Bagaimana cara yang tepat dalam meluncurkan MVP pada perusahaan besar?


img: e-dimensionz.com

MVP merupakan cara yang mudah dan baik dilakukan untuk perusahaan besar yang memiliki resource sedikit tetapi ingin mendapatkan hasil yang maksimal. Bagaimana penerapannya?

“We have to disrupt ourselves before the market does. Quickly building and launching minimum viable products — MVPs — and then iterating and pivoting based on market feedback.”

Lalu, bagaimana cara yang tepat agar perusahaan besar dapat menerapkan MVP dengan baik?

  1. Buat kesalahan sebagai pilihan yang tepat
    Sebagai perusahaan besar, coba jalankan perusahaan anda seperti perusahaan startup. Anda mencoba mencari dana untuk membiayai gaji karyawan di perusahaan tersebut. Jika dana anda habis maka proyek berhenti dan karyawan tidak mendapatkan gaji, sehingga perusahaan anda dapat berlaku dengan sebaik mungkin.

  2. Cari orang yang tepat untuk perusahaan
    Mencari orang untuk perusahaan anda dengan strategi perekrutan yang baik. Walaupun membutuhkan waktu yang lama dan sekalipun mengambil orang dari luar perusahaan.

  3. Keluar dari ruangan
    Coba untuk keluar dari ruangan dan mulai memikirkan hipotesis untuk MVP perusahaan anda, berkomunikasi langsung dengan pengguna, dan terima atau tolak hipotesis yang ada.

  4. Buat MVP yang realistis dan disiplin
    Buat produk yang simple dan fokus pada fitur utama. Apa fitur utama yang sangat dibutuhkan oleh perusahaan anda dan hal minimum yang dapat dilakukan untuk mengembangkan proyek anda.


img: http://legendsquotes.com/2016/01/29/steve-jobs-quotes-32/

Sumber: