sadino”.

Referensi :