Bagaimana cara yang benar melatih anjing agar tidak buang kotoran sembarangan?

Merupakan hal yang sangat menyebalkan apabila anjing kita buang kotoran sembarangan. Selain baunya yang tidak sedap, kotoran anjing yang sembarangan tidak pantas dipandang mata. Lalu bagaimana melatih anjing agar tertib buang kotoran?

Agar anjing memiliki kebiasaan buang air pada tempat yang semestinya, cara yang dapat dilakukan antara lain.

  • Anak anjing berumur antara 7-8 minggu umumnya mampu mengontrol jadwal buang air mereka setelah dilatih hanya beberapa hari.
  • Anjing butuh buang air biasanya pada saat bangun tidur, setelah makan atau minum, saat ceria meloncat/berlari kesana-kemari dan setelah banyak bermain/bergurau.
  • Selama 7-10 minggu pertama, kurunglah anjing tapi jangan meninggalkannya lebih dari 1 jam setelah selesai makan, buang air kecil/besar. Sebagai ganti kurungan, kunci anjing dalam ruangan yang bisa dikunci seperti dapur, gudang, dsb. Bila memang harus meninggalkannya untuk waktu lama, letakkan beberapa lembar koran bekas agar ia bisa buang air bila ia terpaksa harus buang air.
  • Jadwal latihan terbaik adalah pagi hari ketika bangun tidur, setiap selang 2 -3 jam sepanjang hari, setelah tidur siang atau setelah bermain-main dan setengah jam setelah makan dan minum. Sebelum mulai beraktifitas pada pagi hari, sebaiknya bawa anjing keluar rumah.
  • Bawa anjing ke luar rumah setelah ia makan. Tunggu hinga 30 menit. Waktu menunggu anjing buang hajat bisa dikurangi seiring bertambahnya usia anjing.
  • Tentukan tempat yang tepat di halaman untuk kotoran anjing Anda. Jangan berubah-ubah tempat karena aroma kencing/kotoran anjing itu akan membantu mereka mengingat kegiatan rutin mereka dititik itu.
  • Berdirilah diam-diam di sebelahnya tanpa melakukan gerakan apapun. Bersabarlah bila anjing sepertinya tidak berniat melakukan apa-apa untuk waktu lama. Anak anjing jantan biasaya butuh waktu lebih lama untuk kencing dibanding betina. * Jangan duduk atau jongkok karena itu akan mendorongnya untuk meloncat pada pangkuan Anda untuk bermain-main. Saat anda berdiam diri, anjing akan merasa bosan dan secara alami mereka akan ingat tujuan anda mengajaknya kesitu.
  • Bila anjing akhirnya buang kotoran, bereaksilah dengan menepuk/mengelus kepalanya sebagai pujian, kemudian ajak dia pergi ketempat lain atau ajak dia bermain-main sebagai hadiah. Jangan menghukumnya dengan cambuk atau pukulan bila ia gagal buang air. Seperti anak kecil, mereka juga burung waktu untuk belajar.
  • Jika di dalam rumah, anjing terlihat berputar-putar sambil melakukan gerakan seperti menggali tanah, segera bawa ia ke luar rumah. Karena hal tersebut menandakan anjing akan buang air.
  • Anjing sebaiknya tidak ditinggal sendirian apalagi dalam ruang tertutup hingga berusia sekitar 1 tahun. Anjing bisa ditinggalkan di halaman rumah, namun jangan lupa berikan mainan. Ingat, jangan terlalu lama meninggalkannya sendirian.
  • Beri anjing makan sekitar 1-2 jam sebelum ia tidur.
  • Jika anjing buang hajat di dalam rumah, bersihkan segera dengan alat-alat pembersih lantai yang bisa menghilangkan bau kotoran anjing.