Bagaimana caramu agar tidak mudah lupa?

BARANG BRANDED DAPAT MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI (1)

Terkadang kita sebagai manusia (muda ataupun sudah berusia lanjut) sering atau pernah mengalami “lupa” atau kelupaan akan suatu hal, seperti lupa menaruh kunci motor atau mobil, lupa mengerjakan sesuatu, lupa password, lupa mengisi absen saat kuliah online, atau hal yang lainnya. Salah satu penyebanya biasanya kita sedang tidak fokus, sehingga mudah untuk lupa.

Saya sendiri biasanya menulis hal-hal yang akan saya kerjakan di sebuah notes, lalu ditempel di tempat yang sering dilihat (seperti di dinding meja belajar atau di kaca). Kalau Youdics, bagaimana?

1 Like

Hampir sama seperti kak @azhrmld, saya juga menuliskan banyak hal agar tidak kelupaan, tetapi saya tidak menggunakan sticky notes melainkan handphone dan laptop. Alasannya karena saya tidak suka melihat banyak kertas dan tempelan-tempelan di meja saya, bagi saya itu terlihat ribet dan berantakan meskipun sudah ditata dengan rapi.

1 Like

Ini topic yang seru untuk dibahas! Karena aku sendiri merupakan orang yang pelupa juga :grimacing: Sama seperti Kak @azhrmld, aku juga menulis notes lalu ditempelkan di dinding meja belajar atau di kaca hehehe… Tapi terkadang aku juga lupa untuk mengeceknya, akhirnya aku juga menulis notes di hp ku lalu kujadikan homescreen. Tiap kali aku membuka hp aku pasti akan membacanya- jadi gak lupa lagi deh! Dulu juga pernah menulis notes di kalender meja. Karena mungkin terlalu kecil juga space untuk menulisinya, akhirnya masih sering lupa dan jadi tidak efektif sama sekali bagiku. :joy:

1 Like

kalau saya sendiri hanya menggunakan sticky notes di dinding untuk deadline jangka panjang atau seperti target capaian apa yang saya inginkan.

untuk reminder setiap harinya tugas , rapat, atau apapun yang harus saya lakukan biasanya saya simpan di google calendar, dengan begitu biasanya satu jam sebelumnya akan ada pemberitahuan untuk rapat, kelas ataupun acara.

untuk tugas saya catat juga disitu agar mudah hanya perlu membuka 1 aplikasi saya sudah bisa mengetahui seluruh kegiatan saya. Selain itu juga jadi bisa melihat mana yang harus di prioritaskan dan dikerjakan terlebih dahulu.

1 Like

Cara agar tidak lupa versi aku adalah dengan mencatat kegiatan atau pekerjaan yang akan dilakukan di reminder handphone. Misalnya ketika ada pekerjaan yang harus dilakukan, aku akan set reminder tersebut 1 jam sebelumnya, sehingga notifikasi tersebut akan muncul di layar handphone kita, lengkap dengan keterangan atau pekerjaan yang akan dilakukan. Selain itu, ketika absen kuliah juga aku selalu memasang alarm hingga 3x agar tidak lupa untuk absen di portal kampus

1 Like

Ketika mendapatkan suatu tugas ketika kelas, saya langsung mencatat di buku khusus tugas. Lengkap dengan detail tugas dan juga tenggat waktu yang diberikan. Kalau tidak sempat, sticky notes bisa jadi penyelamat. Untuk kelas, acara, kegiatan, webinar, atau pelatihan biasanya saya menggunakan Google Calendar yang terhubung dengan e-mail kampus dan juga e-mail pribadi saya. Jadi saya hanya perlu mengisi agenda dan akan muncul pengingat beberapa saat sebelum kegiatan dimulai. Namun, jika saya sedang dilanda perasaan terburu-buru maka jalan terbaik yang saya pilih adalah dengan memasang alarm dengan waktu 15 menit sebelum kegiatan berlangsung. Jika bicara tentang barang, maka saya berusaha untuk selalu meletakannya di tempat yang bisa terlihat jelas oleh mata. Kalau password, saya mencatat semua di aplikasi catatan ponsel sehingga tinggal scroll saat lupa. Selain itu, saya selalu mencoba untuk menyelesaikan tugas saat itu juga untuk menghindari lupa dan akhirnya tidak mengerjakan, termasuk saat absen kuliah online.

1 Like

Yap, hampir semua orang pernah atau bahkan sering mengalami lupa terhadap sesuatu hal. Untuk itu, hal-hal yang biasa aku lakuin agar tidak keseringan lupa ialah dengan mencatat seluruh kegiatan ku tiap hari nya di ponsel dan diberikan alarm sebagai pengingat. Dari bangun pagi sampai akan tidur, mulai dari jam kuliah, tugas, rapat, dan lain sebagainya. Dengan mencatat ini, jadwal kita lebih teratur dan tidak akan kelewatan atau kelupaan. Selain mencatat, yang biasa saya lakukan yaitu sering-sering membaca buku karena dapat mempertajam daya ingat otak kita.

Kalau saya sendiri, saya menulis notes di HP, tapi hanya kata-kata pentingnya saja, tidak seluruh isi. Dengan begitu saya dapat mengetahui informasi dan juga belajar untuk tidak mudah lupa. Hal ini sebenarnya hanya saya lakukan untuk masalah penting saja, hal-hal kecil seperti list belanjaan ada tugas kecil saya selalu mengingatnya.

Cara saya pribadi agar tidak mudah lupa yaitu, dengan menulis semua hal menggunakan note di handphone dan menjadikan note tersebut wallpaper handphone. Jadi lebih mudah diingkat.