Bagaimana caranya agar dapat kuliah di luar negeri ?

Kuliah di luar negeri

Kuliah di luar negeri menjadi impian banyak orang, dimana dengan berkuliah di luar negeri maka akan mendapatkan wawasan yang lebih luas dibandingkan kuliah di dalam negeri.

Bagaimana caranya agar dapat kuliah di luar negeri ?

Belajar di luar negeri tentu menjadi impian banyak pelajar. Pertanyaannya, bagaimanakah cara untuk bisa mewujudkan impian kuliah di luar negeri? Banyak yang berpikir bahwa kuliah ke luar negeri adalah suatu hal yang sulit, terutama mempertimbangkan masalah biaya kuliah dan biaya hidup yang tinggi. Namun, semua ini bisa saja diakali dengan berbagai cara dan tips. Hal paling penting jika anda ingin belajar di luar negeri adalah niat. Bulatkan niat, berusaha semaksimal mungkin, dan berdoalah.

Langsung saja, berikut Cara Kuliah di Luar Negeri:

Beasiswa Pemerintah

Cara yang paling umum ditempuh ketika seseorang ingin berkuliah di luar negeri adalah dengan cara mencari beasiswa dari pemerintah, baik yang disediakan oleh pemerintah Indonesia maupun pemerintah negara asing. Dari Indonesia, pemerintah menyediakan beasiswa DIKTI yang mencakup tiket pulang balik, biaya kuliah, dan biaya hidup selama di luar negeri. Jika anda mengincar beasiswa dari pemerintah asing, rajin-rajinlah mengecek website kedutaan negara tersebut. Biasanya di sana tercantum persyaratan yang diperlukan untuk mendapatkan beasiswa kuliah. Satu hal yang pasti, hampir semua beasiswa dari pemerintah memerlukan tes serta sertifikat TOEFL/ IELTS.

Beasiswa Universitas

Selain beasiswa dari pemerintah, ada juga jenis bantuan dana yang langsung disediakan oleh kampus di luar negeri yang bersangkutan. Biasanya, untuk mendapatkan beasiswa jenis ini anda harus sudah diterima dahulu di universitas tersebut (tentu saja dengan mengumpulkan dokumen yang diperlukan serta membayar uang pendaftaran). Setelah anda terdaftar, anda bisa melamar lagi untuk mendapatkan bantuan dana dari universitas tersebut. Biasanya, untuk beasiswa jenis insi anda memerlukan modal awal setidaknya untuk membeli tiket pesawat ke universitas tersebut dan biaya hidup untuk setidaknya satu semester. Beasiswa baru akan diberikan oleh universitas ketika anda menunjukkan performa akademis yang baik atau menghasilkan prestasi-prestasi selama belajar di sana.

sumber: https://www.ican-education.com/berita-event/tips-tricks/cara_kuliah_ke_luar_negeri