Bagaimana cara untuk menjaga warna gigi tetap putih cemerlang meskipun hobi minum kopi?

minumkopi

Salah satu dampak negatif dari meminum kopi bagi kesehatan gigi adalah membuat gigi menjadi tidak putih lagi. Adakah cara untuk menjaga warna gigi tetap putih cemerlang meskipun hobi minum kopi ?

Cara pertama adalah dengan meminum kopi memakai sedotan. Dengan melakukannya, maka kopi tidak akan mengenai gigi dan meninggalkan plak yang bisa merubah warnanya. Hanya saja, minum dengan sedotan sepertinya bukan pilihan yang bijak jika kopi yang dikonsumsi masih panas. Selain itu, minum dengan sedotan juga bisa membuat mulut lebih mudah berkerut.

Kita bisa menggunakan cara lain untuk mencegah gigi menguning karena kopi ini, yakni segera berkumur dengan segelas air putih setelah minum kopi. Ada baiknya kita juga tidak langsung menyikat gigi setelah minum kopi karena sifat kopi yang cenderung asam bisa memberikan reaksi kurang baik jika bertemu dengan pasta gigi. Tunggulah sekitar 1 jam setelah minum kopi dan barulah kita bisa menyikat gigi.

Pastikan untuk tidak mengkonsumsi kopi dengan berlebihan agar warna gigi kita tidak mudah menguning atau mengalami efek samping lainnya.

Sumber: http://doktersehat.com/hobi-minum-kopi-tapi-tidak-ingin-gigi-menguning-begini-cara-mencegahnya/

Cara untuk meminimalkan dampak negatif dari meminum kopi bagi kesehatan gigi anda adalah sebagai berikut :

  • Anda bisa minum kopi dengan sedotan agar meminimalkan kontak antar gigi dan kopi.

  • Batasi juga penggunaan krimer dan gula karena ini dapat mempercepat pertumbuhan bakteri yang menempel pada gigi.

  • Makan buah, seperti stroberi dan lemon, setelah minum kopi. Buah ini mengandung serat alami yang dapat membantu membersihkan gigi.

  • Jangan lupa untuk menyikat gigi Anda setelah selesai minum kopi.

  • Lakukan pembersihan gigi secara rutin setiap enam bulan sekali ke dokter gigi.

Sumber : https://hellosehat.com/hidup-sehat/gigi-mulut/efek-kopi-pada-gigi-kuning/