Bagaimana cara yang tepat dalam pengumpulan data untuk menjalankan Quantitative risk analysis?

Setiap analisis tentunya membutuhkan data sebagai objek untuk diolah dan diproses menjadi sebuah informasi. Sama halnya dengan Quantitative Risk Analysis yang membutuhkan data agar didapatkan data yang cenderung bertipe numerikal dan persentase.

Cara apa yang paling tepat untuk mengumpulkan data agar dapat diolah menggunakan metode Quantitative Risk analysis?

Dalam pengumpulan data yang akan diolah, ada cara yang dapat dilakukan untuk mengumpulkan data tersebut atau dengan istilah lain Data gathering.

  • Interviewing
    Dalam melakukan interview, Anggota tim dan risk expert dapat dikumpulkan kedalam satu diskusi atau interview langsung antara anggota tim dan risk expert itu sendiri. Proses ini dilakukan agar mendapat data awal mengenai pengetahuan anggota tim terhadap sejauh mana mereka memahami risiko apa yang akan dihadapi.
    Membuat Rank terhadap risiko yang ada agar jelas dalam penanggulangannya atau cara mencegahnya. Ranking tersebut juga dapat digunakan untuk menaruh perhatian lebih kepada risiko yang sekiranya memiliki dampak yang besar dibanding risiko lain.
    Dari interview juga dapat diambil 3 point utama yang dapat dijadikan bahan analisis risiko kedepannya.


  • Probability Distributions
    Distribusi probabilitas adalah tabel atau persamaan yang menghubungkan setiap hasil dari eksperimen statistik dengan probabilitas kemunculannya. Untuk memahami distribusi probabilitas, penting untuk memahami variabel. variabel acak, dan beberapa notasi.
  1. Sebuah variabel adalah simbol ( A , B , x , y , dll) yang dapat mengambil salah satu dari set tertentu dari nilai-nilai.
  2. Ketika nilai variabel adalah hasil dari eksperimen statistik , variabel itu adalah variabel acak .
    Sebuah contoh akan memperjelas hubungan antara variabel acak dan distribusi probabilitas. Misalkan Anda melempar koin dua kali. Eksperimen statistik sederhana ini dapat memiliki empat kemungkinan hasil: HH, HT, TH, dan TT. Sekarang, biarkan variabel X mewakili jumlah Kepala yang dihasilkan dari percobaan ini. Variabel X dapat mengambil nilai 0, 1, atau 2. Dalam contoh ini, X adalah variabel acak; karena nilainya ditentukan oleh hasil dari eksperimen statistik.
    Sebuah distribusi probabilitas adalah tabel atau persamaan yang menghubungkan masing-masing hasil percobaan statistik dengan probabilitas terjadinya. Pertimbangkan eksperimen flip koin yang dijelaskan di atas. Tabel di bawah ini, yang menghubungkan setiap hasil dengan probabilitasnya, adalah contoh dari distribusi probabilitas.
Jumlah kepala Kemungkinan
0 0,25
1 0,50
2 0,25


  • Expert Judgement
    Data yang terkumpul tersebut, pada akhirnya akan diolah kembali oleh para risk expert untuk ditelaah menjadi data yang dapat digunakan untuk diubah menjadi informasi. Atau dalam kasus lain, Keputusan/penilaian para ahli dapat langsung digunakan sebagai pendukung sebuah keputusan dalam menghadapi risiko yang akan/sedang muncul pada sebuah proyek.

Sumber:
http://stattrek.com/probability-distributions/probability-distribution.aspx
http://www.firebrandtraining.co.uk/learn/pmp/course-material/project-risk-management/quantitative-risk-analysis