Bagaimana Cara yang Paling Baik Dalam Menggunakan Pupuk NPK?

Pupuk NPK adalah pupuk buatan yang mengandung nitrogen,fosfor,dan kalium bagi tumbuhan. Pupuk NPK bisa digunakan dengan cara dilarutkan dalam air atau ditabur di tanah. Bagaimana cara yang paling baik dalam menggunakannya? Mengapa?

1 Like

Izin menjawab pertanyaan kakak, cara paling efektif dalam pengaplikasian pupuk NPK dengan cara dilarut/dikocor, karena NPK berbentuk butiran yang sangat mudah larut sehingga sistem larut/kocor memudahkan penyerapan bagi akar tanaman, sistem kocor dapat dilakukan kapanpun tanpa mengenal musim.

1 Like

Izin menanggapi kak, sependek pengetahuan saya, pengaplikasian pupuk npk dapat dilakukan dengan cara ditebar (jika skala lahan yang luas) atau dibenamkan didekat tempat tanaman tumbuh dengan memerhatikan jumlah berat pupuk yang efektif diserap oleh setiap satu tanaman.

Akan tetapi pengaplikasian pupuk npk dengan cara ditebar, sebetulnya kurang efektif, karena ditakutkan ada beberapa tanaman yang tidak terkena tebaran pupuk npk

2 Likes

Mohon izin menjawab:
Cara pengaplikasian pupuk bermacam2 khususnya NPK. Cara pengaplikasian pupuk dilakukan menyesuaikan dg kondisi lahan. Jika lahan dlm kondisi yg basah/cukup air, pupuk diberi dg cara di tugal saja. Apabila lahan dlm kondisi kekurangan air ( jauh dr aliran air), lebih baik pupuk dikocor. Jika dilihat dr segi keefektifan penyerapan unsur hara maka cara kocor lebih baik dilakukan, krn unsur hara akan diserap oleh tanaman setelah pupuk larut.

4 Likes

Cara yang paling baik itu pupuknya cukup dilarutkan di dalam air secukupnya dan bisa juga ditabur ke dalam tanaman tapi secukupnya aja kalo misal kebanyakan itu tidak baik untuk tanaman karena tanaman bisa busuk/lambat dalam pertumbuhannya.

3 Likes