Bagaimana cara yg paling efektif mengatasi daun bawang yang mengalami busuk akar?

Bagaimana cara mengatasi daun bawang yang mengalami busuk akar? udah sering nanem daun bawang trus numbuh daunnya bagus, eh pas beberapa minggu kemudian tau2nya akarnya hilang membusuk padahal medianya ga terlalu basah

hai kak, izin menjawab ya. Jadi di rumah aku juga menanam daun bawang dan udah cukup lama. Untuk masalah busuk akar itu sendiri pernah terjadi di daun bawang yang ditanam di rumah. Hal yang aku lakukan untuk mengatasi itu pertama kita harus liat dulu apa permasalahan dari tanaman itu kak. Ada 3 kemungkinan yg bisa terjadi, kurangnya cahaya matahari, adanya serangga atau penyakit pada media tanam, dan juga bibit yang kurang baik.

Hal yang bisa kakak coba lakukan itu mengganti media tanam (tanah), bisa dicampurkan sekam dan juga pupuk kandang untuk membantu pertumbuhan dan juga menghindari penyakit dari dalam tanah. Kemudian daun bawang merupakan jenis tanaman yang memerlukan banyak sinar matahari kak, jadi mungkin bisa dipindah ke tempat terbuka yang langsung terkena sinar matahari tanpa dihalangi oleh tanaman lain. Ketiga jika memang bibit dari daun bawang itu jelek bisa diganti diseleksi terlebih dahulu dengan mencoba dengan media air baru dipindahkan ke media tanah.

Sekian kak dari saya, semoga membantu

1 Like

Jika dilihat dari kasusnya dimana daun bawang pada awalnya tumbuh baik, namun tiba-tiba terjadi kematian karena akarnya busuk maka dapat didiagnosa bahwa daun bawang tersebut terserang patogen penyebab penyakit tanaman.

Penyakit yang menyerang akar tanaman bawang umum dikenal dengan sebutan penyakit busuk pangkal. Patogen penyebab penyakit tersebut yang paling umum dapat berupa nematoda (sejenis cacing parasit yang ukurannya mikroskopis) dari Genus Meloidogyne, atau dapat pula jamur dari spesies Fusarium oxysporum (jamur yang sama yang menyebabkan busuk pada tanaman tomat, cabai, dan pisang).

Untuk mengatasinya, dapat dilakukan dengan berbagai cara misalnya pemilihan bibit atau benih yang tahan penyakit busuk pangkal, atau melakukan rotasi tanaman. Rotasi tanaman adalah pergantian tanaman satu ke tanaman lain yang tidak berkerabat di musim tanam selanjutnya. Misalnya, jika kita menanam daun bawang dalam polybag/pot dan tanaman kita mengalami penyakit ini, maka setelah daun bawang tersebut kita cabut, media tanamnya tidak boleh ditanam daun bawang, atau bawang-bawangan yang lain selama satu musim. Bisa diganti menjadi tanaman bunga atau herbal. Hal ini dilakukan untuk memutus siklus perkembangan patogen penyebab penyakit.

Jika kita terus menerus menanam daun bawang di media tanam yang pernah terinfeksi patogen penyebab penyakit ini, maka tentu siklus penyakit tersebut tidak dapat putus/berhenti. Sering kan kita lihat petani yang di satu musim menanam cabai kemudian di musim selanjutnya menanam kacang tanah atau komoditas lain yang berbeda, itu bukan semata-mata memenuhi permintaan pasar, tapi para petani kita sedang mempraktikan teknik rotasi tanaman,

Sekian kak, semoga membantu… tetap semangatt kakk :slight_smile:

1 Like

Izin menambahkan, bisa jadi juga penyebabnya adalah tingkat keasaman tanah. Berdasarkan pengalaman dalam proses budidaya, tanah yg terlalu asam (ph <7) dapat menyebakan busuk akar. Penanggulangannua adalah dengan menambahkan pupuk pertanian ketika melakukan pengolahan tanah

1 Like