Bagaimana cara yang efektif untuk menyamakan makna pesan yang kita maksud kepada orang yang keras kepala?

Bagaimana cara yang efektif untuk menyamakan makna pesan yang kita maksud kepada orang yang keras kepala?
Karena menurut saya sangat sulit menyampaikan pesan jika pesan bertentangan dengan orang keras kepala, padahal terkadang kita itu bermaksud menyampaikan sesuatu untuk kebaikan orang keras kepala tersebut

1 Like

Menurut saya memang cukup susah untuk menyampaikan pesan kepada orang keras kepala. Karena beberapa orang keras kepala cenderung tidak acuh dengan perkataan ataupun saran dari orang lain dan hanya mengikuti jalan pikirannya sendiri walau belum tentu benar. Orang yang keras kepala cenderung menganggap orang lain kurang berarti untuk dirinya. Menurutnya, dia adalah orang yang paling mengerti dalam berbagai aspek. Orang keras kepala juga cenderung mendengarkan pesan atau perkataan dari orang- orang tertentu saja, misalnya keluarga mereka.

Orang dengan sifat keras kepala akan berubah ketika itu memang keinginan dari dirinya sendiri dan memiliki tekad untuk mengubahnya. Faktor lain yang dapat merubah orang keras kepala adalah ketika dia sudah mendapat dampak atau akibat dari sifatnya sendiri.

Beberapa langkah dapat kita ambil untuk menjadi usaha konkrit kita dalam rangka menyampaikan pesan atau maksud tujuan kita kepada orang keras kepala.

  1. Langkah awalnya adalah mengenal kondisi mereka, upayakan berbicara dengan mereka disaat suasana yang baik supaya arah pembicaraan yang diharapkan dapat tercapai.
  2. Berbicara dengan jelas sesuai maksud tujuan kita tanpa ragu-ragu. Dengan kita tidak merasa tertekan dengan keberadaan mereka dan menyampaikan maksud tujuan kita dengan sejelas-jelasnya menurut saya akan dapat lebih diterima.
  3. Menegaskan pendapat juga penting, dengan sikap tenang dan menjelaskan alasan yang rasional mengenai pendapat yang kita sampaikan menurut saya akan dapat menjelaskan maksud pembicaraan kita. Tegas yang dimaksud bukan berarti marah atau emosi karena hal-hal itu justru akan memperkeruh suasana.
  4. Memberikan batasan untuk arah pembicaraan, ketika pembicaraan sudah menuju perdebatan sebaiknya kita tidak terpancing emosi karena akan menyebabkan percakapan yang tidak sehat dan lawan bicara kita tidak mendapatkan maksud tujuan pembicaraan kita.

Menurut saya, itu beberapa usaha yang dapat kita lakukan untuk menyampaikan maksud tujuan pesan kita kepada orang yang keras kepala. Memang tidak bisa disamaratakan bagaimana kita dalam memperlakukannya. Hal yang terpenting adalah lebih sabar dalam menghadapi dan tidak terlalu mengambil hati perkataannya karena kadang tidak sesuai harapan kita. Pada akhirnya yang harus kita lakukan adalah memaknai baiknya dan meninggalkan yang buruk.